Makanan & Minuman Khas Betawi Paling Di Buru Saat Traveling Di Ibu Kota

Makanan Khas Betawi– Makanan Khas Betawi yang sangat bermacam ragam, unik, dan pastinya membuat lidah ketagihan Tapi untuk mereka yang belum pernah menghirup udara khas ibukota, mungkin akan lebih afdol mengetahui keunikan akan keragaman masakan yang dimiliki oleh suku

Jika teman-teman belum pernah ke Jakarta atau hanya mengetahui sedikit Makanan Khas Betawi, Borneochannel.com akan mengajak teman-teman untuk mengenal lebih jauh keberagaman daftar Makanan Khas Betawi. yang sebelumnya teman-teman hanya tau beberapa saja,
Dijamin akan tahu lebih banyak dan semakin tertarik dengan negara Indonesia yang menjadi lautan kuliner

Berikut daftar Makanan Khas Betawi versi borneochannel yang pastinya buat teman-teman akan ngiler dan bakal ketagihan.

Makanan Khas Betawi Dan Cara Membuatnya

1. Dodol Betawi

Dodol betawi

Makanan Khas Betawi Dodol betawi ini adalah makanan yang paling diburu oleh mereka yang sedang berlibur di Jakarta, Dodol betawi juga dipasarkan dengan harga yang beragam jadi bagi sahabat traveller bisa dengan mudah mencari makanan khas yang satu ini, Hal tersebut disebabkan oleh proses pembuatan dodol yang tidak mudah, dan butuh kesabaran ,memerukan tenaga ekstra untuk mengaduknya. Karena hal tersebut dodol betawi tak bisa dibuat oleh sembarangan orang lho.

2. Kerak Telor BetawiKerak Telor Betawi

Makanan Khas Betawi ini mungkin sudah tidak asing dengan Namanya kerak telor. Makanan Khas ini bisa dikatakan sebagai legend kuliner Jakarta yang terkenal oleh orang-orang dari luar kota Jakarta. Kerak telor yang sangat terkenal terutama pada saat acara Pekan Raya Jakarta. Tekstur Kerak telor sendiri hampir mirip dengan bentuk martabak, yang membuat beda adalah terletak pada isi dan cara membuatnya.

Nah…

Cara memasak kerak telor, yaitu sediakan beras ketan putih, , ebi kering, bawang goreng, dan diberi bumbu halus dari campuran kelapa sangrai, merica, jahe, dan kencur, telur ayam atau telur bebek,cabe merah, garam, gula.

Cara membuat Kerak telor dimasak dengan cara yang teliti. Biasanya dimasak dalam wajan kecil tanpa di campurkan minyak. Dan Saat dibakar dengan arang, kerak telor yang sudah matang akan dibalik bersama dengan wajannya. Untuk rasanya, yang sangat gurih membuat teman-teman betah untuk mengunyahnya.

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Makanan Khas Betawi yang satu ini adalah Asinan betawi yang termasuk kuliner khas masyrakat Betawi yang diburu oleh para pecinta kuliner. Dinamakan Asinan Betawi, karena memang dalam proses pembuatannya memiliki cita rasa khas masyarakat Betawi. Selain enak dan gurih. Asinan Betawi juga tergolong makanan yang menyehatkan badan lho. Hal tersebut karena banyak mengandung sayur-sayuran, asinan betawi biasanya ditambah dengan kerupuk mie kuning. Penyajian Asinan Betawi ini terdapat bumbu kacang dan sayuran yang dihidangkan dengan kacang goreng, cabai, serta cuka.

Untuk menemukan makan ini jangan khawatir banyak penjual asinan di pinggir jalan yang dapat kalian temukan.
Sementara asinan betawi Untuk harganya, asinan betawi biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 10 Rb . hingga Rp.20 Rb

Baca Juga : Minuman dan Makanan Khas Padang yang Bikin Kamu Gagal Fokus

4. Kembang Goyang Betawi

Kembang Goyang Betawi

Selanjutnya Makanan Khas Betawi adalah Kue kembang goyang yang bisa kalian cicipi ketika melakukan traveling di jakarta. Keunikan nama makanan ini Dinamakan kembang goyang betawi karena dari teksturnya yang mirip seperti bunga kembang yang dibuat dengan cara digoyang-goyangkan di atas minyak sampai adonannya mulai renggang dari cetakan. Kue kembang goyang betawi ini juga termasuk kue yang tergolong tradisional khas Betawi yang paling ngehitss dan diminati oleh pengunjung yang sedang berlibur ke jakarta.

5. Semur Jengkol Betawi

Semur Jengkol Betawi

Makanan Khas Masyarakat Betawi, yang sudah menjadi icon ini yaitu Semur Jengkol Semur jengkol merupakan salah satu Makanan Khas Betawi yang terpopuler di jakarta. Masyarakat Betawi yang mampu membuat jengkol menjadi makanan semur yang maknyuss. Cara menghilangkan baunya, bisa di rendam di air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. Bila kalian bersilaturahmi di rumah masyarakat orang Betawi, maka kalian pasti akan menemukan hampir semua orang Betawi demen pada semur jengkol.

6. Geplak Betawi

Geplak Betawi

Kenapa Makanan Betawi ini dinamakan geplak. Karena kue ini dibuat dengan penyajian diaduk menggunakan tangan dan setengah dipukul-pukul. Karena dipukul-pukul diatas papan maka timbullah nama geplak betawi. Makanan Khas Betawi yang satu ini mirip seperti tape yaitu teksturnya lembut dan tampak seperti di lumuri bumbu-bumbu. Tapi untuk rasanya, geplak betawi ini memilimi cita rasa manis dan renyah di lidah, dan juga Makanan ini bisa tahan lama lho. Dan Kalau teman-teman pengen lebih awet. Kuenya bisa simpan saja di dalam lemari pendingin. Untuk teman-teman jika mau membelinya, kue ini dibandroel dengan harga mulai dari Rp50 Rb sampai Rp100 Rb

7. Nasi Uduk BetawiNasi Uduk Betawi

Nasi uduk hampir masyarakat indonesia mengenal nasi uduk. Namanya yang sangat familiar. Yang memiliki kemiripan dengan nasi liwet umumnya, yang terbuat dari beras putih dan dimasak dengan bumbu-bumbu. seperti: santan, daun serai, garam, daun salam, dan daun jeruk. Soal Rasa nasi uduk sangat lezat dan nikmat sekali. Saja yang makan pasti akan ketagihan pengen nambah terus. Dalam cara penyajian Nasi uduk ini bisa dihidangkan dengan telur dadar yang diiris panjang, ayam goreng, kentang balado, dan sambal kacang.

Baca Juga Artikel Lainnya: Makanan Tradisional Khas Papua  & Paling Hits! Makanan Khas Tradisional Surabaya

8. Gado-Gado Betawi

Gado-Gado Betawi

Selanjutnya Makanan Khas Betawi adalah gado-gado yang sangat mudah Sekali Kita dapat menemukan makanan gado-gado di kota Jakarta, karena gado-gado banyak disenangi oleh semua masyarakat tidak hanya orang-orang Betawi saja lho. Mungkin di senangi oleh para wisatawan Cara pembuatan Gado-gado terdiri atas masakan sayuran dihidangkan bersama dengan lontong dan ketupat yang ditaburi dengan bawang goreng dan dilumuri dengan saus kacang dengan rasa yang sangat menggugah selera.

Nah itulah 8 daftar Makanan Khas Betawi yang bisa kalian cicipi kalau sudah bosan dengan makanan yang terkesan itu-itu saja. kamu juga bisa mencari referensi makanan yang suka yang enak juga seperti: Makanan Tradisional Khas Maluku & Makanan Tradisional Khas Semarang Paling Enak

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.