Udang Selingkuh? Makanan Khas Papua yang Wajib Kalian coba

Makanan Khas Papua – Papua adalah provinsi di bagian timur yang sangat  terkenal akan keindahan alamnya. Kalau kalian pernah dengar yang namanya Raja Ampat, itu dia salah satu tujuan wisata yang ada di Papua yang menjadi icon pemandangan yang sangat terkenal.

Nah.sahabat traveler Kalau mengunjungi suatu tempat, rasanya kurang afdol bukan kalau kita tidak mencicipi makanan yang menjadi khas daerah tersebut. Dan kali ini borneochannel.com akan berbagi kepada kalian yang sedang ada rencana liburan ke Papua

CIRI MAKANAN KHAS PAPUA

Makanan Khas Papua agak unik lho. Tidak mudah ditemui di tempat lain penasaran bukan ?

Tenang bersama borneochannel akan dirangkum apa saja kuliner Makanan Khas Papua ini Kalau gitu kita lihat aja yuk beberapa Makanan Khas Papua.

1. Sate Ulat Sagu

resep sate ulat sagu papua

Sajian makanan ini mungkin terdengar cukup unik dan menggelikan bagi masyarakat Indonesia. Ulat yang selama ini dianggap menjadi hewan yang menjijikan atau malah menakutkan bagi sebagian orang. Tapi tidak bagi masyarakat Papua, ulat ini dijadikan sebuah sajian Makanan Khas Papua yang berbentuk sate dan makanan ini dianggap yang paling lezat dan kaya akan gizi dan protein sehingga dapat menyehatkan tubuh lho.

Pencarian Ulat sagu ini di Papua sangat mudah untuk ditemukan, baik di hutan maupun di pasar-pasar yang merupakan hasil buruan penjualnya. Kalau teman-teman berani menjajal kuliner unik satu ini, kalian perlu tahu bagaimana Ciri-ciri Makanan Khas papua ini  cita rasa. Sate ulat sagu mempunyai rasa manis dan asin. Tekstur dari sate ulat sagu keras di luar dan lunak di dalam. Pada bagian daging ulat tersimpan protein yang cukup tinggi. Selain protein, ada juga kandungan lain pada tubuh ulat sagu yakni asam aspartat, asam glutamat, tirosin, lisin, dan methionin.

Berani coba ?

Baca Juga : Makanan Khas Makkasar Yang Bikin Lidah Kecanduan

2.Udang Selingkuh

udang selingkuh khas papua

Makanan Khas Papua ini, yang dibuat penasaran. Bukan hanya penasaran makanannya seperti apa, tetapi juga dari namanya terdengar unik. Disebut udang selingkuh karena bentuknya,badannya itu udang tapi capitnya mirip kepiting. Itulah kenapa dinamakan udang selingkuh,

Makanan khas Papua ini yang dinamakan Udang Selingkuh ini sebenarnya tidak ada resep khusus, hanya saja namanya berbentuk udang tetapi terdapat capit seperti kepiting, sehingga dinamakan Udang Selingkuh.

Ciri-ciri Makanan Khas Papua yang ini Tekstur yang dimiliki oleh udang selingkuh padat dan berserat, mirip dengan lobster. Sedangkan bagian dagingnya sangat lembut dengan rasa yang sedikit manis. Sebelum disantap, udang akan diolah dengan berbagai teknik, mulai direbus dan digoreng. Untuk menambah kelezatannya, udang biasanya disajikan dengan olahan bumbu saus tiram, saus mentaga, atau saus padang.

Nah, kalau kalian ada kesempatan berkunjung ke Wamena, jangan lupa cobain udang yang satu ini.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat

3.Ikan Bakar Manokwari

ikan bakar manokwari khas papua

Ikan Bakar Manokwari yang berasal dari Papua ini, sangat enak dan super pedas. Makanan ini sangat cocok untuk teman-teman yang pecinta pedas. Ikan yang biasanya digunakan untuk membuat ikan bakar Manokwari adalah ikan tongkol, kalau teman-teman mau mencicipi kelezatan ikan bakar ini kalian harus datang dulu ke Manokwari. Selain ikannya yang enak, ada pendamping dari makanan ini yang akan menggugah selera makan kalian lho.

Ciri-ciri Makanan Khas Papua ini ikan bakar manokwari tidak sama dengan ikan bakar di tempat-tempat lain yang biasanya hanya menggunakan sambal kecap. Di Manokwari, teman-teman bisa menyantap ikan bakar dengan bumbu khas Papua yang terkenal dengan rasa pedasnya yang unik karena dibuat dari cabai yang langsung berasal dari Papua.

4.Martabak Sagu

martabak sagu papua

Makanan khas Papua yang satu ini adalah makanan yang tidak boleh di lewatkan buat teman-teman traveler  Martabak ini berbeda dengan martabak yang lainya yang selama ini kita ketahui. Bahan utama membuat Martabak Sagu Khas Papua ini adalah sagu dan gula merah.

Dalam penyajian Martabak sagu ini Caranya tidak sulit, yang pertama sagu dihaluskan kemudian digoreng beberapa menit, kemudian di beri gula merah. Ciri Khas Rasa dari makanan yang satu ini manis. Untuk teman-teman yang selama ini hanya mengenal martabak manis dan asin,  pas banget untuk di jadikan oleh-oleh teman-teman traveler

Lanjutkan membaca artikel : Makanan Khas Jawa Tengah Yang Lidah Bergoyang

5. Ikan Bungkus

ikan bungkus khas papua

Makanan Khas yang selanjutny Adalah ikan yang mirip dengan pepes, namanya ikan bungkus. Ikan yang dibungkus dengan daun lalu dipanggang di atas api kecil.

Ciri khas makanan ini jika ikan pepes dibungkus dengan daun pisang, ikan bungkus menggunakan daun talas. Pada awalnya, ikan bungkus hanya dibumbui dengan garam saja. Namun kini sudah mulai dikembangkan dengan memakai berbagai rempah seperti cabai, serai, lengkuas, dan daun salam.ikan yang digunakan adalah jenis ikan laut

Cara pembuatan ikan bungkus sendiri sebenarnya sangat mudah. Ikan hanya perlu dibersihkan lalu dibumbui dan dibungkus ke dalam daun talas. Setelah terbungkus, ikan bisa langsung dibakar dengan api kecil hingga matang yang kemudian dapat disantap langsung.

baca juga : Makanan Khas Kalimantan Selatan Wajib dicoba

6.Sambal Colo-colo Papua

sambal colo colo papua

Sambal colo-colo ini aslinya berasal dari wilayah Maluku dan Manado. Namun, kini sudah menyebar hingga ke Papua dan menjadi salah satu sajian yang banyak ditemui di tempat makan di wilayah ini.

Sambal colo-colo di Papua biasanya dibuat untuk menemani santap menu makan besar di siang dan malam hari. Ciri Khas Rasa yang dimiliki oleh sambal colo-colo pedas yang menggigit, sambal colo-colo juga terasa sedikit asam yang memberikan sensasi menyegarkan. Rasa asam yang berasal dari jeruk nipis akan membantu menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai.

Jika teman-teman sedang traveling untuk beberapa hari di Papua, jangan lupa untuk menjajal sambal khas Papua ini.

7.Sarang Semut

sarang semut papua

Makanan khas Papua yang rasanya sulit ditemui di wilayah lain di Indonesia adalah sarang semut selain menjadi kekhasan papua Sarang semut ini juga sebagai salah satu cara pengobatan tradisional yang banyak dilakukan masyarakat pedalaman Papua. Bahkan sudah digunakan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

sarang semut di Papua telah terkenal di dalam maupun luar negeri. Sarang itu terbuat dari tanah yang ukurannya sangat besar, mencapai rumah yang ditinggali manusia. Tapi, siapa sangka bila kediaman hewan kecil tersebut bisa digunakan untuk mengobati segala penyakit, mulai dari asam urat, rematik, TBC, tumor dan kanker.

Nah jangan lupa teman-teman sarang semut papua ini wajib hukumnya jika kalian sedang traveling membawa oleh-oleh ini karena juga membawa manfaat yang sangat luar biasa lho.

Dan Itulah rangkuman makanan khas Papua yang terkenal. Kalau teman-teman ingin merasakan cita rasa makanan yang tak biasa, maka sangat wajib untuk mencoba berbagai olahan sagu yang dijadikan menu santapan utama masyarakat Papua. Namun apabila kamu tidak terlalu menyukai sagu, kamu juga bisa menyantap menu makanan lainnya seperti olahan hasil laut yang tak kalah enak dari olahan produk laut di daerah-daerah lain di Indonesia. seperti Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib dicobaOleh Oleh Khas Pontianak

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.