[Terpopuler] Makanan Khas Jogja Yang Tidak Boleh dilewatkan!

Makanan Khas Jogja- Daerah Istimewa Yogyakarta memang kerap meninggalkan kesan tersendiri bagi tiap orang yang pernah mengunjunginya. Kekayaan budaya yang masih terjaga hingga kini, ditambah panorama alamnya sanggup membuat mereka terpesona dan ingin kembali lagi. Tidak hanya itu, sajian kuliner di kota tersebut pun selalu membuat mereka gagal move on.

Makanan Khas Jogja sejak dulu selalu mampu menghipnotis kerinduan bagi para warganya yang sedang merantau ke luar kota. Sebab, berbagai kulinernya memang menggoda selera, sehingga membuat mereka teringat kampung halaman.

Makanan Khas Jogja memiliki Beragam rasa yang unik dan mulai dari cita rasanya, dari nasi yang bukan berasal dari beras, makanan pedas manis yang dicampur jadi satu hingga makanan ekstrem menantang nyali.

 

Makanan Khas Jogja Kekinian

Mengunjungi suatu tempat belum lengkap rasanya jika belum menyempatkan mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi

Nah kali ini borneochannel akan berbagi kepada kalian ni Makanan Khas Jogja Yang Kekinian mau tahu? Berikut Makanan Khas Jogja Kekinian yang di rangkum borneochannel:

1.Nasi Kucing Jogja

nasi kucing jogja terkenal

Kuliner Makanan Khas yang berasal dari Jogja ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Biasanya, diperdagangkan oleh para pemilik angkringan. Karena namanya nasi kucing, tentu porsinya menyesuaikan makanan hewan tersebut. Dengan nasi yang sedikit bersama lauk-lauk sederhana, seperti kering tempe, telur, ikan, sambal.

“Orang Jawa lebih sering menyebutnya Sego kuwcing”

Dan nasi kucing ini adalah sasaran para Bagi mahasiswa Jogja, makan di angkringan adalah cara terbaik untuk menghemat uang saku yang pas-pasan

Makanan Khas Jogja ini terkadang pembeli tidak akan puas bila hanya menyantap satu bungkus saja lho. Walaupun tampak sederhana, namun rasanya mampu membuat lidah ketagihan terus. Apalagi, harga dari Nasi kucing sendiri termasuk murah, yaitu Rp2500,- Berani coba gak ?

baca juga artikel yang lain: Makanan Khas Kalimantan Utara  Daftar Makanan Khas Jawa Tengah

2.Sate Klatak

sate klatak jogja

Makanan Khas Jogja yang satu ini adalah Sate klatak  Nama klatak sendiri tercetus dari bunyi klatak-klatak yang dihasilkan saat daging menyentuh panasnya arang saat dipanggang. sate yang terbuat dari daging kambing muda yang telah dimbumbui dan dibakar dan dicampur rempah-rempah yang di sajikan.Bedanya sate ini dengan sate pada umumnya Kalau Sate klatak biasanya disajikan dengan kuah gulai sahabat Traveler.

Makanan Khas Jogja ini kerap diburu oleh para wisatawan karena selain memiliki tampilan yang menggugah selera, rasanya pun bisa membuat ketagihan. Padahal, sebenarnya sate klatak hanyalah potongan daging kambing yang diberi bumbu rempah sederhana saja, seperti garam serta ketumbar dan ditusuk menggunakan jari-jari roda sepeda. Berbeda dengan sate biasa yang tusukkannya berupa lidi.

3.Gatot Gunung Kidul

gatot makanan khas gunung kidul

Siapa sih yang ngga kenal dengan Makanan Khas Jogja yang satu ini, gatot merupakan sebuah Kuliner jajanan cemilan yang sudah umum dikalangan masyarakat jogja dan menjadi sebuah makanan yang sering menemani ketika sedang berkumpul dengan keluarga

Gatot berbahan dasar dari singkong yang diolah dengan sedemikian rupa melalui proses penjemuran sehingga menjadi gaplek dengan kualitas yang baik. Gatot memiliki rasa yang manis namun sedikit pahit, rasa manis yang dihasilkan dari gula merah membuat rasa gatot menjadi enak saat dinikmati. Sedangkan rasa pahit itu sendiri berasal dari singkong karena melalui proses pengeringan tadi.Camilan tradisional satu ini mempunyai cita rasa manis dan legit di mulut. Biasanya gatot dimakan oleh sebagian penduduk Jogja yang bosan makan nasi.

Gatot lebih mudah ditemui di sekitaran objek wisata Gunung Kidul. Camilan khas masyarakat Jogja ini dijual dengan harga murah, hanya berkisar antara Rp10.000 – Rp20.000 saja.

4.Oseng-oseng Mercon jogja

oseng oseng mercon jogja yang enak

Makanan khas jogja yang satu ini mungkin terdengar sedikit seram bukan dari namanya, namun pada dasarnya makanan ini adalah makanan yang memiliki rasa yang sangat enak dan nikmat hanya saja rasanya yang pedas karena adanya campuran cabe yang mampu membuat lidah Anda meledak-ledak kepedasan.

Oseng-oseng mercon adalah makanan yang berbahan dasar kikil, daging sapi, dan cabe rawit yang sangat banyak. Nama mercon berasal dari letupan-letupan pedasnya cabe rawit ketika dikunyah dan ekspresi wajah setelah memakan oseng-oseng tersebut, rasanya seperti bom yang meledak di dalam mulut.

Nah!!! buat kalian yang penasaran jangan khawatir borneochannel akan memberikan rekomendasi buat kalian yang pengen coba makanan yang satu ini

Oseng-oseng mercon yang terkenal di Jogja adalah Oseng-oseng Mercon Bu Narti Makanan asli Indonesia ini pertama kali dibuat oleh ibu Narti pada tahun 1997 yang ketika itu hanya dijajakan di warung tenda kepunyaannya yang terletak di pinggir jalan. Dikarenakan nama dan rasanya yang unik, warung tenda ibu Narti kemudian dikenal dengan warung oseng-oseng mercon bu narti. yang berada di Jl, K.H. Ahmad Dahlan. Harga oseng-oseng mercon berkisar antara Rp10.000,- hingga Rp15.000,-.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat

5.Gudeg Khas Jogja

Gudeg Khas Jogja

Siapa sih yang ngga kenal dengan Makanan Khas Jogja yang satu ini, gudeg merupakan Makanan Khas Kota Jogja yang sangat terkenal sekali yang memiliki rasa yang manis. Pada dasarnya gudeg terdiri dari tiga jenis yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar

Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah ikon kuliner khas Jogja.yang dimasak dengan sedemikian rupa dan menggunakan bumbu yang khas asli jogja. Rasa asli gudeg sebenarnya manis, hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa. Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem.

Beberapa tempat yang pas buat kamu saat traveling di kota ini borneochannel rekomendasi yaitu Gudeg Permata, Gudeg Pawon, Gudeg Yu Djum, Gudeg Tugu, dan Sego Gudeg Nggeneng Mbah Marto. Harga gudeg tersebut berkisar dari Rp7.000,- hingga Rp25.000,-

Baca juga artikel: Makanan Khas Bali yang Bikin GagalDiet

6.Soto Kadipiro

soto kadipiro jogja

Makanan khas jogja yang satu ini  adalah Soto kadipiro makanan sejenis sop yang kuahnya berasal dari kaldu daging dan dimakan dengan campuran daging, nasi serta sayuran. Di Jogja, soto adalah salah satu menu sarapan terfavorit

Soto kadipiro adalah kuliner legendaris di Jogja yang sekaligus menjadi makanan khas Jogja sejak tahun 1921. Hingga kini, soto kadipiro sudah membuka banyak cabang di sepanjang Jl. Wates. Soto kadipiro begitu digemari masyarakat Jogja karena bumbu penyedap yang digunakan adalah hasil racikan sendiri yang mana resepnya asli dari bapak Karto Wijoyo. Dari tampilannya soto kadipiro juga sama dengan soto-soto lain di mana terdapat isian kol, suwiran ayam, tauge, seledri, dan bawang goreng. Penyajian soto kadipiro juga dilakukan bersama nasi dengan dampingan perkedel, tahu, tempe bacem, dan sate. Satu hal yang istimewa dari soto kadipiro, selain rasanya yang enak, menyantap soto di warung Soto Kadipiro Yogyakarta akan terasa dibawa ke masa lalu kota Jogja.

Beberapa rekomendasi soto Kadipiro di Jogja yaitu Soto Sulung Stasiun Tugu, Soto Kadipiro, Soto Bathok Kelapa, Soto Sawah, dan Soto Pak Marto. Harga soto berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp12.000,-.

7.Bakmi Jawa

bakmi jawa jogja

Makanan khas Yogyakarta berbentuk bakmi yang tak kalah terkenal adalah bakmi jawa. Bakmi jawa hanyalah penamaan untuk kuliner berupa bakmi yang disajikan bersama ragam macam bahan tambahan yang tidak biasa ditemui pada bakmi di tempat lain. Bakmi jawa juga mempunyai ukuran yang lebih besar daripada mie yang dipakai pada bakmi lain.

Pada dasarnya, bakmi adalah makanan dengan sajian mi. Bakmi disajikan dengan campuran daging atau ayam dan sayur-mayur seperti kol. Bakmi bisa dimakan dengan kuah atau tanpa kuah alias bakmi goreng. Di Yogyakarta bisa ditemukan cukup banyak penjual bakmi jawa, seperti di Bakmi Pele yang berlokasi di bagian tenggara alun-alun Yogyakarta.

Beberapa rekomendasi bakmi jawa yang terkenal adalah Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Gito, Bakmi Jombor, dan Bakmi Pele. Harga bakmi berkisar sekitar Rp15.000,-

Demikian ulasan tentang kuliner  Makanan Khas jogja yang wajib kamu coba selama berada di Jogja. Semoga membantu kamu selama kunjungan dan berwisata di Jogja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.