Makanan Khas Semarang Paling Maknyus Diburu Saat Travelling

| | ,

Makanan Khas Semarang– Howdy sobat Borcha, tahukah kamu kota Semarang terkenal dengan wisata kulinernya yang tidak menguras kantong. Walau murah, rasa makanannya selalu membuat ketagihan buat sahabat traveller yang menjelajah di kota semarang. Semarang mempunyai beberapa julukan, seperti Venetie van Java, Kota Atlas, The Port of Java, Semarang Pesona Asia, dan Kota Lumpia

Baca juga: Makanan khas dari kota Makassar

MAKANAN KHAS SEMARANG MURAH

Beraneka macam makanan khas di Semarang, wajib sahabat traveler cicipi saat traveling ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Rasanya pasti buat ketagihan! Inilah daftar Makanan Khas Semarang yang di rangkum borneochannel.com enak dan maknyus menggoyang lidah.

1. Lumpia Semarang, Makanan Khas dari Kota Semarang

makanan khas semarang adalah
(tokopedia.com) makanan khas semarang lumpia

Makanan ringan khas Semarang yang satu ini telah menjadi legend kota Semarang. Karena, Semarang memiliki julukan sebagai kota lumpia. rasanya kalau berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi lumpia itu seperti belum pernah ke sana.

Dalam pembuatan Lumpia ini dengan adonan tepung bundar kemudian diberi isian lalu dilipat dan digulung, baru digoreng di minyak panas. Isian dari makanan dengan nama lain lumpia ini adalah daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, potongan sayuran, bahkan rebung. Untuk memakannya bisa dengan cara mencocolnya bersama saus segar atau menyantapnya secara langsung, keduanya sama-sama enak

Anda dapat menemukan kuliner Makanan Khas Semarang ini di setiap sudut kota Semarang, Makanan ini mudah di Semarang, banyak terdapat di pingggir jalan khususnya di daerah sekitar Simpang Lima namun sebagai referensi. Anda harus menjajal lumpia yang ada di Gang Lombok Semarang di kawasan Pecinan. Lumpia di sini dikemas dengan besek atau tempat dari anyaman bambu dan masih menggunakan resep di mana lunpia pertama kali di Semarang.

2. Nasi Ayam, Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

oleh oleh khas semarang selain makanan
(IDNTimes.com) Nasi Ayam Semarang

Nasi ayam Khas Semarang merupakan hidangan nasi pulen yang dimasak dengan menggunakan air santan hingga menjadi nasi aron dan kemudian dimatangkan dengan cara dikukus.

Hidangan nasi pulen ini bersama pendampingnya yang terdiri dari masakan opor dan sayur. Untuk penyajiannya cukup sederhana, yakni hanya berada di atas piring alas dari daun pisang. Anda yang sedang berkunjung ke kota semarang jangan sampai melewatkan santapan nasi ayam khas semarang ini ya.

Pada mulanya makanan sehat Semarang ini adalah berawal dari tangan penjual nasi ayam keliling bernama Satinem. Ia adalah orang yang menciptakan nasi ini dan sering menjajakannya secara berkeliling pada tahun 1960-an. Nama awal dari makanan ini dulunya bukanlah nasi ayam Semarang, melainkan nasi ayam Kampung Koja. Penamaan ini karena Kampung Koja adalah kampung yang menjadi saksi lahirnya makanan ini.

3. Mie Kopyok Semarang

makanan khas semarang di simpang lima
(Yummy.Co.id) Mie Kopyok Semarang

Makanan Khas Semarang ini adalah mie kopyok yang bisa Anda jumpai di berbagai warung mie kopyok di kota Semarang. Anda bisa menyajikan sendiri mie kopyok khas Semarang di rumah Anda selama Anda mau mempelajari resep sajian kuliner yang satu ini. Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat sajian mie kopyok. Membuat mie kopyok relatif mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah Anda. Selain itu, bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat mie kopyok juga relatif mudah di pasaran.

Pembuatannya hanyalah dengan menyelupkan mie basah dan kecambah ke dalam air mendidih, lalu menaruhnya di piring setelah irisan lontong dan tahu pong di masukkan. Uniknya lagi, mie ini di beri kuah dengan bumbu putih yang telah di uleg, lalu di beri tambahan irisan bawang goreng dan kecap di atasnya.

Nama mie kopyok bukanlah nama satu-satunya, karena ada nama lain yang melekat pada makanan ini, seperti mie lontong dan mie teng teng. Untuk nama terakhir di berikan karena dulunya makanan ini di jual dengan cara membunyikan piring sehingga menghasilkan suara “teng teng teng” untuk menarik pembeli dari gerobak-gerobak penjual.

4. Tahu Petis

gambar makanan khas semarang
(Akurat.co) Tahu Petis

Tahu petis adalah makanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang di makan dengan petis saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang yang di oleskan atau di sisipkan di tengah-tengah tahu.

Keunikan Makanan Khas ini ada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang di racik dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan petis udang siap saji yang bearoma harum dan tidak menyengat. Di padu dengan tahu pong yang segar dan renyah sehingga menambah kelezatannya.

Untuk penyajian Makanan Khas dari Kota Semarang yang terkenal dengan makananan pedasnya, bahan dasar tahu petis adalah tahu putih kemudian diisi petis. Untuk memberi petis dalamnya tahu harus di sayat dulu, namun jangan sampai terbelah lalu diisi dengan petis. Tahu yang digunakan adalah tahu putih dan tidak terlalu padat.

Baca juga: Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak

5. Bandeng Presto Khas Semarang

makanan semarang khas
(PegiPegi.com) Bandung Presto

Bandeng presto merupakan inovasi masyarakat Semarang. Ikan bandeng presto tercipta karena pemikiran kreatif untuk mengatasi banyaknya duri yang terdapat  di daging ikan bandeng. Ikan  dengan bawang putih, kunyit, dan garam kemudian di masak beralaskan daun pisang dengan menggunakan teknik presto.

Presto merupakan cara memasak dengan memanfaatkan uap air bertekanan tinggi. Ikan bandeng yang telah di beri bumbu di letakkan di dalam panci lalu di kunci rapat. Air yang berada dalam panci kemudian di panaskan hingga mendidih dan menghasilkan uap air yang akan melunakkan duri yang ada pada ikan.

Semarang bandeng presto menjadi oleh-oleh khas ibukota Jawa Tengah tersebut. Salah satunya adalah dengan muculnya Bandeng Presto Juwana di Semarang. Bahkan sentra bandeng presto tersebut adalah asal muasal dari presto pertama, yang pindah ke Semarang karena merupakan ibukota Jawa Tengah.

6. Gandos Khas Semarang

semarang makanan khas
Gandos Semarang

Makanan khas Semarang yang enak ini namanya gandos mungkin agak kurang terkenal, hal ini karena Makanan khas termasuk jajanan tradisional dan kini jarang ada pembuatnya. Meski begitu, namun kue gandos khas Semarang tentu punya ciri khas lain, baik rasa maupun penyajiannya

Panganan ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan lalu di beri garam yang nantinya akan di masukkan ke loyang sebagai cetakannya. Nantinya saat adonan dalam loyang, maka akan di masak dengan api yang sangat panas. Bentuk gandos sendiri biasanya setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya.

kelezatan kue ini bakal bikin Anda kangen dan ingin mencicipi lagi di kemudian hari. Rasa gurih sangat menonjol pada kuliner tradisional ini.

Baca juga: Makanan khas Jawa Barat

Nah sahabat traveler jika kalian berencana datang ke Semarang untuk menjelajah kekayaan wisata yang di milikinya, jangan sampai melupakan daftar Makanan Khas Semarang tersebut. Kuliner yang unik dan enak dari kota Semarang bisa memberikan pengalaman baru pada lidah kamu. Bahkan, tak jarang juga orang yang mengaku rindu untuk kembali datang ke Semarang. Hanya sekadar untuk mencicip makanan khasnya yang rasanya masih melekat pekat di lidah.

Previous

Udang Selingkuh? Makanan Khas Papua yang Wajib Kalian coba

Makanan Khas Maluku Sangat Nikmat untuk Dicoba!

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.