[Enak Banget Untuk Dicoba!!] Makanan Khas Jawa Barat Yang Bikin Lidah Bergoyang

Makanan Khas Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia di pulau Jawa. Provinsi ini disingkat Jabar (Jawa Barat) dan ibu kotanya berada di Bandung. Provinsi Jawa Barat memiliki 9 kota serta 18 kabupaten. Di Jawa Barat tentu kita akan menentukan banyak yang bisa kita telusuri di provinsi ini. Bisa berupa ragam tempat wisatanya, profesi masyarakat secara mayoritas. makanan khas di provinsi ini dan masih banyak lagi yang dapat kita telusuri di Jawa Barat. Nah kali ini kita akan membahas makanan khas Jawa Barat.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Tengah Yang Sangat Nikmat 

Makanan Khas Jawa Barat dan Daerah Asalnya

Setelah nonton video yang di atas udah dapat bayangan kan makanan-makanan tradisional khas yang dicoba oleh mereka. Nah bagi yang masih penasaran, Yuk simak pembahasan di bawah.

Awal mulanya makanan-makanan khas Jawa Barat tentunya ada yang berasal dari masyarakat setempat yang kemudian menjadi terkenal juga di daerah lain, seperti daerah antar Jawa Barat juga daerah luar pulau Jawa. Sehingga masyarakat-masyarakat dapat lebih mengenal.

Setiap tempat yang berada di provinsi Jawa Barat memiliki masing-masing makanan andalannya loh, bahkan kalian bisa saja mengetahui makanan khas jawa barat ini sewaktu kalian kecil. Karena makanan-makanan khas jawa barat tentunya termasuk makanan yang banyak diminati masyarakat secara umum. Berikut ini kita akan membahas makanan khas jawa barat dan asal mulanya :

1. Empal Gentong

Empal Gentong
http://www.wacana.co/2014/12/empal-gentong/

Nah buat kalian sahabat-sahabat borneo channel, ga afdol dong ya tidak mencicipi empal gentong ini kalo kita mampir ke daerah Cirebon. Karena makanan ini berasal dari daerah tersebut. Alasan makanan ini diberi nama empal gentong karena kuali yang tak lain bisa disebut juga gentong pada daerah tersebut menjadi wadah atau tempat untuk menaruh kuah dari makanan ini. Maka dari itu masyarakat menamainya dengan sebutan empal gentong. Empal gentong mirip-mirip dengan gule jika dilihat secara sekilas.

Nah ngomongin cita rasa, empal gentong ini masih memiliki cita rasa yang alami. Baik dari pengerjaan saat memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar yang membuat empal gentong tentunya terasa lebih nikmat dong ya. Biasanya jenis kayu yang sering digunakan untuk memasak empal gentong ialah kayu pohon mangga. -Makanan khas yang satu ini berbahan dasarkan babat, usus, dan daging sapi.

Tak kalah ditemani juga dengan sambalnya yang memiliki ciri khas jawa barat. Karena empal gentong ini bisa juga dijadikan lauk pauk maka untuk menjadi pelengkap karbohidratnya bisa dengan lontong ataupun nasi.

Baca Juga : Minuman & Makanan Khas Solo Yang Bikin Gemar Makan Nambah

2. Siomay dan Batagor

Batagor Siomay
https://resepkoki.id/resep-batagor-bandung/

Wah makanan khas Jawa Barat yang ini tentunya sering kita temui ya. Makanan ini sekarang sudah tersebar di berbagai daerah. Karena pada mulanya masyarakat asli pulau jawa ada yang bertransmigrasi membawa resep makanan ini. Dan sekarang siapa pun bisa mencoba membuatnya. Makanan ini berasal dari Bandung. Untuk nama batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng.

Yang pertama dikerjakan untuk membuat batagor adalah melembutkan tahu kemudian isi dengan adonan berbahan dasar ikan tenggiri yang sudah diaduk dengan tepung tapioka. Lalu bentuk adonan menjadi bunga ataupun bola. Selanjutnya goreng adonan ke minyak panas hingga adonan siap untuk disantap.

Nah sedangkan siomay yang tak kalah enaknya dengan batagor. Siomay ini mirip seperti batagor. Hanya saja makanan khas yang satu ini berbeda pengolahannya dengan batagor. Proses siomay, adonan yang sudah jadi kemudian memasuki tahap dikukus. Namun ada juga siomay yang digoreng, sebagai bentuk variasi. Sebagai pelengkap penyajiannya, batagor dan siomay ditemani dengan bumbu kacang, cabe, kecap, dan soas yang akan menambah cita rasa dari makanan ini.

3. Cireng

Rujak Cireng
https://resepkoki.id/resep-rujak-cireng/

Cireng merupakan singkatan nama dari aci goreng. Penyingkatan nama ini tentunya memudahkan kita menyebutnya dalam keseharian kan. Cireng ini berbahan dasar dari tepung tapioka yang sudah dibumbui. Setelah itu melalui tahap pengorengan. Untuk bahan dasar membuat cireng, kita memerlukan beberapa bahan seperti tepung tapioka dan terigu, air, garam, merica bubuk, bawang puting, daun bawang, dan minyak goreng.

Cireng dapat juga kita temui di pedagang kaki lima. Nah untuk sekarang cireng banyak variasi rasanya, sesuai dengan rasa yang kita minati. Tentunya menambah cita rasa dari cireng.

4. Makanan Berat Khas Jawa Barat : Sega Lengko

sega lengko
http://fesbukerbrebes.blogspot.com/2015/09/sega-lengko-brebes.html

Makanan khas yang satu ini merupakan nama lain dari nasi lengko, yang mana makanan khas yang dapat kita temui di daerah Cirebon dan Indramayu. Makanan khas jawa barat yang satu ini kepopulerannya memang tidak sama seperti siomay, batagor ataupun cireng. Walaupun begitu, sega lengko ini kaya akan nutrisi buat tubuh kita loh. Seperti protein, serat, dan juga baik untuk tubuh kita karena rendah kalori.

Cocok juga kan disantap dengan yang lagi diet kalori. Tak hanya itu, sahabat-sahabat borneo channel yang vegetarian juga icip-icip makanan khas jawa barat yang satu ini. Karena sega lengko juga non hewani. Bahan untuk membuat sega lengko ialah nasi putih, tahu dan tempe goreng, mentimun yang dicacah, dauh kucai yang sudah dipotong kecil-kecil, tauge yang direbus, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis. Wah komplit bangetkan buat dicoba ketika sedang lapar.

5. Cumi Hideung

Cumi Hideung Khas
https://deskgram.net/explore/tags/menufavoritanak2

Mendengar namanya saja, sudah pasti kita bayangkan tokoh utama dari makanan khas yang ini kan. Yapp benar sekali, cumi-cumi menjadi bahan dasar dari cumi hideung. Sedangkan hideung diambil dari bahasa Indonesia yang berartikan hitam. Cumi hideung merupakan cumi yang dimasak bersama-sama tinta hitamnya, maka dari itu cumi hideung ini berwarna hitam. Cumi hideung juga makanan khas masyarakat sunda. Makanan ini bisa juga kita jadikan lauk pauk untuk menemani makan siang sobat.

Baca Juga : [Terpopuler] Makanan Khas Jogja Yang Tidak Boleh dilewatkan!

6. Makanan Hewani Khas Jawa Barat: Hayam Bakakak

Hayam bakakak khas
https://cookpad.com/id/resep/698032-ayam-bakakak-bakakak-hayam

Hayam bakakak merupakan makanan khas  yang cukup terkenal di daerah Jawa Barat. Namun tidak terlalu dikenal  di daerah luar Jawa. Hayam Bakakak merupakan makanan yang berbahan dasar ayam yang dipanggang dengan bumbu sunda yang kuat. Makanan ini biasa disantap dengan sambal merah atau sambal hijau (bledug) khas yang menggoyang lidah dan memberikan sensasi yang tak dapat dilupakan setelah gigitan pertama.

Untuk ayam yang sebagai bahan dasar utamanya dimasak secara utuh tanpa perlu dipotong-potong terlebih dahulu. Sebelum dimasak jeroan dari ayamnya harus dibuang. Dengan porsinya yang banyak, kebayangkan hayam bakakak cocok banget untuk menambah menu makanan saat berkumpul bersama keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

7. Kerupuk Melarat/Kerupuk Miskin

Kerupuk miskin
http://jajanancirebon.com/kerupuk-melarat/

Wah nama makanan ini cukup mengasihanikan, membuat hati teriris. Namun jangan salah loh cita rasa dari kerupuk melarat tidak kalah enaknya dengan kerupuk yang lain. Kerupuk melarat atau bisa juga disebut kerupuk miskin. Kerupuk melart berasal dari daerah Cirebon. Yang mebuat kerupuk ini mempunyai ciri khas salah satunya ialah cara memasaknya, yaitu tidak menggunakan minyak goreng. Melainkan menggunakan pasir yang sudah dipanaskan untuk memasaknya.

Karena cara pengolahannya menggunakan pasir maka dari itu masyarakat menamakannya dengan kerupuk miskin. Tapi tenang saja, pasir yang digunakan untuk memasak kerupuk miskin ini tidak menempel di kerupuk, karena ketika kerupuk sudah mengembang dan matang pasir akan terpisah dengan kerupuk. Untuk bahan dasar dari kerupuk melarat ialah tepung tapioka.

8. Karedok

Karedok makanan khas
https://resepkoki.id/resep-karedok/

Makanan khas jawa barat ini termasuk banyak dikenal dan diminati dari berbagai daerah. Karena kita bisa menjadikannya untuk pelengkap lauk pauk kita. Karena karedok berbahan dasar dari berbagai sayur-sayuran mentah. Karedok mirip dengan gado-gado. Yang membedakannya dari karedok ialah sayurannya yang masih mentah sedangkan gado-gado sudah dimasak atau direbus terlebih dahulu.

Sayuran yang digunakan untuk membuat karedok bisa bermacam-macam, namun biasanya kol, taoge, mentimun, terong bulat, kacang panjang dan daun kemangi. Selajutnya bumbunya yang tak kalah ramainya, yaitu ada kencur, bawang putih, kacang tanah yang sudah digoreng, air asam, gula jawa, garam , cabai merah, dan terasi. Ketika kita membeli makanan ini biasanya kita dapat melihat penjual membuat bumbu kacang secara langsung. Patut dicobain nih sobat.

Baca Juga : [Ter-Enak]!!! Makanan Khas Malang Sumpah Meledak Di Lidah

Nah sobat-sobat, setelah mengetahui makanan khas Jawa Barat yang sudah disebutin diatas. Kita jadi lebih mengetahui asal mula dan informasi lebih banyak yang mulanya tidak ketahui. Yuk, buruan icip-icip.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.