[Super Enak]!!! Makanan Khas Makassar Yang Bikin Lidah Kecanduan!

Makanan Khas MakassarMakassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makasar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajane di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Makassar merupakan kota Metropolitan di Indonesia Timur yang memiliki pesonanya luar biasa, sehingga tidak heran Makassar menjadi tempat destinasi wisata favorit dan surga kuliner bagi para pelancong. Banyak sekali olahan khas Makassar yang akhirnya menjadi ikon ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Jika kamu penasaran untuk merasakan betapa lezatnya makanan khas Makassar, yang terkenal akan rasa rempahnya yang kaya, aromanya yang menggugah selera, langsung saja coba  makanan-makanan khas Makassar berikut ini. Dijamin kecanduan!

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat Yang Bikin Lidah Bergoyang

Nama makanan khas bugis Makassar

1 . Coto Makassar

coto khas makkasar
http://www.yaresep.com/2016/09/resep-coto-makassar-indonesia.html

Coto Makassar bisa dikatakan adalah makanan khas yang paling terkenal dan populer dari Makassar. Makanan berkuah asal Makassar  lezat ini menjadi salah satu masakan kebanggaan di Sulawesi Selatan ini berbahan dasar daging sapi yang dicampur dengan jeroan yang direbus dalam waktu yang lama, kemudian rebusan ini diiris-iris dan dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus dengan ramuan yang terdiri dari 40 jenis rempah-rempah, kemudian dimasak pada kuali tanah liat yang disebut dengan “korong butta” . Coto dihidangkan dalam mangkuk dan biasa dinikmati dengan “burasa”, yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang dan dilengkapi dengan sambal taoco. Sungguh menggoda bukan?

2. Sup Konro

makanan khas makassar
http://www.resepharian.com/cara-membuat-sop-konro-khas-makasar-sedap-mantap/

Konro adalah makanan khas Makassar yang dimasak berkuah berbentuk sup yang kaya akan rempah-rempah. Sup Konro biasanya memakai iga sapi sebagai bahan dasarnya yang kemudian direbus hingga memiliki tekstur yang empuk. Jika kuah konro ini ditambah dengan perasan jeruk nipis segar maka akan membuat Sup ini memiliki rasa yang semakin gurih, enak dan segar menggoda. Sup konro paling enak dinikmati saat cuaca dingin atau sebagai menu makanan biasa. Pasangan paling pas untuk menikmati Sup Konro ini adalah “Buras” yaitu lontong Khas Makassar ataupun dengan nasi putih yang hangat adalah.

Baca Juga : Makanan Khas Malang Sumpah Meledak Di Lidah

3. Sop Saudara

makanan khas makassar
https://resepkoki.id/resep-sop-saudara/

Sup saudara khas ibu kota Sulawesi Selatan ini berupa hidangan berkuah lainnya yang berbahan dasar daging sapi dan tak ketinggalan dilengkapi oleh jeroannya dan biasanya disajikan lengkap bersama bihun, perkedel kentang, dan juga telur rebus. Masakan ini umum disantap bersama dengan nasi putih hangat dan ikan bandeng bakar.

Baca Juga : Minuman dan Makanan Khas Padang yang Bikin Kamu Gagal Fokus

4. Mie Titi

mie titi makkasar
https://www.inibaru.id/kulinary/membuat-sendiri-kuliner-khas-makassar-mie-titi

Mie Titi merupakan salah satu olahan mie kering yang menjadi kuliner khas Makassar.  Mie ini dimasak dengan cara  dibakar dan diberi kuah yang berbumbu kental .Tapi, kalian tau nggak ternyata nama mie Titi sebenarnya bukan nama mie, seperti mie goreng, mie kuah, ataupun mie bakso lainnya.

Asal mula nama Titi sebenarnya adalah sapaan mendiang Angko Tjao, yaitu ayah dari Freddy Koheng, pemilik usaha mie Titi yang terletak di Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar yang merupakan orang Tionghoa, dan dalam bahasa Tionghoa, Titi berarti adik laki-laki.  Menarik bukan?

5. Bebek Palekko

bebek palekko Makkasar
https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-sindrap/nasu-palekko-sensasi-pedas-yang-menggoda.html

Bebek Palekko atau biasa disebut Nasu Palekko adalah salah satu kuliner asal Makassar yang cocok untuk kalian pecinta pedas, hidangan yang berbahan dasar daging bebek cincang ini mempunyai aroma tersendiri karena menggunakan minyak goreng yang berasal dari lemak kulit bebek itu sendiri.

Bagi kalian Penggemar olahan bebek pasti akan menyukai masakan ini. Daging bebeknya empuk, kaya bumbu, dan yang paling terpenting adalah tidak amis karena setelah bebek dibersihkan langsung diberi perasan jeruk nipis. Yang istimewa dan berbeda dari makanan khas Makassar lainnya adalah  bebek ini rasanya yang luar biasa pedas seakan membakar mulut !

Makanan khas Makassar dari pisang

1.Barongko

borongko pisang
https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-makassar/kue-barongko-makassar-rasanya-yang-manis-dan-lembut-menjadi-favorit.html

Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini tidak hanya terkenal dengan makanan utamanya saja, tapi juga banyak makanan penutup yang cukup populer dikalangan pecinta kuliner, salah satunya adalah kue barongko. Barongko adalah kue tradisonal yang terbuat dari campuran pisang raja yang dihaluskan, kemudian diberi telur, santan, gula pasir dan garam yang dibungkus dengan daun pisang yang dimasak dengan cara dikukus.

Terlihat sederhana kan? namun dibalik kesederhanaan itu,kue barongko ini memiliki filosofi yang tinggi. jika dilihat hampir semua dari hidangan ini berhubungan dengan pisang. Bahan utamanya terbuat dari pisang, bungkusannya pun terbuat dari daun pisang. ternyata semua itu memliliki makna yaitu apa yang terlihat di luar dengan apa yang tersimpan di dalam diri kita haruslah sama atau dalam arti lain apa yang terpikirkan dan yang dirasakan haruslah selaras dengan tindakan yang akan dilakukan.

2.Pisang Epe

olahan pisang Makkasar
https://resepkoki.id/2018/01/05/resep-pisang-epe/

Jika mendengar buah pisang, pasti kita sudah tahu buah tersebut bisa diolah dengan cara dibakar, direbus, hingga dibuat menjadi kolak. Di Kota Makassar, terdapat satu olahan pisang kepok terkenal yaitu Pisang Epe.

Pisang kepok yang digunakan untuk hidangan ini yaitu yang masih setengah mengkal karena pisang ini akan bertekstur yang lembut saat diolah. Proses pengolahan pisang ini cukup sederhana. Pisang kepok dikupas dan dipanggang di atas bara api hingga setengah matang. kemudian pisang ditekan hingga agak gepeng di atas balok kayu dan kemudian dipanggang lagi.

Proses pemanggangan Pisang dilakukan dua tahap agar pisang menjadi lebih renyah untuk disantap. Setelah proses pemanggangan selesai, pisang epe biasanya disajikan dengan tambahan keju,cokelat, kacang panggang, ataupun kelapa sangrai.

Baca Juga : Makanan Khas Maluku Buat Lidah Cettar Membahana

Makanan khas Makassar dari sagu

1.Kapurung

kapurung Makkasar
https://resepkoki.id/resep-kapurung/

Jika mendengar kata sagu, pasti kita berpikir tentang kuliner yang ada di Papua. eits jangan salah. Tidak mau kalah, Sulawesi selatan juga memiliki kuliner berbahan sagu lho, yaitu Kapurung, bola-bola sagu asal Sulawesi Selatan yang kaya akan protein ini tentu saja berbahan dasar sagu, yang dilengkapi dengan ayam, seafood, dan bermam-macam sayur-sayuran.

Kapurung memiliki kandungan gizi lengkap yang berasal dari berbagai macam campuran bahan makanan kuliner satu ini. salah satunya yaitu dari seafood yang menjadi sumber protein dan juga sayur-sayuran sebagai sumber mineral,zat besi dan vitamin. Sehingga tidak heran jika pada zaman dahulu olahan ini dijadikan makanan pokok oleh para penduduk setempat.

Kue kering khas Makassar

1.Baruasa

baruasa kue khas Makkasar
https://andietafoodjourney.wordpress.com/2016/09/11/baurasa-macaroon-ala-sulawesi-selatan/

Setelah membahas makanan utama khas Makassar, kalian pasti penasarankan apakah Makassar hanya terkenal dengan itu saja? tentu saja tidak. Makassar punya cemilan khas kotanya yaitu baruasa. Baruasa adalah kue kering berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung beras,gula aren, kuning telur, kayu manis, dan mentega dan dimasak dengan cara lalu dipanggang di oven.

Bisa dikatan bahwa baruasa ini adalah macaroon versi Indonesia lho. Kue gurih dan bertekstur ber-remah ini memiliki rasa manis dan cocok untuk cemilan sehari-hari. Kue ini cocok bagi kalian yang doyan ngemil tapi masih takut gemuk karena kue ini rendah kalori dan lemak. gimana? menarik kan?

Oleh-oleh khas Makassar kekinian

1.Makassar Baklave

oleh oleh kekinian Makkasar
http://makassarbaklave.com/

Makassar nggak kalah lho dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, kota ini juga menarik hati para Artis-artis di Indonesia untuk membuka bisnis kue kekinian yang dijadikan oleh-oleh khas tempat usaha mereka dibuka, Makassar Baklave ini contohnya,kue ini adalah kue milik Irfan Hakim, siapa sih yang nggak kenal Irfan Hakim, dia adalah artis dan presenter terkenal di Indoneia. Kue kekinian ini sudah berusia setahun sejak launching pada tahun 2017 silam dan  masih sangat digemari oleh masyarakat sampai saat ini.

Kue kekinian ini berbentuk bulat sehingga menjadikannya cukup berbeda dari beberapa kue kekinian yang biasanya berbentuk persegi panjang. Baklave ini terinspirasi dari makanan khas Turki, yaitu Baklava. Kue renyah dan gurih ini memiliki varian rasa banana fluffyrich cheeseOreo blast, green tea ,nutty fruity  dan juga royal chocolate. Kue ini dijamin siap memanjakan lidahmu.

Nah teman-teman, setelah mengetahui makanan khas Makassar yang sudah disebutkan diatas, kita jadi tau kan sejarah dan informasi tentang kuliner dari ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini. Jadi, kalian nggak perlu bingung lagi nih saat berkunjung ke Makassar, selamat mencoba ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.