[Terhitss] Makanan Khas Maluku Buat Lidah Cettar Membahana

Makanan Khas Maluku- Maluku adalah satu wilayah di Indonesia yang dikelilingi oleh wilayah perairan. Maluku menjadi penghasil rempah-rempah terbaik, seperti cengkeh dan pala. Di samping kekayaan perkebunannya, Maluku juga terkenal akan hasil lautnya yang melimpah

Berbicara tentang Maluku, setiap masyarakat yang tinggal di daerah pasti mempunyai Makanan Khas yang berbeda dari masyarakat yang tidak berada di kawasan Timur Indonesia. Jika kebanyakan penduduk Jawa, misalnya, menjadikan nasi sebagai makanan pokok, Maluku menjadikan sagu sebagai Makanan Khasnya. Meskipun demikian, Maluku tetap menyimpan kekayaan kuliner yang bisa membuat semua orang jatuh hati.

Selain disuguhi dengan aneka pemandangan yang menarik dan cetar membahana tempat ini pun memiliki segudang Makanan Khas yang mungkin tak anda dapatkan di tempat lainnya.

Makanan Pokok Maluku

Buat Anda berkesempatan berkunjung ke Maluku, jangan lupa mencoba kulinernya. Dijamin ketagihan, pecinta kuliner mari coba rasa-rasa Kuliner Andalan dari daerah Maluku. Berikut adalah daftar Masakan Khas Maluku yang di rangkum oleh borneochannel. Bakal nyesel  jika Anda abaikan :

1. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar

Kuliner yang satu ini anda akan senantiasa mendapati sajian kuliner yang dinamakan dengan Ikan Komu Asar. Anda akan sangat mudah mendapatkan makanan yang satu ini. Makanan yang sudah dipatenkan menjadi makanan khas Maluku karena hanya ada di Maluku.

Dalam penyajiannya, ikan asar lebih nikmat jika ditemani dengan nasi dan sambal colo yang juga berasal dari Maluku. selanjutnya diasapi sampai ikan menjadi kering. Adapun sambal colo-colo sendiri dibuat dengan bahan dasar perasan jeruk nipis yang dicampurkan bersama dengan beberapa bahan, yakni kecap, mentega cair dan juga irisan bawang merah.

Tentunya dua kombinasi bahan ini menghasilkan citarasa khas yang nikmat dan makyus di lidah. Sehingga pas banget menjadi sajian sambil memandang keindahan pantai atau panorama alam di maluku

Nah, bagaimana cukup menggoda bukan?

Beranikah anda untuk mencicipi kuliner ini?

Bila penasaran maka ketika mampir ke Maluku jangan lupa kunjungi tempat yang satu ini.

Baca Juga artikel lain: Makanan Khas Kalimantan Utara, Kuliner dan cemilan

2. Papeda

Papeda maluku

Nah!!! Berbicara mengenai Kuliner khas Maluku maka mungkin Papeda menjadi ikon bagian yang tak perpisahkan dari daftar kuliner khas kepulauan dengan ibu kota Ambon ini. Akan tetapi, meski seringkali mendengar nama Papeda namun seringkali banyak orang belum mengetahui dengan baik seperti apa rupa dari hidangan ini.

Papeda adalah Makanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang diolah hingga berubah bentuk menjadi seperti bubur yang lengket dan kental. Sajian yang satu ini biasanya dihidangkan bersama dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dimasak dengan bumbu kuning. Akan tetapi demikian, banyak juga yang mengkombinasikan sajian ini dengan ikan kakap merah, ikan kue ataupun ikan gabus. Teksturnya dari papeda sendiri begitu lengket seperti lem dan rasanya tawar sehingga cocok disajikan dengan aneka hidangan ikan apa saja.

Manfaat dari Makanan Khas Maluku ini juga sangat baik bagi kesehatan jika dibandingkan dengan nasi. Papeda juga sangat cocok buat Anda yang sedeng diet lho. Dan cara menyantapnya cukup unik, yaitu dengan diseruput langsung dari wadahnya.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat

3. Gohu Ikan

nasi lapola maluku

Gohu ikan adalah makanan khas Maluku yang menyerupai sashimi dari Jepang. Nama makanan ini sudah satu paket, sehingga kalau ada orang yang mencarinya maka harus menyebut nama makanan ini dengan lengkap.

Gohu ikan dibuat dari ikan tuna yang dipotong-potong kecil. Ikan yang disajikan untuk masakan Gohu ikan, tidak menggunakan api sama sekali. Itu sebabnya kenapa makanan ini disebut juga dengan Sashimi Ternate.

Dalam  pembuatan gohu ikan sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, daging ikan dipotong dadu, dicuci, lalu dilumuri garam dan perasam lemon. Setelah itu, tambahkan daun kemangi dan diamkan adonan selama beberapa saat. Untuk penambah selera, biasanya menambahkan bumbu tumisan berupa bawang merah dan cabe rawit yang dirajang dan disiramkan apda adonan ikan untuk kemudian disajikan.

Untuk mempercantik tampilannya, Gohu ikan diberi pemanis daun kemagi dan taburan kacang tanah yang sudah ditumbuk. Perpaduan kacang tanah dan ikan tuna membuat cita rasa dari Gohu ikan sangat menggoyang lidah. Rasa pedas, gurih dan asam menyatu di dalam mulut menciptakan cita rasa yang luar biasa. Menikmati sensasi kuliner ‘sashimi ala Indonesia’ bisa anda temukan di Maluku. Banyak orang bilang ini adalah Sashimi khas Ternate yang wajib dicoba.

4.Nasi lapola

nasi lapola maluku

Makanan Khas maluku ini adalah Nasi lapola makanan khas Maluku yang sangat terkenal dan paling popular di Maluku. Proses pembuatan nasi lapola juga tidak terlalu sulit.makanan khas berasal dari beras yang dimasak menggunakan api kecil sampai setengah matang lalu dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus, kelapa parut, dan juga garam. Setelah itu, campuran tersebut dikukus hingga matang

Rasa dari campuran kacang tolo, nasi dan kelapa parut yang gurih dan pulen langsung lumer di mulut. Selain rasanya yang lezat, nasi lapola juga dapat mengenyangkan. Nasi lapola bisa dinikmati tanpa perlu ada tambahan makanan lain.

bagaimana cukup menggoda selera? Beranikah untuk mencicipi makanan yang satu ini?

Baca juga artikel lainnya: 10 Makanan Khas Kalimantan Selatan Wajib dicoba

5. Ikan Kuah Pala Banda

ikan kuah pala banda maluku

Makanan Khas Maluku berbahan dasar ikan, ada yang tak boleh dilewati oleh setiap pengunjung yang datang yaitu ikan kuah pala banda.wow!!!!

 Ikan kuah pala banda merupakan kuliner yang berasal dari kepulauan Banda, kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku. Hidangan ini menjadi salah satu kuliner terfavorit dan kebanggaan penduduk setempat.

bila anda penasaran dengan kuliner khas Maluku dengan citarasa yang mantap ini. Maka semua setuju bahwa sajian ikan kuah pala banda adalah salah satu kuliner yang menjadi icon masyarakat asli Maluku.

Ikan yang digunakan untuk diolah menjadi ikan kuah pala banda pada umumnya adalah ikan kakap dan kerapu. Ikan kerapu atau kakap segar kemudian dicampur dengan bumbu dari buah pala, merica, dan rempah-rempah lain. Ikan kuah pala banda menawarkan rasa asam bercampur pedas yang bisa bikin lidah bergoyang

Ya, sesuai dengan namanya hidangan yang satu ini memang berasal dari Pulau Banda dimana tempat ini memang dikenal dengan rempah-rempahnya yang berlimpah. Kelezatan ikan kuah pada Banda ini memang sudah dikenal sejak berabad-abad lamanya. Bahkan saking khasnya, sajian ikan pala Banda seringkali digunakan untuk menjamu para petinggi Belanda yang datang ke tanah Banda.

Kuah sup dari ikan ini yang khas dengan rasa yang segar dan nikmat bercampur dengan pedasnya buah pala. Menjadikan sajian ini adalah hidangan yang istimewa yang wajib untuk anda cicipi bila berkunjung ke Maluku. Biasanya hidangan ini disantap dan disajikan dengan daun pepaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

Nah!!! Masih belum puas dengan makanan khas Maluku di atas? Enjoy saja kawan, borneochannel masih punya rekomendasi makanan dari Maluku lainnya yang tidak kalah enak dengan makanan di atas. Berikut daftar Baca juga artikel lainnya tentang Maluku atau tulisan menarik lainnya: Makanan Khas Kalimantan Timur

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.