Makanan Khas Riau Nikmat Wajib di Coba!

| |

Kota Pekanbaru adalah kota terbesar yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi Riau yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Jika Membahas tentang Makanan Khas Daerah yang ada di Riau, Tentu tidak akan ada habis-habisnya, Provinsi Riau yang terkenal dengan makanan khas buatan melayunya yang sangat enak.

Nah sahabat Traveller Makanan Khas Riau memiliki cita rasa yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya. Bagi anda yang penasaran apa saja makanan tradisional Riau. Berikut daftar Makanan Khas Riau yang borneochannel.com sajikan Wajib Anda Coba.

Baca juga: Makanan khas kota Makassar

 

Makanan Khas Provinsi Riau

Bagi Anda yang saat ini ingin berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di Provinsi Riau, maka berikut beberapa daftar menu atau juga makanan yang tidak boleh untuk Anda lewatkan Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas, dan oleh-oleh khas yang sangat beragam. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya:

1. Asam Pedas Baung

makanan dan minuman khas riau

Untuk kamu yang belum tahu, makanan khas dari riau Asam pedas baung ini juga merupakan makanan khas yang sangat favorit oleh masyarakat Riau dan wisatawan yang berkunjung ke Riau. Makanan khas yang satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat.

Makanan khas yang satu ini bisa anda temui di seluruh daerah di Indonesia, jadi bagi anda yang penasaran ingin mencobanya, yuk kita jelajahi wisata kuliner dan wisata alam yang ada di Riau.

2. Sup Tunjang

makanan khas melayu riau dan cara membuatnya
Gambar Sup Tunjang

Sup tunjang atau sup tulang dengan pengolahan daging yang lembut dan mudah lepas dari tulangnya. bisa di santap ketika cuaca sedang dingin.

Nah Bagi anda pencinta makanan olahan daging borneochannel.com merekomendasikan untuk mencoba makanan khas yang satu ini. Bumbu dan rempah untuk membuat sop Tunjang ini sangat terasa saat kuahnya melewati kerongkongan. Sup tunjang merupakan sup tulang sapi yang masih dikelilingi dengan daging sapi tebal. Baunya begitu harum dan rasanya lezat. Itulah yang menjadi keunikan dari sup tunjang ini

Dalam penyajiannya Sup tunjang menggunakan tulang kaki sapi yang masih berbalut dengan daging. Tempat makan yang bisa anda kunjungi untuk menikmati kuliner yang satu ini adalah Sup Tunjang Pertama yang terletak di Jalan Pinang Pekanbaru tepatnya di seberang Hotel  Pangeran.

3. Roti Jala

makanan khas riau dan cara membuatnya
Gambar Roti Jala

Roti jala yang merupakan makanan khas kepulauan Riau. asalnya mulanya makanan ini berasal dari India. Pembuatan Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan tumpahan saus durian untuk mereka yang menyukai makanan manis. Untuk sahabat Traveler yang belum tahu mengenai makanan ini, roti jala mempunyai bentuk segitiga dari cetakan.

Baca juga: 8 Makanan Khas Kalimantan Timur buat lidah ketagihan

4. Mie Sagu Riau

makanan khas kepulauan riau dan resepnya
(riau.go.id) Mie Sagu Riau

Jika biasanya mie terbuat dari tepung terigu, maka mie ini dibuat dari tepung sagu ljo sahabat Traveller! Mendengar nama sagu, mungkin akan teringat Papua bukan?  yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya. Di provinsi Riau, ada satu makanan yang merupakan hasil olahan sagu yang menjadi kuliner khas yaitu adalah mie sagu.

Mie sagu adalah panganan yang pas ketika berkunjung di kepulauan riau, terutama mereka yang menderita diabetes atau sedang menjalankan program diet. Mie berbahan dasar sagu mempunyai tekstur yang kenyal. Untuk penyajiannya, bersama dengan  bahan pelengkap seperti teri, daun kuncai, dan rebusan tauge.

5. Ikan Selais Asap

nama makanan khas riau
Ikan Selais Asap

Makanan yang satu ini adalah ikan selais asap olahan ikan, memiliki cita rasa yang sangat khas, karena melalui proses pengasapan selama delapan jam lamanya sehingga teksturnya juga sangatlah renyah ketika teman-teman santap. Selain sudah diolah berbentuk makanan yang bisa langsung Anda santap, maka ikan selais ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh lho..

6. Lopek Bugi Riau

makanan khas kepulauan riau dan penjelasannya
Gambar Lopek Bugi Riau

Lopek bugi adalah makanan ringan khas riau yang dibuat dari lepat ketan yang dulunya merupakan makanan yang disajikan bagi bangsawan. Namun sekarang, hampir disetiap sudut kepulauan riau ini dan banyak ditemukan pedagang yang menjajakan kue lopek bugi ini. Lopek bugi juga cocok dijadikan oleh-oleh. Selain beberapa menu diatas, maka teman-teman juga wajib untuk mencoba lopek bugi. Lopek bugi ini merupakan jenis kue khas dari provinsi Riau atau oleh kebanyakan masyarakat Indonesia mengenalnya dengan kue lepat dari ketan.

Rasa dari makanan ini adalah manis dan gurih. Anda bisa menemukan lopek bugi di sepanjang jalan Lintas Pekanbaru Bangkinang yang terletak di dekat Jembatan Danau Bingkuang. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan kue yang satu ini karena banyak dijual dipasaran ataupun gerai- gerai yang ada di kota Riau .

Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentulah sangat nikmat, apalagi jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang Anda ketahui jika negara Indonesia, sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja.

Nah sahabat traveller!!! itu dia beberapa makanan khas Riau yang wajib untuk Anda cicipi jika  berkunjung ke Riau.yang meliputi makanan berat, cemilan dan oleh-oleh.

Baca juga: Makanan khas Aceh yang unik

Semoga di waktu liburan sekolah maupun kerja, teman-teman bisa benar-benar berkunjung ke Riau untuk mencicipi rasa khas dari sajian kuliner tersebut ya. Untuk saat ini mungkin cukup ulasannya borneochannel sajikan. Terimakasih Dan Selamat Mencoba!

Previous

Makanan Khas Palembang Enak Wajib di Coba!

[Ter-Enak]!!! Makanan Khas Malang Sumpah Meledak Di Lidah

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.