Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba!

| | ,

Makanan Khas Lampung– Howdy sobat Borcha, jika sahabat traveler berkunjung ke Lampung, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas provinsi lampung dan pulang membawa oleh oleh makanan khas lampung. Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan-makanan khas paling enak. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lampung sebaiknya teman-teman tidak melewatkan untuk mencicipi hidangan lezat hingga kue-kue khas Lampung.

Makanan khas Lampung sendiri beberapa ada yang menyerupai makanan khas Sumatera Selatan juga. Hal ini tentu saja tidak mengherankan. Jika teman-teman belum tahu referensi makanan apa yang ingin anda coba, kali ini akan borneochannel.com memberikan referensi makanan khas Lampung yang harus anda coba.

Baca juga: Makanan khas kota Malang

Resep Makanan Khas Lampung

Berikut ini aneka macam kuliner dan oleh-oleh khas Lampung yang bisa menjadi referensi bagi anda:

1. Makanan Khas Lampung Seruit

makanan tradisional khas lampung
(detik.net.id) Seruit Lampung

Seruit adalah ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak atau mangga. Pada dasarnya ikan-ikan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling lumrah ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya.

Sebenarnya seruit menjadi makanan pokok keseharian masyarakat lampung. Rutinitas makan seruit pada hari atau saat tertentu hal semacam itu. Seruit sendiri adalah makanan yang terbuat dari ikan bakar dengan sambal terasi khas Lampung, tempoyak atau sebagian ada yang berikan mangga. Tipe ikan seruit bermacam terutama ikan-ikan dari sungai besar.

2. Makanan Khas Lampung Tempoyak

makanan khas lampung selatan
(haloborneo) tempoyak Lampung

Salah satu makanan Lampung dari durian adalah tempoyak.Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang di fermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya sebagai lauk  nasi.  Selain itu, di lampung tempoyak menjadi bumbu masakan.dalam penyajian makanan. Biasa diolah lagi oleh masyarakat Lampung menjadi sambal yang biasa di makan dengan ikan.

Sebenarnya dalam pembuatan tempoyak ini di buat dari daging durian yang telah matang benar, lalu dipisahkan dari bijinya, setelah itu di tambahkan garam sedikit dan juga cabe rawit dan simpan dalam wadah tertutup rapat pada suhu ruangan.

Baca juga: Makanan khas Aceh enak

3. Engkak Lampung

ciri khas makanan lampung
(shopee.co.id) Engkak Lampung

Kue engkak merupakan jenis kue basah khas nusantara yang populer di daerah Lampung dan mungkin daerah sumatera lainnya.  kue ini berbahan dasarnya telur gula pasir, santan, susu kental manis,dan mentega. Dipanggang berlapis-lapis dengan menggunakan loyang  Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata.  Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

Engkak ini sangat cocok sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Kue ini biasa ada pada acara-acara besar seperti hari raya atau hari pernikahan/hajatan mendampingi kue lapis legit. Bagi anda penggemar kue manis, tentunya bakal suka dengan Engkak ini. Silakan datang ke Lampung dan nikmati makanan khas Lampung ini.

Baca juga: Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Tradisional dan Unik

4. Pindang Lampung

makanan khas lampung adalah
Kuliber Lampung Pindang

Pindang merupakan salah satu makanan khas bandar lampung yang wajib teman-teman cicipi saat berkunjung ke kota lampung ini. Makanan ini  biasanya dengan mangkuk berukuran sedang dengan kuah hangat berwarna kuning. Masyarakat Lampung sangat suka makanan yang terbuat dari ikan. Selain seruit olahan ikan yang lain adalah pindang. Pindang ini menggunakan beberapa jenis ikan seperti pindang patin, pindang baung, pindang bandeng, dan pindang ikan mas.Uniknya, Pindang Lampung terasa asam gurih

5. Kue Lapis Legit Lampung

makanan khas lampung tengah
(foodnesia.net) Lapis Legit Lampung

Kue lapis legit lampung merupakan salah satu makanan ringan khas lampung pada saat hari lebaran. Kue lapis legit ini memang digemari oleh banyak orang. ciri khas utama yakni pembuatannya yang sangat harum. Bentuk kue lapis legit memang termasuk kue-kue yang memiliki bentuk mewah.

Kue lapis legit ini menawarkan rasa yang sangat enak dan terasa lembut di lidah pada saat disantap. Selain itu, kue lapis legit ini juga terdapat rasa manis yang sangat harum.Proses pembuatan kue ini memang sangat memerlukan keterampilan khusus dan juga kesabaran. Karena pada saat membentuk lapisan pada kue ini harus dikerjakan dengan teliti.

6. Geguduh Lampung

makanan ciri khas lampung
(akamaized.net) Geguduh Lampung

Geguduh lampung yaitu makanan semacam kue yang terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Makanan ini jadi makanan untuk tamu serta dapat di nikmati bersama keluarga saat berkumpul. Makanan ini merupakan sejenis kue yang bahan baku utamanya adalah pisang pisang yang dihaluskan sampai lembut. Pisang yang sudah dihaluskan ditambah dengan tepung terigu, diaduk hingga merata. Setelah itu anda bisa menambahkan susu, selai, dan rasa lainnya sebelum kemudian digoreng dan disajikan sebagai teman minum kopi atau juga nikmat sebagai sajian dalam acara-acara tertentu.

Pisang dalam makan ini adalah Pisang Kapok. Sedangkan untuk menambah aroma pada kuliner yang satu ini, orang Lampung biasanya menggunakan air kapur sirih, dan juga anda bisa menambah aroma daun pandan

Itulah informasi Makanan, Masakan, dan Oleh-oleh Khas Lampung yang bisa menjadi referensi bagi anda pada saat berkunjung ke Lampung.

Previous

Makanan Khas Maluku Sangat Nikmat untuk Dicoba!

Makanan Khas Palembang Enak Wajib di Coba!

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.