Minuman dan Makanan Khas Padang yang Bikin Kamu Gagal Fokus

Makanan khas Padang– Makanan Khas Padang? apa yang ada dipikiran kamu sewaktu mendengar kata makanan khas Padang? aku tebak kebanyakan dari kalian pasti mikirin rendang. Ya, rendang memang makanan khas padang yang udah terkenal di mana-mana. Kamu udah pernah makan rendang belum? atau kamu  pernah berkunjung ke  Kota Padang? Iya,  yang ada di Provinsi Sumatera Barat!

Kalau kamu udah pernah nyobain rendang, udah pada nyoba makanan khas Padang yang lain belum? maaf ya banyak tanya, tapi sayang banget kalau kamu belum pernah coba makanan khas Padang yang lain.

Karena makanan khas Padang semuanya enak dan pastinya bikin kamu ketagihan. Nggak perlu jauh-jauh datang ke ke kota yang satu ini buat nyobain kuliner-kuliner enaknya, sebab yang namanya Rumah Makan Padang udah menjamur dihampir setiap wilayah di Indonesia. Nah, kali ini kita bakal ngasi kamu referensi beberapa kuliner khas padang yang siap buat  lidah kamu goyang nggak berhenti. Yuk kita lihat sekarang!

Makanan khas Padang terpopuler

1. Rendang

makanan khas padang
https://resepdanmasakan.com/cara-membuat-rendang-padang-asli-basah/

Siapa yang tidak kenal rendang,  makanan khas padang yang sudah mendunia dan dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia  versi CNN ini merupakan hasil olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu, rempah khas Padang dan santan kental hingga meresap ke dalam  serat daging. Dan soal rasa dijamin enak, apalagi sampai dapat predikat terlezat didunia.

Baca Juga : Minuman & Makanan Khas Solo Yang Bikin Gemar Makan Nambah

2. Dendeng Balado

dendeng balado enak
http://cararesepmasakan313.blogspot.com/2017/08/rahasia-resep-dendeng-balado-empuk.html

Hampir mirip dengan rendang dengan bahan dasar sapi. Cuma kalau daging untuk rendang dipotong-potong, sedangkan daging untuk dendeng balado diiris tipis sesuai seratnya. Kemudian, diungkep dengan bumbu daging dan dipukul hingga memar. Lalu, dicampur dengan bumbu balado dengan bahan dasar cabai besar yang diulek kasar. Biasanya untuk memperlama umur dendeng dagingnya dikeringkan dulu biar awet.

3. Sate Padang

Makanan khas padang panjang
http://surgakuliner.com/sate-padang-ajo-tri-bukit-medan/

Kalau sate yang sering kita lihat biasanya terbuat dari daging ayam/kambing dan dimakan dengan bumbu kacang, berbeda dengan sate asal kota Padang  yang satu ini. Sate ini beda dari sate-sate pada umumnya dari segi bahan dan rasa.  Karena sate ini dibuat dengan bahan lidah, jeroan, dan daging sapi atau daging kerbau dengan siraman saus kuning yang kental dan gurih.

Saus kuning yang dipakai terbuat dari campuran tepung beras, kaldu jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, bubuk kari, jinten, lengkuas, ketumbar, dan jangan lupa garam. Jangan dibayangkan ya, nanti kalian nggak kuat biar aku saja!

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat Yang Bikin Lidah Bergoyang

4. Soto Padang

Rendang
http://resepkuliner-id.blogspot.com/2011/09/soto-padang.html

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki soto andalan dengan ciri khas dan namanya masing-masing, misalnya soto Betawi dari Jakarta, dan soto Banjar dari Kalimantan Selatan. Tidak mau kalah dengan dua daerah tadi Kota Padang Panjang juga punya soto Padang sebagai andalan.

Soto Padang cukup populer sebagai makanan yang  memilki  citarasa unik dan lezat di kalangan masyarakat. Soto Padang juga dikenal dengan ciri khasnya yang selalu disajikan dengan irisan bagian khas dalam daging sapi. Ingat ya cuma bagian khas dalam!

Saat ini Soto Padang sudah mulai diperkenalkan ke dunia internasional dengan sedikit modifikasi pada rasa dan metode memasak. Namun tetap menjaga identitasnya sebagai makanan khas ranah minangkabau.

5. Asem Pandeh Daging

makanan khas padang
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/asem-pandeh-daging-sajian-daging-asam-pedas-khas-minang

Masakan khas padang satu ini sedikit berbeda dari makanan khas Padang yang lain , jika umumnya makanan khas ranah minang dominan bersantan dan gurih.  Olahan daging sapi yang satu ini memiliki citarasa rasa asam dan berkuah bening.

Rasa asam diperoleh dari asam kandis sebagai komponen utama bumbu masakan ini, membuat masakan ini sangat nikmat dan segar disantap saat masih hangat bersama keluarga tercinta.

6. Terong Lado Hijau

"Minuman

Masakan ini sangat enak  jika disantap dengan nasi kapau makanan khas asal Kabupaten Agam sumatera Barat yang terkenal, tapi kalau dimakan dengan nasi putih juga oke. Sesuai namanya bahan dasar makanan ini adalah terong hijau yang dimasak dengan pete, dan ikan asin jambal yang digoreng garing, kemudian ditumis dengan bumbu utama ulekan cabe hijau besar yang pasti bisa bikin lidah kamu goyang terus.

7. Lamang Tapai

makanan khas sumatera barat
https://deskgram.net/explore/tags/bukanbuatanummi

Kalau dari tadi udah makanan berat yang bersantan dan gurih. Sekarang kita mau coba lamang tapai yang ringan ,manis, dan cukup populer.  Lamang tapai tersusun dari dua kata, yaitu kata lamang dan tapai.

Lamang artinya lemang /beras ketan yang diaron bersama santan, daun pandan, dan sedikit garam. Kemudian masukkan ke dalam daun pisang yang digulung dan kukus sampai matang, lalu masukkan ke dalam bambu muda dan bakar di atas tungku api.

Kalau tapainya terbuat dari ketan hitam yang difermentasi sehingga menciptakan rasa yang manis mirip tapai singkong.  Bisa bibayangkan kan? kalau rasa gurih lemang dan manisnya tapai dipadukan, terus masuk ke mulut kamu. Dijamin rasanya bisa buat kamu mau coba, coba lagi , dan lagi.

8. Lompong Sagu

makanan padang
https://travelingyuk.com/kuliner-serba-sagu/94831/

Makanan yang sebenarnya berasal dari kabupaten Subulusaalam, Aceh ini menjadi Jajanan Khas Padang karena  tekstur dan rasanya yang menarik bagi masyarakat setempat.

Jajanan yang terbuat dari campuran sagu, kelapa, dan pisang ini menghasilkan aroma khas yang didapat sebagai sebab dari proses pembakaran di atas tungku kayu bakar. Sepeti aromanya yang khas rasa gurih kelapa dan manisnya pisang juga menjadi daya tarik jajanan ini yang sayang kalau kamu lewatkan.

Minuman khas Padang

1. Teh Talua

Minuman Khas Padang
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/aluman-fitri-pandawanti-panjaitan/bergradasi-5-warna-kamu-harus-coba-teh-talua-khas-kota-padang-c1c2

Minuman khas Padang yang dibuat dari perpaduan teh dan telur dan biasanya juga disajikan dengan perasan jeruk nipis untuk memberi aroma segar. Minuman ini paling banyak diminati oleh laki-laki karena khasiatnya yang dapat stamina dan kebugaran tubuh.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat Yang Bikin Lidah Bergoyang

2. Jus Pinang

minuman sumatra barat
http://ulinulin.com/posts/jus-pinang-muda-pembangkit-stamina-pria-dari-padang

Kalau biasanya buah pinang hanya dikenal sebagai teman makan sirih atau bahan dasar obat herbal. Di Padang pinang dibuat jus yang sangat nikmat. Ternyata di Kota Padang buah ini diolah menjadi jus yang segar dan nikmat.

Ditambah lagi dengan khasiatnya yang dapat menambah stamina dan menjaga kebugaran tubuh membuat minuman ini menjadi primadona ranah minang dengan kebanyakan penggemar dari kaum adam seperti teh talua.

Jus pinang ini juga biasa disajikan dengan tambahan telur (umumnya telur itik), susu, dan madu, tak lupa juga potongan jahe untuk menambah rasa hangat.

3. Aia Aka

Oleh-oleh khas Padang yang enak
http://www.ringkaskata.com/2018/10/01/aia-aka-minuman-khas-sumatra-barat/

Aia aka alias air kacang merupakan minuman khas Padang yang terbuat dari daun Cincau Hijau (Cylea Barbata Myers). Dengan tekstur kenyal dan lembutnya seperti cendol atau agar-agar ditambah lagi dengan warna hijau mengkilatnya, yang dihasilkan dari pembuatan secara tradisional dari daun cincau membuat minuman ini sangat menarik untuk dinikmati.

Disajikan bersama kuah santan manis atau perasan jeruk nipis segar tak salah minuman ini menjadi primadona yang sangat digemari oleh masyarakat setempat.

4. Es Tebak

Makanan khas Padang terpopuler
https://www.bukalapak.com/p/food/cemilan-snack/22u8t7-jual-keripik-sanjai-balado

Ayo tebak! kenapa namanya es tebak? Tebak itu diambil dari nama bahan dasarnya ya! nggak ada hubungannya dengan tebak-tebakan dan sejenisnya. Tebak merupakan  adonan yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu yang dimasak dengan air garam dan kapur sirih, lalu dicetak seperit cendol. Minuman ini disajikan dengan campuran tebak, cincau hitam, tape ketan hitam, dan kolang-kaling. Dan juga biasa disajikan dengan tambahan sirup merah, susu kenyal manis dan es serut.

5. Dadiah/Dadih

minuman khas padang
https://travelingyuk.com/dadiah-yoghurt-tradisional/133023/

Minuman terakhir yang akan kita rekomendasikan ke kamu adalah dadiah. Apa sih dadiah? dadiah itu bisa dibilang yoghurtnya Indonesia. Iya, karena rasa segar dan manisnya yang dengan yoghurt.

Minuman sehat asal Sumatera Barat ini dibuat dari susu kerbau segar yang diperah dan langsung. Kemudian susu kerbau disimpan di dalam ruas bambu untuk di fermentasi secara alami selama dua hari. Akibat dari proses fermentasi ini dadiah menjadi minuman yang enak dan baik untuk kesehatan.

Oleh-oleh khas Padang yang enak

1. Karupuak Sanjai

oleh oleh khas padang
https://www.bukalapak.com/p/food/cemilan-snack/22u8t7-jual-keripik-sanjai-balado

Kamu jangan sampai kelewatan buat beli oleh-oleh yang satu ini kalau mampir ke Bukittinggi. Makanan ini seperti keripik yang dengan bahan dasar singkong. Ada tiga varian rasa dari keripik ini yaitu tawar, asin, dan pedas.

Varian rasa pedas dari kerupuk ini dikenal juga dengan karupuak Balado, dengan peminat lebih banyak dibandingkan pilihan rasa yang lain. Karena mungkin masyarakat kita memang lebih menyukai rasa pedas.

2. Roti Randang

Oleh-oleh khas Padang
https://twitter.com/rotirandang

Olahan makanan yang terbuat dari perpaduan antara  rasa pedas gurih rendang dan kelembutan dan rasa sedikit manis dari roti yang terbilang cukup berani. Makanan ini merupakan produk yang mengangkat citarasa minang namun dikemas dengan lebih sehat dan simple? Kok, bisa lebih sehat? iya, karena dengan pengolahan ini rendang yang dihasilkan tidak mengandung air dan pastinya lemaknya juga berkurang.

Ada beberapa varian roti randang yang bisa kamu temukan di tempat-tempat yang menjual oleh-oleh khas  Padang. Diantaranya roti randang daging sapi, roti randang daging ayam, dan roti randang kacang merah dengan harga tergantung dengan porsi/ukuran.

3. Karak Kaliang

Oleh-oleh khas Padang
https://shopee.co.id/Kerupuk-88-karak-kaliang-250-gr-i.49964479.1294338564

Oleh-oleh yang sangat cocok untuk teman dimakan bersam nasi, bakso atau makanan lain. Makanan ini juga terbuat dari singkong seperti keripik sanjai, hanya saja cara pembuatannya berbeda. Karak kaliang dibuat dari singkong yang sudah diparut menjadi tepung singkong. Lalu ditambah bawang putih dan garam untuk menghasilkan rasa asin dan gurih, kemudian adonan dikaliskan dan dibentuk menyerupai angka 8. Dan terakhir adonan siap digoreng dengan minyak panas.

Oh ya! kalau kamu mau beli oleh-oleh khas Padang yang khas berwarna kuning ini dengan harga murah, kamu bisa langsung pergi ke pabriknya di Kota Payakumbuh atau Kabupaten Limapuluh Kota.

4. Kerupuk Jangek

Kerupuk Sanjai
http://www.apasih.web.id/7-khasiat-kerupuk-jangek-khas-sumatera-barat-250.html

Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Barat jangan lupa beli oleh-oleh yang satu ini. Olahan sejenis kerupuk dari bahan dasar kulit sapi atau kerbau ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Sehingga, sangat cocok untuk  dijadikan cemilan dan teman semua jenis makanan mulai dari mie, soto, bakso, dan lain-lain.

Pembuatan kerupuk ini cukup mudah, pertama  kulit dijemur sampai bersih lalu direbus sampai empuk dan bulunya hilang sedikit. Setelah itu, kulit tadi kita potong kecil-kecil dan ditaburi garam.

Selanjutnya kulit tadi dijemur sampai kering selama kurang lebih 3 sampai 7 hari tergantung. Terakhir goreng kulit yang sudah kering dengan minyak panas dan siap dibungkus pulang, hehehe.

Baca Juga : Makanan Khas Malang Sumpah Meledak Di Lidah

5. Galamai

kerupuk jangek
https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-payakumbuh/galamai-camilan-sejenis-dodol-khas-payakumbuh.html

Galamai, kalau dari namanya memang susah dibayangkan wujudnya. Tapi, sebenarnya  oleh-oleh yang satu ini mirip dengan dodol atau jenang. Hanya saja pada pembuatan Galamai  ditambahkan kacang tanah sangrai.

Bahan-bahan umum yang digunakan untuk membuat galamai adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, daun pandan, garam dan jangan lupa kacang tanah sangrai sebagai ciri khasnya.

Sebenarnya masih banyak kuliner khas padang yang harus kamu coba kalau mampir ke Padang atau rumah makan padang. Karena dijamin enak banget! Udah cukup segini dulu ya tulisan disini semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman pembaca semua, terima kasih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.