Minuman & Makanan Tradisional Khas Manado yang Terkenal

Makanan Khas ManadoManado adalah adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara yang terletak di teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota ini adalah kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Kota Makassar dengan jumlah penduduk 408.354 jiwa pada Sensus 2010. Wow banyak banget kan?

Sebagai kota besar kini Manado makin berbenah dan berusaha menarik wisatawan untuk mengunjungi kota ini. Pemerintah Sulawesi Utara berambisi untuk mendatangkan turis Tiongkok hingga 1 juta orang mampu membuat pariwisata di Manado dan sekitarnya makin meningkat.

Mengunjungi salah satu kota yang indah di Indonesia ini rasanya tidak afdol dong jika hanya menikmati alam dan budayanya saja tanpa mencicipi kuliner khasnya. Manado sama seperti daerah lain di Indonesia yang mencurahkan segala kekayaan alam dan keberagaman di dalam masakannya dan kota yang terletak di utara Sulawesi ini memiliki cita rasa pedas yang khas dalam setiap hidangan kulinernya. Berikut adalah kuliner yang wajib kalian semua cicipi saat bertandang ke Manado :

Makanan Pedas Khas Manado

1. Dabu-dabu

Dabu dabu Manado
https://id.tastemade.com/videos/chicken-parmesan-sambal-dabu-dabu

Sambal adalah pelengkap yang wajib dalam menikmati makanan bagi sebagian orang pecinta pedas, seperti peribahasa “bagai sayur kurang garam”, berasa hambar jika makan tanpa di temani oleh sambal. Siapa yang tidak suka pedas? Tentunya hampir sebagian besar orang Indonesia penikmat pedas. Hidangan satu ini sangat pas untuk kalian semua para pecinta pedas.

Dabu – dabu merupakan jenis kreasi sambal khas Manado yang populer di Indonesia dan dipakai untuk membuat makanan lebih sedap dan bercitarasa tinggi. Manado sendiri adalah kota yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, sambal ini memiliki cita rasa yang pedas nan segar.

Ciri khas dari sambal asal utara Sulawesi ini adalah penggunaan irisan tomat dan bawang merah selain cabai rawit sebagai bahannya. Rasa segar pada sambal ini didapatkan dari perasan jeruk nipis. Selain dari citarasanya yang khas, aromanya juga sungguh mengoda, hal ini didapatkan dari bumbu – bumbu yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Penyajian hidangan ini yang biasanya menjadi pelengkap makanan utama seperti ikan bakar, ikan goreng, dan hidangan seafood lainnya. Apakah kalian mulai tertarik untuk mencicipi salah satu makanan khas Manado yang terkenal ini?

Baca Juga : Makanan khas Makassar yang bikin lidah kecanduan

2. Sambal Roa

Sambal roa Manado
https://id.tastemade.com/videos/sambal-roa

Satu lagi sambal khas dari manado, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa sambal ini berbahan utama ikan roa. Ikan roa sejenis dengan ikan terbang yang kaya nutrisi, Ikan ini juga biasa disebut ikan gepe mempunyai warna perak keabu-abuan dan berbentuk pipih.

Sambal ini memiliki rasa yang khas karena selain berbahan dasar Ikan Roa yang diasap sehingga dagingnya agak kering dan tidak lupa dilengkapi dengan cabai. Ada dua versi dari olahan Sambal Roa ini, yaitu ada yang basah dan kering.

Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk mencicipi kuliner berbahan ikan banyak terdapat di Sulawesi Utara ini, Ikan Roa tidak mudah didapatkan di daerah lain lho, jangan sampai tidak dicoba ya.

Baca Juga : Minuman dan Makanan Khas Padang yang Bikin Kamu Gagal Fokus

3. Cakalang Fufu

Cakalang fufu Manado
http://katalogwisata.com/lezatnya-cakalang-fufu-khas-manado

Apakah kalian sudah pernah mencicipi ikan Cakalang ? Jika belum pernah, maka olahan ikan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin berkunjung ke Sulawesi Utara dan penasaran akan kulinernya. Ikan Cakalang sendiri adalah salah satu komoditi perikanan tangkap utama di Sulawesi Utara dan juga memiliki potensi nilai ekonomi yang besar, sehingga menjadi salah satu incaran utama para nelayan saat berlayar.

Cakalang Fufu merupakan olahan ikan cakalang yang diasap menggunakan sabut kelapa. olah ini termasuk dalam kategori olahan sehat yang wajib kalian cicipi karena ikan ini memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi. Cakalang Fufu ini juga biasa dimasak bersamaan dengan sambal dabu-dabu, yummmmm kalian sudah terbayangkan betapa enaknya makanan ini?

Baca juga : Makanan Khas Jawa Barat Yang Bikin Lidah Bergoyang

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

1. Tinutuan

makanan khas manado
https://www.tripadvisor.com/

Membahas kuliner Kota Manado tidak selamanya tentang sambal kok, Manado juga punya bubur sebagai salah satu makanan khasnya. Hidangan satu ini bernama Tinutuan, yaitu bubur yang berisi campuran berbagai macam sayuran dan tidak mengandung daging.

Bahan utama bubu ini adalah labu kuning yang juga disebut juga dengan nama “sambiki”, beras, bayam, kangkung, singkong, kemangi, daun gedi, dan juga jagung. Menarik bukan ?

Baca Juga : Minuman & Makanan Khas Solo Yang Bikin Gemar Makan Nambah

2. Woku Belanga

woku belanga Manado
https://resepdanmasakan.com/resep-membuat-ikan-woku-belanga-asli-manado/

Manado sama dengan daerah-daerah lain disulawesi yang terkenal dengan olahan ikannya. Salah satunya adala Woku Belanga. Masakan Ini merupakan salah satu cara orang Manado mengolah ikan. Woku belanga sejatinya dimasak di dalam belanga yang terbuat dari tanah liat.

Woku merupakan campuran bumbu daun kunyit, daun serai, daun jeruk, daun pandan, kemangi dan bumbu-bumbu lainnya sehingga hidangan ini beraroma wangi dan bercitarasa pedas dan terasa sangat segar.

Beberapa jenis ikan yang biasa diolah menjadi masakan woku belanga adalah ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, tetapi ada juga yang menggunakan kepiting dan udang sebagai bahan utamanya. Kalian bisa menjumpai woku belanga ini di restoran khas Minahasa dan warung-warung makan tradisional.

3. Kawok

kawok Manado
https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-membuat-kawok/70953

Setelah mendengar nama ini, apa sih yang kalian pikirkan? coba tebak apa bahan utama dari hidangan satu ini? ya, bahan utamanya adalah tikus hutan berekor putih. Eitsss jangan kaget ya. Manado memang terkenal dengan hidangan kulinernya yang ekstrim, kawok salah satunya.

Kawok merupakan makanan yang menjadi idola bukan hanya bagi warga lokal, namun juga para wisatawan yang berkunjung ke Manado. Rasanya enak serta pahit merupakan rasa khas dari dagingnya yang gurih dan sedap membuat siapapun yang mencoba akan ketagihan.

Daging kawok bertekstur lembut dan berserat halus dengan tulang-tulang yang kecil. Makanan ini mudah ditemui, terutama di Pasar Tomohon, Bagaimana? pada penasaran nggak sama rasanya? jangan lupa mencicipi ini ya saat tiba di Manado.

4. Paniki

paniki Manado
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/paniki-olahan-daging-kelelawar-khas-minahasa

Saking terkenal dengan kuliner ekstrimnya, nggak cukup kawok yang kita bahas, Manado juga punya Paniki yang akan membuat kalian panik saat tahu apa bahan dasar pembuatan hidangan yang satu ini, ya bahan dasarnya adalah Kelelawar.

Jenis kelelawar yang biasanya dipakai dalam makanan ini adalah kelelawar pemakan buah dengan bentuk badan yang lebih besar. Sebelum diolah, biasanya kelelawar terlebih dahulu dibakar dengan tujuan untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya, kemudian dimasak dengan bumbu santan. Tertantang untuk mencoba?

5. Gohu

Gohu Manado
https://www.primarasa.co.id/resep/gohu

Manado juga memiliki rujak sebagai makanan khas daerahnya, rujak ini bernama Gohu. Bahan utama rujak ini adalah pepaya mengkal yang diiris tipis sedikit memanjang atau diserut kasar yang ditambah dengan cabai rawit merah, jahe, terasi Manado, dan garam dihaluskan dan memiliki kuah yang asam segar karena tambahan cuka.

Hidangan ini cocok untuk membangun pola hidup sehat secara alami lho. Pola hidup sehat semacam ini dapat mengembalikan fungsi tubuh sebagai sistem imun yang tinggi. Rujak ini menggunakan bahan-bahan dari bahan alami, sehingga zat-zat gizi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi oleh hidangan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C.

Baca Juga : Minuman dan Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

Minuman Khas Manado

1. Es Brenebon

es benebon Manado
https://akurat.co/id-84854-read-begini-cara-membuat-es-brenebon-khas-manado

Menikmati sajian es saat siang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika sajian es yang dinikmati memiliki tambahan berbagai macam bahan lezat lainnya. Di Kota Manado terdapat sajian es yang lezat karena berbahan utama kacang merah , es ini dikenal dengan sebutan es brenebon.

Es brenebon memiliki citarasa manis dan segar dan sangat nikmat saat dihidangkan siang hari, apalagi disantap di kota Manado yang berada di tepi laut dikenal dengan udaranya yang panas.
Selain kacang merah, es ini memiliki bahan lain seperti, es serut, sirup, dan susu kental manis.

Es kacang merah yang menyehatkan ini mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, dan protein dan bermanfaat mencegah kolesterol, membantu proses pembekuan darah pada luka dan mencegah resiko diabetes. Jika berkunjung ke Manado, tidak ada salahnya mencicipi sajian kuliner yang segar dan menyehatkan ini ya.

Oleh – oleh Khas Manado

1. Halua Kenari

Halua kenari Manado
https://www.omiyago.com/kacang/106-halua-kenari-2-pack-100gr.html

Seakan tak pernah habis dengan kekhasan kulinernya, Manado juga memiliki kuliner yang beraroma rempah. Salah satunya cemilan yang satu ini, yaitu Halua Kenari. Sesuai namanya, halua kenari dibuat menggunakan bahan utama kacang kenari yang tumbuh subur di Sulawesi Utara dan ditambah juga dengan gula merah, bisa kalian bayangkan bagaimana legitnya cemilan satu ini.

Sebenarnya cemilan ini juga terdapat di daerah lain, seperti Maluku Utara dan Ambon. Namun cita rasanya pasti berbeda, sesaui dengan khas daerahnya masing-masing. Makanan ringan sati ini bisa dijadikan pilihan oleh-oleh yang bisa di bawa pulang dari provinsi yang terkenal dengan Taman Laut Bunaken ini.

Menikmati halua kenari sangat cocok bila ditemani dengan secangkir kopi atau teh. Karena halua kenari ini sudah cukup manis dan membuat lidah kalian terbuai dengan nikmatnya kudapan yang satu ini, maka disarankan kedua minuman tersebut jangan dibuat terlalu manis ya.

2. Klapertaart

Klapertart Manado
https://www.pegipegi.com/travel/mengenal-klapertart-kue-khas-manado-saat-natal/

Kue khas yang adonannya merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado ini berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi, namun seiring berjalannya waktu sudah banyak terdapat adonan klappertaart yang lebih rendah kalori.

Klappertart rendah kalori menggunkaan susu tinggi kalsium dan sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini. Saat ini Klappertaart sudah banyak memiliki varian rasa, diantaranya adalah rasa Durian, coklat, keju, rum raisin, blueberry, dan tentunya original.

Jika kalian ingin berkunjung ke Manado jangan lupa membeli kue yang satu ini ya, karena kue ini sangat cocok lho untuk oleh-oleh khas daerah bercitarasa internasional, selamat mencoba.

3. Kue Pinade

pinade Manado
https://blog.traveloka.com/manado/12-oleh-oleh-khas-manado-bagi-pencinta-kuliner-tradisional/

Masih membicarakan yang manis – manis yang cocok kalian jadikan oleh – oleh saat berkunjung ke Manado. Si manis gurih ini bernama kue pinede, kue ini merupakan kue tradisional Manado terbuat dari tepung ketan dan campuran parutan kelapa dan bagian atasnya diberi sirup gula merah atau kinca.

Biasanya kue pinende dijadikan kudapan sembari menikmati teh atau kopi. Jika kalian tertarik untuk membelinya, kalian bisa langsung menuju pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Manado. Selamat berburu oleh -oleh khas Manado.

Teman – teman setelah kalian semua mengetahuai semua tentang makanan – makanan apa saja yang menjadi khas kota Manado. Kalian jadi lebih banyak tahu sejarah dan juga informasi tambahan tentang ibu kota provinsi Sulawesi Utara ini. Jadi, kalian nggak akan kebingungan lagi saat sudah tiba di Manado dan ingin membelikan oleh – oleh apa untuk orang – orang tercinta kalian. Selamat berkunjung mencoba hal – hal baru di Utara sulawesi ini ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.