[2019] Daftar dan Harga Tiket Masuk Wisata Jakarta Kota Metropolitan

Tempat Wisata di Jakarta- Siapa yang tak mengenali Kota Metropolitan yang satu ini, Kota Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan ternyata memiliki destinasi yang cantik di bidang wisata loh. Kota yang menjadi Ibukota Indonesia ini selain menjadi tempat dengan hiruk-pikuk pekerjaan yang memadati, ternyata juga memiliki wisata yang cantik dan mempesona bisa kalian kunjungi saat weekend ataupun hari biasa. Penasaran ada wisata apa saja yang bisa kalian temui di kota Jakarta? Baca terus sampai habis ya.

Apa saja tempat wisata yang ada di Jakarta ?

  • Monas Jakarta 
  • Taman Mini Indonesia Indah
  • Monumen Pancasila Sakti 
  • Museum Trasnportasi
  • Kota Tua Jakarta 
  • Kepulauan Seribu 
  • Dufan 
  • Pantai Ancol 
  • Sea World Ancol 
  • Planetarium Jakarta 
  • Kebun Binatang Ragunan 
  • Museum Fatahillah 
  • Museum Bank Indonesia 
  • Museum Bahari 
  • Arborea Cafe 
  • Tugu Kunstkring Paleis
  • MOJA Museum 
  • Museum of Modern and Contemporay Art in Nusantara (MACAN) 
  • Galeri Nasional Indonesia 
  • Atlentis Water Advanture 
  • Ocean Dream Samudra
  • Kidzania 

Baca Juga :Tempat Wisata di Bandung & Harga Tiket

Tempat Wisata di Jakarta Pusat

1. Monas Jakarta

Monas Jakarta
https://www.instagram.com/p/BswlK8Oho0w/Instagram: sandiuno/

Monas merupakan ikon otentik yang dimiliki oleh warga Jakarta. Selain letaknya yang berada di Jakarta Pusat, Monas yang merupakan singkatan dari Monumen Nasional ini memiliki spot-spot wisata yang menarik dan mempesona ketika berkunjung ke Monas, seperti taman kota yang hijau, air mancur menari, relief sejarah Indonesia, museum sejarah Indonesia, ruang kemerdekaan, pelataran puncak monas, dls.

Monas Jakarta berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat dan buka setiap hari pada pukul 09.00-16.00 dengan Tiket Masuk Wisata Monas Rp. 20.000,00/Dewasa, Rp 10.000/Anak-anak. Jika ingin masuk ke pelataran puncak kalian harus membayar lagi <Rp 10.000.

2. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta
https://busbluestar.co.id/tempat-wisata-murah-di-jakarta/wisata-jakarta-planetarium/

Planetarium Jakarta merupakan wahana dengan memberikan simulasi perbintangan dan benda-benda yang ada di langit.  Planetarium Jakarta ialah wisata edukasi Jakarta dengan menampilkan tema khusus terkait perbintangan dan luar angkasa.

Planetarium Jakarta bisa kalian temukan di Jalan Cikini Raya No. 73 Menteng, Jakarta Pusat buka pada hari selasa-minggu pada pukul 08.00-15.00. Untuk tarif masuk wisata Planetarium ini nggak menguras biaya tinggi kok, anak-anak dibandrol dengan tarif Rp 7.000/anak, dewasa Rp 12.000/orang. Tapi jika kalian masih pelajar di sini juga mempunyai tarif khusus pelajar yaitu Rp 5.000/siswa dan mahasiswa dan untuk yang non-pelajar tetapi pergi ke sini rombongan dibandrol dengan Rp 10.000.

3. Arborea Cafe

Arborea Cafe Jakarta
https://explorewisata.com/2018/11/foto-lokasi-rute-dan-daftar-harga-menu-di-arborea-cafe-manggala-wanabakti-jakarta.html

Mencari spot wisata instagramable di Jakarta? kalian bisa menemukannya di Arborea Cafe. Cafe unik ini berbeda dari cafe-cafe lainnya yang bisa kalian temui. Arborea Cafe ini baru dibuka pada  pertengahan Agustus 2018 saat Asian Games 2018. Tapi sayangnya hingga saat ini masih banyak masyarakat umum yang belum tahu kalau di Jakarta Pusat terdapat cafe keren ini.

Cafe ini berada di Manggala Wanabakti Complek, Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang Jakarta Pusat dan buka pada pukul 08.00-20.00(Hari Biasa) dan 11.00-19.00(Hari Libur), masuk di sini gratis kok tapi kalian juga harus mesan sesuatu di sini, harga makananya juga relatif tidak terlalu mahal.

4. Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis Jakarta
https://www.instagram.com/p/BpUoMErl-QB/Instagram: yukianggia/

Sebenarnya Tugu Kunstkring Paleis merupakan restoran mewah yang berlokasi di Jakarta Pusat. Jika kalian masuk ke dalam bagian dalamnya ini  dipenuhi dengan interior yang  bergaya baroque dengan nuansa kerajaan kental dengan mewah-klasik karena restoran ini terdapat pengaruh darin unsur budaya Eropa dan Jawa.

Kalian bisa menemui tugu ini di Jalan Teuku Umar No.1 Menteng, Jakarta Pusat dan buka pada pukul 11.00-00.00 (Setiap Hari).

5. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Jakarta
http://ilhamfauzan.net/2017/06/09/galeri-nasional-indonesia-one-stop-art-exhibition/

Gedung yang dulunya asrama wanita ini sekarang sudah beralih sebagai spot wisata edukatif Jakarta. Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Tiap gedung tentunya berisi pameran yang menampilkan karya-seni antik sekaligus autentik. Ketiga gedung ini dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer.

Galeri Nasional berlokasi di Jalan Medan Merdeka, No. 14, Gambur Jakarta Pusat dan buka pada hari selasa-minggu pukul 10.00-19.00 dengan tarif wisata yang gratis.

Baca Juga : Wisata di Magelang Terpopuler

Tempat Wisata di Jakarta Barat

1. Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta
https://www.instagram.com/p/BZj6lnSgPQh/Instagram: ezaapistavidyaveva/

Siapa yang tidak mengenal wisata Kota Tua yang satu ini. Bagi kalian yang tinggal di Jakarta ataupun di luar Jakarta tentunya tidak asing lagi dengan wisata kota Metropolitan ini. Berwisata di kota tua dapat menjadi pilihan yang menarik bagi kalian  yang ingin weekend bersama keluarga dan orang tersayang. Di sini pula kalian dapat melihat bangunan-bangunan peninggalan pada masa zaman  Belanda yang masih berdiri dengan kokoh sekaligus mengingatkan suasana Jakarta tempo dulu.

Kota Tua ini bisa kalian temui di Jalan Taman Fatahillah, No.1 Jakarta Barat dan buka pada hari selasa-minggu pukul 09.00-15.00 dengan tarif tiket masuk wisata Rp.2000/orang.

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Jakarta
https://www.jejakpiknik.com/museum-fatahillah/

Salah satu spot wisata menarik yang dapat kalian kunjungi selama berada di Kota Tua Jakarta ialah Museum Fatahillah. Wisata edukasi Jakarta ini merupakan saksi bisu dari perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pertama museum  ini diberi nama Museum Batavia ketika masa penjajahan VOC. Selain bangunan ini difungsikan sebagai  balai kota, ternyata  juga pernah dijadikan sebagai ruang pengadilan hingga penjara bawah tanah. Tak heran jika kalian ke sini akan menemukan banyak sekali benda-benda peninggalan dari jaman Belanda  yang masih tersimpan rapi di Museum Fatahillah.

Bagi kalian yang tertarik ingin ke sini bisa menemuinya di Jalan Taman Fatahillah No. 1 Jakarta Barat dan buka pada hari selasa-minggu pada pukul 09.00-15.00 dengan tarif tiket masuk Rp.3.000-Rp.5.000

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
http://mediaindonesia.com/read/detail/120361-perbarui-museum-bi-ingin-jumlah-pengunjung-naik-tiga-kali-lipat

Mendengar kata Bank, pasti yang terlintas dipikiran dan benak kalian adalah tempat penyimpanan uang bukan?Gedung dengan gaya khas nya Kolonial Belanda ini menjadi objek wisata yang tidak boleh kalian lewatkan loh, karna, Museum Bank Indonesia ini merupakan peninggalan De Javasche Bank dan berdiri sejak tahun 1828. di wisata edukasi Jakarta yang satu ini kalian dapat melihat beragam informasi terkait perjalanan dunia perbankan di Indonesia,jauh  sebelum bangsa Belanda dan Jepang mulai berdatangan.

Untuk mengunjungi wisata ini tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, hanya mengeluarkan biaya dengan Rp.5000/orang, dapat menikmati dan mempelajari sejarah yang ada di Museum Bank Indonesia. Museum ini berlokasi di Jalan Jembatan Batu No.3 Tamansari dengan jam buka 07.30-15.30 (Hari Biasa) dan buka pada pukul 08.00-16.00 (Hari Libur) terkecuali hari senin.

4. Museum of Modern and Contemporay Art in Nusantara (MACAN)

Museum MACAN
https://www.instagram.com/p/Bi0iSdHhmMY/Instagram:vaneshaass/

Museum MACAN merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia. Museum ini juga menampilkan kisaran 90 karya seni rupa modern Indonesia dan juga kontemporer dari seluruh dunia. Salah satu karya seni yang menjadi favorit wisata Jakarta adalah, ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi wisata ini , museum MACAN ini berlokasi di Jalan Panjang No.5 Kebun Jeruk, Jakarta Barat dengan jam buka 10.00-19.00 dengan tarif tiket masuk wisata Rp 80.000- Rp 900.000.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Bali 2019

Tempat Wisata di Jakarta Timur

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
https://www.instagram.com/p/BsUeAf_hty3/

Siapa yang tak mengenali spot wisata yang menjadi ikon kota Metropolitan Jakarta ini, ya tak lain Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan rangkuman dari kebudayaan bangsa Indonesia sendiri , yang mencakup  kehidupan sehari-hari masyarakat dari 26 provinsi Indonesia ditampilkan dalam anjungan arsitektur tradisional, sekaligus menampilkan beragam busana, tarian, dan tradisi yang ada di daerah. Kalian akan menemukan banyak sekali  museum yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi Jakarta.

Taman Mini ini berlokasi di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger Cipayung, Jakarta Timur dengan jam buka 08.30-18.00 (Setiap Hari). Untuk tarif wisata Edukasi Jakarta ini dibandrol dengan Rp 2.000- Rp 35.000, tapi jika ingin memasuki wahana permainannya tarifnya berbeda lagi loh, bisa kalian chek lengkap di tiket Taman Mini Indonesia Indah. 

2. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti
https://myeatandtravelstory.wordpress.com/2017/05/13/seri-pahlawan-revolusi-monumen-pancasila-sakti-jakarta/

Kalian yang ingin berwisata sembari belajar sejarah cocok sekali untuk mengunjungi museum Pancasila ini. Pasalnya di museum ini terdapat monumen kejahatan PKI dulu, serta lubang buaya sebagai saksi bisu kekejaman jaman penjajahan dulu.

Wisata Edukasi Jakarta ini bisa kalian temukan di Jalan Raya Pd. Gede, Cipayung, Jakarta Timur dengan jam buka 08.00-16.00. Monumen Pancasil Sakti ini bisa terbilang sebagai wisata murah di Jakarta, bagaimana tidak tarif wisata monumen ini dibandrol dengan Rp. 5.000/orang.

3. Museum Transportasi

Museum Trasnportasi Jakarta
https://www.instagram.com/p/BnoAwp0hnlY/

Jika kalian mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah jangan lupa untuk singgah ke museum Transportasi ya. Wisata Murah Museum Transportasi ini menyajikan spot-spot transportasi jaman dulu yang digunakan pada masanya. Selain berwisata murah kalian juga bisa memperdalam ilmu sejarah kalian, tentu wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga bukan?

Lokasi Museum Transportasi ini terletak di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, dengan jam buka 09.00-16.00. Untuk tarif tiket masuk nya dibandrol dengan Rp. 5.000/orang.

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta
https://www.instagram.com/p/Bhq8jA-AjSD/Instagram:yenkhoe/

Jika kalian ingin melihat tingkah dan polah hewan-hewan yang lucu ataupun  ingin berinteraksi secara langsung, silahkan datang ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Tempat wisata keluarga ini akan sangat cocok dijadikan sebagai wisata anak di Jakarta. Karna si kecil nantinya bisa belajar tentang jenis-jenis hewan yang mungkin belum diketahuinya. Dari sanalah akan timbul rasa agar lebih menyayangi makhluk hidup lainnya, khususnya binatang.

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jalan Harsono No.1, Ragunan Jakarta dengan jam buka 07.30-16.00 (setiap hari). Untuk tarif wisata kebun binatang ragunan ini dibandrol dengan harga yang relatif murah yaitu Rp.4000/orang.

2. MOJA Museum

MOJA Museum Jakarta
https://www.instagram.com/p/Bsu__4vAsGn/Instagram:mojamuseum/

Saat ini Jakarta terus menambah destinasi wisata baru yang menarik dikunjungi untuk berakhir pekan. Selain menambah spot wisata baru tentunya diimbangi dengan  trend yang sedang berkembang saat ini. Jakarta menghadirkan destinasi wisata spot selfie Jakarta dengan tema yang unik dan berbeda dari sebelumnya yang bernama  Moja Museum.

Kalian yang tertarik untuk ke MOJA Museum bisa mengunjunginya di Jalan Metro Pondok Indah Blok Tb, No.27, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan jam buka 11.00-19.00 (hari biasa) dan 11.00-20.00 (hari libur). Untuk tarif wisata MOJA Museum ini terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu Rp.100.000 (Hari biasa) dan Rp. 125.000 (Hari libur).

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Wisata di Malang

3. Kidzania

Kidzania Jakarta Selatan
http://wisataduniatop.blogspot.com/2015/07/wahana-bermain-di-kidzania-jakarta.html

Jakarta juga terkenal dengan spot wisata edukatif anak yang menarik loh yang bernama Kidzania. KidZania merupakan sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan sekaligus hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak yang berusia 2-16 tahun.

Dirancang dan dibangun secara  khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya tetapi masih dalam skala anak-anak, dilengkapi dengan jalan raya, fasilitas kota lainnya seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini pula anak-anak bisa memainkan peran ataupun profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, dan lain sebagainya.

KidZania berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan tiket bisa kalian kunjungi di kidZania lengkap dengan jam operasionalnya.

Tempat Wisata di Jakarta Utara

1. Kepulauan Seribu

Kepualaun Seribu Jakarta Utara
https://www.lifeofpix.com/photo/kepulauan-seribu/

Kepulauan Seribu merupakan kabupaten administrasi yang berada di  Jakarta dengan wilayahnya terdapat beberapa gugusan pulau kecil di Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu yang tak lain wisata alam Jabodetabek ini  terdiri dari 342 pulau kecil, tetapi tidak semua pulau terletak dari Kepulauan Seribu ini dihuni oleh manusia. Perlu diketahui Hanya 11 pulau yang bisa didiami oleh manusia 3 diantaranya tergolong pulau yang terbanyak dihuni oleh manusia ialah Pulau Panggang, Pulau Kelapa, serta Pulau Pramuka yang menjadi pusat pemerintahan dari Kepulauan Seribu.

Setiap pulau di wisata alam Jabodetabek ini memiliki pesona alam yang indah dan menawan dengan hamparan lautan biru yang luas. Tertarik ke sini kalian akan menemukan tarif trip kepualan seribu.

2. Dufan

Dufan Ancol Jakarta
https://www.instagram.com/p/BtM3QFaF8Du/Instagram:infodufan/

Dunia Fantasi atau disingkat dengan Dufan memiliki spot-spot wahana permainan yang banyak yang bisa dijadikan sarana rekreasi wisata anak di Jabodetabek. Wisata Dufan merupakan wisata yang terkenal yang dimiliki oleh kota Metropolitan ini loh. Untuk tarif dan wisata apa saja yang ada bisa dichek di wisata dufan.

3. Pantai Ancol

Pantai Ancol Jakarta
http://jalanjalankelilingindonesiamurah.blogspot.com/2011/05/pantai-ancol-jakarta.html

Kata Siapa kota metropolitan seperti Jakarta tidak memiliki spot wisata alam yang menawan. Buktinya Jakarta juga memiliki wisata alam Jabodetabek loh. Pantai Ancol merupakan kawasan yang  memiliki pantai bersih dan landai dapat digunakan untuk bermain air ataupun berenang dan juga pantai ini aman bagi orang dewasa maupun anak – anak. Pantai ancol juga bisa dijadiakn alternatif liburan sehari bagi warga kota jakarta dan sekitarnya, hal ini dikarenakan tidak adanya retribusi khusus untuk menikmati keindahan pantai dan taman yang ada di kawasan ancol, kalian hanya membayar tiket masuk kawasan ancol saat melewati loket gerbang  sebesar Rp. 25.000/orang.

4. Sea World Ancol

Seaworld Jakarta
https://www.hargatiket.net/harga-tiket-masuk-seaworld/
SeaWorld merupakan wisata edukatif Jakarta yang menyuguhkan keindahan 7.300 biota air tawar dengan 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil. Kalian akan menemukan 2 pesona spot yaitu di pesisir dan di lautnya. Di pesisir, kalian akan dimanjakan dengan akuarium yang dibuat mirip dengan biota pesisir aslinya. Jika berpaling ke  zona laut kalian akan menyaksikan 11.500 biota dengan 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.
Tertarik ingin ke sini ? lokasinya berada Jalan Lodan Timur, RW.10, Kota Tua,  Ancol,  Jakarta Utara, dengan jam buka 09.00- 17.00.  Untuk tarif tiket wisatanya relatif dengan kisaran Rp85.000 – Rp350.000.

Baca Juga : Wisata di Banyuwangi

5. Museum Bahari

Museum Bahari Jakarta
https://www.instagram.com/p/Bj02ikZDRYc/

Museum Bahari ini wisata Jakarta di dalamnya kalian akan menemukan  banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah kelautan. Kalian dapat melihat benda-benda peninggalan VOC, perahu-perahu, asli maupun replikanya, selain itu di sini juga terdapat alat navigasi pelayaran, foto-foto dan juga lukisan. Selain itu pula, di sini terdapat 19 buah perahu asli yang dipamerkan di museum ini dan  sisanya hanyalah berupa miniatur.

Tertarik untuk mengunjungi museum ini?bisa kalian temukan di Jalan Pasar Ikan No. 1
Kawasan Sunda Kelapa, Kecamatan Penjaringan.

6. Atlentis Water Advanture

Atlentis Water Advanture Jakarta
https://sportourism.id/newsflash/skybox-dan-dragon-race-dua-wahana-baru-di-atlantis-water-adventure-ancol

Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan theme park yang dikembangkan oleh Ancol. Total dari luasnya  Atlantis Water Adventure Ancol ialah sekitar 5 hektar. Kalian juga bisa berpetualang di wisata air ini karna terdiri dari 8 kolam utama yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool.

Kalian yang ingin mengetahui harga tiket wisata air di Jakarta ini terbagi lagi menjadi tiket masuk gerbang Ancol sebesar Rp 25.000 /individu, Rp 20.000/mobil, Rp 15.000/motor. Nah jika kalian tertarik untuk masuk ke area Atlantis ini dibebani dengan  Tiket Reguler sebesar Rp 95.000 dan tiket atlantis weekend sebesar Rp 200.000.

7. Ocean Dream Samudra

ODS Jakarta Utara
http://agenancolmerak.blogspot.com/2017/02/ancol-ocean-dream-samudra-gelanggang.html

Ocean Dream Samudra merupakan wisata yang masih 1 spot dengan Ancol. Di sini kalian bisa menyaksikan pertunjukan hewan-hewan cerdas dan lucu. Ingin menghabiskan waktu bersama keluarga saat weekend, wisata satu ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Tarif tiket masuk yang bervariasi bisa kalian cek di sini nih wisata ocean Dream Samudra. 

Jakarta terkenal dengan kota metropolitannya juga memiliki pesona wisata yang indah bukan ? Selain berwisata melepaskan kepenatan dunia kerja, kalian juga bisa mempelajari hal-hal baru dalam hal edukasi yang disajikan oleh wisata di Jakarta. Tertarik ke sini dong pastinya?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.