[Ter-Ampuh!] Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Cara Menghilangkan bekas Jerawat – Mengidam-idamkan memiliki wajah yang mulus nampaknya bukanlah harapan semu belaka. Hal itu bisa diwujudkan asal kalian bisa menjaga kebersihan kulit dengan baik loh. Tak luput juga dengan kulit wajah, seringkali masalah yang dihadapi dengan wajah ini setelah hilangnya jerawat , bekas nya tetap setia menetap di wajah dan tak ingin pergi, tenang hal itu bisa diatasi kok, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya;

Tips Menghilangkan bekas jerawat ?

  • Bekas jerawat? 
  • Bahan Alami yang bisa digunakan dalam menghilangkan bekas jerawat
  • Tips Menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah
  • Tips Menghilangkan bekas jerawat pada pria
  • Tips Mencari Skincare Wajah yang Aman 
  • Bekas Jerawat Hilang dengan Madu

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Terampuh

Bekas Jerawat ?

Bekas Jerawat ?
https://www.shopback.co.id/blog/tips-menghilangkan-bekas-jerawat

Ngaku deh pasti masalah wajah yang satu ini banyak membuat orang tak percaya diri dan minder. Menghabiskan ratusan juta demi memiliki wajah mulus idaman? Tenang saja, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kalian coba di rumah dengan cepat ataupun dengan yang alami. Namun, kalian tetap harus cermat dalam memilih cara yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Bekas jerawat atau yang dikenal dengan jaringan parut  dapat muncul setelah jerawat menghilang. Hal ini diakibatkan  karna proses dari penyembuhan jerawat yang tidak normal, sehingga ujungnya dapat menimbulkan kelebihan ataupun kekurangan kolagen pada area yang mendatangkan jerawat tersebut.

Untuk kalian yang merasa  nggak ‘pede’ dengan bekas jerawat di wajah, tenang-tenang,  bekas jerawat itu sebenarnya bisa hilang loh, berikut ini ada beberapa perawatan tips menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Baca ulasannya sampai habis ya.

Bahan Alami dalam menghilangkan bekas jerawat

1.Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh
https://www.rumahku.com/artikel/read/manfaat-minyak-pohon-teh-bagi-rumah-tangga-410614

Minyak Pohon Teh atau dikenal dengan Tea Trea Oil ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau loh. Minyak pohon teh ini, sebenarnya merupakan tanaman asli dari Australia, yang sudah beroperasi sejak 100 tahun terakhir sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, sekaligus terdapat banyak khasiat untuk tubuh manusia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak pohon teh ini  pada kandungannya tidak ditemukan penggunaan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

Kalian tentunya bisa menggunakan produk herbal Minyak Pohon Teh ini untuk  menghilangkan bekas jerawat.Untuk penggunaanya kalian cukup mencampurkan 5 tetes Minyak Pohon Teh  dan dua sendok teh madu. Setelah itu, aduk dan cukup digosok secara perlahan pada bagian kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Perlu diketahui produk ini hanya boleh digunakan sebagai pengobatan luar, karena herbal ini termasuk toksik sehingga tidak boleh diminum. Minyak ini dapat menimbulkan reaksi, iritasi, atau sensitivitas untuk beberapa orang, dan juga menyebabkan kulit terbakar.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/30/222142520/mengenal-khasiat-lidah-buaya-untuk-kulit-hingga-sembelit

Bahan yang satu ini udah terkenal banget loh dalam menghilangkan bopeng bekas jerawat karna penggunaanya yang bisa digunakan sebagai pelembab kulit kering maupun berminyak. Selain penggunaanya sebagai perawatan rambut dan kulit lidah buaya ini juga bertindak sebagai antiradang alami yang mampu membantu mengurangi kemerahan, radang, sertanyeri yang berhubungan dengan jerawat.

Sifat penenang yang terdapat dalam kandungan lidah buaya ini  juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri saat dihadapkan dan diaplikasikan pada bagian kulit  yang terinfeksi. Gel dari lidah buaya ini akan masuk ke dalam lapisan terdalam, yang akan berfungsi sebagai menahan rasa nyeri dan meredakan peradangan agar tidak meluas.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
https://www.idntimes.com/health/fitness/mourinho/9-manfaat-menakjubkan-minyak-zaitun-selain-untuk-kecantikan-c1c2

Selain Lidah Buaya, minyak zaitun juga memiliki pamor yang tidak kalah populer sebagai produk perawatan kulit. Selain ampuh sebagai pelembap kulit, minyak zaitun juga terbukti bisa mengurangi kulit gatal atau meradang. Ini karena minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah.

Kalian dapat menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat alami dengan mengoleskannya secara langsung ke area kulit. Kemudian gunakanlah jari untuk memijat kulit agarmembantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit dari 10 hingga 15 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

4. Tomat

Tomat
http://ihealthus.blogspot.com/2014/07/beragam-manfaat-buah-tomat-untuk.html

Selanjutnya dalam mengatasi bekas jerawat membandel di wajah, dapat diaplikasikan di rumah kalian nih sayuran satu ini yang tak lain ialah tomat. Karna di dalam tomat terdapat kandungan bahan alami vitamin A dan vitamin C yang mampu mengencangkan kulit, serta mampu dalam menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Untuk penggunaanya kalian hanya perlu menempelkan irisan tomat segar pada area bekas jerawat, kemudian kalian diamkan selama 10-15 menit. Atau kalian juga bisa menggunakannya dengan cara dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.

5. Timun

Mentimun
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/11/20/kebanyakan-makan-timun-bisa-berakibat-buruk-untuk-kesehatan-bahkan-bisa-jadi-racun

Timun selain digunakan sebagai sayuran dalam pangan ternyata juga memiliki pemanfaatan sebagai menghilangkan bekas jerawat loh, karna di dalam Timun ini juga mengandung vitamin A, C, dan juga magnesium yang mampu memberikan kesempatan bagi wajah untuk bergenerasi. Mentimun ini juga dapat menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat, dan mampu menghilangkan bekas-bekas jerawat.

Untuk penggunaanya, sangatlah mudah dan kalian bisa mengaplikasikannya di rumah loh. Yaitu, irislah  timun secara tipis, kemudian kalian letakkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.Mudah bukan ?

Tips Menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah

1. Baking Soda

Baking Soda
http://travel.tribunnews.com/2018/05/05/bukan-cuma-untuk-membuat-kue-ini-7-manfaat-lain-baking-soda-bisa-usir-tungau-kasur?page=2

Mengingat Baking soda merupakan produk olahan kue ini pasti kalian memiliki keraguan bukan?apa iya produk untuk membuat kue bisa digunakan dalam menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah ?Nyatanya bisa kok, baking soda ini dapat kalian gunakan sebagai bahan dalam menghilangkan noda hitam bekas jerawat, karena kandungan yang dimiliki baking soda ini ternyata  terdapat kristal sodium bicarbonate. Untuk kalian yang belum tau, kandungan ini ternyata  mampu mengelupas kulit mati jika digunakan sebagai scrub pembersih wajah.

Untuk penggunannya kalian cukup ambil dua sendok baking sodakemudian campurkan dengan air secukupnya. Aduk hingga kental, kemudian gosokkan ke wajah sembari dipijat, terutama di bagian bekas jerawat. Lakukan selama 2 menit, dan terakhir bilaslah menggunakan air bersih.

2. Kentang

Kentang
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-alergi-kentang/

Produk sayuran yang satu ini jangan kalian remehkan loh, pasalnya kentang ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang  diyakini mampu menyembuhkan kulit, mengangkat flek-flek hitam di wajah dan pastinya menghilangkan jerawat. Untuk penggunaanya kalian cukup iris kentang tipis, kemudian tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, dan terakhir  cuci wajah dengan air bersih. Lakukan rutin tiga kali dalam seminggu maka kalian akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

3. Putih Telur

Putih Telur
https://www.watchme88.com/masker-putih-telur/

Putih telur ini terkenal sekali dalam produk perawatan wajah loh. Pasalnya bahan sederhana ini terkenal mampu mencerahkan dan mengencangkan wajah sekaligus dapat memudarkan flek hitam dan bekas jerawat. Penggunaanya sangatlah mudah dan kalian pasti bisa melakukannya sendiri di rumah, yaitu oleskan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telur pada wajah, lalu diamkan selama 10-15 menit. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya!

4. Es Batu

Es Batu
https://www.alodokter.com/es-batu-si-dingin-dengan-banyak-kegunaan

Selain mampu meredakan kemerahan pada wajah, es batu juga dapat membantu melancarkan aliran darah pada wajah sekaligus mengecilkan pori-pori dalam menyamarkan noda bekas jerawat. Caranya sangatlah mudah loh, kalian cukup membekukan air bersih, kemudian oleskan pada area bekas jerawat. Kalian juga dapat mengganti air bersih  dengan larutan teh hijau agar hasilnya semakin optimal.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Pemula 

Tips Menghilangkan bekas jerawat pada pria

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
http://bogor.tribunnews.com/2018/11/28/sering-tak-disadari-ini-7-efek-samping-jika-mengonsumsi-jeruk-nipis

Kandungan asam alami yang berada di  dalam buah jeruk nipis ini serta kandungan vitamin Cnya sangatlah  baik dalam memperbaiki sel kulit yang rusak akibat bekas jerawat. Dengan begini penyembuhan luka bekas jerawat akan bekerja dengan lebih cepat. Kalian hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis atau beberapa buah yang dibutuhkan. Berikut cara penggunannya;

  • Belahlah jeruk nipis menjadi beberapa bagian
  • Setelah itu, ambilah air perasan dan tampung dalam wadah.
  • Untuk mengaplikasikannya pada bagian wajah kalian bisa menggunakan kapas, cutton bud ataupun bisa pula  diaplikasikan dengan menggunakan tangan.
  • Lakukan pemijatan dengan perlahan dan diamkan selama beberapa menit agar jeruk nipis ini dapat meresap kedalam kulit dengan sempurna.
  • Langkah akhir, kalian  silahkan bilas wajah dengan menggunakan air bersih secara merata.
  • Untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakan perawatan ini minimal 2 kali dalam satu minggu.

2. Cleanser dengan Kandungan Belerang

Cleanser untuk pria
http://www.adajerawat.com/2016/10/sabun-muka-pria-terbaik-untuk-mengatasi-jerawat.html

Selain menggunakan beberapa perawatan alami diatas. Cara menghilangkan bekas jerawat pada wajah pria dengan mudah yang alami lainnya  dapat dilakukan dengan menggunakan cleanser. Penggunaan cleanser umumnya dipakai untuk membantu membersihkan wajah dari kotoran dan keringat. Nah, agar bahan ini dapat bekerja untuk mengatasi masalah bekas jerawat pada wajah pria dengan lebih baik, maka perlu pengunaan bahan dengan kandungan belerang.

Jangan takut dan khawatir, belerang di sini  akan mampu mengatasi berbagai jenis permasalahan kulit wajah dengan lebih baik, termasuk dengan bekas jerawat. Saat ini juga sudah banyak produk wajah dengan  kandungan belerang yang banyak dijual dipasaran. Kalian bisa menggunakan salah satunya yang cocok dengan jenis kulit anda.

4. Bengkoang

Bengkoang
http://jabar.tribunnews.com/2017/12/24/selain-memutihkan-bengkoang-juga-punya-manfaat-luar-biasa-untuk-penderita-diabetes

Bengkoang sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami dalam hal mempercantik dan mencerah wajah. Untuk penggunanya sebagai berikuy;

  • Parutlah berngkoang yang sudah dibersihkan
  • Setelah itu, silahkan ambil parutan bengkoang dan peras lalu ambil bagian sarinya.
  • Masukkan dalam wadah dan tampung, endapkan selama satu malam penuh.
  • Esok harinya kalian dapat menggunakan endapan bengkoang untuk dioleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Lalu keringkan secara merata.

Tips Mencari Skincare Wajah yang Aman

Banyak sekali keinginan untuk memperbaiki kulit seperti halnya  mengurangi  jerawat yang berlebihan , mengencangkan kulit, mengurangi tanda penuaan, menghilangkan bekas jerawat yang membandel  sehingga membuat brand kosmetik terus menerus yang  berlomba untuk merebut perhatian konsumen.

Tapi apakah produk tersebut memanglah  kita butuhkan? Jenis produk skincare apa yang sebenarnya sangat kita butuhkan untuk wajah kita? Berikut cara memilih skincare yang tepat:

1. Perhatikan Jenis Kulit Kalian

Jenis Kulit
Picture By. Blogger

Secara keseluruhan sebenarnya terdapat  3 jenis kulit yang perlu kalian perhatikan sebelum memilih produk skincare mana yang akan kalian gunakan nantinya sekaligus skincare yang  tepat untuk kulit. Apa-apa saja jenis kulit itu ? yaitu jenis kulit normal, jenis kulit berminyak, dan jenis kulit kering. Jenis kulit normal yaitu kulit yang tidak terlalu sensitif dikarenakan kulit jenis ini tidak  kering dan juga tidak berminyak sehingga perawatannya juga terbilang mudah. Maka untuk kalian yang punya  kulit normal, carilah produk skincare yang khusus untuk kulit normal.

Berikutnya adalah jenis kulit berminyak yang dicirikan dengan berlebihnya minyak pada kulit wajah. Biasanya jenis kulit ini disebabkan oleh faktor genetik, dan pubertas, sehingga memproduksi minyak berlebih di kulit wajah. Untuk kalian yang memliki kulit berminyak disarankan agar menghindari produk perawatan kecantikan yang menimbulkan iritasi, serta carilah produk skincare yang bebas dari minyak dengan memilih pelembap  yang bertekstur gel atau lotion.

Terakhir Jenis kulit kering, kulit yang satu ini merupkan kulit yang kekurangan kelembapan alami. Untuk kulit kering disarankan gunakanlah  produk yang dapat menghidrasi kulit dan hindari produk yang memiliki kandungan alkohol karena alkohol  itu sendiri dapat menyebabkan  kadar air dalam kulit memuai dan membuat kulit semakin kering. Gunakanlah pelembap yang bertekstur krim atau balm.

2. Sesuaikan Budget

Sesuaikan Budget
http://fcfinancial.ie/874-2/

Mengapa harus sesuai budget? Karena produk skincare tentunya digunakan setiap hari dan kalian akan selalu membeli setiap kali produk skincare habis, maka ada baiknya disesuaikan dengan keuangan kalian ya. Hal ini akan berdampak ketika keuangan sedang menipis dan sudah harus membeli lagi. Jangan sampai kalian harus mengganti-ganti produk skincare yang  digunakan sebab hasilnya tentu tidak akan maksimal dan malah akan membuat wajah kalian mengakibatkan jerawat berlebihan. 

3. Jangan Tertipu Kemasan

Cover Menipu
http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/01/26/bungkusnya-nipu-10-kemasan-produk-yang-bikin-pembeli-kecewa

Untuk kalian yang ingin membeli skincare wajah, perlu diperhatikan, di belakang kemasan tiap produk skincare akan menampilkan bahan-bahan yang digunakan. Nah, jangan malas membaca ya karena ini bisa menyelamatkan kalian dari bahaya bahan kimia. Jangan pernah tertipu dengan kemasan produk yang mewah ataupun harga yang mahal. Produk bisa mahal tapi bukan berarti produk tesebut cocok untuk kalian. Penting untuk selalu melakukan riset produk di Google ataupun menanyakan ke teman-teman yang memiliki jenis kulit yang sama.

4. Hindari Produk Wangi

Say No
https://meramuda.com/relationship-tips/8-tips-agar-mudah-memaafkan-dan-melupakan-kesalahan-orang-lain/

Banyak sekali beredar produk skincare wajah  yang beredar di pasaran menawarkan pewangi sebagai daya tarik terhadap kosumen. Perlu kalian ketahui bahwa, wewangian tersebut sering mengandung alkohol sehingga tidak baik bagi kesehatan kulit wajah kalian ya. Sebagian dari produk-produk tersebut juga mengandung senyawa sintetis yang berasal dari bahan kimia berbahaya yang dapat memicu kanker, gangguan sistem saraf pusat, dan alergi.

5. Skincare Berbahan Dasar Alami

Skincare Alami
https://www.idntimes.com/life/women/ninna-lestari-afiati/gak-menguras-kantong-5-bahan-dapur-ini-bisa-dijadikan-skin-care-alami-c1c2

Ada baiknya kalian gunakanlah produk perawatan dan kecantikan yang terbaik yang berbahan dasar alami. The Body Shop sejak 1976 telah terkenal dengan produknya yang berbahan dasar alami  untuk memenuhi kebutuhan akan perawatan wajah, kulit, dan make-up. Produk-produk yang ditawarkan The Body Shop bukan hanya untuk perempuan, tapi juga bisa digunakan untuk pria.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Desain Yang Profesional Yang Wajib Kalian Tahu

Bekas Jerawat Hilang dengan Madu

Madu
https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/manfaat-madu-mentah-untuk-kecantikan

Walaupun penggunaan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun penggunaan bahan alami seperti madu tentulah tetap direkomendasikan. Selain karena manfaat yang dikandungannya, biasanya bahan alami juga lebih mudah untuk di dapatkan dan digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu:

  • Siapkan satu sendok makan madu murni atau secukupnya pada wadah bersih.
  • Oleskan madu tersebut pada kulit wajah secara merata, terutama pada area yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Untuk hasil yang maksimal, bilas kembali menggunakan air dingin dan gunakan masker madu ini secara rutin setiap harinya.

Gimana? Gak sulit kan dalam menghilangkan bekas jerawat yang membandel di wajah? Itulah beberapa tips ataupun cara dalam menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan alami. Selamat mencoba, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.