14 Tempat Wisata di Jogja yang indah sekaligus unik!

Tempat Wisata di JogjaJogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat dengan provinsi di Indonesia. Yogyakarta merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, berbatasan dengan Provinsi Jawa tengah dan Samudera Hindia.

Jogja dikenal dengan julukan Kota Pelajar karena banyaknya mahasiswa yang jauh – jauh datang kesini untuk menuntut ilmu dengan banyaknnya universitas yang ada di Yogyakarta. Banyak hal yang luar biasa yang dapat dirasakan ketika membicarakan kota ini, mulai dari kulinernya yang terkenal seperti Gudeg, warisan budayanya, serta keindahan alam maupun seni dan tradisinya. Beberapa hal itulah yang menyebabkan kota Yogyakarta menjadi daerah tujuan wisata favorit di Indonesia setelah pulau Bali.

Selain Candi Borobudur yang terkenal, Yogyakarta masih banyak memiliki tempat wisata yang wajib kalian kunjungi, apa saja tempat wisata yang ada di Jogja?

Apa Saja Tempat Wisata di Jogja?

  • Wisata Pantai Parangtritis
  • Wisata Pantai Siung
  • Wisata Pantai Glagah
  • Pantai Ngrenehan Jogja
  • Wisata Pantai Timang
  • Wisata Malam Malioboro
  • Kawasan Titik Nol Kilometer
  • Wisata Tugu Jogja
  • Pesta Rakyat Sekaten di Alun – Alun Utara
  • Alun – Alun Kidul
  • Wisata Bukit Bintang
  • De Mata Trick Eye Museum
  • De Arca Statue Museum
  • Museum Gunung Merapi

Wisata Pantai di Jogja

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
http://sejarahmula.blogspot.com/2017/10/sejarah-pantai-parangtritis.html

Pantai Parangtritis merupakan wisata pantai yang terkenal dan paling populer di Jogja. Pantai ini terletak di selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai ini , aksesnya cukup mudah yaitu dengan transportasi umum yang beroperasi hingga jam 17.00 ataupun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Waktu yang terbaik untuk mengunjungi Pantai Parangtritis ini adalah sore hari menjelang matahari terbenam karena kalian dapat menjumpai sunset yang indah bersama orang – orang tercinta. Namun bila kalian ingin tiba lebih cepat, tak ada salahnyajika kalian mencoba sesuatu yag memacu adrenalin yaitu dengan naik ke Tebing Gembirawati yang ada di belakang pantai ini, dari tebing ini kalian bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis dan laut selatan.

Baca Juga : Makanan Khas Yogyakarta!

2. Pantai Siung

Pantai Siung
http://sewamotordijogja.com/pantai-siung-jogja/

Pantai Siung adalah salah satu wisata pantai yang cukup terkenal di Jogja. Pantai ini terletak Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yaitu berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang menyukai olahraga ekstrim, karena pantai ini ternyata cukup terkenal diantara para pemanjat tebing, dimana pantai ini kaya akan karang-karang raksasa yang cocok untuk para pecinta olahraga ekstrim dan menariknya lagi, Pantai Siung ini ternyata sudah memiliki 250 jalur panjat tebing dengan standar internasional.

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah Yogyakarta
http://www.jogjaland.net/pantai-glagah/

Pantai Glagah adalah pantai yang terkenal di Kulon Progo yang tepat berada di di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta dan berjarak 15 km dari pusat Kota Jogja. Pantai cantik ini dikenal karena memiliki laguna dan tetrapod beton sebagai ciri khas pantai ini yang dapat memecah ombak secara maksimal. Ombak yang menghantam tetrapod beton inilah yang akan menghasilkan deburan ombak yang indah di pinggir pantai.

Banyak sekali kegiatan yang dapat kalian lakukan saat berkunjung ke pantai ini seperti kano, perahu kayuh hingga sampan kecil yang bisa kalian gunakan untuk berkeliling di  laguna, bahkan kalian dapat memancing disini dan teapt di pesisir Pantai Glagah, terdapat sebuah perkebunan buah naga bernama Agrowisata Kusumo Wanadri yang menjual buah naga dengan harga relatif murah, sekitar Rp15.000 (ukuran kecil) dan Rp30.000 (ukuran besar) yang pastinya sangat cocok untuk kalian kunjungi bersama keluarga tercinta.

Baca Juga : Pakaian Adat Yogyakarta!

4. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Jogja
https://dolandolen.com/travel-directory/pantai-ngrenehan/

Pantai Ngrenehan berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia yang khas dengan pasir putih serta perahu nelayan yang bersandar ditepi pantai. Untuk masuk ke pantai ini kalian tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam, karena dengan  Rp3.000 kalian sudah dapat menyaksikan aktivitas kegiatan sehari – hari nelayan dan juga menikmati olahan ikan segar sembari diterpa oleh hembusan air laut yang menyejukkan.

5. Pantai Timang

Pantai Timang Jogja
https://www.gunungkidulku.com/2017/03/wahana-baru-jembatan-gantung-di-pantai.html

Pantai Timang berada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju kepantai ini dari Yogyakarta sendiri akan memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang suka memacu adrenalin, karena pantai ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang agak berbeda dari yang pantai lainnya. Selain perjalanan menuju ke Pantai Timang sangat menantang, terdapat satu atraksi unik di Pantai Timang yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya di Yogyakarta. Dimana di pantai ini terdapat sebuah gantole atau kereta gantung yang menghubungkan pantai dengan Pulau Timang itu sendiri. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga : Rumah Adat Jawa Tengah!

Tempat Wisata Jogja Malam Hari

1. Malioboro

Jalan Malioboro
http://swaragamafm.com/jalan-malioboro-diwacanakan-bebas-kendaraan-malam-hari/

Malioboro adalah jalan yang terkenal di Jogja bahkan di Indonesia, jalan ini merupakan salah satu trademark dari Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi kapan saja. Pada pagi hari, kamu akan menemukan banyak sekali pedagang souvenir indah khas Yogyakarta  yang dapat kalian beli untuk oleh – oleh keluarga tercinta dirumah.

Saat malam hari tiba, Jalan besar ini merupakan bukti Kota Yogjakarta tak pernah tidur, dimana banyak aktivitas yang terjali di jalan ini. Dari hanya duduk saja sambil menikmati malam, naik delman untuk berkeliling, berbelanja, sampai menikmati kuliner karena kalian akan menemukan surga kuliner Yogyakarta yang membentang di sepanjang jalan ini.

2. Kawasan Titik Nol Kilometer

Kawasan Nol kilometer
http://jalanjogja.com/titik-nol-ruang-publik-yang-populer/

Kawasan Titik Nol Kilometer berlokasi di ujung jalan Malioboro, tepatnya di titik pertemuan empat jalan yaitu Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Jalan Trikora, dan Jalan Senopati. Penduduk sekitar sering menyebutnya dengan Prapatan Kantor Pos Gede.

Kawasan ini memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji. kawasan ini juga menjadi tempat favorit anak muda di Jogja karena posisinya strategis untuk sekedar nongkrong maupun mengekspresikan diri mereka, disini kalian bisa melihat berbagai komunitas dan seniman yang dapat menari bahkan meniru patung perunggu dan berdandan ala hantu.

3. Wisata Tugu Jogja

Tugu Jogja Malam hari
https://www.kotajogja.com/7126/menikmati-malam-di-tugu-yogyakarta/

Tugu Yogyakarta merupakan sebuah monumen yang sering dipakai sebagai landmark dari Yogyakarta. Tugu legendaris ini dibangun oleh Hamengkubuwono I sebagai simbol menyatunya titik-titik dari Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta, dan juga Laut Selatan.

Pada malam hari, Tugu Yogyakarta selalu ramai dikunjungi oleh muda mudi pecinta fotografi yang selalu berkumpul untuk sekedar berburu gambar. Kawasan Tugu Yogyakarta ini juga sering dipakai untuk menyelenggarakan sebuah event – event unjuk kreatifitas anak muda Yogyakarta yang dikenal sangat kreatif.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Tengah!

4. Pesta Rakyat Sekaten di Alun – Alun Utara

Pesta Rakyat Sekaten di Alun - Alun Utara
http://www.jogjavacanza.com/story/6-wisata-malam-khas-jogja-yang-selalu-dirindukan
Alun-alun utara Yogyakarta berda di sebelah selatan Kawasan Titik Nol. Sekaten sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Keraton Kesultanan Yogyakarta untuk merayakan Maulid Nabi Muhamad SAW. Setiap menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, alun-alun utara ini menjadi salah satu pusat hiburan Jogja di malam hari karena di sinilah pasar malam Sekaten digelar setiap tahunnya yang memicu antusias masyarakat Yogyakarta bahkan Indonesia.
Disini kalian bisa menemukan aneka wahana permainan yang seru dan murah meriah dan sangat bersahabat bagi kalangan menengah ke bawah, seperti bianglala, kora – kora, ombak banyu, sampai rumah hantu. Bagi kalian yang senang berburu barang second hand tempat ini juga sangat cocok karena tersedia toko – toko yang menjual pakaian bekas.

5. Alun – Alun Kidul

Alun Alun Kidul Malam hari
https://blog.worknplay.com/alun-alun-kidul/
Alun – alun Kidul atau biasa disingkat Alkid berlokasi dibagian selatan kompleks Keraton Yogyakarta. Alun – alun ini terkenal karena terdapat tradisi unik di Alun-alun Kidul yang dikenal dengan sebutan Masangin. Masangin merupakan suatu tradisi dimana seseorang yang matanya ditutup kemudian harus berjalan lurus melewati dua pohon beringin besar yang berada di tengah-tengah alun-alun. Jika seseorang tersebut berhasil berjalan melewati diantara dua pohon beringin besar tersebut, maka apapun keinginannya akan terwujud.
Salain tradisi tersebut, seiring berjalannya waktu alun – alun ini dilengkapi banyak tempat – tempat yang memanjakan para pengunjung diantaranya pedagang jangung bakar, wedang ronde, roti bakar, warung tenda lesehan, dan jajanan khas Jogja lainnya. Bukan hanya itu, di sini juga terdapat sepeda hias dengan lampu warna – warni yang cantik  dengan harga sewa yang tergolong cukuo murah yaitu Rp15.000 saja yang bisa kalian gunakan untuk berkeliling bersama keluarga tercinta.

6. Wisata Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja
https://www.njogja.co.id/wisata-alam/menikmati-bintang-bintang-kota-jogja-dari-bukit-bintang/

Bukit Bintang adalah salah satu tempat wisata di Jogja terbaik yang dapat kalian kunjungi di malam hari. Bukit ini terletak di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Seperti namanya, bukit ini bertabur bintang dimana langit terlihat luas jika dilihat dari atas bukit ini, hal inilah yang menjadikan Bukit Bintang pada saat sore hingga malam hari selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi hingga orang dewasa untuk menikmati keindahan Jogja saat malam hari dari ketinggian.

Jangan khawatir, walaupun kalian sedang berada di bukit, kalian tetap bisa menikmati kuliner kok. Di kawasan Bukit Bintang ini sudah banyak terdapat warung dan kedai kopi. Siapa sih yang menolak untuk merasakan hangatnya kopi dari ketinggian dengan suasana yang begitu indah apalagi dengan orang tersayang.

Wisata Indoor Jogja

1. De Mata Trick Eye Museum

De Trick Eye Museum
https://visitingjogja.com/8177/de-mata-trick-eye-museum/

De Mata Trick Eye Museum berlokasi di lantai basement gedung Umar Kayam, XT Square, Yogyakarta. Museum ini memiliki koleksi berbagai macam gambar tiga dimensi yang membentuk ilusi optik, sebagian besar koleksi disini merupakan karya dari Petrus Kusuma. Harga tiket masuk dimulai dari Rp60.000 hingga Rp100.000 dan gratis untuk anak yang berusia dibawah 5 tahun. Museum ini buka setip hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Setidaknya terdapat 120 gambar tiga dimensi yang memenuhi dinding gedung ini. Contohnya di museum ini kalian bisa berpura-pura sedang berada di Paris bersama Lionel Messi atau memanjat batang bambu bersama si panda lucu bahkan berjalan di tembok besar China.

2. De Arca Statue Museum

de arca statue museum yogyakarta
http://www.jalanjajanhemat.com/2017/05/museum-de-arca-jogja-museum-madame-tussaudsnya-indonesia/

De Arca Statue Museum berada di kompleks yang sama dengan De Mata Trick Eye Museum yaitu di lantai basement gedung Umar Kayam, XT Square, Yogyakarta. Jika di Thailand terdapat Museum Patung Lilin Madame Tussauds maka di Indonesia punya De Arca Statue Museum di Yogyakarta.

Di museum ini kalian bisa bertemu berbagai tokoh-tokoh penting seperti Soekarno, Affandi, Adolf Hitler, Tony Stark, Albert Einstein, dan tokoh terkenal lainnya yang hadir dalam bentuk patung resin berukuran real life. Seluruh patung ini dibentuk oleh seniman kenamaan Jogja yaitu Dunadi yang cukup terkenal akan karya patungnya yang realistis.

3. Museum Gunung Merapi

Musseum Gunung Merapi Jogja
http://yogyakarta.panduanwisata.id/hiburan/museum-gunung-merapi-berwisata-belajar-dan-melihat-sejarah-fenomena-gunung-merapi/

Museum Gunung Merapi terletak di Jl. Kaliurang Km.22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Museum 2 lantai ini resmi dibuka pada tahun 2010 dan menjadi salah satu tempat wisata menarik di daerah Hargobinangun, Sleman. Museum ini buka  setiap hari dari pukul 08.00 – 15.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp5.000 dan di museum ini juga terdapat ruang audio visual, dimana pengunjung dapat menonton film tentang Gunung Merapi dengan tiket masuk Rp5.000.

Tempat wisata diatas adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata indah yang ada di Yogyakarta yang dapat kalian jadikan pilihan utama jika kalian memiliki kesempatan berkunjung ke Yogyakarta bersama orang tercinta.

 

0 thoughts on “14 Tempat Wisata di Jogja yang indah sekaligus unik!”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.