Nama Rumah Adat Jawa Tengah, Joglo, Jawal, Gambar & Penjelasan

Rumah Adat Jawa Tengah- Bicara kekayaan Indonesia rasanya tidak ada habis-habisnya. Karena Memang di Indonesia sangat terkenal dengan ragam dan budayanya. Diantara Salah satunya adalah rumah adat. Yang Ada banyak sekali rumah adat di Indonesia, seperti menerima Rumah Adat Jawa Tengah.

Rumah Khas Adat Jawa Tengah yang sekarang banyak dikenal di Joglo. Karena sejatinya ada berbagai macam jenis rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Dan Masing-masing rumah adat memiliki perbedaan yang sangat khas.

Sebenarnya, ada sebagian besar desa di Jawa Tengah yang masih menggunakan Rumah Joglo sebagai tempat tinggal masyarakat. Jika teman teman melakukan perjalanan di sebuah desa di Jawa Tengah, teman traveler juga masih bisa menjumpai rumah Joglo yang asli. Tapi tolong sangat sedikit sekali.

Sebagian besar, rumah joglo ini ada yang dikosongkan dan juga digunakan untuk upacara ruwatan saja.karena Masyarakat lebih memilih membangun rumah dengan konsep yang lebih modern atau minimalis. Kali ini borneochannel akan di jelaskan:

  • Keunikan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah
  • Rumah Adat Tajug Jawa Tengah
  • Rumah Adat Limasan

Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah

Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah

Kalau teman-temansedang mencari Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah maka teman teman janagn lewatkan artikel yang borneochannel.com sajikan yang tepat. Kali ini kita memiliki banyak koleksi referensi gambar seperti Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah.

Gambar tersebut tersedia dalam artikel ini. Selain itu juga, gambar ini juga memiliki berbagai bentuk dan desain. Teman teman dapat menjadikan referensi Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah di bawah ini

Adanya beragam rumah adat ini tidak hanya menjadi simbol dari budaya. Tapi, di sisi lain juga menjadi salah satu ikon sosial. Untuk melestarikan budaya dan tidak ada salahnya juga mengenal lebih dalam lagi tentang rumah adat Jawa Tengah.

Beberapa Gambar. Sketsa jenis rumah adat wisatawan dapat membaca artikel kami di sini. Kali ini teman teman bisa membaca terkait Gambar Sketsa Rumah Adat Jawa Tengah

baca juga artikel terkait: Pakaian Adat Jawa Tengah Modern Oleh oleh Khas Jawa Tengah 

1. Keunikan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Rumah Adat Joglo

 

Rumah Khas adat Joglo dianggap sebagai salah satu rumah yang paling terkenal dibandingkan bentuk rumah adat lainnya. Rumah adat joglo yang Saat ini ada di Jawa Tengah juga masih dapat dikunjungi teman-teman dari berbagai rumah adat Joglo yang masih belum terjamah baik.

Rumah Joglo sangat terkenal dengan simbol kekayaan pemilik. Jangan heran jika pemilik rumah Joglo bukan sembarang orang. Teras luas dan tak bersekat menjadi ciri khas rumah ini. Selain itu juga ditengah ruangan rumah Joglo juga disokong oleh empat tiang yang mengiasi.

Nah..Tiang-tiang inilah yang biasanya disebut sebagai ” Soko Guru “. Tidak hanya menjadi tempat tinggal, namun rumah Joglo juga di katakan sebagai simbol kekayaan. Karena memang rumah Joglo hanya mampu dimiliki oleh orang-orang yang kelebihan finansial (kaya).

2. Rumah Adat Tajug Jawa Tengah

Rumah Adat Tajug Jawa Tengah

Dan selanjutnya adalah Rumah Khas Adat Jawa Tengah yang memiliki makna sendiri. Dapat diberikan jika masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Seperti rumah adat Tajug yang memiliki ciri khas tersendiri.

Rumah adat tajug adalah rumah adat yang umunya digunakan untuk bangunan suci seperti masjid dan bangunan-bangunan lainnya. Jika penggunaannya untuk tujuan tempat tinggal tidak diizinkan dan diizinkan.

karena rumah adat Tajug dianggap sebagai tipe rumah yang sangat disucikan. Jadi tidak sembarang bangunan dapat menggunakan rumah adat jenis ini. Hanya bangunan-bangunan tertentu yang dilengkapi pas dengan maknanya.

Ciri dari rumah tajug intu khusus rumah adat ini memiliki atap yang membentuk runcing. Bentuknya dapat dibikang seperti bujur sangkar. Untuk tipe sendiri tidak hanya ada satu tipe rumah adat Tajug. Menghasilkan total rumah adat hingga 13 rumah tipe.

3. Rumah Adat Limasan

Rumah Adat Limasan

 

Selanjutnya Rumah Adat Jawa Tengah Terakhir wisatawan akan bertemu rumah adat Limasan. Sebab disebut rumah adat Limasan karena atapnya yang memiliki bentuk Limas. Bentuk Atap dari rumah adat ini memiliki sisi empat sisi. Rumah ini cukup sering ditemukan di Jawa Tengah.

Contohnya rumah-rumah adat yang ada rumah adat ini juga memiliki banyak tipe. Mulai dari Klabang Nyander, Gajah Mungkur, Lambang Sari dan masih banyak lagi. Setiap tipe memiliki bentuk yang agak berbeda sesuai dengan tipe rumah adatnya.

Fungsi dan Kegunaan Rumah Adat

Rumah adat Selain memiliki fungsi sebagai simbol budaya dan menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Jawa, rumah Joglo pada dasarnya juga memiliki fungsi sebagai tempat tinggal. Untuk menunjang fungsi yang satu ini, rumah adat Jawa Tengah ini dapat digunakan untuk susunan ruangan masing-masing dengan masing-masing dapat di lihat pada denah di samping, buat:

1.Pendapa Rumah Adat

Pendapa.

Dari Bagian ini disimpan di depan rumah. Khusus digunakan untuk suatu kegiatan formal, seperti pertemuan yang khusus dan tempat pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat. Meskipun terletak di depan rumah, tidak boleh juga dilewati sembarang orang yang masuk ke dalam rumah. Jalur masuk ada sendiri dan ditempatkan terpisah di sebelah pendapa tersebut.

2. Pringitan

Pringitan

Di antara ini terletak di antara pendapa dan rumah dalam “omah njero”. Selain digunakan untuk jalan masuk, lorong juga bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit juga.

3. Kaisar

Kaisar

Selanjutnya adalah penghubung antara pringitan dan pringitan. Bisa juga di teras depan karena lebarnya kisaran 2 meter. Fungsi Emperan juga digunakan untuk menerima tamu, tempat bersantai, dan kegiatan publik lainnya.

Kesimpulannya adalah Kekayaaan-kekayaan budaya inilah yang harus kita jaga. Apalagi saat ini, arus zaman terus menerus berbagai budaya lokal yang ada di penjuru indonesia

Jika hal ini terus terjadi selama terus menerus maka akan menghilangkan simbol lokal yang ada. Untuk itu mari kita mulai. Salah satunya adalah pendukung budaya yang ada dan juga memberikan dukungan dan tugas kitta sebagai generasi muda yang harus kita lakukan dan merawat budaya Indonesia

baca juga artikel lain:  Rumah Adat Sulawesi Selatan & Gambar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.