14 Daftar Wisata Rekreasi di Purwakarta yang Super Edukatif

Tempat Wisata di Purwakarta- Purwakarta merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Banyak yang tak mengetahui bahwa kota Purwakarta ini dikenal dengan 1000 taman. Tempatnya yang tak jauh dari Jakarta dan Bandung. Purwakarta juga menyimpan pesona wisata yang indah, penasaran dengan wisata yang ada di Purwakarta? Baca terus sampai habis ya.

Apa saja wisata di Purwakarta ?

  • Taman Air Mancur Sri Baduga
  • Bukit Panenjeoan Purwakarta
  • Gunung Parang
  • Museum Bale Penyawangan Diorama Nusantara
  • Gunung Lembu
  • Gedung Kembar
  • Galeri Wayang Purwakarta
  • Danau Wanayasa
  • Wisata Dunia Air Jatiluhur
  • Bale Indung Rahayu
  • Giri Tirta Kahuripan
  • Cikao Park Purwakarta
  • Curug Cipurut
  • Taman Pancawarna

Baca Juga :9 Tempat Wisata di Magelang Terpopuler Sepanjang Masa [2019]

Daftar Wisata Rekreasi Bersama Keluarga dan Orang Tersayang di Purwakarta

1. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Purwakarta
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-barat/pertunjukan-air-mancur-sri-baduga-yang-megah-di-jawa-barat.html

Taman air mancur Sri Baduga ini merupakan salah satu icon nya kota purwakarta. Disini kalian bisa menyaksikan air mancur ketika malam hari. Ketika pagi-sore hari air mancur ini tidak menampilkan lampu-lampu yang memukau. Taman Air Sri Baduga ini juga resmi taman wisata air mancur terbesar di Asia Tenggara. Tentu hal ini membuat warga Purwakarta bangga, karena secara khusus, peresmian Taman Air Mancur Sri Baduga ini juga ikut menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia untuk dunia dikarenakan anak Indonesia yang mampu menciptakan karya luar biasa.

Untuk lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga ini kalian bisa menemukannya di Nagri Kidul, Purwakarta, dan buka pada pukul 06.00-09.00 tentunya dengan harga tiket masuk yang gratis.

2. Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan Purwakarta
https://liburmulu.com/tempat-liburan-di-jawa-tengah-untuk-foto-instagram/bukit-panenjoan-dusn-babakan-desa-wanoja-kec-salem-brebes-jawa-tengah-by-ig-ikhwan28_/

Bukit Panenjoan Purwakarta  berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Purwakarta. Untuk pergi menuju lokasi  bukit Panenjoan ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor dan mobil. Selama perjalanan menuju Buki Panenjoan  kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan perkebunan teh di sepanjang perjalanan yang memukau dilanjutakn dengan keindahan alam akan terus tersaji hingga para pengunjung tiba di lokasi Bukit Panenjoan.

Untuk menuju lokasi wisata hits Purwakarta ini bisa kalian temukan di Jalan Wanayasa-Bojong, Sawit, Purwakarta dan buka pada pukul 08.00-17.00 (Hari Minggu tutup) dengan tarif tiket masuk wisata yang relatif murah yaitu 5.000/orang.

3. Gunung Parang

Gunung Parang
https://explorewisata.com/2018/03/lokasi-rute-dan-harga-tiket-masuk-gunung-parang-purwakarta.html

Jika kalian  mencari destinasi gunung yang menyajikan jalur pendakian yang unik, maka Gunung Parang adalah jawaban yang sesuai untuk yang kalian cari. Gunung Parang ini memiliki daya tarik yang membuat banyak pendaki tebing penasaran untuk menaklukkannya karena di sini kalian akan menemukan spot panjang tebing tertinggi di Indonesia, pemandangan yang sangat indah ketika berada di atas, di dekat gunung parang ini juga tersedia penginapan jika kalian ingin menginap di lokasi ini tanpa harus berkemah.

Tertarik untuk mengunjungi gunung parang? Kalian bisa menemukannya di Desa Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta dan buka selama 24 jam dengan tarif 5.000/orang tapi kalau ingin panjat tebing kalian membayar kisaran 150.000

4. Gunung Lembu

Gunung Lembu
https://backpackerjakarta.com/video-pendakian-ke-puncak-gunung-lembu-cukup-menantang-lho/

Gunung Lembu bukanlah gunung yang menyajikan banyak lembu loh, melainkan gunung dengan spot pemandangan waduk jatiluhur dari ketinggian, sekaligus pesona sunrise sunset yang begitu memukau.

Gunung Lembu ini mungkin bukanlah tergolong gunung favorit di kalangan pendaki. Namun, mendaki di wisata Hits Purwakarta ini tak akan membuat kalian menyesal kok. Karena keindahan pemandangan yang tersaji dari puncaknya akan memberikan kalian kenangan yang  indah saat mengunjungi Purwakarta.

Gunung Lembu ini berlokasi di Panyidangan, Sukatani, Purwakarta dan buka selama 24 jam dengan tarif tiket masuk yang gratis. Kalian hanya akan dibebankan dengan parkir sebesar 10.000 (mobil)/malam, dan 5.000 (motor)/malam.

5. Danau Wanayasa

Danau Wanayasa
http://www.travelklik.com/2017/11/pesona-situ-wanayasa-yang-berbalut.html

Pemandangan dari sekitaran Danau Wanaysa sangatlah indah, kalian bisa menikmati aneka spor permainan di sini yang cocok dikunjungi saat libur weekend bersama keluarga dan orang tersayang. Kalian juga bisa menikmati keliling danau dengan menaiki kapal bebek kayuh atau juga mungkin memancing ikan bahkan biasanya warga sekitar Purwakarta menggunakan arena danau Wanayasa  untuk jogging.Yang menjadi tak kalah menarik dan unik dari danau ini ialah  danau ini memiliki sebuah pulau di tengahnya.

Danau Wanayasa berlokasi di Wanayasari, Wanayasa, Purwakarta dan buka selama 24 jam dengan tarif tiket masuk yang gratis.

Baca Juga : 14 Tempat Wisata yang indah sekaligus unik di Jogja

6. Wisata Dunia Air Jatiluhur

Wisata Dunia Air Jtiluhur
https://titinwulan.wordpress.com/2013/09/26/main-air-di-jatiluhur-water-world/

Wisata Duniar Air Jatiluhur ketika kalian mengunjungi di saat weekend jangan terkejut dengan keadaannya yang bisa dibilang lumayan sepi. Sebenarnya ketika mengunjungi tempat wisata yang terbilang tidak ramai cukup menguntungkan karena kalian bisa puas berenang dan kalian juga tidak perlu mengantri jika ingin membilas badan setelah berenang. Selain itu kalian akan melihat  keadaan sekeliling Wisata Dunia Air Jatiluhur ini yang cukup rindang karena Wisata Pemandian Purwakarta  ini dikelilingi banyak pepohonan.

Wisata Dunia Air Jatiluhur berlokasi di Jatimekar, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta dan buka pada hari weekend saja yaitu sabtu,minggu pada pukul 08.00-17.00 dengan tarif tiket masuk 45.000/orang.

7. Gigi Tirta Kahuripan

Kolam Renang Purwakarta
https://thebestphotos.eu/harga-tiket-dan-lokasi-resort-giri-tirta-kahuripan-purwakarta.html

Purwakarta sekarang mempunyai kolam renang di atas langit yang dinamakan Sky Pool Giri Tirta Wanayasa Purwakarta memang sedang hits di Sosial Media. Dari ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ini , kalian bisa bersantai dengan wisata pemandian Purwarkarta  ini sembari menikmati minuman hangat ataupun dingin di pinggiran kolam.

Resort Giri Tirta Kahuripan memiliki tempat menginap dengan kisaran harga sekitar 450.000- 3.000.000 tentunya dengan fasilitas yang berbeda.

Untuk Harga Tiket Masuk diulas sebagai berikut;

  • Tiket masuk Gerbang Rp25.000/org (weekdays) dan Rp30.000/org (weekend)
  • Tiket masuk sky pool Rp50.000/org (weekdays) dan Rp60.000/org (weekend)
  • Sewa loker Rp10.000/loker (Deposit Rp100.000).

8. Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta
http://www.rmoljabar.com/read/2017/12/24/63760/Libur-Panjang-di-Cikao-Park-

Wisata Pemandian Purwakarta ini berlokasi di Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Kabupaten Purwakarta dan buka pada pukul  08.00 – 22.00 (setiap hari). Kalian bisa berwisata ke sini bersama keluarga di saat weekend dengan menyenangkan. Untuk tarif harga tiket masuknya;

Area Cikao ParkRp 10.000 (Hari Biasa)Rp 20.000 (Hari Libur)
Water ParkRp 30.000 (Hari Biasa)Rp 50.000 (Hari Libur)
Taman SatwaRp 20.000 (Hari Biasa)Rp 30.000 (Hari Libur)

9. Curug Cipurut

Curug Cipurut Purwakarta
http://awenkwahyudin.blogspot.com/2014/09/wisata-curug-cipurut.html
Kalian yang ingin mengunjungi wisata Pemandian Curug Cipurut ini  dan takut akan harga tiket masuk yang mahal, jangan khawatir karena di sini  terbilang murah meriah, kalian tidak sampai harus mengeluarkan uang puluhan ribu untuk bisa menikmati wisata  ini.
Wisata ini berlokasi di Babakan, Purwakarta, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, di lokasi wisata ini , juga terdapat bumi perkemahan yang biasa digunakan oleh para pecinta alam (PA) atau camping pendidikan dan juga latihan extra kulikuler (eskul) sekolah.

10. Taman Pancawarna

Taman Pancawarna Purwakarta
https://www.youtube.com/watch?v=khXthceccb8

Taman Pancawarna berlokasi di JL. Ganda Negara, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat dengan harga tiket masuk yang gratis. Jadi saat kalian berkunjung ke Purwakarta mampir-mampir dulu ke taman cantik Purwakarta ya. Di Taman ini juga sangat cocok untuk kalian kunjungi selepas jogging ataupun berekreasi bersama orang-orang tersayang.

Daftar Wisata Edukatif di Purwakarta

1. Museum Bale Penyawangan Diorama Nusantara

Diorama Nusantara
https://twitter.com/edukasipwk/status/827178832721436676

Bale Panyawangan Diorama Nusantara ini merupakan museum yang memuat informasi seputar sejarah dan budaya yang  ada di Indonesia. Wisata Edukatif Purwakarta yang satu ini dilihat dari segi aspek sejarah, kalian bisa menemukan penyajian yang unik yaitu cerita dari jaman prasejarah, penjajahan jaman dulu hingga masa sekarang ini. Sedangkan mengenai budayanya, di sini juga terdapat bermacam-macam informasi yang disampaikan, seperti halnya mengenai bahasa, alat musik kuliner khas dan lain sebagainya yang identik  dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Bale Panyawangan Diorama Nusantara ini bisa diibaratkan sebagai miniature dari Taman Mini Indonesia Indah yang ditempatkan dalam satu gedung.

Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara ini beralamat di Jl. K.K. Singawinar, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta denagan jadwal buka jam 09.00-12.00 dilanjutkan dengan jam 13.00-15.00 (khusus hari selasa-sabtu) sedangkan di hari minggu buka dari jam 08.00-12.00 dilanjutkan lagi dari jam 13.00-15.00 dengan tarif tiket masuk yang gratis!

2. Gedung Kembar

Gedung Kembar Purwakarta
http://ilmuterbukaa.blogspot.com/2015/11/museum-purwakarta.html

Gedung Kembar di Purwakarta ini memiliki dua bangunan dengan arsitektur gaya Eropa tempo dulu, yang  memiliki bentuk serupa, selain itu berdiri berdampingan dengan megahnya di Jalan Kolonel Kornel (KK) Singawinata Purwakarta, tepatnya di Kampung Ceplak, Kelurahan, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta. Dikarenakan  kedua bangunan tersebut mirip, masyarakat Purwakarta mulai menyebutnya sebagai Gedung Kembar. Tampilannya yang cantik, membuat siapa pun yang melintasi  jalan disekitar gedung kembar ini akan menyempatkan diri menengok atau menatapnya sejenak.

Kalian yang ingin mengunjungi gedung kembar ini bisa mengunjunginya pada hari Senin-Sabtu pada pukul 08.00-17.00 dengan harga tiket masuk yang gratis!

Baca Juga : Daftar dan Harga Tiket Masuk Wisata di Malang Seperti di Luar Negeri

3. Wisata Galeri Wayang Purwakarta

Museum Wayang Purwakarta
http://jabarnews.com/2018/07/dprd-purwakarta-lamban-sektor-piduiteun-tak-masuk-pad.html

Sepertinya Purwakarta memanglah wisata yang tak habis-habisnya menyajikan keindahan wisata dari segi pariwisata yang dapat dijadikan edukasi. Seperti halnya wisata galeri wayang purwakarta ini yang berlokasi di Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta dan buka pada hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00-18.00 dengan tarif tiket wisata yang gratis. Tertarik ke sini ?

4. Bale Indung Rahayu

Museum Ibu di Purwakarta
https://www.sajajar.id/seru-berwisata-sambil-belajar-di-museum-digital-bale-panyawangan-diorama-nusantara-purwakarta/

Bale Indung Rahayu (Tempat Kemuliaan Ibu) dibuat dengan tujuan untuk mengingatkan manusia akan peran penting dari seorang Ibu di dalam kehidupan. Wisata Edukatif Purwakarta ini kalian  akan menemukan museum dengan relief pahatan seni yang autentik mengenai ibu, sehingga sejak dari pola pengasuhan, mengenai mainan, makanan, pola hidup, rumah , hingga mengenai kematian tersirat dengan  jelas melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan yang ada di sini.

Gimana ?Keren-keren bukan ? Nggak perlu jauh-jauh dan mahal-mahal untuk berwisata kalian juga bisa menemukan pesona wisata yang indah di Indonesia. Mau tau ada apa lagi wisata hits dan keren di Indonesia? baca artikel lainnya di Borneo Channel.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.