13 Tempat Wisata di Palembang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Sending
User Review
5 (4 votes)

Tempat Wisata di Palembang – Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota yang merupakan ibu kota Sumatera Selatan ini memiliki luas wilayah 358,55 km² dan dihuni oleh 1.573.898 jiwa dengan kepadatan penduduknya mencapai 4.800 per km².

Palembang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara, yaitu Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 sehingga membuat kota ini dikenal juga dengan nama Bumi Sriwijaya.

Bumi Sriwijaya ini merupakan kota metropolitan di Indonesia yang diberi julukan sebagai Venice of the East yang artinya Venisia dari Timur. Tak heran jika Kota Palembang yang tahun ini ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan di nasional maupun internasional, yang menunjukkan Palembang kaya akan pesona yang mewakili keindahaan Indonesia.

Berikut adalah keindahan palembang yang wajib kalian tahu yang dicurahkan dalam tempat wisatanya :

  • Wisata Ikon Jematan Ampera Palembang
  • Wisata Alam Bukit Siguntang Palembang
  • Wisata Masjid Cheng Ho Palembang
  • Banteng Kuto Besak
  • Wisata Air Terjun Lematang Indah Palembang
  • Fantasy Island Palembang
  • Wisata Alam Taman Pelang Palembang
  • Taman Wisata Alam Punti Kayu

Cek artikel nya lebih lanjut!

Tempat Wisata Bersejarah di palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-selatan/jembatan-ampera-kemegahan-simbol-kota-palembang.html

Jembatan ampera yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini merupakan ikon kota Palembang. Pada awalnya jembatan ini bernama Jembatan Bung Karno yang dibangun untuk menghargai jasa Soekarno yang sudah berjuang untuk keinginan warga Palembang yang menginginkan adanya jembatan di atas Sungai Musi. Namun, Bung Karno tidak setuju dan pada akhirnya jembatan ini dinamakan sesuai fungsi yaitu AmPeRa (Amanat Penderitaan Rakyat) yang dimana merupakan slogan bangsa Indonesia tahun 1960-an.

Terdapat sebuah pasar souvenir dan makanan bernama Pasar Sekanak yang biasa disebut sebagai Kota Tua di Palembang yang berjarak 50 meter dari jembatan Ampera serta juga ada sebuah pementasan seni budaya rutin yang bisa kamu saksikan secara gratis di sana. Tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga : Makanan Khas Palembang!

2. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang

https://www.youtube.com/watch?v=8afwPLmvX0M

Bukit Siguntang terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi ke arah utara merupakan suah bukit kecil yang tingginya sekitar 30 meter di atas permukaan laut. Bukit ini biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha dan juga tempat bertapa saat Kerajaan Sriwijaya masih berjaya. Sampai sekarang bukit ini masih menjadi tempat yang sakral bagi masyarakat disana, dan masih banyak pengunjung yang datang untuk berziarah ke makam-makan para bangsawan Palembang.

3. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

https://infokitonian.blogspot.com/2015/06/masjid-cheng-ho-palembang.html

Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang terkenal di kota Palembang. Masjid ini awalnya dibangun untuk menjaga hubungan antara warga Tionghoa dan warga Palembang. Cheng Ho sendiri merupakan nama seorang panglima angkatan laut asal Tiongkok yang melakukan ekspedisi perdagangan sembari memperkenalkan agama Islam di wilayah yang disinggahinya dan terkenal sejak abad 15.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Makassar!

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro Palembang

https://www.akutj.id/2017/06/pulau-kemaro-delta-kecil-dengan.html

Pulau Kemaro adalah pulau legendaris terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah kelenteng dan pagoda 9 lantai yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk melukakan ibadah ataupun sekedar berziarah. Alasannya, karena di pulau ini terdapat makan seorang Putri Palembang yang menikah dengan Pangeran Cina. Selain 2 bangunan tersebut, di pulau Kemaro ini juga terdapat pohon cinta. Konon, jika kamu dan pasangan mengukir nama kalian di pohon tersebut, hubungan kalian akan berlanjut sampai ke pelaminan.

5. Banteng Kuto Besak

Banteng Kuto Besak Palembang

https://wisatasumatera.com/benteng-kuto-besak-palembang/

Benteng Kuto Besak terletak di tepi Sungai Musi. Benteng ini bukan bangunan biasa, karena benteng ini sudah berumur ratusan tahun. Ketika malam tiba, benteng ini akan ramai dengan aneka kuliner yang lezat termasuk pempek makanan khas Palembang yang dijajakan oleh pedagang pasar malam. Akan lebih asyik lagi jika kalian makan malam di atas kapal restoran terapung dengan pemandangan deretan lampu taman dengan refleksi warna kuning dari permukaan sungai membuat suasanan malam kalian menjadi lebih hangat.

Baca juga : Pakaian Adat Lampung!

Tempat Wisata Air Terjun di Palembang

1. Air Terjun Lematang Indah

Air terjun Lematang Indah

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lematang-indah-curug-eksotik-di-sungai-air-baru

Air Terjun Lematang Indah menjadi salah satu obyek wisata alam andalan di Sumatera Selatan yang memiliki ketinggian 40 meter. Air Terjun ini berlokasi di tepi Kota Pagar Alam, yaitu tepatnya di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam yang membuat tempat wisata ini mudah dijangkau oleh pengunjung. Terdapat tangga yang bisa membantu kalian untuk naik dan turun. Di sebelah tangga tersebut terdapat tempat untuk istirahat dan juga  warung untuk mengisi perut setelah berjalan-jalan. Bagaimana? cocok banget kan untuk kalian yang suka air terjun?

2. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari Palembang

https://inspiratorfreak.com/dari-wisata-alam-sampai-sejarah-ini-rekomendasi-tempat-wisata-di-palembang/

Air Terjun Bidadari ini yang cantik sesuai dengan namanya ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, ditepinya ditumbuhi pohon – pohon rindang yang membetuk goa yang meneduhkan serta ditambah akar -aka pohon yang bergantungan menambah indahnya pemandangan alam disini. Untuk mencapai Air Terjun Bidadari ini, kalian bisa naik kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat. Setelah sampai di Desa Karang, kalian harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melintasi kebun kopi, lalu masuk ke hutan selama 30 menit. Air terjun ini dapat menghipnotis wisatawan yang bekunjung lho sesuai namanya.

3. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-selatan/curup-maung-air-terjun-memukau-sumatera-selatan.html

Air Terjun Maung memiliki tinggi hampir mecapai 80 meter, air terjun ini berada di Kabupaten lahat. Yang paling cantik dan menarik mata dari air terjun ini adalah sepanjang 80 meter aliran air terjun terbagi – bagi oleh dinding jurang dan rumput yang hijau yang menyejukkan mata dan membuatnya berbeda dari air terjun lainnya. Menarik bukan?

Baca Juga : Makanan Khas Manado!

Tempat Wisata Kekinian di Palembang

1. The Amanzi Waterpark Citragrand City

The Amanzi Waterpark Citragrand City

http://palembang.tribunnews.com/2018/11/07/rayakan-ulang-tahun-ke-7-amanzi-waterpark-siapkan-kejutan-seru-bertajuk-funtastic7-treasure-hunt

The Amanzi Waterpark Citragrand City merupakan salah satu tempat wisata baru di palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan tiba yang berlokasi di Jl. Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Terdapat banyak wahana diantaranya adalah Cora Pool, wahana Zimba, The Falls yaitu seluncuran sepanjang 90 meter dan tinggi mencapai 14 meter, dan wahana permainan lain yang dijamin seru dan menyenangkan bagi kalian semua.

2. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang

https://destinasipariwisata.com/sumatera/sumatera-selatan/rekreasi-air-fantasy-island-palembang/

Fantasy Island Palembang merupakan salah satu objek wisata terbaru di Palembang yang berlokasi di Jl Prameswara, Karya Jaya, Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tempat wisata ini menawarkan aneka permainan lengkap dengan harga tiket yang terjangkau. Wahanan yang paling menarik yaitu kolam arus hingga sungai tsunami yang mendebarkan dan menguji adrenalin. Untuk kalian yang ingin membawa balita, jangan khawati, disini juga disediakan kolam khusus balita dengan kedalaman air 50 cm saja.  Pengunjung yang tidak mau bermain air, bisa menikmati permainan gokart ataupun kereta gantung. Sangat seru bukan?

3. Waterpark Danau Tanah Mas

Fantasy Island

https://nyero.id/tempat-wisata-terbaru-di-palembang-yang-sedang-hits/

Waterpark Danau Tanah Mas berlokasi di Tanah Mas, Talang Kelapa, Sukamoro, Talang Ijo, Kabupeten Banyu Asin Palembang, tempat wisata ini pada awalnya dibangun sebagai sarana hiburan saja, namun seiring berjalannya waktu, tempat ini beralih fungsi sebagai tempat wisata. Bahkan bisa dikatakan menjadi tempat wisata yang cukup favorit bagi masyarakat palembang karena disini para wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada, seperti waterpark, taman dinosaurus, dan juga perahu bebek.

Taman Wisata di palembang

1. Taman Pelangi

Taman Pelangi Sriwijaya

http://www.pergiberwisata.com/taman-pelangi-sriwijaya/

Taman Pelangi Sriwijaya dengan luas sekitar 16 hektar ini dibuka untuk umum pada tanggal 28 september 2014. Tempat ini dinamakan taman pelangi karena permainan-permainan yang ada di penuhi pancaran cahaya warna-warni yang menarik mata pada malam hari.

Di taman ini terdapat setidaknya 24 jenis permainan dengan masing-masing harga tiket permaian berkisar antara Rp.5000 s/d Rp.25.000 dan dibuka mulai pukul 17.00 s/d 23.00 wib. Wahana yang sangat diminati oleh masyarakat, yaitu wahana romantic garden yang dihiasi dengan properti-properti yang unik dan penuh warna.

Bagi kalian yang berkunjung ke Palembang, pastikan kalian tidak akan rugi besar dengan meluangkan waktu ke tempat wisata yang satu ini ya.

2. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Punti Kayu

http://dkrbest.blogspot.com/2018/12/punti-kayu-wisata-alam-kota-palembang.html

Hutan Wisata Punti Kayu memiliki luas lahan sekitar 39,9 hektar berlokasi di tengah-tengah Kota Palembang. Mengingat lokasinya yang berada di dalam kota ini, pemerintah Kota Palembang berdasarkan SK Menteri Kehutanan tertanggal 7 Maret 1985 No 57/Kpts-II/1985 meresmikan Hutan Wisata Punti Kayu sebagai hutan wisata yang berfungsi sebagai paru-paru kota. keren ya? lebih keren lagi ketika tahun 2002 Hutan Wisata Punti Kayu ini diperluas fungsinya menjadi hutan konservasi.

Hutan wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, cukup puas untuk berkeliling. Tidak heran jika banyak siswa yang datang untuk belajar, mengenal bahkan meneliti kekayaan flora dan fauna Indonesia disini. Dari kegiatan tersebut diharapkan lebih peduli bahkan ingin untuk terus menjaga dan melestarikan alam Indonesia ini.

Kalian sudah tahu kan tempat wisata apa saja yang terdapat di Palembang, jika kalian ingin berkunjung ke Palembang kalian tidak akan bingung lagi akan pergi kemana saja. Tempat wisata yang ada disini sudah cukup mewakili keindahan Indonesia lho, karena pesona Palembang pesona Indonesia.

 

One Response

  1. ari 16/04/2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.