8 Tempat Wisata di Padang ini Wajib Untuk Anda Kunjungi !

Sending
User Review
5 (3 votes)

Tempat Wisata di PadangPadang Adalah ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat dan kota terbesar di pantai barat  Pulau Sumatera. Kota Padang berbatasan dengan laut dan dikelilingi oleh perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl. Padang merupakan kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa.

Padang menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang mendunia, salah satunya karena bule asal Norwegia, yaitu Audun Kvitland menyanyikan lagu yang berjudul Nasi Padang dan dia bahkan juga mempromosikan Rendang saat pameran wisata Internasional Reiselivmessen 2017 di Telenor Arena, Oslo, Norwegia. Wah Hebat banget ya, kita sebagai orang Indonesia asli bahkan untuk kalian yang berasal dari Padang jangan sampai kalah untuk mmepromosikan kebudayaan Indonesia.

Yuk lihat apa saja sih tempat wisata yang ada di Padang :

  • Tempat Wisara Air Terjun Lubuak Tumpuruang Padang
  • Tempat Wisara Air Terjun Lubuak Hitam Padang
  • Tempat Wisara Air Terjun Sarasah Ulu Gadut
  • Wisata Sejarah Jam Padang
  • Wisata Sejarah Istana Pagaruyung
  • Wisata Pantai Aie Manih Padang
  • Wisata Pantai Padang
  • Wisata Pantai Nirwana Padang

Tempat Wisata Air Terjun di Padang

Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, Padang memiliki ragam budaya yang sangat kental bahkan tetap terjaga hingga saat ini. Tak hanya itu, kota yang terkenal akan Rendang ini ternyata juga menyimpan potensi wisata yang indah nan menakjubkan dan tentunya tempat wisata yang ada di Padang ini Instagramable banget untuk kalian yang suka eksis di media sosial.

1. Air Terjun Lubuak Tumpuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang

https://aet.co.id/pariwisata/berpetualang-ke-air-terjun-lubuak-tampuruang-padang

Air Terjun Labuak Tumpuruang dinamakan seperti ini kolam dibawahnya berbentuk seperti tempurung kelapa. Air terjun ini terletak di Kampung Guo, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang yaitu sekitar 20 km sebelah timur pusat Kota Padang. Untuk kalian yang ingin mengunjungi air terjun ini akses terbilang cukup mudah dan hanya ditempuh sekitar 20 menit.

Di sekitar air terjun ini kalian dapat menikmati panorama alam yang masih asri dan ditambah kolamnya berwarna hijau lumut dengan kedalaman 2-3 meter sehingga air terjun ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan dan musim liburan.

Baca Juga : Wista Kuliner Khas Padang!

2. Air Terjun Lubuak Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam

https://plesirankotatua.blogspot.com/2018/07/air-terjun-lubuk-hitam-padang-sumatera.html

Air Tejun Lubuak Hitam merupakan salah satu tempat wisata di Padang ini berada di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang dan merupakan air terjun tertinggi di Kota Padang, yaitu dengan ketinggian lebih dari 15 meter. Untuk kalian yang ingin mengunjungi air terjun ini akses terbilang cukup mudah dan hanya ditempuh sekitar 30 menit.

Air terjun ini memiliki daya pikat tersendiri, bila kalian beruntung saat mengunjungi air terjun ini kalian dapat melihat pelangi hasil biasan air yang terpapar oleh sinar matahari serta terdapat tiga tingkatan air terjun dengan jarak dan ketinggian berbeda – beda yang menghadap ke Samudera Hindia. Sudah terbayangkan cantiknya air terjun ini.

3. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

http://bellvafom.com/2016/04/30/air-terjun-sarasah-ulu-gaduik/

Air terjun Sarasah Ulu Gadut merupakan salah satu tempat wisata di Padang ini berada di pedalaman hutan Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Untuk kalian yang ingin mengunjungi air terjun ini akses terbilang cukup mudah dan hanya ditempuh sekitar 30 menit.

Keunikkan dari air terjun ini adalah bentuknya seperti kubus yang menumpuk layaknya bangunan piramida yang membuatnya berbeda dengan air terjun lainnya. Bagi kalian pencinta fotografi air terjun ini dapat menjadi pilihan lho untuk lokasi hunting, karena lokasinya instagramable dan landscapenya yang menarik. Apalagi dengan mengunakan atribut cantik dan menarik akan semakin ciamik tentunya.

Baca Juga : Pakaian Adat Sumatera Barat!

Wisata Sejarah di Padang

1. Jam Gadang

Jam Gadang Bukittinggi Padang

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Jam_Gadang_in_2011.jpg

Jam Gadang dengan tinggi 26 meter ini merupakan ikon dari Sumatera Barat ini sebenarnya berada di Kota Bukittinggi tepatnya diTaman Sabai Nan Aluih. Meskipun demikian, Jam Gadang tetap menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Jam Gadang ini didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda atas perintah dari Ratu Wilhelmina dari Belanda dan dibangun oleh arsitek asli Minangkabau, yaitu Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh. Jam ini merupakan hadiah bagi controleur atau Sekretaris Kota Bukittinggi (Fort de Kock) yang menjabat saat itu yakni HR Rookmaaker. Menarik bukan?

2. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung Sumatra Barat

http://www.abouturban.com/2018/03/26/cerita-dibalik-istana-pagaruyung-pusat-pemerintahan-kerajaan-pagaruyung-di-sumatera-barat/

Istana Pagaruyung erupakan tempat wisata di Padang yang memiliki nilai sejarah yang begitu berharga bagi masyarakat Sumatera Barat. Istana Pagaruyung ini merupakan peninggalan sejarah yang dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Minangkabau.

Bentuk Istana ini sangat unik dengan arsitektur khas Minangkabau yang dibangun di Batusangkar. Sebagai salah satu tempat wisata, Istana Pagaruyung memamerkan koleksi barang-barang peninggalan Kerajaan Minangkabau yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Wisata Pantai di Padang

1. Pantai aie Manih

Pantai Air Manis Padang

https://kinciakincia.com/berita/3725-pengunjung-pantai-air-manis-beri-pemasukan-rp225-juta.html

Pantai Aie Manih merupakan tempat wisata di Padang yang penuh dengan cerita moral. Pantai Aie Manih yang dalam bahasa lokal memiliki arti Pantai Air Manis merupakan tempat wisata di Padang yang sangat terkenal, karena di sinilah legenda Malin Kundang berakhir, ia dikutuk menjadi batu karena telah durhaka kepada ibu kandungnya sendiri.

Dapat kita temukan di pantai ini terdapat batu yang menyerupai orang yang sedang bersujud. Masyarakat setempat percaya bahwa batu tersebut merupakan sosok Malin Kundang yang telah durhaka karena tidak mengakui ibunya.

Tentu tak hanya kisah dari Malin Kundang yang membuat pantai ini jadi menarik, tetapi juga panorama pantainya yang memang indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya. Selain itu, ombak pantai yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi wisatawan yang berkunjung.

2. Pantai Padang

Pantai Padang

https://eljohnnews.com/pemprov-sumbar-perkenalkan-slogan-pariwisata-di-hari-pers-nasional/

Pantai Padang merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang mudah dijangkau karena berlokasi di pusat Kota Padang. Masyarakat lokal menyebut pantai ini dengan nama Taplau (Tapi Lauik dalam Bahasa Minang). Selain mudah dijangkau, dari segi biaya juga tegolong ramah untuk kantong karena dengan modal uang 30 ribu Rupiah kalian sudah bisa menikmati suasana di Pantai Padang ini sepuasnya.

Saat weekend tiba biasanya Pantai Padang dijadikan sebagai area landing para pencinta olahraga paralayang. Bagi kalian yang ingin mencoba olahraga ini cukup datang saja ke belakang Hotel Pangeran Kota Padang dan menemui beberapa instruktur . Dengan membayar 400 ribu Rupiah kalian sudah bisa langsung diajak terbang lho.

Keindahan panorama pantai di pusat kota ini memang senantiasa dipadati oleh masyarakat lokal yang ingin menikmati suasana pantai dan melepas lelah dan juga menyegarkan pikiran dipenghujung hari sambil menikmati sunset bersama orang tercinta.

Baca Juga : Tempat Wisata di Palembang!

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana Padang

https://phinemo.com/rekomendasi-tempat-wisata-padang-yang-mendunia/22581839_2083390858548755_1171684322642493440_n/

Pantai Nirwana merupakan tempat wisata di Padang berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur atau sekitar 14 km dari Kota Padang bagian selatan. Hamparan pasir putih yang bersih menjadi suguhan utama dari Pantai Nirwana yang merupakan incaran para pecinta Fotografi, ditambah lagi oleh ombak yang tenang,bebatuan koral saat air laut surut, serta  jejeran kapal-kapal yang akan merapat ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Jika kalian berkunjung sore hari, kalian akan berkesempatan untuk menikmati sunset bersama orang tercinta yang kemudian diikuti dengan pemandangan sorot lampu dari mercusuar di pelabuhan Teluk Bayur. Pantai ini bisa menjadi pilihan wisata romantis bersama pasangan lho.

Jika kalian ingin mengunjungi Sumatera Barat khusunya kota Padang jangan lupa mengunjungi tempat – tempat diatas ya, tapi selalu ingat untuk menjaganya agar alam tetap lestari. Jika bukan kita siapa lagi yang akan menjaga alam dan menunjukkan keindahan Indonesia kepada dunia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.