14 Tempat Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya Gratis & Instagramable

| | ,

Tempat Wisata Di Makassar– Hi sobat Borcha, kota Makassar adalah salah satu kota metropolitan jika di lihat dari segi pembangunan dan infrastukturnya, kota ini adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dan juga kota yang multi kultur. Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini mempunyai berbagai tempat wisata yang bisa di jadikan pilihan ketika mengunjunginya.

  • Tempat Wisata Populer Pantai Losari Makassar
  • Pantai Samalona
  • Tempat Wisata Populer Pelabuhan Paotere
  • Fort Rotterdam / Benteng Ujung Pandang
  • Trans Studio Makassar
  • Gowa Discovery Park
  • Museum Balla Lompoa
  • Air Terjun Danggang Sapaya
  • Malino Highland
  • Hutan Pinus Bissoloro
  • Wisata Alam Taman Nasional Bantimurung
  • Wisata Alam Rammang-rammang / Karst Maros
  • Puncak Makkaroewa
  • Taman Leang-Leang

Tempat Wisata Di Makassar Paling Populer

Selain terkenal dengan sejarahnya, Kota Makassar memiliki banyak sekali tempat wisatanya loh, sobat borneo channel. Borneo channel akan memberikan rekomendasi tempat wisata untuk sobat borneo channel kunjungi, tempat-tempat berikut ini adalah potensi wisata Kota Makassar yang merupakan kebanggaan orang makassar.

1. Pantai Losari

anekatempatwisata.com

Wisata pantai Sulawesi Selatan ini dulunya pernah di nobatkan sebagai pantai yang mempunyai meja terpanjang di Indonesia. Keistimewaan dari pantai ini yaitu sobat borneo channel tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi kawasan Pantai Losari.

Lokasi pantai ini juga tidak terlalu jauh dari Bandara Hasanuddin, jika di tempuh dengan kendaraan pribadi atau umum yaitu sekitar 45 menit. Kalau dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, waktu yang di tempuh sekitar 15 menit.

2. Pulau Samalona

panduanwisata.id

Kota Makassar selain memiliki destinasi wisata pantai yang cantik, juga memiliki beberapa wisata pulau. Dari beberapa pulau tersebut, pulau samalona adalah destinasi pulau paling favorit di Kota Makassar.

Pulau Samalona yang letaknya dua kilometer dari Pantai Losari ini memiliki laut biru yang jernih dengan hamparan pasir putih, pastinya sobat borneo channel akan betah mengunjunginya. Pulau keren ini merupakan salah satu lokasi hunting di Makassar. Karena memiliki banyak spot foto.

Baca juga: Tempat Wisata Bersejarah di Palembang 

3. Pelabuhan Paotere

aslibugismakassar.blogspot.com

Warisan dari Kerajaan Gowa-Tallo pada abad ke 14 ini adalah salah satu pelabuhan tertua di Indonesia. Jaraknya hanya 5 km dari Kota Makassar.

Pelabuhan ini sekarang telah menjadi tempat wisata loh, sobat bisa melihat deretan kapal Phinisi dan Lambo serta menyaksikan sunset.

Terdapat juga beberapa restoran-restoran seafood di sekitaran pelabuhan kalau sobat borneo channel mau menikmati olahan ikan segar.

4. Fort Rotterdam/Benteng Ujung Pandang

flickr.com

Benteng peninggalan Raja Gowa IX ini dulunya di serahkan kepada Belanda saat penandatanganan perjanjian Bungayya. Sejak itulah namanya berubah dari Ujung Pandang menjadi Fort Rotterdam.

Saat ini benteng Fort Rotterdam telah menjadi museum yang berisi koleksi benda-benda bersejarah dan suasana di dalamnya hening.

Orang Gowa-Makassar menamai benteng ini dengan panggilan Benteng Panyyua, yang artinya benteng penyu karena bentuknya seperti penyu yang mengarah ke lautan jika di lihat dari udara.

5. Trans Studio Makassar

panduanwisata.id

Trans Studio Makassar merupakan tempat bermain indoor terbesar ke dua di Indonesia, setelah Trans Studio Makassar.

Tempat ini memiliki properti seluas 2.7 hektar dan memiliki 22 sarana permainan yang terdapat di dalam empat kawasan dengan tema yang unik.

Jaraknya hanya 15 menit dari pusat kota Makassar, tepatnya di Tanjung Bunga Makassar.

Baca juga: Wisata Air Terjun di Banyuwangi

Tempat Wisata di Gowa Paling Populer

Kabupaten Gowa merupakan tempat lahirnya salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Sulawesi Selatan yang bernama Sultan Hasanuddin. Kabupaten Gowa selain menjadi pemasok kebutuhan dasar untuk Kota Makassar, juga memiliki beberapa kawasan wisata. Berikut adalah tempat wisata di Gowa paling populer.

1. Gowa Discovery Park

travelspromo.com

Gowa Discovery Park merupakan kombinasi wisata air dan taman burung. Ada Waterboom dan kolam sliding di dalamnya.

Selain kolam berenang dan fasilitas wisata air lainnya, ada juga Taman Burung yang mempunyai koleksi 18 jenis unggas dari bermacam daerah.

Keuntungngan lainnya adalah harga tiket yang pas di dompet, yaitu seharga 55.000 rupiah di hari biasa dan 65.000 rupiah di akhir pekan. Dengan harga sedemikian sobat bisa menikmati 2 wahana sekaligus.

2. Museum Balla Lompoa

wikimedia.org

Museum ini merupakan rekonstruksi istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada pemerintahan Raja Gowa ke 31 pada tahun 1936.

Arti dari Balla Lompoa dalam bahasa bugis yaitu rumah besar. Bangunan ini terbuat dari kayu ulin dan berbentuk rumah panggung khas Bugis.

Museum Balla Lompoa berfungsi sebagai tempat penyimpanan koleksi benda-benda Kerajaan Gowa, dan benda-benda tersebut dipajang di setiap ruangan pada bangunan museum.

3. Air Terjun Danggang Sapaya

kicauhariini.com

Gowa memiliki beberapa wisata air terjun, namun air terjun yang menjadi primadona saat ini adalah Air Terjun Danggang Sapaya, karena air terjun ini masih jarang terekspos oleh orang banyak.

Keunikan dari air terjun ini yaitu, air terjun ini tampak seperti mengabungkan dua air terjun menjadi satu.

Jarak yang ditempuh juga cukup jauh dan mesti dilanjutkan dengan jalan kaki, Tetapi rasa lelah akan tergantikan dengan asrinya pemandangan dari air terjun ini.

4. Malino Highland

ksmtour.com

Dulunya tempat ini merupakan lahan perkebunan teh dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Malino higland memiliki pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi di antara lembah dan bukit.

Untuk memasuki kawasan ini dibutuhkan biaya sebesar 50.000 rupiah bagi dewasa dan 25.000 rupiah bagi anak-anak. Di tempat ini juga disedikan villa bagi yang ingin menginap. Jika cuaca sedang hujan, suhu disini bisa sangat dingin hingga turun menjadi 10 derajat celsius

5. Hutan Pinus Bissoloro

travelingyuk.com

Hutan yang asri membuat hutan pinus bissoloro menjadi tempat kemping yang asyik. Banyak yang bilang kalau hutan pinus disini mirip seperti hutan pinus di film-film.

Dari sini sobat bisa melihat pemandangan Kota Makassar dan Kota Sungguminasa, apalagi di saat malam, hamparan cahaya dari kota tersebut akan terlihat sangat indah. Banyak tempat atau spot foto-foto disini, apalagi di saat sunset.

Baca juga: Tempat Wisata di Cirebon yang super keren

Tempat Wisata Di Maros Terpopuler

Maros adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, letaknya berdekatan dengan Kota Makassar. Disini terdapat tempat-tempat bersejarah dan bukti manusia purba dari zaman Megalitikum yang ditemukan di gua-gua. Berikut adalah tempat wisata di Maros paling favorit.

1. Taman Nasional Bantimurung

cloudfront.net

Taman Nasional Bantimurung adalah rumah bagi bermacam-macam spesies kupu-kupu. Taman ini memiliki lebih dari 100 spesies kupu-kupu yang 20 diantaranya adalah kupu-kupu yang dilindungi pemerintah.

Selain koleksi spesies kupu-kupu, ada juga gua stalagmit dan stalagtit yang menawan. Yang kerennya lagi, disini juga terdapat air terjun, yaitu air terjun bantimurung setinggi 15 meter.

2. Rammang-rammang/Karst Maros

Di rammang-rammang ada pegunungan kapur atau biasa disebut Karst terbesar ketiga di dunia, setelah cina selatan dan vietnam.

Rammang-rammang sendiri dalam bahasa Makassar artinya sekumpulan awan atau kabut, karena di sini selalu berkabut di pagi hari bahkan di musim apa pun.

Rammang juga memilikit beberapa tempat wisata seperti Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Telaga Bidadari, dan Kampung Berua.

3. Puncak Makkaroewa

Puncak Makkaroewa adalah tempat wisata bernuansa pegunungan. Disini juga terdapat spot untuk berfoto hasil kreatifitas pemuda labuaja, seperti sangkar burung, rumah-rumahan,dan beberapa papan slogan menarik.

Akses untuk menuju tempat ini sudah bagus dan juga tersedia lahan parkir. Harga tiketnya sekitar 5000 rupiah saja untuk sekali masuk loh, sobat borneo channel.

4. Taman Leang-Leang

Leang dalam bahasa Makassar artinya “Goa”. Taman leang-leang adalah goa prasejarah yang dulunya dihuni oleh manusia purba.

Menurut dokumentasi gambar-gambar yang ditinggalkan oleh manusia purba itu bertujuan untuk ritual keagamaan dan membuktikan eksitensi mereka disitu.

Selain lokasi bersejarah, taman leang-leang juga mempunyai pemandangan alam yang indah. Sobat juga bisa melakukan kegiatan outbound.

Lokasi taman ini hanya berjarak kurang lebih 9 kilometer dari taman nasional bantimurung.

Itulah tempat-tempat wisata paling populer di Makassar dan sekitarnya. Dari semua tempat wisata tersebut, mana yang sobat borneo channel ingin kunjungi?

Previous

8 Tempat Wisata di Padang ini Wajib Untuk Anda Kunjungi !

18 Daftar Tempat Wisata Di Bali Yang Super Hits & Instagramable

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.