7 Pesona Tempat Wisata Di Cirebon Yang Super Keren

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tempat Wisata di Cirebon-Cirebon merupakan kota yang terkenal dengan Mangga Gedong Gincu. Penamaan kota Cirebon  ini disebabkan  karena adanya  perpaduan pada  para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya seperti Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab), agama, bahasa, dan adat istiadat. Banyak aliyang tak mengetahui bahwa Cirebon ini juga mempunya destinasi wisata yang cantik dan kental dengan adat-istiadat, mau tau ada apa saja ?Baca sampai habis ya.

  • Tempat Wisata Cirebon Gedung B.A.T (Gedung Belanda)
  • Keraton Kasepuhan Cirebon
  • Keraton Kanoman Cirebon
  • Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
  • Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon
  • Sentra Batik Trusmi (Pusat Oleh-Oleh Cirebon)
  • Taman Wisata Sari Goa Sunyaragi Cirebon

Berikut Penjelasannya;

Baca Juga: 15 Daftar Destinasi Wisata Garut yang Kekinian

1. Tempat Wisata Cirebon Gedung B.A.T (Gedung Tua Belanda)

Gedung B.A.T Cirebon
http://photozaenuriarif.blogspot.com/2012/10/british-american-tobacco.html

Gedung BAT (British American Tobaccos) yang terletak di Jalan Pasuketan, Lemahwungkuk, Cirebon-Jawa Barat ini merupakan satu dari beberapa gedung peninggalan jaman Belanda yang sekarang gedung cantik ini beralih fungsi menjadi pabrik rokok di Cirebon. Pada saat malam hari, di depan gedung ini kalian akan menemukan banyak wisata kuliner yang menggoda. Sayangnya gedung ini tidak dibuka untuk umum jadi hanya bisa melihat dan menikmati keindahan arsitektur dan bangunannya.

2. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/keraton-kasepuhan-cirebon/

Keraton Kasepuhan Cirebon berlokasi di Jalan Kasepuhan No. 43, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon-Jawa Barat buka pada pukul 08.00-18.00 malam. Keraton ini merupakan museum pusaka yang ada di Cirebon sekaligus istana megah kesultanan Kasepuhan yang dibangun pada tahun 1447. Keraton ini banyak menyimpan benda-benda pada jaman kerajaan, dari alat musik jaman dulu sampai alat untuk berperang. Suasana yang erat kaitannya dengan kesakralan masih melekat kuat di Keraton ini Bornean. Mau foto-foto di sini? tentu boleh, tapi tetaplah harus beretika dan attitude yang baik ya.

3. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon
http://wardhanahendra.blogspot.com/2014/06/keraton-kanoman-dan-kharisma-kasultanan.html

Keraton yang satu ini tak begitu jauh dari Keraton Kasepuhan Cirebon bornean, lokasinya di Jalan Kanoman No. 40, Lemahwunguk, Cirebon-Jawa Barat buka pada pukul 09.00-17.00 sore. Keraton ini berdiri pada tahun 1510 oleh Sultan Kanoman I keturunan ke-7 Sunan Gunung jati/Syarief Hidayatullah. Keraton ini ya bornean kental dengan cerita sejarah serta kesultanan pada peradaban Cirebon. Di sini juga terdapat peninggalan-peninggalan sejarah, peralatan rumah tangga, senjata-senjata keraton dan kereta milik keraton.

Hal yang menarik dari Keraton Kanoman Cirebon adalah adanya piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding keraton. Tak hanya di keraton, ternyata piring-piring keramik ini juga menyebar hampir di seluruh situs bersejarah di Cirebon. Dan yang tidak kalah penting dari Keraton  di halamannya biasa ada patung macan sebagai lambang dari Prabu Siliwangi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Palembang

4. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
https://koperbunda.com/seaview-cottage-cirebon-waterland/fpimg-20170122-wa0028/

Nah Bornean Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini salah satu destinasi wisata Cirebon yang selalu ramai pengunjung. Bukan berarti yang lainnya juga tak dikunjungi, hanya di Ade Irma Suryani ini ya spot yang sangat cocok untuk dihabiskan dengan keluarga serta orang tercinta. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso, No. 1, Lemahwungkuk, Cirebon-Jawa Barat buka pada pukul 07.00-21.00 malam.

Di sini banyak sekali spot permainan anak-anak, serta spot selfie yang keren. Posisinya yang berada dekat pantai membuat tempat wisata ini selalu ramai akan pengunjung.

5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
https://www.nias-bangkit.com/olahraga/berikut-ini-6-masjid-bersejarah-di-indonesia-paling-tersohor/attachment/masjid-agung-cirebon/

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini berlokasi di Jalan Jagasatu, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon-Jawa Barat. Masjid ini bornean 1 komplek dengan Keraton Kasepuhan Cirebon. Masjid ini juga memiliki nilai sejarah semasa Wali Songo yang menyebarkan islam di Tanah Jawa. Berikutnya bisa dilihat masjid ini sangat unik dengan desain dan ukiran oriental khas Jawa sekaligus Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid tertua yang ada di Cirebon.

Kekhasan yang bisa ditemui dari Masjid ini selain dari bentuk arsitekturnya Masjid ini pada bagian atapnya tidak memiliki puncak atap sebagaimana yang masjid lainnya yang ditemui pada atap masjid-masjid di Pulau Jawa.

6. Sentra Batik Trusmi (Pusat Oleh-Oleh Cirebon)

Sentra Batik Trusmi Cirebon
https://www.shopback.co.id/blog/berkunjung-ke-pusat-sentra-batik-trusmi-cirebon-bikin-ketagihan

Sentra Batik Trusmi merupakan pusat batik sekaligus oleh-oleh Cirebon yang terkenal loh Bornean. Kalian  bisa mendapatkan ragam batik Cirebon disini. Batik Trusmi adalah salah satu gerai batik terbesar di Kampung Trusmi. Lokasinya di Jalan Trusmi Kulon No. 148 Plered, Cirebon.

Selain baju batik, kalian juga  bisa berbelanja pernak pernik yang masih bernuansa batik, seperti dompet, gelang, kalung, gelas, dan berbagai riasan lucu dan imut. Harga yang diberikan sangat bervariasi, baju batik anak mulai Rp 20.000 hingga jutaan rupiah untuk kain batik tulis juga tersedia di sini. Mencari oleh-oleh lain selain batik di sini juga ada kok Bornean, kalian bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh kuliner di Sentra Batik Trusmi ini.

Baca Juga:Tempat Wisata Di Makassar

7. Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Goa Sunyarangi
http://arachelyserena.blogspot.com/2014/05/taman-sari-gua-sunyaragi.html

Taman Goa Sunyaragi merupakan salah satu cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektar berlokasi di Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Konstruksi sekaligus komposisi dari bangunan ini terdapat sebuah taman air. Karena itu Goa Sunyaragi disebut taman sari goa Sunyaragi.

Selain itu di goa ini juga banyak terdapat air terjun buatan sebagai penghias, dan hiasan taman Bornean. Kalian bisa menyaksikan sendiri seperti Gajah, patung wanita Perawan Sunti, dan Patung Garuda. Unik ya ?

Gimana ? Keren dan unik kan ya, Ternyata di Cirebon juga punya destinasi wisata cantik, selain berwisata, selain refreshing tentu akan bertambah referensi dan wawasan mengunjungi situs sejarah seperti di Cirebon

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.