11 Daftar Aksesoris dan Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Pakaian Adat Sulawesi Selatan – Howdy sobat Borcha, Indonesia tak henti-hentinya memberikan kejutan berupa pesona akan kekayaan alam dan budayanya, tak terkecuali provinsi yang satu ini.

Provinsi yang ber-ibukotakan kota Angin Mamiri atau Kota Makassar ini, selain memiliki keindahan alam yang mempesona seperti Air Terjun Le’ang Pa’niki.

Nah, di Artikel kita kali ini borneochannel.com bakal ngasi kamu ilmu lagi nih tentang keunikan pakaian adat sulawesi selatan. Yuk! kita intip semenarik apa sih pakaian adat dari provinsi yang satu ini?

  • Baju Adat Bodo Sulawesi Selatan
  • Pakaian Adat Bella Dada Sulawesi Selatan
  • Jas Tutu
  • Pattuqduq Towaine Sulawesi Selatan
  • Seppa Talung Buku
  • Baju Labbu
  • Aksesoris Pakaian
  • Gelang Pont Naga
  • Keris Passatimpo
  • Passapu Ambara
  • Aksesoris Rambut

Berikut penjelasan lebih detail mengenai pakaian adat Sulawesi Selatan dan aksesorisnya yang sangat unik!

[toc]

Baca juga: Pakaian adat Sumatra Utara

Pakaian Adat dari Sulawesi Selatan

1. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo

keunikan pakaian adat sulawesi selatan kelas 4
(gpswisataindonesia.wordpress.com) Gambar pakaian adat Sulawesi Selatan – baju bodo

Pakaian adat perempuan makassar yang sudah menjadi ikon pakaian adat sulawesi selatan ini, Baju Bodo atau Baju Bodo Gesung karena mempunyai bentuk menggelembung di bagian punggung baju. Baju ini tidak memiliki lengan dan jahitan di lubang leher. Jahitan yang ada hanya digunakan untuk menyatukan sisi kiri dan sisi kanan kain.

Keunikan dari pakaian adat Sulawesi Selatan ini adalah pada bawahan untuk melengkapi baju bodo adalah sarung bermotif kotak-kotak dengan cara di gulung atau di pegang menggunakan tangan kiri pemakainya. Sebagai pelengkap untuk mempermanis tampilan busana, aneka aksesoris cantik seperti gelang, kalung, kepingan logam, bando emas, dan cincin akan di gunakan oleh pemakainya.

Pada zaman dahulu menurut adat suku Bugis warna baju bodo menunjukkan usia dan martabat pemakainya, serta hanya di kenakan dalam upacara-upacara adat seperti pernikahan. Sedangkan sekarang baju bodo jauh lebih fleksibel dari segi pemilihan warna hingga acara untuk di kenakan.

2. Bella Dada

keunikan pakaian adat sulawesi selatan adalah
(orangjambibos.blogspot.com) Bella Dada

Baju bella dada adalah baju model jas tutup dengan lengan panjang dan kerah serta kancing perekat yang di kenakan oleh kaum pria. Baju yang di lengkapi dengan saku kiri dan kanan biasa di kenakan bersama paroci (celana), passapu (tutup kepala seperti peci), dan lippa garusuk (sarung).

Kain untuk membuat pakaian bella dada lebih tebal di bandingkan kain muslim untuk baju bodo seperti lippa sabbe atau lippa garusuk.

Baca juga: Pakaian Adat Sumatera Utara, Gambar dan Penjelasan

3. Jas Tutup

sulawesi selatan pakaian adat
(epicphotocompany.wordpress.com) Jas Tutup

Nah, kalau pakaian adat wanita di sebut dengan baju Bodo, maka pakaian adat yang di kenakan oleh kaum pria di sebut dengan Jas Tutup. Dakam mengenaikan pakaian adat ini, juga mengenakan pasangannya celana atau Paroci, kain sarung atau lipa garusuk, dan tutup kepala berupa songkok.

Sekilas bentuknya, Jas Tutup bentuknya lengan panjang, leher berkerah serta dengan kancing yang terbuat dari sepuhan emas atau perak dan di pasang pada leher baju. Sementara, kain Lipa Sabbe atau Lipa Garusuk tampak polos tetapi berwarna mencolok, seperti merah dan hijau.

4. Pattuqduq Towaine

pakaian adat daerah sulawesi selatan
(kacomandar.blogspot.com) Pattuqduq Towaine

Jika perempuan makassar punya baju bodo maka perempuan mandar juga punya busana yang tak kalah cantiknya yaitu Pattuqdu Towaine.

Busana Patuqduq terdiri dari kombinasi baju rawang boko, lipaq saqbe mandar, lipaq aqdi dirrate, lipaq aqdi dirrate duattodong, serta aksesoris yang menghiasi kepala, badan, dan tangan si pemakai yang khas dengan adat Mandar.

Nah, kalau tadi kita udah bahas pakaian adat buat perempuan mandar, sekarang kita bahas busana adat pria mandar ya! Untuk pria mandar pakaian adat yang digunakan berupa jas tutup dari bahan sutera bercorak bebas dengan warna hitam atau warna-warna cerah.

5. Pakaian Adat Toraja Sulawesi Selatan – Seppa Talung Buku

pakaian adat yang berasal dari provinsi sulawesi selatan adalah
(qlapa.com) Seppa Talung Buku

Pakaian adat yang satu ini pernah menjadi sorotan pemberitaan di media lho! Buat kamu yang belum tau, Seppa Talung Buku ini pernah diikutsertakan dalam event Manhunt International tahun 2011 di Korea Selatan. Busana yang digunakan dalam event ini merupakan modifikasi dari Seppa Talung Buku yang dimodifikasi dengan tambahan sayap dan tanduk yang menunjukkan kebesaran dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Seppa Talung Buku sendiri merupakan pakaian khas dari suku Toraja Sulawesi Selatan. Busana ini merupakan pakaian adat laki-laki dengan panjang hingga selutut. Baju adat ini sering digunakan dengan tambahan aksesoris pelengkap seperti gayang, lipa’ kandaure, dan beberapa aksesoris menarik lainnya yang memperindah tampilan si pemakai.

Baca juga: Pakaian Adat Kalimantan Selatan

6. Baju Labbu

pakaian adat provinsi sulawesi selatan
(tokopedia.com) Laju Babbu

Pakaian adat tradisional dari Sulawesi Selatan yang satu ini merupakan versi lengan panjang dari Baju Bodo khas Makassar. Pakaian ini merupakan baju kurung dengan lengan panjang dan ketat pada bagian siku hingga pergelangan tangan.

Bahan dasar yang sering digunakan  untuk membuat baju labbu adalah kain sutera tipis, dengan warna tua dan motif bunga-bunga.

Baca juga: Pakaian Adat Yogyakarta Tradisional & Modern

Aksesoris pakaian Adat Sulawesi Selatan

1. Gelang Ponto Naga

pakaian adat tradisional sulawesi selatan
(bukalapak.com) Gelang Ponto Naga

Aksesoris pertama yang biasa menghiasi tubuh pemakai pakain adat Sulawesi Selatan adalah gelang Ponto Naga. Ponto Naga merupakan gelang yang terbuat dari emas dengan motif naga yang khas.

2. Keris Passatimpo

pakaian adat tradisional daerah sulawesi selatan
(blanja.com) Keris Passatimpo

Tak hanya perhiasan emas yang bisa melekat pada tubuh pemakai pakaian adat Sulawesi Selatan, ternyata senjata emas juga bisa. Seperti senjata yang satu ini, Passatimpo atau Tatarapeng merupakan keris dengan kepala dan sarung yang terbuat dari emas sehingga nampak indah dan mewah.

3. Aksesoris Rambut

penjelasan pakaian adat sulawesi selatan
(hipwee.com) Aksesoris rambut pengantin

Saat melihat pengantin yang mengenakan baju adat Makassar seperti Baju Bodo atau Baju Labbu ada satu hal yang sangat menarik, yakni tatanan rambut pengantinnya. Rambut sang pengantin disanggul berdiri tegak dibelakang kepala atau lebih dikenal dengan istilah Simpolong Teppong.

Tak hanya itu aksesoris berupa pinang goyang serta bunga simpolong yang tersusun rapi di sisi kiri dan kanan. Serta pemakaian mahkota atau bando (saloko) sebagai lambang keagungan Merak yang menawan, semakin menambah kemeriahan dari tata rias rambut pengantin.

Gimana menurut kalian cantik-kan pakaian adat asal Sulawesi Selatan tadi ? Pastinya keren dan kece banget kan? Sampai bisa bikin kamu jadi pengen punya semua baju-baju itu buat dijadiin koleksi. Okee, sampai disini dulu ya artikel kita kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang kekayaan indonesia. See you . . . .

2 thoughts on “11 Daftar Aksesoris dan Pakaian Adat Sulawesi Selatan”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.