[Terupdate] 15 Daftar Tempat Wisata di Garut Kekinian, Peta Wisata Garut

Wisata di Kota Garut – Mendengar kata Garut pasti yang terlintas dipikiran kalian dodol garut bukan?Kota Garut ini memang terkenal dengan dodol garutnya yang melegenda dan super enak. Garut memiliki luas wilayah sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²). Selain mampir di Garut untuk wisata Kuliner kalian juga bisa nih mengunjungi beberapa tempat yang menyuguhkan keindahan tempat dan pesona yang ada di Garut. Garut ini sebagian wilayahnya berupa pegunungan tetapi di bagian selatan kebanyakan pantai. Penasaran dengan hal apa yang bisa kalian temukan di Garut ? Yuk simak sampai habis.

Apa Saja Tempat Wisata di Garut?

  • Tempat Wisata di Garut – Gunung Cikuray
  • Gunung Papandayan
  • Hutan Mati Gunung Papandayan
  • Pondok Saladah
  • Talaga Bodas (Kawah Putih Vulkanik)
  • Leuwi Tonjong (Aliran Sungai yang unik)
  • Leuwi Jurig (Sungai Setan)
  • Curug Cibadak (Air Terjun Besar)
  • Curug Sanghyang Taraje (Air Terjun Terhits Garut)
  • Pantai Santolo (Terkenal di Garut)
  • Pantai Sayang Heulang
  • Pantai Puncak Guha
  • Tempat Wisata di Garut untuk Anak – Pantai Taman Manalusu (Pantai Berlumut)
  • Tempat Wisata di Garut untuk Keluarga – Lapangan Golf Ngamplang
  • Kebun Mawar Situhapa (Penginapan & Resort)

Berikut Penjelasan detailnya;

Baca Juga :Tempat Wisata di Palembang

Destinasi Tempat Wisata Alam Garut

Nah jadi di Garut ini ada banyak banget spot-spot cantik dan keren untuk dikunjungi yang saat ini tengah hits dan untuk pecinta alam wajib mengunjungi spot-spot di bawah ini, diklasifikasikan lagi jadi sebagai berikut;

1.Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
https://www.cikasur.com/2018/04/jalur-pendakian-gunung-cikuray-yang-ramah-bagi-pemula.html

Gunung Cikuray berlokasi di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Wisata Garut ini tidak memiliki kawah yang aktif bornean, perlu diketahui ini bornean gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat. Nantinya kalian yang mendaki disini akan menemukan 6 pos dan sebaiknya jangan memasang tenda di puncak. Loh kenapa? bukannya di puncak lebih asik dan enak view nya, terus ngapain mendaki tinggi-tinggi?

Jadi begini Bornean, di paling atas itu kalian tidak akan menemukan pohon untuk menjadi penghubung tenda kalian. Di paling atas hanya ada 1 pos yang hanya bisa menampung 1 tenda, selain itu resiko keamanan juga menjadi alasan tersendiri mengapa sebaiknya tidak memasang tenda di puncak gunung cikuray. Kalian cukup naik di atas puncak dan bisa turun ke pos 6 kembali Bornean.

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
http://www.asliindonesia.net/keindahan-dan-panorama-gunung-papandayan/
Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisarupan wilayah Garut menjadi salah satu obyek menarik yang digemari pecinta alam. Gunung Papandayan ini memiliki kawah aktif tetapi gunung ini juga menyajikan mata air panas yang menyehatkan yang berada di puncaknya. Pendakian di gunung papandayan ini tergolong mudah untuk didaki. Pesona Edelweis di Pondok Saladah  dan Hutan Mati yang begitu memikat mampu menarik para wisatawan untuk mengunjungi gunung Papandayan Garut yang pernah meletus di tahun 1772 dan meninggalkan bekas dan sejarah yang masih bisa dilihat di kawasan Hutan Mati Papandayan.

3. Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Papandayan
https://www.instagram.com/p/Bll7QTShQMK/jhe_ridzwan17

Tempat wisata Garut ini selalu menjadi destinasi yang tak pernah ditinggalkan oleh wisatawan ketika berlibur di kota terkenal produksi dodol nya.  Lokasi wisata ini bersebelahan dengan camping ground area dari Pondok Saladah, tepat di bawahnya ini  terdapat kawah yang menyuguhkan air mengalir tidak pernah berhenti.

Pemandangan yang eksotis dengan pohon-pohon kering tanpa daun dan pohon-pohon yang ikut menghitam karena peristiwa ratusan tahun yang lalu, tetapi tetap tidak meninggalkan aksen pesonanya Bornean. Pesona kesuraman yang disajikan menjadikan tempat ini salah satu tempat wisata di garut yang tak pernah terlewatkan.

4.Pondok Saladah 

Pondok Saladah Papandayan
https://www.instagram.com/p/BrO_cdWFzLm/olinvn

Pondok Saladah berlokasidimana para pendaki Gunung Papandayan biasa mendirikan tenda untuk beristirahat melepas penat dan merasakan sensasi bermalam ditengah hutan Pohon Cantigi.

Pondok Saladah ini Area  bisa menampung hingga ratusan tenda para pendaki Gunung Papandayan dikarenakan luasnya area tanah di Pondok Saladah ini.  Nah yang uniknya ini Bornean  dari Pondok Saladah ini yaitu kalian juga bisa melihat bunga Edelweis yang cantik disekitar kawasan Pondok Saladah, namun jangan coba-coba untuk memetik apalagi merusaknya karena selain menjaga eksistensi bukankah pecinta alam harus mencintai alamnya sendiri kan?

5.Talaga Bodas (Kawah Vulkanik)

Talaga Bodas
https://www.instagram.com/p/BmxN_HVhAO4/_kopites_man

Talaga Bodas ini berlokasi di Jalan Talaga Bodas, Wanaraja, Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja. Kawah cantik yang satu ini walaupun aktivitas vulkanik masih aktif tapi nggak berbahaya kok Bornean. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk karena gunung talaga bodas ini masih rimbun sekaligus berbatasan dengan hutan belantara.

Jika ingin melepaskan kepenatan dengan berendam sejenak di dekat talaga bodas tersedia penginapan sekaligus pemandian air panas, sambil melepas penat bisa juga menikmati pemandangan dari Talaga Bodas ini.

6.Leuwi Tonjong (Aliran Sungai Yang Unik)

Leuwi Tonjong

http://kesiniaja.com/wisata-indonesia/menikmati-kemolekan-alam-garut-di-leuwi-tonjong/Wisata Garut Leuwi Tonjong berlokasi di Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut-Jawa Barat. Leuwi itu Bornean berasal dari bahasa Sunda yang berarti sungai, uniknya sungai ini daripada sungai yang lainnya itu dari 2 bukit batu yang sangat tinggi dengan ketinggian mencapai 90-120 meter. Akses jalan yang lumayan susah tapi akan terbayar dengan pemandangan yang memanjakan mata. Jalan yang mudah diakses tetapi untuk sampai ke sana perlu berjalan kaki karena terdapat pijakan tangga serta pegangannya sebagai pengaman ketika mendaki tangga.

Kelihatannya sungai ini dalam ya Bornean, tapi kalau sudah sampai ke sana sebenarnya sungai ini nggak dalam bornean, bener-bener dangkal tapi karna pemandangan tebing yang begitu tinggi sehingga menimbulkan aksen seperti leuwi tonjong ini memiliki kedalaman yang tinggi.

7.Leuwi Jurig (Sungai Setan)

Leuwi Jurig
https://www.instagram.com/p/Brq1hnIlnRZ/hellojabar

Leuwi Jurig berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut-Jawa Barat. Dibalik penamaanya yang seram terpampang nyata wisata yang memanjakan mata. Di Leuwi Jurig kalian bisa melihat air yang super jernih  berada di antara batu-batuan raksasa.

Jika kalian tertarik berkunjung ke Leuwi Jurig ini kalian bisa bertanya kepada warung-warung yang berada tak jauh dari lokasi, karena tak diberi Plang yang bertuliska Leuwi Jurig. Kedalaman airnya mencapai 2-10 meter jadi kalian yang ingin berenang di sini jangan langsung melompat ke kedalaman 10 meter ya. Should be carefully and safety.

Baca Juga:7 Daftar Tempat Wisata Cirebon Yang Super-Keren

6.Curug Cibadak (Air Terjun Besar)

Curug Cibadak
https://www.instagram.com/p/BbriYiMFdl8/exploredolan.id

Curug Cibadak berlokasi di Desa Cisangkal, Kecamatan Churip, Kabupaten Garut, Jawa Barat (daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota). Curug Cibadak berasal dari bahasa Sunda Cibadak dari awal kata Badag (Air besar). Penamaan Curug ini bukanlah tanpa alasan karena memang debit air yang dihasilkan sangatlah banyak dan deras. Tinggi tebing yang mencapai 100 meter.

Air yang sangat jernih, membuat siapapun yang melihat tak tahan menahan godaan untuk mandi di Curug Cibadak ini. Namun kembali lagi pada rumus awal bornean Should be carefully and safely karena saat musim hujan debit airnya semakin deras. Walaupun hujan deras uniknya destinasi wisata garut yang satu ini tetap bewarna jernih.

7.Curug Sanghyang Taraje (Air Terjun Terhits Garut)

Curug Sanghyang Taraje
https://www.instagram.com/p/BkZ137ZFzPJ/exploredolan.id

Curug ini berada di kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut-Jawa Barat dengan jarak yang tak jauh di dekat hutan sekaligus mudah diakses. Kalian yang menyukai pemandangan air terjun yang sejuk ini akan merasakan sejuknya udara disekitar Curug Sanghyang Taraje karena air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang sangat memukau.

Jika kalian ingin merasakan sensasi segarnya air terjun ini Bornean, ingat safety karena bisa dilihat air terjun di Garut yang satu ini memiliki debit air yang lumayan deras sehingga harus berhati-hati ketika mau melepaskan penat di sini.

Baca Juga:Daftar Makanan Khas Banten dan Keterangannya yang Wajib di Coba

Destinasi Tempat Wisata Pantai Garut

Selain destinasi wisata alam, kalian yang ingin berwisata dengan nuansa pantai di Garut tapi tidak tau mau mengunjungi pantai mana? Simak beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi saat mampir di kota Garut ini.

1.Pantai Santolo (Terkenal di Garut)

Pantai Santolo
https://www.instagram.com/p/BpGJLnwFYYD/garut.banget

Pantai Santolo ini pantai yang terkenal yang ada di Garut berlokasi di Kecamatan Cikelet Garut. Di pantai ini juga terdapat pulau kecil bernama Muara Cilauteureun yang berarti laut yang berhenti. Sesuai dengan penamaannya, kondisi pantainya ini terdapat air laut yang tenang di bibir pantai. Dengan harga tiket masuk <10.000 kalian bisa memanjakan mata dan melepaskan kepenatan yang ada di pantai ini, tapi kalau kalian ingin menginap di sini juga tersedia penginapan di dalam pantai yang cantik satu ini.

2.Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
https://www.instagram.com/p/BpJzwHnhKtW/devi_nessa

Wisata pantai yang berlokasi di Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut-Jawa Barat ini masih sangat terjaga dan asri loh Bornean. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar saat air pasang, tapi ketika surut kalian akan disuguhkan dengan pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Pantai ini terbuka 24 jam loh, kalian juga bisa snorkling di sini, tapi sayang pantai sayang heulang ini belum menyediakan tempat penyewaan alat snorkling. Jadi kalau lagi weekend silahkan mampir dan main ke pantai Sayang Heulang Bornean.

3.Pantai Puncak Guha (Pantai Goa)

Pantai Puncak Guha
https://www.instagram.com/p/Br1as0jh6QY/_rusdi98

Berlokasi di Garut Selatan pantai yang satu ini memang ebrbeda dengan beberapa pantai yang ada. Bagaimana tidak, pantai ini didominasi oleh tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan samudra. Jika kalian ingin bermain pasir membuat istana pasir kalian tidak akan menemukanya di pantai ini bornean karena pantai ini tidak ada hamparan pasir yang panjang.

Dinamakan pantai puncak guha karena memang terdapat gua kelelawar di bawah pantai yang tepatnya menghadap ke laut Selatan Jawa, Samudra Hindia.

4.Pantai Taman Manalusu (Pantai Berlumut)

Pantai Taman Manalusu
https://www.instagram.com/p/BfPiN01Hlzu/denz_43

Setiap pantai di Garut memang memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing, salah satunya Pantai Taman Manalusu ini Bornean. Pantai yang berlokasi di Desa Cigadong, Kecamatan Cikelet-Garut Jawa Barat, dengan membayar 3-5.000 (harga bisa berubah) kalian bisa menikmati pasir putih di sepanjang bibir pantai, jajaran batu karang yang bewarna hijau, terdapat banyak sekali ikan-ikan yang bermain di bibir pantai ini. Kalian juga bisa menyewa perahu nelayan untuk bermain-main di pantai taman manalusu ini.

Destinasi Tempat Wisata dan Resort Super Indah yang Ada di Garut!

1.Lapangan Golf Ngamplang

Lapangan Golf Ngamplang
https://www.instagram.com/p/BrrHWcvFl9d/ayoliburan.idn

Lapangan Golf Ngamplang ini bisa kalian temukan di Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut-Jawa Barat . Salah satu yang menyajikan spot olahraga sekaligus wisata dengan luas lahan yang mencapai 27 hektar. Spot ini dibangun untuk tujuan refreshing dan olahraga, yang menyajikan kolam renang, lapangan tenis, lapangan voli, tempat ibadah, ruang tunggu sekaligus penginapan.

Lapangan ini juga merupakan peninggalan kolonial Belanda yang dikelola oleh Korem 02 Tarumanegara. View yang sangat memanjakan mata dengan hamparan rumput hijau yang sangat luas.

2.Kebun Mawar Situhapa (Penginapan & Resort)

Kebun Mawar Situhapa
https://www.instagram.com/p/BoGwWY3n7kI/kebunmawar

Kebun Mawar Situhapa berlokasi di Jalan Raya Kamojang KM.5, Samarang, Sukakarya, Garut-Jawa Barat.  Bagi kalian yang ingin menginap di Garut boleh ni mampir di sini, karena kalian pasti nggak akan menyesal. Penginapan kebun mawar situhapa ini memberikan pemandangan yang menyejukan mata. Dilengkapi dengan fasilitas restaurant dengan memiliki 3 ciri khas masakannya;masakan tradisional, masakan nasional dan masakan western. 

Itu dia Bornean, 15 tempat wisata di Garut yang bisa kalian kunjungi dan nikmati di kota yang terkenal dengan dodolnya. Jadi saat sampai di Garut jangan sampai ngelewatin destinasi wisatanya ya Bornean. Happy Weekend-

 

0 thoughts on “[Terupdate] 15 Daftar Tempat Wisata di Garut Kekinian, Peta Wisata Garut”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.