Tempat Wisata di Lombok yang Jarang Dikunjungi!

Sending
User Review
5 (1 vote)

Tempat wisata di Lombok – Lombok merupakan salah satu sebuah pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara atau yang juga memiliki sebutan lain yaitu Kepulauan Sunda Kecil. Bentuk dari pulau ini seperti membentuk ekor di daerah barat daya yang panjangnya mencapai kurang lebih 70 km. Pulau Lombok bersebrangan dengan Bali dan Selat Alas dari Sumbawa. Luas yang terhitung di daerah cakupan Lombok ialah mencapai 5.435 km².

Lombok merupakan masuk bagian daerah cakupan dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Daerah lombok dibagi menjadi 1 Kota dan 4 Kabupaten. Kabupaten yang ada di Lombok yaitu : Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan Kota yang satu-satunya berada di Lombok ialah Kota Mataram. Kota yang menjadi kota utama di Lombok ialah Kota Mataram.

Suku penduduk yang dominan di Pulau Lombok ialah suku Sasak, hingga mencapai sekitar 80% yang berdarah daging dengan suku ini di Lombok. Namun sebagian besar penduduk yang berada di pulau ini sudah memeluk agama Islam. Penduduk lainnya ialah orang Jawa, Tionghoa, Arab, dan Bali. Pulau ini kaya akan budaya maupun rekreasi atau wisata alamnya. Tempat wisata yang berada di Lombok ini dapat bersanding dengan Bali. Berikut ini wisata di Pulau Lombok :

  • Pantai Senggigi
  • Pantai Kuta Lombok
  • Pantai Tanjung Aan
  • Pantai Tangsi
  • Gili Trawangan
  • Pantai Selong Belanak
  • Pantai Mawun
  • Masjid Bayan Beleq
  • Taman Meruya
  • Desa Sade
  • Bukit Merese
  • Batu Payung

Baca Juga : Daftar Terpopuler Tempat Wisata di Batam & Pulau Sekitarnya

Wisata Pantai Lombok

Pulau Lombok merupakan daerah yang tentunya di kelilingi dengan perairan air asin. Yap tepat sekali sahabat-sahabat borneo channel di Lombok banyak terdapat pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Lombok. Pulau-pulau kecil ini disebut juga dengan “Gili”. Banyak tempat wisata yang berada di pulau-pulau kecil. Masing-masing memiliki daya tariknya. Berikut ini wisata pantai yang berada di Lombok :

1. Pantai Senggigi

Pantai Lombok Senggigi

http://www.paketliburanlombok.com/keindahan-dan-daya-tarik-pantai-senggigi-lombok.html

Pantai yang menjadi destinasi bagi para traveler sahabat-sahabat borneo channel ialah Pantai Senggigi. Pantai ini menjadi destinasi favorit turis-turis yang datang. Turis yang berkunjungpun bukan hanya lokal, melainkan turis luar negeri juga berkunjung ke tempat wisata ini. Pantai Senggigi ini berlokasikan di Kecamatan Batu Layar. Untuk menuju ke pantai ini kalian para sahabat borneo channel dapat menggunakan alat transportasi apa pun yang ada di Lombok.

Senggigi, Lombok

https://www.instagram.com/p/Bl2zvDOHFbX/

Pesona indah dari Pantai Senggigi ini terpancar dari ombaknya yang lumayan tinggi. Air yang berada di pantai ini sangat jernih, bagi kalian pecinta surfing cocok banget datang ke Pantai Senggigi. Tak hanya berselancar ria, kalian juga dapat melakukan kegiatan snorkeling atau sebutan lainnya dengan selam permukaan. Snorkeling atau selam permukaan pas banget dengan kalian yang kepo dengan keindahan bawah laut di Pantai Senggigi.

Pantai Senggigi, Lombok

https://www.instagram.com/p/BqheEvIlVId/

Setelah kalian surfing dan snorkeling, sahabat-sahabat borneo channel  juga dapat bermain kano dan lari-lari kecil atau jogging di lingkungan pantai ini. Pesona yang ada di sekitar pantai ini sangat memanjakan mata. Pantai Senggigi adalah salah satu wisata alam yang kalian akan tidak merasa rugi datang ke sini. Terlebih di saat matahari tenggelam, beehh!! cantik bangett!. Pemandangan ini semakin perfect dengan pemandangan dengan berlatar belakangkan Gunung Arjuna yang di Bali.

Baca Juga : Daftar dan Harga Tiket Masuk Wisata di Malang

2. Pantai Kuta Lombok

Kuta Beach

https://www.sudutlombok.com/2016/04/06/menikmati-keindahan-obyek-wisata-pantai-kuta-lombok/

Pantai Kuta adalah salah satu pantai yang berada di Lombok Tengah. Setelah mendengarkan kata “kuta” kalian pasti membayangkan Pantai Kuta yang ada di Bali. Yap, nama boleh sama. Tapi dua lokasi ini berbeda ya guys. Pantai Kuta yang berada di Lombok juga tak kalah cantiknya dengan Pantai Kuta yang di Bali. Di tambah dengan pasir putih yang membentang sepanjang pantai dan pemandangan alami yang masih dapat kita rasakan.

Tekstur butiran pasir yang ada di Pantai Kuta Lombok ini seperti merica, oleh sebab itu masyarakat setempat juga menamainya dengan sebutan “Pantai Merica”. Di pantai ini kalian juga dapat menemukan ritual budaya masyarakat khususnya masyarakat yang suku Sasak. Suku sasak ialah suku asli yang berada di Lombok. Ritual budaya yang berada di pantai ini ialah sekitar bulan Februari sampai Maret, masyarakat setempat mencari atau berburu cacing laut. Berburu cacing laut ini memiliki sebutan “bau nyale”.

Pantai Kuta Lombok

https://www.instagram.com/p/BsmxdNRlNzN/

Ritual budaya yang dilakukan masyarakat setempat awal mulanya karena legenda Putri Mandalika. Putri Mandalika ialah gadis cantik yang sering menjadi rebutan banyak pangeran. Bukit yang bernama Mandalika ini konon katanya tempat lompat Putri Mandalika karena tidak ingin menjadi rebutan dan berubah menjadi nyale atau cacing laut. Maka dari itu, masyarakat setempat melakukan bau nyale untuk mengenang Putri Mandalika.

 

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

https://arintratour.co.id/keindahaan-pantai-tanjung-aan-dan-legenda-putri-mandalika/

Nah. selanjutnya bagi kalian yang ingin tempat yang tidak terlalu ribut dan memberikan efek menenangkan. Tempat ini pas banget buat kalian, sahabat-sahabat borneo channel. Pantai Tanjung Aan merupakan pantai yang dapat kita temui di bawah Bukit Merese. Lokasi Pantai Tanjung Aan ini berada di Lombok Tengah. Pemandangan yang ada di pantai ini membuat kalian terkagum-kagum. Karena di sekitar pantai ini di kelilingi bukit-bukit yang elok. Terlebih buat kalian yang ingin menyendiri menghilangkan kepenatan suasana penat.

Tanjung Aan Lombok

https://www.instagram.com/p/BswSnSjFhcy/

Di sini kalian di suguhkan dengan pemangan yang kompleks. Karena di Pantai Tanjung Aan kalian dapat melihat laut yang biru, perbukitan yang nan hijau, ditambah dengan langit yang berawan-awan dalam satu tempat. Pemandangan yang ada di Pantai Tanjung Aan terlihat sangat sempurna yang membuat kita terpesona akan keindahannya di setiap sudut dari pantai ini.

Pantai Tanjung Aan tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok. Jarak diantara Pantai Kuta Lombok dan Tanjung Aan ialah sekitar 5 km. Pantai Tanjung Aan memiliki keistimewaan yang tak banyak dimiliki oleh pantai yang lain. Pantai ini terlihat istimewa sebab pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai yang panjang. Pasir yang ada di pantai ini memiliki tekstur yang tidak biasanya, karena pantai ini memiliki jenis pasir yang berbeda. Jenis pasir yang ada di pantai ini ialah pasir merica yang berada di kiri pantai dan pasir putih halus di kanan pantai.

 

4. Pantai Tangsi

Pantai Pink

https://www.instagram.com/p/BWWL5O5nRLb/

Pantai Tangsi merupakan destinasi wisata yang tak kalah menariknya. Lokasi pantai ini berada di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Pantai ini memiliki keunikan sendiri yaitu terkadang pantai ini berwarnakan pink. Sehingga pantai ini juga diberi nama “Pantai Pink“.

Pantai ini mau di lihat dari sisi mana pun memiliki keistimewaan yang tiada tandingannya sahabat-sahabat borneo channel. Dari segi hamparan pasirnya yang nan elok. Gemilaunya air warna biru menambah keindahan yang ada di pantai ini. Pantai ini juga merupakan tempat wisata unik.

Pantai Tangsi, Tanjung Ringgit

https://www.instagram.com/p/BWyw6DMgC6-/

Tahukah kalian sobat-sobat borneo channel? yang membuat pantai ini berwarna pink ialah dikarenakan adanya percampuran antara pasir putih dan merah. Pasir merah ini berasal dari sisa-sisa terumbu karang yang sudah halus. Suasana pada saat siang hari akan menambah pesona pantai ini loh! Karena pada siang hari warna merah muda akan terlihat lebih jelas. Pantai Tangsi adalah pantai yang recommended buat kalian yang ingin berlibur.

 

5. Gili Trawangan

Gili Trawangan

https://www.instagram.com/p/Bs3YL-ZgmVm/

Selanjutnya yang tak kalah menariknya sobat-sobat borneo channel ialah Gili Trawangan. Arti dari Gili ialah pulau kecil. Gili trawangan merupakan pulau kecil yang terbesar di urutan ketiga yang letaknya berada di barat laut Lombok. Diantara gili yang lain, gili trawangan juga memiliki ketinggian di atas permukaan laut secara signifikan. Selain itu, Gili trawangan merupakan tempat wisata yang memiliki banyak fasilitas untuk berwisata.

Di Gili Trawangan transportasi motor tidak diperkenankan, karena sudah diatur dengan aturan lokal. Nuansa yang ada di gili ini ialah nuansa pesta. Bahkan memasuki gili ini kalian akan merasa di tempat para bule-bule. Destinasi wisata yang satu ini paling banyak dikunjungi daripada yang lainnya.

Kegiatan-kegiatan wisata yang dapat kalian alami di tempat wisata ini ialah kalian dapat scuba diving, berkuda mengelilingi pulau, bermain kayak, berselancar, snorkeling. Untuk snorkeling kalian akan diantar ke laut yang memiliki kedalaman lebih dalam dibandingkan yang terlihat dangkal. Karena akan sangat membahayakan kalau ombak datang. Dikhawatirkan terbawa ombak dan mengenai trumbu karang yang ada.

Di Gili trawangan kalian dapat menikmati paket lengkap. Pemandangan sunset dan sunrise dapat kita nikmati di gili. Karena letaknya yang menghadap ke timur juga menghadap ke barat. Di Gili Trawangan kalian juga dapat menyaksikan kesenian bela diri presean.

 

Tempat Wisata di Lombok yang Jarang Dikunjungi

Tempat-tempat yang tersembunyi tentunya memberikan sense sedikit berbeda ya gak sih sobat-sobat borneo? Ternyata di Lombok masih banyak tempat yang masih belum kita ketahui, karena ini sebab banyaknya destinasi wisata yang ada di Lombok. Berikut ini tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi :

1. Pantai Selong Belanak

Selong Belanak Lombok

https://www.instagram.com/p/Bs4t373nLT4/

Pantai selanjutnya ialah Pantai Selong Belanak. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar. Pantai ini direkomendasi untuk para peselancar pemula. Biasanya tempat ini menjadi tempat latihan surfing yang terbaik. Destinasi tempat wisata ini masih sepi sehingga pas banget buat kalian yang tidak suka keramaian. Sama seperti pantai Tanjung Aan, pantai ini juga dikelilingi dengan bukit-bukit hijau yang indah yang memanjakan mata kita, sahabat-sahabat borneo channel. 

Lokasi Pantai Selong Belanak bertempatkan di Desa Pujut, Lombok Tengah. Bagi kalian, sahabat-sahabat borneo channel yang ingin berkunjung ke sini, datanglah pada sunset. Indahnya matahari terbenam yang dapat kita saksikan di pantai ini menambah nuansa romantis. Tak hanya itu pada saat sunset segombolan kerbau-kerbau pulang ke kandangnya masing-masing, tentu saja digiring bersama dengan penggembalanya dong. Bukankah ini pemandangan yang unik bukan ? ^^

 

2. Pantai Mawun

Mawun beach

https://www.instagram.com/p/BUTiOnpggxR/

Pantai Mawun merupakan pantai yang juga berada di daerah Lombok Tengah. Bagi kalian, sahabat-sahabat borneo channel yang ingin menjelajah ke tempat-tempat yang masih tersembunyi, di sini lah tempatnya!. Pantai Mawun tidak jauh lokasinya dengan Pantai Selong Belanak, karena masih berlokasikan di Lombok Tengah. Pantai ini pandai banget buat kalian betah di sini. Jernihnya air laut yang berwarna nuansa nan kebiruan.

Tak hanya dengan jernihnya air laut yang ada, melainkan pasir putih juga berada di Pantai Mawun yang mana tentunya menambah keelokan dari lokasi wisata ini kan?!, Pantai Mawun juga berlokasi yang strategis dengan teluk dan dua buah bukit-bukit yang hijau. Teluk ini diapit oleh bukit-bukit tersebut.

Pantai Mawun Lombok

https://www.instagram.com/p/Bs7w4yXjwQh/

Teruntuk kalian yang menyukai adu adrenalin, sahabat-sahabat borneo channel dapat mendaki bukit-bukit tersebut. Ketika kalian sudah mendaki kedua bukit tersebut, kalian dapat melihat cantiknya penampakan alam yang memanjakan mata. Terlepas penatnya mendaki, di ketinggi bukit kalian dapat menyaksikan pemandangan luasnya laut dari ketinggian.

Pantai Mawun merupakan destinasi bagi kalian yang tak ingin terlalu suka keramaian, suka tantangan, dan ingin mencari sesuatu yang baru. Pantai ini pas banget buat kalian yang ingin mendaki bukit dan menikmati pantai dengan satu paket kompleks. Pantai Mawun merupakan wisata alam yang kompleks!

 

Tempat Wisata di Lombok Selain Pantai

Selain pantai, kalian sahabat-sahabat borneo channel dapat juga mengunjungi wisata budaya yang terukir oleh masa. Lombok merupakan pulau yang kaya akan keaslian dari pribumi itu sendiri. Eits, tunggu dulu. Maksudnya penduduk Pulau Lombok menjaga keaslian dari peninggalan yang ada. Berikut ini tempat wisata di Lombok selain pantai :

1. Masjid Bayan Beleq

Bayan Beleq Lombok

https://www.instagram.com/p/BrSNeRsBrhB/

Masjid Bayan Beleq merupakan masjid yang berlokasikan di jalan Labuan Lombok, Desa Baya, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jarak masjid ini dari Mataram, ibukota provinsi NTB ialah mencapai 80 km.

Masjid ini merupakan masjid Wetu Telu. Bentuk dari Masjid Bayan Beleq masih terlihat sederhana. Masjid ini juga sudah termasuk bagian dari situs bersejarah di Indonesia. Abad ke-17 merupakan waktu berdirinya Masjid Bayan Beleq. Selain itu masjid ini menjadi masjid pertama yang ada di pulau ini.

Baca Juga : Rumah Adat Papua Yang Unik Dan Khas

Tempat Wisata di Mataram

Mataram adalah pusat kota dari Lombok. Kota Mataram juga merupakan satu-satunya yang memengang “Kota” di bandingkan dengan daerah lainnya yang di Lombok. Berikut ini tempat wisata yang di Mataram :

1. Taman Meruya

Taman Meruya

https://www.tripzilla.id/destinasi-wisata-di-mataram/10822

Wah, ternyata di Matara juga ada taman yang bisa kalian kunjungi yaitu Taman Maruya. Taman ini sering dijadikan tempat untuk anak-anak muda berfoto dan di upload ke instagram. Lokasi ini sebenarnya bagian dari tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Jadi kalian yang datang ke sini dituntut untuk menjaga etika demi menghormati yang lainnya ya guys!

 

Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara

Destinasi wisata yang selanjutnya ialah tempat bagi kalian yang ingin segera berlibur. Jadi di sekitar bandara Lombok juga terdapat tempat wisata yang kalian kunjungi. Orang-orang biasanya datang ke tempat ini setelah datang dari bandara ataupun sebelum berangkat ke bandara. Berikut ini tempat wisata Lombok dekat bandara :

1. Desa Sade

Sade, Lombok Tengah

https://www.instagram.com/p/BjxHij9B2dU/

Desa Sade merupakan desa yang berada di desa Rembita, Pujut, Lombok Tengah. Mayoritas suku yang ada di desa ini ialah suku Sasak Sade. Mereka masih mempertahankan adat budaya suku Sasak. Desa Sade merupakan desa yang terkenal. Desa ini juga menjadi desa wisata karena memiliki keunikan tersendiri.

Letak Sade tepat di tepi jalan raya aspal yang mulus, namun masyarakat tetap memengang keaslian dari desa ini. Ketika kalian memasuki Sade kalian akan melihat perkampungan asli pribumi Lombok. Atapnya yang masih ijuk, juga dapat kita lihat kuda-kuda atapnya memakai bambu dan tidak menggunakan paku. Tembok menggunakan ayaman bambu dan lantai yang beralaskan tanah.

Sistem perkawinan yang ada di Sade ada 2 jenis yaitu sistem perkawinan culik dan sistem perkawinan bawa lari. Di desa ini sudah ada 150 Kepala Keluarga. Pada waktu lampau masyarakat desa ini menganut agama Islam namun Wektu Telu.

 

Tempat Wisata di Lombok Selatan

Daerah Lombok Selatan merupakan salah satu daerah yang terbilang banyak memiliki destinasi wisata untuk para turis-turis. Turis yang datang baik luar ataupun dalam negeri. Perlu kalian ketahui, sahabat-sahabat borneo channel tempat wisata yang di Lombok Selatan banyak berupa pantai, seperti Pantai Kuta, Mawun, dan Tanjung Aan, tapi kita akan membahas lainnya. Berikut ini tempat wisata di Lombok Selatan : 

1. Bukit Merese

Merese hill

Bukit Merese merupakan bukit yang letaknya berada di ujung Pantai Tanjung Aan. Pada kesempatan ini sahabat-sahabat borneo channel  jika kalian mendatangi tempat ini mata kalian akan terpesona! Di atas bukit ini kalian akan di tampak kan dengan pemandangan luasnya laut.

Buat kalian yang datang ke sini, kami sarankan datang ketika sore hari dan menjelang matahari terbenam. Dijamin! kalian akan berdecak kagum. Keindahan yang di berikan di bukit ini perfect! 

 

2. Batu Payung

Batu Payung, Tanjung Aan

https://indonesia.tripcanvas.co/id/lombok/tempat-wisata-di-lombok/

Batu Payung adalah batu yang berbentuk unik. Lokasi Batu Payung masih di area Tanjung Aan. Batu ini berdiri tegak di tepi pantai. Bentuk dari batu ini seperti payung. Oleh sebab itu, masyarakat setempat menamainya dengan sebutan Batu Payung. Batu ini mungkin saja terbentuk karena telah mengalami hempasan-hempasan ombak laut yang sudah ribuan tahun.

Baca juga : [New] 13 Daftar dan Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bandung

Bangga akan kekayaan alam dalam negeri yang memiliki daya tarik tersendiri merupakan sikap yang harus kita miliki sebagai Warga Negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus yang bertanggung jawab untuk memeliharanya. Oleh sebab itu, sayangi lingkungan sekitarmu dan buanglah sampah pada tempatnya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.