Daftar Terlengkap Minuman & Makanan Khas Madura Yang Terfavorit

Makanan Khas Madura – Hi sobat Borcha, Madura merupakan pulau yang berada di sebelah Jawa Timur, Pulau Madura atau Pulau Garam. Karena, Pulau Madura adalah salah satu Pulau yang banyak memproduksi Garam. Untuk menuju ke Pulau Madura kalian harus melalui Jembatan Nasional Suramadu.

Jembatan Suramadu sangatlah terkenal di Indonesia bahkan beberapa Negara juga mengetahui jembatan tersebut. Karena Jembatan Suramadu memiliki jarak yang sangat panjang sekitar 5.438 meter, lebar 30 meter.

Pulau Madura juga memiliki berbagai macam tempat wisata seperti Pantai, Keraton, Benteng dan lain sebagainya. Jadi kalian nggak perlu pusing-pusing kemana tempat wisata yang ingin kalian kunjungi.Tidak hanya tempat wisata, Pulau Madura juga mempunyai banyak kebudayaan yang unik.

Nah, kali ini borneo channel akan membahas tentang berbagai macam minuman, makanan, dan oleh-oleh khas Madura yang buat kalian ngiler dan pengen cepat-cepat datang ke Madura. Silahkan scroll ke bawah.

Baca juga: Makanan khas masyarakat Betawi

Macam Macam Makanan Khas Madura

1. Soto Mata Sapi, Makanan khas orang Madura

(idntimes.com) gambar makanan khas suku madura, Soto Mata Sapi

Salah satu makanan khas dari madura  yang unik adalah Soto Mata Sapi. Makanan yang satu ini agak terdengar aneh dan menakutkan. Namun, siapa sangka ternyata makanan khas Madura ini merupakan makanan yang terpopuler dan terenak di Madura. Berbahan dasar mata sapi asli yang masih tersarung dengan tulang.

Selain Mata sapi, Soto ini juga terdapat isi yang dapat menambah kenikmatan cita rasa pada makanan ini yaitu Irisan babat sapi atau daging sapi. Bahan-bahan Soto Mata Sapi tersebut dengan bumbu khusus lalu direbus dengan kurun waktu kurang lebih lima jam.

Warna kuah dari Soto Mata Sapi agak berbeda dengan soto biasanya. Kuah Soto Mata Sapi adalah warna merah sedangkan soto yang biasa kita jumpai berwarna kuning. Soto Mata Sapi sangat enak dimakan pada saat masih hangat dan dapat disajikan dengan lontong atau ketupat. Pokoknya udah gak kebayang deh nikmatnya, pasti kalian penasaran untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Baca juga: Review Makanan Khas Solo

2. Sate Bumbu Madura, Makanan khas adat Madura

makanan khas pamekasan madura
(tukangreview.com) makanan khas tradisional madura, sate madura

Makanan khas daerah madura adalah Sate Madura yang merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal oleh warga negara Indonesia. Pada umumnya makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar daging ayam yang sudah dibumbui lalu diiris kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi sate.

Pada saat proses pemanggangan, sate dapat di panggang menggunakan arang yang sudah dipanaskan. jika sudah matang, siapkan saus kacang yang sudah diberi bumbu spesial. Sate Madura dapat disajikan dengan menambahkan lontong atau ketupat, serta pelengkap lalu letakkan sate yang sudah matang dan curahkan saus kacang diatasnya.

3. Bebek Songkem

makanan khas madura nasi jagung
(idntimes.com) Bebek Songkem

Bebek Songkem merupakan makanan terfavorit di kalangan masyarakat Madura. Bebek Songkem juga aman bagi penderita kolesterol. mengapa bebek songkem rendah kolesterol?karena, bebek yang sudah di lumuri bumbu di masak dengan proses di kukus.

Proses mengukus bebek ini sangat lah unik dan tidak seperti biasanya seperti menggunakan media air. tetapi, kali ini bebek di kukus menggunakan pelepah daun pisang atau gedebog pohon pisang, pelepah dan gedebog lah yang menyebabkan bebek songkem sangat rendah kolesterol.

Jangan di tanya dengan masalah rasa, rasa Bebek Songkem tak kalah nikmat dengan bebek yang di masak dengan cara di goreng atau di masak lainnya. untuk merasakan hidangan yang satu ini dapat di nikmati dengan sambal mangga dan nasi hangat yang menambah kelezatan pada Bebek Songkem Khas Madura ini.

4. Makanan khas Madura, Lorjuk

nama makanan khas madura
(prabuwisesaadiluhung.com) lorjuk, makanan khas madura

Makanan khas di Madura ini termasuk salah satu makanan langka karena bahan dasarnya adalah Kerang Lorjuk , karena Kerang Lorjuk dapat di temukan di tepian pantai yang berlumpur.

Penangkapan lorjuk tidaklah mudah, karena biasanya lorjuk bersembunyi di bawah pasir. cara menangkapnya yaitu menggunakan air sabun atau air garam supaya lorjuk menampakkan dirinya.

Kerang lorjuk bisa di masak dengan berbagai macam olahan salah satunya dengan di tumis. bahan dasarnya sudah pasti kerang lorjuk lalu siapkan bumbu-bumbu dapur seperti garam, bawang putih, bawang merah, cabe yang sudah di iris, lengkuas, dan daun salam.

Haluskan bumbu-bumbu tersebut kecuali cabe lengkuas dan daun salam, siapkan minyak goreng yang sudah di panaskan di dalam wajan lalu masukkan bumbunya, jika sudah berbau harum masukkan Kerang Lorjuk yang sudah dijemur lalu tumis Lorjuk hingga matang.

Cara menyajikannya kalian bisa masukkan Lorjuk kedalam Piring lalu hidangkan bersama nasi hangat. Nah, makanan ini sangatlah wajib untuk kalian coba pada saat di Pulau Madura, karena Nikmatnya luar biasa.

5. Kaldu Kokot

makanan khas madura pamekasan
(kulinerjatim.com) Kaldu Kokot

Kaldu Kokot, apa itu Kokot? Kokot dalam bahasa Madura merupakan Kikil dalam bahasa Indonesia. Kaldu Kokot memang tidak terlalu terkenal di Nusantara, ternyata makanan yang satu ini merupakan makanan khas pulau Madura yang sangat populer.

Bahan utama Kaldu Kokot yaitu Kikil pada hewan sapi ,uniknya Kaldu Kokot di masak bersamaan dengan kacang hijau. Biasanya kacang hijau di masak dengan rasa manis. Tapi, tidak untuk kali ini kacang hijau yang di masak dengan Kokot beserta bumbu spesial yang menghasilkan rasa gurih.

Cara pembuatannya Kaldu Kokot yaitu dengan cara merebus kikil sapi dan kacang hijau dengan air lalu tunggu sampai lembut atau empuk. Siapkan bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai, pala, lada, garam secukupnya, dan penyedap rasa. Jika sudah disiapkan, bumbu-bumbu tersebut dioseng lalu dimasukkan kedalam rebusan Kaldu Kokot.

Kaldu Kokot enak banget pada saat keadaan hangat, dan bagi kalian yang belum pernah mencoba hidangan ini segeralah mencoba pasti kalian bakalan cinta sama makanan yang satu ini.

6. Nasi Serpang

makanan khas sampang madura
(orami.co.id) Nasi Serpang

Nasi Serpang adalah makanan pokok khas madura dengan aneka ragam lauk pauk yang membuat kalian tergiur dengan cita rasanya. lauk pauk nya terdiri dari pepes tongkol, mie bihun yang udah ditumis, kerang disambal goreng, rempeyek, telur asin, serundeng, serta kuah santan yang sudah dibumbui.

Cara penyajiannya cukuplah mudah dengan menggunakkan daun pisang sebagai piring lalu letakkan nasi hangat serta lauk pauk yang sudah matang kedalam daun pisang tersebut.

Nasi yang berasal dari Madura ini merupakan makanan wajib yang harus kalian makan saat berada di pulau Madura, bertannya soal rasa sudah pasti Nasi Serpang bikin kalian nagih untuk merasakannya lagi.

7. Soto Madura, Makanan khas Madura yang terkenal

makanan khas madura di surabaya
(bukalapak.com) Soto Madura

Tahukah kamu bahwaSoto Madura adalah makanan khas madura yang terkenal di indonesia. Dari tampilannya saja sudah mengunggah selera, rasanya yang gurih pasti buat kalian pecinta kuliner pengen nambah. isi dari Soto Madura terdiri dari daging sapi, kentang goreng, telur rebus, tauge.

Cara pembuatannya  dengan cara merebus daging dengan ai.  Jika daging sudah matang angkat dagingnya lalu air rebusan daging  jangan di buang karena, itu merupakan kuah dari soto Madura.

Air rebusan daging tersebut diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, laos, jahe, kemiri, garam secukupnya, dan kunir yang menghasilkan warna kuning pada kuah soto.

Setelah semuanya matang Soto khas Madura, masukkan isi kedalam mangkuk lalu siram isi dengan kuah atau kaldu yang sudah matang, Soto Madura sangat maknyus dimakan dalam keadaan hangat dengan rasanya yang mantap.

8. Rujak Cingur

cara membuat makanan khas madura
(resepkoki.id) Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan makanan tradisiona khas Madura yang isinya terdapat lontong, sayuran (kangkung dan kecambah), Rujak Cingur merupakan makanan terpopular di Madura. yang membuat makanan ini unik adalah terdapat petis di sambal kacangnya.

Cara membuatnya yaitu dengan cara merebus sayurannya dahulu, lalu uleg sambal kacang dengan bahan-bahan seperti kacang, cabe, petis, garam secukupnya serta air sedikit.

Jika semua bahan sudah siap maka lanjut ke cara penyajiannya yaitu siapkan piring, lontong, lalu masukkan sayuran dan siram sambal kacang diatasnya.

Baca juga: Makanan Khas Banten dan Keterangannya

Minuman Khas Madura

1. Kobbhu

Minuman khas Madura, Kobbhu

Kobbhu merupakan minuman khas yang berasal dari pulau Madura. Kobbhu khas Madura ini terbuat dari kelapa muda (isi kelapanya), gula merah, serai, cengkeh, pala, dan air pandan.

Tidak perlu ke Madura untuk menikmati kesegaran Minuman khas Madura yang satu ini, kalian dapat membuatnya sendiri dengan mudah.

Cara pembuatannya yaitu pertama-tama gula merah di rebus dahulu bersama dengan rempah-rempah seperti serai, Cengkeh, pala, dan air pandan. Cek rasanya apakah sudah sesuai selera atau belum.

Jika minuman kobbhu sudah siap, maka kobbhu dapat di sajikan bersama dengan isi kelapa dan juga bisa di tambahkan es, minuman segar ini dapat di nikmati saat cuaca hangat maupun dingin.

2. Es Podeng Manis

(indonesianchefassociation.com) Es Podeng Manis

Es ini merupakan jenis minuman yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. mengapa minuman ini disebut Es Podeng? karena, Podeng dalam bahasa Madura memiliki arti “Putar” dalam Bahasa Indonesia. jadi Es Podeng ini sama seperti Es Putar.

Isi dari Es Podeng ini terdiri dari agar-agar, kelapa muda, roti tawar, buah alpukat, serta toping tambahan yaitu meses, susu kental manis, dan kacang tanah yang sudah di sangrai. Es poding Manis sangat cocok di minum pada saat cuaca panas, rasa manisnya yang natural pasti membuat kalian gak mau menghabiskannya dengan cepat, karena saking enaknya.

Cara penyajiannya cukup mudah yaitu masukkan isi seperti agar-agar, kelapa muda, roti tawar, dan buah alpukat kedalam gelas lalu masukkan Es yang sudah di haluskan yaitu Es Podeng dan tambahkan sentuhan terakhir yaitu toping di atasnya (meses, kacang, dan susu).

3. Wedang Pokak

Minuman Khas Madura, Wedang Pokak

Wedang Pokak merupakan minuman khas Madura yang terbuat dari bahan atau rempah-rempah alami seperti cengkeh, tangkai serai, rimpang jahe(bubuk jahe), sahang bubuk, kayu manis, daun lawang, daun pandan, dan gula merah (gula jawa).

Bahan-bahan atau rempah tersebut di potong kecil-kecil lalu direbus sampai mendidih sehingga menghasilkan  warna coklat pekat. jika sudah mendidih, siapkan gelas dan alat penyaringan lalu saring Wedang dan masukkan kedalam gelas.

Wedang Pokak merupakan minuman segar yang memiliki banyak khasiat salah satunya dapat menghangatkan badan. Minuman ini sangat cocok di minum pada saat cuaca sejuk (dingin), wedang pokak hampir mirip dengan sekoteng dan bandrek. Karena sama-sama terbuat dari rempah-rempah alami dan juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Oleh-oleh Khas Madura

1. Kacang Otok, Makanan ringan khas Madura

-https://cf./file/074c92461765c4fd8c9279a34d080ba4

resep makanan khas madura
(shopee.co.id) oleh oleh makanan khas madura, Kacang Otok

Kacang Otok merupakan salah satu makanan khas Pulau Madura yang terfavorit karena rasanya yang enak, dan gurih membuat kalian nggak berhenti ngunyah. Umumnya Kacang Otok berbahan dasar isi kacang panjang. Kacang Otok juga terdapat banyak varian rasa, ada rasa manis,pedas manis, asin, pedas asin. Pokoknya kalian bebas memilih rasa yang mana kalian sukai.

Kacang Otok juga sangat cocok sebagai makanan cemilan. Nah, buat kalian yang suka banget nyemil, Kacang Otok boleh ni dicoba pasti kalian bakalan ketagihan. Selain dijadikan sebagai cemilan Kacang Otok juga dapat dijadikan oleh-oleh khas Madura.

Kacang Otok sangatlah enak dinikmati bersama teh ataupun kopi. Jadi Kacang Otok merupakan oleh-oleh yang wajib kalian bawa ya, karena rasanya nggak bakal mengecewakan kalian para pecinta kuliner.

Baca juga: Makanan Khas Padang yang Terpopuler

Nah, itulah makanan, minuman, serta oleh-oleh khas Pulau Madura. Berbagai macam model makanan yang harus kalian coba disana, jangan sampai ketinggalan. Bagi kalian yang belum merasakan minuman dan makanan khas Madura jangan takut dengan masalah rasa. Karena, tentu saja minuman dan makanan khas Madura sangatlah enak dan melezatkan.

0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like