Makanan Khas Cirebon Yang Kelewat Enak Rasanya

| | ,

Makanan Khas Cirebon – Hi sobat Borcha, Kota Cirebon  merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Barat. Di Kota ini suku sunda adalah mayoritas sukunya, mengingat suku Sunda adalah suku asli Jawa Barat.

Awal mula nama kota Cirebon ini cukup unik, karena pada awalnya masyarakat di kota Cirebon bermata pencaharian sebagai seorang nelayan. Sari situ muncul lah pekerjaan seperti menangkap ikan dan rebon atau udang kecil.

Selain itu masyarakat di Kota Cirebon mulai membuat terasi,garam,dan petis. Dan dari air terasi yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon itu mulai berkembanglah sebutan cai-rebon yang berartikan air dan rebon. Seiring berjalannya waktu berubah menjadi Cirebon.

Baca juga: Makanan khas Lampung

Makanan dan Minuman khas Cirebon

Cirebon dengan segala keunikannya, tidak terlewatkan juga makanan khasnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Cirebon Jawa Barat yang patut dicoba ketika mengunjungi Kota Cirebon.

1. Empal Gentong Cirebon

resep makanan khas cirebon
(idntimes.com) makanan khas cirebon empal gentong

Sahabat Borneo Channel, di Kota Cirebon ada loh makanan khasnya yang enak. Makanan ini mirip dengan gulai, dan makanan menggunakan gentong dengan menggunakan kayu bakar. Daging yang di gunakan adalah usus, babat, dan daging sapi. Empal gentong juga bisa  dengan kucai dan cabai kering giling.

Bukan hanya itu saja Empal gentong juga bisa kita sajikan dengan nasi dan juga lontong lo, dan  pastinya enak banget.

2. Nasi Jamblang, Makanan khas dari Cirebon

cirebon makanan khas
(backpackerjakarta.com) makanan khas cirebon nasi jamblang

Ada lagi loh makanan khas dari kota Cirebon, kali ini namanya nasi Jamblang. Nah bagaimana sih nasi jamblang itu? Nah ini sedikit penjelesan tentang makanan khas cirebon nasi jamblang.

Asal mula nama jamblang itu pada awalnya berasal dari nama daerah barat kota Cirebon, yang notabene merupakan daerah asal pedagang nasi Jamblang tersebut.

Makanan ini memiliki keunikan tersendiri lo, karena nasi jamblang menggunakan daun jati sebagai pembungkus nasinya loh sahabat Borcha. Nggak cuman itu aja, nasi jamblang ini cara penyajiannya pun bersifat prasmanan.

Nah kalau fungsi daun  jati tadi gunanya untuk membuat aroma nasi menjadi lebih sedap dan menahan nasi agar tidak mudah basi. Nasi jamblang pada awalnya hanya berkomposisikan lauk pauk sederhana contohnya tempe, tahu, dan sambal, tapi seiring berkembangnya waktu nasi jamblang bertambah menjadi sekitar 40 jenis panganan loh.

Ukuran nasi jamblang ini berbeda dengan ukuran nasi bungkus pada umumnya, ukuran nasi jamblang ini sedikit lebih kecil, tetapi karena lauknya yang beraneka ragam seperti telur, urap, sate, tempe bacem, tersusun dalam meja panjang bergaya prasmanan khas rumah makan nasi jamblang di Cirebon, menjadi pembeda bagi nasi jamblang dan nasi bungkus pada umumnya.

3. Mie Koclok, Makanan khas di Cirebon

ciri khas makanan cirebon
gambar makanan khas cirebon Mie Koclok

Kali ini kita akan membahas mie yang terkenal di Kota Cirebon, namanya Mie Koclok, kepanjangan dari Mie Koclok adalah “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay” yang diciptakan oleh Pak Edy, seorang pemilik warung Mie koclok pada tahun 1945.

Mie ini terbuat dari sup bubur yang berwarna putih dan bertekstur ekstra tebal, yang terbuat dari sup santan yang digumpalkan dengan tapioka ataupun pati jagung. Jadi kalau berkunjung ke Kota Cirebon jangan lupa nyobain mie yang satu ini ya.

4. Docang, Makanan khas Cirebon

makanan khas cirebon di jakarta
(foodnesia.net) foto makanan khas cirebon Docang

Kali ini kita akan membahas makanan khas dari kota Cirebon lainnya, namanya Docang. Docang  sendiri adalah makanan dari perpaduan lontong, toge, daun singkong, dan kerupuk yang di campurkan oncom gembos yang berasal dari ampas tahu yang dicampur dengan sedikit kacang tanah yang telah di hancurkan dan di tambahkan dengan parutan kelapa muda.

Nama Docang itu di ambil dari bahasa Cirebon yang merupakan singkatan dari dua kata yaitu Bodo (baceman) dari oncom dage + Kacang Hijau yang dijadikan Toge. Soal harga, Docang memiliki harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan loh sahabat Borneo Channel.

Docang memiliki rasa khas yang gurih kalau di sajikan dalam keadaan yang masih panas. Docang ini termasuk jajanan kaki lima, karena makanan ini gampang sekali kita temui di tempat yang ramai loh sahabat Borneo Channel.

Memang rasa Docang ini tidak terlalu pedas, tetapi masih bisa kita rasakan sensasi kesegaran buat lidah kita dari kuah dage yang masih panas, dan akan terasa lengkap jika di tambahkan remasan kerupuk maupun kulit sebagai toppingnya. Akan menambah kenikmatan dari docang ini pastinya loh sahabat Borneo Channel.

Baca juga: Makanan Khas Malang Kekinian

6. Tahu Gejrot, Makanan khas daerah Cirebon

(idntimes.com) makanan kuliner khas cirebon Tahu Gejrot

Kuliner yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi buat sahabat Borneo Channel. Kuliner  yang berasal Kota Cirebon ini sudah  banyak di jumpai di Kota-Kota besar di Indonesia loh.

Namanya Tahu Gejrot, Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah di goreng kemudian di potong agak kecil lalu makan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, kebanyakan pedagang menjajakan makanan ini dengan menggunakan sepeda sambil berkeliling di bagian belakang gerobak pedagang tersebut biasanya sudah tersedia tahu-tahu yang sudah di goreng.

Cara penyajian Tahu Gejrot ini cukup unik loh Sahabat Borneo Channel karena biasanya di sajikan menggunakan cobek kecil yang berasal dari tanah liat, lalu si pedagang biasanya  langsung mengulek bumbu kuah tahu gejrot tersebut yang memiliki rasa  manis, asam, pedas dan memiliki sedikit rasa yang gurih.

Jajanan Khas Kota Cirebon

1. Kue Apem, Makanan Ringan khas Cirebon

makanan khas cirebon adalah
makanan tradisional khas cirebon, kue Apem

Setelah tadi sudah kita bahas Kuliner khas Kota Cirebon, kali ini kita akan membahas makanan ringan khas cirebon. Beberapa jajanan di Kota Cirebon juga menarik untuk kita bahas dan untuk cita rasa sudah tidak bisa kita ragukan kelezatanya loh.

Yang pertama ini ada yang namanya kue apem. Kue apem  memang sudah ada di Kota-Kota lain di seluruh Indonesia. Makanan khas Cirebon ini terkenal kegurihannya yang nikmat loh sahabat Borneo Channel.

Kue apem ini berbahan dasar dari  santan, telur, tape, garam,dan gula. Lalu adonan dari kue apem tersebut dimasak dengan cara dibakar atau dikukus. Hal ini membuat tekstur kue apem ini menjadi legit dan gurih. Kue Apem khas Kota Cirebon ini biasanya enak dengan saus gula merah yang tentu saja akan menambah kenikmatan dari kue apem khas Cirebon ini loh sahabat Borneo Channel.

Baca juga: Daftar Makanan Khas Betawi Terlengkap

2. Serabi, Makanan khas Cirebon yang terkenal

(idntimes.com) foto makanan khas cirebon serabi

Serabi memang merupakan jajanan yang sudah banyak kita temui di Kota lain seperti Bandung dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Tetapi kali ini kita akan membahas Serabi khas Kota Cirebon.

Jika sahabat Borneo Channel berkunjung ke kota Cirebon harus banget nih nyobain jajanan yang satu ini loh. Karena Serabi khas Kota Cirebon ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri di banding Serabi di kota lainnya loh sahabat Borneo Channel.

Pasalya cita rasa Serabi khas Kota Cirebon lebih cenderung ke rasa asin di bandingkan rasa manis loh. Karena Serabi khas Kota Cirebon ini berbahan dasar dari telur, oreg tempe, tempe goreng, oncom, hingga tauco. Jadi sahabat Borneo Channel mendapat sensasi rasa yang berbeda ketika menyantap Serabi dari Kota Cirebon ini loh. Namun begitu tekstur rasa asin dan juga gurih dari Serabi khas Kota Cirebon ini tidak kalah lezatnya loh dengan kebanykan Serabi.

Rugi banget deh kalau sahabat Borneo Channel berkenjung ke Kota Cirebon tapi nggak nyobain Serabi khas Kota Cirebon ini, cobain ya dan rasakan sensasi rasa serabi yang satu ini di jamain lezat deh.

3. Tape Ketan, Makanan tradisional khas Cirebon

(foodnesia.net) makanan khas cirebon Tape ketan

Tape khas dari Kota Cirebon harus banget kita cobain loh, pasalnya rasa tape yang satu ini legit banget dan bikin ketagihan deh hehehe. Tape yang satu ini memiliki rasa asam yang bikin seger berpadupadan  dengan rasa manis yang di berikan dari beras ketan.

Agar aroma si tape tetap harum, adonan tape dan beras ketan  dibungkus dengan daun pisang  loh, setelah itu dikukus hingga matang.

Makanan khas cirebon ini juga termasuk jajanan yang gampang ditemui loh. Jadi kalau sahabat Borneo Channel  berkunjung ke Kota Cirebon, jangan lewatkan jajanan yang satu ini ya .

4. Sate Kentang

khas makanan cirebon
(seasonalspuds.com) sate kentang

Sate pada umumnya merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam, sapi, hingga kambing. Kemudian ditusuk dan disantap biasanya dengan lontong maupun nasi.

Hmmm tetapi dikota Cirebon ada loh jajanan sate yang unik. Jika sate tadi kebanyakan berbahan dasar dari daging ayam, sapi, ataupun kambing, namun di Kota Cirebon malah menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya loh.

Sate kentang ini terbuat dari kentang yang direbus dan ditusuk dengan mambu layaknya sate pada umumnya. Setelah itu sate kentang ini diberi bumbu khusus agar cita rasanya jadi lebih enak.

Jajanan khas cirebon yang satu ini termasuk jajanan yang bisa buat perut kita jadi kenyang loh, kalau kita makan sate ini pakai nasi juga sangat cocok loh, dan jangan diragukan lagi kenikmatannya.

Jadi kalau sahabat Borneo Channel berkunjung ke Kota Cirebon rugi deh kalau nggak nyobain sate yang satu ini hehehe.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas cirebon dan cemilannya.  Kalau berkunjung ke Kota Cirebon, jangan lupa untuk merasakan cita rasa kulinernya ya, sobat Borneo Channel. Nuhun.

Previous

Daftar Terlengkap Minuman & Makanan Khas Madura Yang Terfavorit

Minuman dan Makanan Khas Sulawesi Tenggara Beserta Resepnya

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.