Nama Rumah Adat Betawi Tempo Dulu, Keunikan, Makna, Manfaat dan Kegunaan!

Sending
User Review
5 (1 vote)

Rumah Adat Betawi- Perkembangan dunia digital sangat mempengaruhi Perkembangan Bangsa. Dimna pemuda dan pemudi zaman sekarang memang harus memiliki chalenge khusus lebih utamnya di segi hal pengetahuan sejarah. Seiring dengan kemajuan teknologi, informasi dan stlye hidup, nyatanya memiliki efek yang lumayan siginifikan bagi mereka.

Terbukti Terbukti, tidak sedikit generasi muda yang tidak tahu asal usul adat dan budayanya, Di samping itu selain sejarah yang sangat penting, sejarah juga memiliki nilai tertentu yang khas, dan motivasi untuk masa depan.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi milenial sepatutnya meminta keras memahami asal muasalnya alasan mereka tahu apa yang mesti mereka aplikasikan untuk masa depan yang akan datang.

Dan kali Penyanyi borneochannel.com akan membagikan  Pengetahuan TENTANG rumah adat betawi berikut 

  • Keunikan Dan Macam Macam Rumah Adat Betawi
  • Konstruksi Pembangunan Rumah
  • Pembagian Ruang
  • Rumah Adat Betawi Tempo Dulu
  • Filosofi Rumah Adat Betawi

Keunikan Dan Macam Macam Rumah Adat Betawi

Keunikan Dan Macam Macam Rumah Adat Betawi

Keunikan rumah adat betawi Ada dua jenis rumah adat betawi yaitu rumah Gudang dan juga rumah Joglo. Akan tetapi kedua rumah ini memiliki kurang dan lebih terkenal sehingga rumah kebaya yang populer dan resmi menjadi rumah khas Betawi.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian di rumah kebaya yang membahas masalah kostruksi dan desain dqn juga ornamen rumah kebaya:

1. Konstruksi Pembangunan Rumah

Konstruksi Pembangunan Rumah betawi

Ada beberapa hal dalak keunikan ini antara lain yaitu pondasi-pondasi, pendopo atap, dinding dan juga hiasan pernak dan pernik lainnya. Selain itu, Pondasi rumah, Kaso dan Dinding, Atap, Reng, dibuat dari bahan kayu, daun pintu dibuat dengan lebar.

2. Pembagian Ruang

Pembagian Ruang rumah adat betawi

Pembagian Rumah kebaya juga terbagi dalam bebepa ruang mulai dari teras, kamar tamu dan juga kamar tidur sampai dapur.

Rumah Adat Betawi Tempo Dulu

Rumah Kebaya Adat Betawi

Rumah Kebaya

Salah satu rumah khas betawi yang sangat familiar adalah Rumah Kebaya yang juga khas dengan pagar yang mengitari teras depan rumah. Dalam nilai filosofis tersebut, ini merupakan indikasi bahwa orang suku betawi walaupun terbuka tapi mempunyai batas-batas yang tertentu dari hal-hal yang dianggap negatif oleh mereka yang utama yang berdasarkan pertimbangan nilai-nilai agama.

Kita juga tahu, dan banyak yang saat ini juga sangat runtuh nilai budayanya karena budaya asing yang sudah masuk ke dalam budaya kita. tanpa memiliki daya imun untuk memproteksi budaya local tersebut, berat rasanya  budaya lokal dapat lestari. Sebagaimana nilai filosofi yang di atas akan menerima budaya yang sangat baik dan meninggalkan budaya buruk.yang tidak baik untuk di terapkan

baca juga artikel terkait: Daftar Pakaian Adat Betawi Asli Beserta Namanya

Rumah Adat Betawi Tempo Dulu

Rumah Adat Betawi Tempo Dulu yaitu Rumah Kebaya yang ditentukan oleh pagar kayu. Dari Bagian Depan rumah yang luas dari teras yang sangat luas dengan bal dari rotan kayu, dan bambu, atau kayu jati. Lantainya juga merupakan simbol penghormatan bagi tamu yang baru datang.

1. Tangga Penghubung

Tangga Penghubung adat betawi

Rumah Adat Betawi memiliki tangga yang menghubungkan bangunan utama dengan daerah luar. Tangga yang menghubungkan gejogan luar rumah yang dikenal dengan sebutan balak suji, memiliki arti “komunikasi” penghalang masuknya, bencana ke dalam rumah.

2. Ruang Belakang Rumah Adat Betawi

Ruang Belakang Rumah Adat Betawi

Di bagian Ruang belakang dari rumah khas Betawi yang berisi dapur atau srondoyan, kamar mandi, ruang makan, gudang, dan pekarangan. Wilayah ini hanya boleh di khusuakan oleh penghuni saja.

3. Samping Rumah Adat Betawi

Samping Rumah Adat Betawi

Di bagian samping rumah terdapat area tempat makam keluarga. Keberadaan makam ini juga berlaku untuk anggota keluarga yang masih dapat mengingat kematian. Dari Posisi makam ini yang dekat dengan rumah juga mudah dipahami dan menziarahinya dengan mudah.

Filosofi Rumah Adat Betawi

Filosofi Rumah Adat Betawi

Mempelajari Filosofi Rumah Khas Adat Betawi Sebutan rumah adat betawi ini berawal dari Konstruksi atap rumah dilihat dari samping memiliki Lipatan-lipatan yang sangat mirip dengan kain kebaya. Sementara Kain kebaya merupakan kain tradisional khas betawi yang sampai sekarang sering digunakan oleh para kaum wanita betawi pada saat upacara-upacara adat dilaksanakan.

Rumah unik betawi ini adalah pendopo yang sangat tergolong luas. Terasnya ini juga dilengkapi dengan beberapa meja dan kursi berbahan kayu yang digunakan untuk menjamu para tamu-tamu yang sedang berkunjung ke rumah tersebut.

Adanya pendopo yang sangat luas untuk orang betawi sangat terbuka untuk tamu-tamu atau orang-orang baru yang ingin berkunjung. Suku betawi memiliki sifat pliralis dan bisa juga menerima perbedaan sebagai bentuk perbedaan yang melekat dari budayanya.

baca juga: Pakaian Adat dan Filosofi Kebudayaan Kalimantan Selatan

Rumah Adat Betawi Gudang

rumah gudang betawi

Rumah Gudang yang merupakan rumah adat suku betawi walau hanya rumah kebaya yang hanya tercatat sebagai rumah adat resmi betawi, tapi tidak salahnya juga kalua kita mengenal rumah gudang yang juga rumah adat suku betawi. Rumah adat ini juga nampaknya masih asli dan belum terpengaruh oleh budaya-budaya luar. Di sisi itu, rumah ini juga berada di daerah yang terpencil sehingga agak rumit diinfiltrasi oleh budaya-budaya luar

Rumah Gudang memiliki juga sangat unik dengan bentuk persegi panjang dan ukuran yang begitu sangat bervariasi tergantung dalam situasi dan keadaan dan sekitarnya. Atapnya yang seperti pelana kuda, dan juga lalu bagian depannya diberikan atap kecil dengan kondisi yang melandai. Bagian ini yang sering disebut markis atau dak

Hal tersebut di dasari beberapa maksud dan Fungsi atap ini tiada lain agar terlihat nyaman dan juga menjaga dari hawa panas dari matahari dan menjaga dari siraman air hujan. Adapun dalam  pembagiannya, rumah ini juga dibagi dua area yaitu bagian depan dan tengah. Sementara yang  bagian belakang digabungkan dengan bagian tengah. Bagian depan tersebut digunakan untuk menerima tamu dan bagian tengah fungsinya untuk ruang keluarga, dan lain-lain.

Dan bagaimana bebrapa membahas artikel dari rumah khas adat betawi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi sahabat yang membaca.

baca juga artikel yang lain: Rumah Adat Jawa Barat Yang Saat InI Viral

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.