[Terlengkap] 6 Rumah Adat Jawa Barat, Keunikan, Manfaat dan Kegunaan!

Sending
User Review
5 (1 vote)

Rumah Adat Jawa Barat- Penduduk lokal yang memiliki julukan Sunda, entah Bagaimana ?? masyarakat Jawa Barat juga kenal dengan sebutan dengan Urang Sunda. Semua orang menyukai kebiasaan yang sangat ramah dan sopan, murah senyum, bersahaja, dan selalu optimis.

Alih-Alih! Di balik itu semua memiliki Manfaat dan mengubah dengan apa yang mereka percayai dan hal apa saja yang menjadi fokus keseharian mereka. Urang Sunda, akan tetapi rumah adat Jawa Barat juga menjadi faktor-faktor yang menunjukkan sifat seseorang.

Makna Filosofi yang terkandung dan sering didengar di dalam Rumah Adat Jawa Barat tidak sembarang karena dalam setiap susunan ukiran-bangunan bentuk Rumah, serta gambar Rumah yang mudah dapat menjadi daya tarik seseorang untuk selalu bersyukur

Selain itu jugab, Rumah Adat Sunda juga punya kuatan dari setiap sendi-sendinya yang dapat mengatasi masalah geografis seperti Longsor, angin, hujan, dan juga dapat menyelamatkan dari bahanya Cuacayang sangat berbahaya.

  • Rumah Adat Jawa Barat Jolopong
  • Rumah Adat Perahu Kureb Jawa Barat
  • Rumah Adat Julang Ngapak
  • Rumah Tagog Anjing
  • Rumah Adat Capit Gunting
  • Rumah Adat Badak Heuay

Arsitektur Rumah Adat Jawa Barat.

Arsitektur Rumah Adat Jawa Barat.

bersama borneochannel.com yang selalu menyajikan artikel menarik dan inovatif seputar budaya, Lingkungan dan tidak lupa dengan artikel lainnya. Nah, sahabat traveler pada kesempatan ini borneochannel.com masih tetap membuat kejutan Arsitektur Rumah Adat Jawa Barat Dan Keunikan Rumah Adat Jawa Barat

Setiap arsitektur rumah adat Jawa Barat yang sangat penting dari mana asal usul daerahnya. Berbeda, maka akan ditemukan dari perbedaan dan model Pondok. Yang pasti berbeda rumah adat di Jawa Barat menjadi ikon budaya Indonesia.

Semua ini karena Indonesia kaya akan budaya. Banyak suku yang ada di Jawa barat yaitu:, Betawi, Sunda, Baduy, Jawa dan suku Cirebon. semua suku ini memberikan kontribusi dan variasi terhadap bentuk rumah di Jawa Barat.

pentingnya untuk borneochannel jelaskan bagi pembaca. Karena tidak bisanya dan lalainya kita meminta budaya lokal, beberapa waktu yang lalu salah budayawan Indonesia diklaim oleh negara tentagga dan banyak rakyat Indonesia marah.

Kesimpulan Hikmah dari kejadian tersebut, kita sebagai rakyat Indonesia generasi muda mari sama-sama kebebasan budaya Bangsa Indonesia jangan sampai lengah. Kalau bukan dari kita siapa lagi.

baca juga artikel terkait: Pakaian Adat Jawa Barat Yang Elok Dan Rupawan

1. Rumah Adat Jawa Barat Jolopong

Rumah Adat Jawa Barat Jolopong

Rumah Adat Jolopong yabg Dahulunya rumah ini dapat ditemukan di daerah pedesaan. Jika dilihat dari arstitekturnya, Jalopong adalah rumah adat Jawa Barat yang paling sangqt sederhana.

Dari Desainnya terbilang geng sederhana yang juga hemat dalak bahan bangunan. Atapnya berbentuk pelana tanpa aksesoris yang berlebihan di atas. Jalopong yang istilahnya berarti terkulai atau tergolek lurus.

Arsitektur Pembagian ruangannya pun tergolong sederhana, tengah, emperan rumah atau kamar tidur, teras, dan dapur. Dan Ada juga yang menyebut Jalpong dengan istilah “suhunan”.

Desain yang sederhana membuat banyak orang memilih desain rumah itu. Jika teman ingin melihat langsung, rumah Jalopong masih bisa ditemukan di Garut, Jawa Barat lho.

2. Rumah Adat Perahu Kureb Jawa Barat

Rumah Adat Perahu Kureb Jawa Barat

Rumah adat Perahu kureb ini memiliki sketsa empat bagian utama, yaitu bagian depan dan belakang yang membentuk trapesium dan bagian kanan dan kiri yang membentuk segitiga sama sisi. Jika dilihat dari namanya saja, atap dari rumah ini mirip dengan perahu terbalik.

Karena Salah satu kekurangan rumah ini mudah bocor di musim penghujan. Karena jumlah sambungan-sambungan kayu di atap jadi lebih mudah didapat tampias ke dalam rumah. Untuk Sketsa Rumah jenis biasa ditemukan di daerah Ciamis, Jawa Barat juga.

3. Rumah Adat Julang Ngapak

Rumah Adat Julang Ngapak

Selanjutnya adalah rumah adat yang bisa diartikan burung yang sedang mengepakkan sayapnya.menarik bukan ??? Ini sangat terlihat dari bentuk atap yang sangat mirip dengan burung yang sedang mengepakkan sayap-sayapnya.

Masyarakat Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat masih banyak yang mengambil desain rumah seperti ini lho. Karena Dapat Jadi Besar Dari Mereka Yang Mengkombinasikan Dengan Desain Modern.

Dari Bagian atapnya biasa menggunakan ijuk, rumbia, atau alang-alang. Sementara itu juga untuk menopang bangunannya yaitu dengan menggunakan bambu di empat bagian.

4. Tagog Anjing

Tagog Anjing

Selanjutnya adalah Rumah adat Jawa Barat lainnya adalah Tagog Anjing. Diposting dengan istilah karena bentuknya yang sangat mirip dengan anjing yang sedang duduk. Dari Bentuknya yang sangat mirip dengan rumah panggung namun pondasinya juga tidak terlalu tinggi.

Merupakan kayu yang menjulang dari tanah dan seperti menopang rumah, atapnya berbentuk segitiga dan terlihat menyatu dengan rumah. Desain Rumah Tagog Anjing ini dibuat persegi panjang dan dibangun memanjang ke belakang.

Karena dalam Bagian terasnya disebut sorondoy yang memiliki fungsi berjalan dari sinar matahari yang langsung masuk ke dalam rumah. Menggunakan Warga Garut Jawa Barat, banyak yang menggunakan desain rumah Tagog Anjing ini. Sebagai ikon mereka

5. Rumah Adat Capit Gunting

Rumah Adat Capit Gunting

Rumah adat selanjutnya disebut Capit Gunting, karena di bagian atap rumah dibuat Desain seperti Capit Gunting. Desain Ruang Tidur, Ruang Tidur, Ruang Tengah, dan Dapur. Rumahnya berbentuk persegi panjang, dengan memanjang ke belakang.

Rumah adat ini juga ada di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain beberapa bangunan kantor di Jawa Barat atau instansi lain juga menggunakan model atap ala Capit Gunting ini karena selain bentuknya menarik bangunanini memilikii makna khusus.

baca juga artikel lainnya: Rumah Adat Aceh Yang Dikenal serambi Mekah

6. Rumah Adat Badak Heuay

Rumah Adat Badak Heuay

Arsitektur rumah dengan desain atap badak heuay yang sangat sama dengan atap tagog anjing ini. Hal yang membedakan hanya pada bidang yang di belakang, atap tersebut yang lurus ke atas yang melewati batang-batang suhunan sedikit, bidang atap yang melewati suhunan tersebut dinamakan rambu.

Sementara Daerah-daerah di Jawa Barat yang masih banyak ditemukan beberapa pemukiman penduduk masih menggunakan bahan-bahan tradisional dengan bentuk atap badak heuay yang salah satunya didaerah Sukabumi

Nah … !!! Sekian dari borneochannel.com versi artikel berbagai macam rumah adat.Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak yang telah dimuat untuk disimak tulisan ini baca juga artikel yang lain:  Rumah Adat Betawi Yang Legendaris

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.