Pakaian Adat Kalimantan Timur & Senjata Adat Lengkap

Sending
User Review
0 (0 votes)

Pakaian Adat Kalimantan Timur– Kalau mendengar kata ataupun tempat yang bermuara dan berasal dari Kalimantan ini pasti akan terbayang pulau yang masih terjaga keasriannya masih menjaga alam dan hutannya dengan baik ya kan Bornean? Tentu iya.

Kalimantan Timur merupakan provinsi yang berada di ujung Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Dengan luas total Kalimantan Timur adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara beribukotakan Samarinda. Setiap Provinsi yang ada di Indonesia memiliki pakaian, makanan, senjata tarian khas dari provinsi mereka sendiri begitupula dengan Kalimantan Timur ini. Mau Tau ada apa saja di Kalimantan Timur? Baca terus sampai habis.

Baca Juga :Daftar & Makna Pakaian Adat Papua

 1. Pakaian Adat Kustim

Pakaian Adat Kustim ini berasal dan dipakai oleh suku Kutai loh Bornean. Pakaian Adat Kalimantan Timur yang satu ini merupakan salah satu busana resmi pernikahan jaman dulu. Perlu diketahui Bornean Kustim ini berasal dari bahasa Kutai yang berarti Busana. Busana yang ditampilkan dari Kustim ini sungguh elok dan mewah dibalut dengan bahan dasar beludru hitam yang dipasang dodot rambut bundar berhiaskan lambang wapen. Untuk wanita biasanya dipadukan dengan rambut yang disanggul layaknya adat Jawa.

Baju Kustim
https://www.instagram.com/p/8NhjXpuKQC/ Ajivirna

2. Pakaian Adat Ta’a dan Sapei Sapaq

Pakaian ini berasal dari Dayak Kalimantan Timur ni Bornean lebih khususnya Dayak Kenyah yang merupakan suku Dayak Mayoritas di Kalimantan Timur. Untuk wanita pakaian ini diberi nama Ta’a dengan diberi ikat kepala yang terbuat dari Pandan serta baju atasan Inog dan roknya. Sedangkan untuk pria dinamakan Sape Sapaq. Apabila dilihat sekilas pakaian antara wanita dan pria ini seperti sama tetapi ada perbedaanya loh Bornean. Dilihat lagi dengan seksama perbedaannya dari rompi serta celana dalam ketat dan yang terakhir aksesoris senjata tradisional Kalimantan Timur.

Pakaian Ta'a Sapei Sapaq
https://qlapa.com/blog/review-baju-adat-kalimantan-timur-yuk-kenali-ada-apa-aja

3. Pakaian Adat Bulang Kuurung

Pakaian ini Bornean merupakan pakaian adat suku Dayak. Baju ini memiliki 2 penamaan yaitui tanpa lengan yang dinamakan dekot tangan (pakaian dengan lengan pendek) serta lengke (pakaian dengan lengan panjang). Biasanya pakaian ini hanya digunakan dan dipakai oleh para dukun dari Kalimantan TImur.

Pakaian Bulang Kuurung

https://qlapa.com/blog/review-baju-adat-kalimantan-timur-yuk-kenali-ada-apa-aja

Baca Juga :Pakaian Adat Kalimantan Selatan

4. Pakaian Adat Bulang Burai King

Bulang Burai King ini Bornean merupakan baju dayak yang sangat terkenal di Kalimantan Timur. Hampir semua keluarga dayak mempunyai pakaian adat yang satu ini ni Bornean dikarenakan pakaian ini merupakan pakaian wajib upacara adat Dayak. Desainnya yang unik dan istimewa dengan banyaknya hiasan manik-manik  dipadukan dengan hiasan kepala serta tangan terbuat dari bulu burung Enggang yang ditata indah berjuntai-juntai menambah aksen rupawan dan tradisional ya Bornean?

Pakaian Adat Kaltim

http://pakarsandang.blogspot.com/2016/10/mengenal-pakaian-suku-dayak.html

5. Pakaian Adat Sakai

Baju Sakai mempunyai keunikan dan keanggunannya tersendiri ni Bornean, khususnya untuk busana yang di kenakan oleh wanita. Dengan model desain kebaya lengan panjang dan pada bagian bawahannya memakai Tapeh Badong, ciri khas batik Celup Kutai, memakai kalung tiga susun dan memakai kembang goyang tiga cabang, di atas sanggul yang bernama Tapak Langit yang dililit bunga melati dan juga memakai Tajok mawar.
Untuk menyelaraskan seiring perkembangannya, maka pria juga menggunakan busana Sakai , yang mana dulunya hanya ada busana Sakai untuk wanita, cantik ya Bornean?
Baju Sakai
https://www.instagram.com/p/8NhjXpuKQC/ Ajivirna

Senjata Tradisional[Andalan dan Kebangaan KalimantanTimur]

Setelah mengetahui pakaian adat Kalimantan Timur, di atas Kalimantan Timur juga mempunyai senjata tradisional yang menjadi andalan serta kebangaan dari Kalimantan Timur loh bornean, penasaran ada senjata apa saja di Kalimantan Timur? Baca sampai habis ya

1. Mandau

Mandau merupakan senjata tradisional dari Kalimantan Timur yang biasanya digunakan oleh raja-raja ataupun kepala suku dayak. Memiliki ciri khas yaitu ukiran-ukiran pada bilahnya yang tidak terlalu tajam. Dipercaya senjata tradisional ini merupakan benda keramat yang disakralkan di Kalimantan Timur. Mandau memiliki banyak macam dan jenis yang menjadi ciri pembeda dari suku Dayak tersebut.

Mandau dilambangkan sebagai pionir atau perintis dalam perjuangan sehari-hari untuk menumpas, memotong, membersihkkan, meratakan, serta mencegah dari rintangan dan halangan yang dihadapi, baik bahaya yang datang dari dalam maupun dari luar. Sejarah mencatat bahwa mandau yang asli sebenarnya dibuat dari batu gunung yang dilebur secara khusus oleh orang yang ahli, dengan diberi hiasan emas, perak atau tembaga.

Mandau
https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/koleksi/keris/amv554-jual-mandau-dayak-kenyah-kaltim-tua-dan-murah

Baca Juga :Pakaian Adat Jawa Barat Modern

2. Sumpit

Mendengar kata sumpit, apa yang terbayang di pikiran kalian bornean? sumpit untuk makan ? lah kok sumpit dijadikan senjata ? Perlu diketahui Bornean, sumpit  merupakan senjata tradisional Masyarakat Dayak. Keunggulannya adalah bisa digunakan sebagai senjata jarak jauh dengan tingkat akurasi atau ketepatan menembak mencapai 200 m dan tidak menimbulkan suara. Sumpit biasanya digunakan untuk berburu binatang dan bisa juga dijadikan mas kawin.Terbuat dari bilahan bambu sebagai batang (pipa sumpit) dan anak panah (damek) yang dibuat dari bilah bambu.

Sumpit
https://pampangsuniaso.wordpress.com/2009/08/26/sumpit-dance-traditional-warrior-dance-from-pampang/

3. Dohong

 Senjata Tradisional Kalimantan Timur ini  berbentuk seperti keris tetapi lebih besar dan tajam pada kedua sisinya. Pada bagian ujungnya terbuat dari tanduk dan sarungnya dari kayu. Senjata ini hanya boleh digunakan oleh kepala-kepala suku.

Dohong
https://asyraafahmadi.com/in/pengetahuan/spesialisasi/persenjataan/senjata-tradisional/dohong/

4. Telawang (Perisai)

Telawang merupakan alat pelindung dari serangan musuh ketika berperang. Berbentuk prisma dengan lebar 30-50cm dan tinggi 1.5-2m.Talawang adalah perisai yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Talawang berbentuk persegi panjang yang dibuat runcing pada bagian atas dan bawahnya.  Sisi luar talawang dihias dengan ukiran yang mencirikan kebudayaan Dayak, sementara bagian dalamnya diberi pegangan.

Perisai Dayak
https://deskgram.net/explore/tags/perisaidayak

 

Itu dia Bornean pakaian, senjata sekaligus tarian yang ada di Kalimantan Timur. Mau tau Pakaian ataupun ada apa aja di Indonesia bisa dibaca artikel lainnya di Borneo Channel ya Bornean selain menambah wawasan kalian juga bisa mendapatkan hal baru yang bisa kalian temui di sana.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.