Daftar & Makna Pakaian Adat Papua yang unik dan Khas dari Papua!

Pakaian Adat Papua– Papua merupakan Provinsi yang memiliki pesona indah yang ditampilkan dengan panorama wisatanya serta suku yang ada disini Bornean. Selain itu Papua  memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan jumlah populasi penduduk hanya sekitar 2,3 juta. Jauh sebelum era globalisasi masuk merambat ke Indonesia, Papua dikenal dengan Provinsi yang kental dengan adat istiadatnya bahkan hingga sekarang adat istiadat itu tidak pernah hilang dari segi perilaku, keagaamaan, makanan, pakaian dan lain sebagainya. Papua memiliki beberapa pakaian Adat yang unik ni Bornean, simak penjelasannya berikut:

Baca Juga Daftar Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Papua dan Maknanya

Perlu diketahui Bornean, pakaian adat Papua ini memiliki makna dan simbol tersendiri bagi pengguna dan pemakainya. Simak penjelasannya di bawah ini ya:

1. Pakaian Adat Sali

Pakaian Sali ini pakaian yang khusus diperuntukkan untuk dikenakan pada wanita single/lajang di daerah Papua ni Bornean. Mengapa hanya wanita single yang boleh menggunakan pakaian Sali ini Bornean ? Ternyata terdapat alasan yang mendasarinya tersebut yaitu Pakaian Adat Papua ini berbahan dasar kulit pohon yang membuat pakaian ini sukses memberikan efek/dampak warna kecoklatan pada gadis Papua yang menggunakannya sehingga kulit-kulit wanita Papua yang masih single ini berwana coklat eksotis bewarna coklat alami dan membuat pakaian ini tidak diperuntukkan untuk wanita yang sudah menikah.

Pakaian Sali
https://www.instagram.com/p/BpeZtKKFxUa/

2. Pakaian Adat Holim/Koteka

Seperti yang sudah disampaikan di atas Bornean, Papua ini memiliki ciri khas, dan keunikan dari segi  pakaian adat nya lain daripada yang lain. Seperti pakaian adat Papua yang satu ini pakaian holim/koteka yang hanya dikhususkan dan diperuntukkan untuk lelaki dan bisa dikenakan untuk pria yang sudah menikah ataupun belum menikah. Perlu kalian ketahui Bornean, Koteka ini yang menjadi ikon unik yang hanya bisa dijumpai di Papua. Bagaimana tidak, pakaian ini menutupi kemaluan pria yang biasa digunakan sehari-hari serta upacara adat. Terdapat perbedaan koteka untuk acara adat dan hari-hari biasa. Pada hari-hari biasa koteka yang digunakan lebih pendek sedangkan acara adat lebih panjang dan dihiasi dengan pahatan ukiran etnik Papua.

Pakaian Holim/Koteka
https://www.instagram.com/p/BIjt683jV7X/

3. Pakaian Adat Yokal

Setelah pakaian khusus wanita single/lajang serta pakaian adat khusus pria sekarang ini pakaian khusus wanita yang sudah menikah yaitu pakaian Adat Yokal. Sayangnya pakaian ini hanya bisa ditemui di Papua bagian Barat tidak untuk diperjualbelikan di dalam provinsi dan di luar provinsi hanya diperuntukkan di Papua Bagian Barat. Pakaian Adat Yokal ini memiliki makna dan memiliki arti kedekatan penduduk Papua dengan alam sekitar sehingga tidak sembarangan dan tidak diperjualbelikan. Unik ya bornean?

Pakaian Yokal
https://travel.detik.com/dtravelers_photos/u-2113254/keluarga-ladang-dan-perang-bagi-kehidupan-perempuan-ini/1

4. Rok Rumbai

Siapa yang tak tahu dengan rok rumbai ini. Rok yang menjadi simbol dari warga asli Papua. Rok rumbai ini bisa dikenakan untuk wanita dan pria. Berbahan dasar susunan daun sagu kering , untuk menambah aksen mempercantik tampilan wanita papua biasanya penggunaan rok rumbai juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris lain. Seperti hiasan kepala dari bahan ijuk, bulu burung kasuari, atau anyaman daun sagu. Ada juga manik-manik dari kerang, taring babi diletakan di antara lubang hidung, gigi anjing yang dikalungkan di leher dan lain sebagainya.

Rok Rumbai
https://bajutradisionals.com/baju-adat-papua/
https://www.instagram.com/p/BrKsBetgcyK/

Baca Juga :Pakaian Adat Naggroe Aceh Darussalam Modern

 

Senjata Adat Papua

Setelah mengetahui pakaian adat dari Papua ini, di Papua juga terdapat senjata yang biasa digunakan untuk sehari-hari, upacara adat ataupun untuk aksesoris tambahan dari pakaian adat di atas. Bisa dilihat penjelasannya di bawah ini Bornean:

1. Busur dan Panah

Senjata Adat Papua yang satu ini  diperuntukan sebagai senjata  utama suku-suku yang ada di Papua. Senjata tradisional busur dan panah ini digunakan untuk berburu dan berperang. Busur ini berbahan dasar bambu atau kayu, sedangkan tali Busurnya terbuat dari rotan, selanjutnya anak panah yang akan digunakan terbuat dari bambu, kayu atau tulang kangguru. Perlu diketahui ni Bornean ternyata Busur dan Panah di Papua ini merupakan senjata yang paling populer digunakan oleh masyarakat Papua. Senjata ini termasuk yang sering mereka gunakan. Ada yang unik dan keren dari senjata adat Papua yang satu ini ni Bornean, yaitu mata panah dari busur ini yang mana  mata panah ini umumnya akan dibubuhi cairan racun yang berasal dari getah tumbuhan hutan guna menambah efek luka.

Busur dan Panah Papua
https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/papua-barat/budaya-papua-barat/sumber/busur-dan-panah.html

2. Tombak

Senjata dari Papua yang satu ini biasa digunakan untuk menyerang jarak jauh yang disebut tombak. Tombak ini diperuntukkan untuk  berburu dan perang. Tombak ini juga berbahan dasar gagang kayu dan batu tajam atau tulang sebagai mata. Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang telah merambah ke Papua , senjata yang satu ini  telah dibuat dari logam. Selain itu, Tombak ini juga dapat digunakan untuk pertanian.

Tombak papua
http://muafashrdn.blogspot.com/2017/10/senjata-andalan-papua.html

 

3. Pisau Belati

Senjata Adat Papua ini yakni pisau belati merupakan Pisau Tradisional yang mungkin menjadi andalan mereka. Namun, perlu diketahui ni Bornean bahwa belati Papua sangatlah  berbeda dari belati di bagian lain nusantara. Jika belati umumnya terbuat dari bilah logam, pisau belati Papua hanya terbuat dari kasuari – burung yang endemik di Papua.

Berbahan dasar dari tulang Kasuari yang dipilih karena mudah dan tajam tetapi memiliki struktur yang kuat. Untuk pegangannya  dilengkapi dengan bulu burung kasuari atau serat alami. Suku-suku tradisional Papua Biasanya menggunakan senjata ini untuk berburu, bertarung dan mengambil hasil hutan.

Pisau Belati Papua
https://asyraafahmadi.com/in/pengetahuan/spesialisasi/persenjataan/senjata-tradisional/belati/

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Barat Yang Elok Dan Rupawan

4. Kapak Batu

Kapak batu biasanya digunakan oleh masyarakat dari Suku Asmat sebagai alat untuk menebang pohon dan membantu mereka dalam proses pembuatan sagu. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan mengetuk bagian batu yang menunjuk pada objek yang akan dipotong. Misalnya kayu, daging atau sesuatu yang lain. Kapak ini ternyata multi fungsi dikarenakan selain sebagai senjata, kapak batu bagi Suku Asmat merupakan benda yang mewah, mengingat cara pembuatannya yang rumit dan bahan baku batu nefrit yang sulit ditemukan. Bahkan, karena dianggap sangat berharga, kapak batu oleh masyarakat Suku Asmat sering dijadikan mahar dalam suatu pernikahan.

Kapak Batu
https://www.jualo.com/koleksi/iklan-yage-ukul-kapak-batu-papua-kuno-langka-dan-antik

 

Keren dan unik kan pakaian adat Papua sekaligus senjata Papua yang bisa digunakan sebagai senjata ataupun aksesoris mereka. Udah dibilang Indonesia kaya akan keberagaman suku yang cantik, indah, keren dan unik. Mau tau pakaian adat Indonesia lainnya? Bisa kalian kunjungi di situs Borneo Channel ini;

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.