Jual Kolam Terpal Murah, Pengiriman Seluruh Indonesia!

Jual kolam terpal- Kolam terpal merupakan kolam yang memanfaatkan terpal tahan air sebagai bahan dasar pembuatannya. Kolam terpal ini dijadikan alternatif oleh para peternak ikan untuk membudidayakan ikan dengan lahan terbatas sebagai pengganti kolam tanah ataupun kolam semen. Biaya yang dikeluarkan pun relatif lebih murah dibanding kolam semen atau kolam tanah.

Jika dibandingkan dengan kolam lain seperti kolam semen, harga kolam terpal dapat dibilang lebih terjangkau. Selain itu kolam terpal juga dapat diaplikasikan di lahan terbatas seperti pekarangan rumah.

Harga Kolam Terpal

jual kolam terpal

Berikut adalah list harga kolam terpal bulat 2019 berdasarkan ukuran diameternya:

  • Harga Kolam Terpal Bulat Diameter 2 Meter Harga Rp 1.350.000,00
  • Harga Kolam Terpal Bulat Diameter 3 Meter Harga Rp 1.800.000,00
  • Harga Kolam Terpal Bulat Diameter 4 Meter Harga Rp 2.350.000,00
  • Harga Kolam Terpal Bulat Diameter 5 Meter Harga Rp 2.850.000,00

Harga diatas merupakan harga jual kolam terpal khusus kota Pontianak, harga bisa berubah sesuai jarak dan kondisi ekonomi area pengiriman. Untuk Informasi lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi kami Via WhatsApp sekarang!

Chat Via WhatsApp

Area Cakupan Pengiriman

Pesawat
https://walterpinem.me/mengatasi-ketakutan-naik-pesawat-terbang/
  • Jual Kolam Terpal Pontianak
  • Jual Kolam Terpal Jogja/Yogyakarta
  • Jual Kolam Terpal Bandung
  • Jual Kolam Terpal Jakarta
  • Jual Kolam Terpal Seluruh Indonesia

Keunggulan Kolam Terpal

Berikut beberapa keunggulan kolam terpal dibanding kolam lain, let’s cekidot !

1.  Proses Pembuatan Kolam yang Sederhana

Jual kolam terpal kerangka bambu
http://www.bertaniorganik.com/2018/03/27/cara-membuat-kolam-terpal-untuk-ternak-lele-agar-tidak-bocor/

Pembuatan kolam terpal tergolong sangat mudah. Cukup bermodalkan kerangka dan terpal tahan air, kegiatan pembangunan kolam sudah dapat dilakukan. Tahap-tahap pembuatannya pun sangat sederhana, dibanding kolam semen atau kolam tanah.

2.  Daya Tampung Benih Ikan Lebih Tinggi

Ikan Mas
https://alamtani.com/budidaya-ikan-mas/

Penumpukkan kotoran dan pakan sisa didasar kolam menjadi faktor utama penyebab kurangnya ruang gerak bagi ikan. Sebab penumpukkan tersebut dapat menghasilkan zat beracun yang berbahaya bagi ikan. Sehingga ikan tidak mau berenang didasar kolam.

Penggunaan terpal sebagai media pemeliharaan ikan menjadikan proses pembersihan kolam dari kotoran dan sisa pakan lebih mudah dibersihkan. Sehingga ruang gerak ikan menjadi lebih luas dan mampu menampung lebih banyak ikan.

3. Lebih Hemat Biaya

keuntungan menggunakan kolam terpal
http://brangkas.id/cara-menabung-dengan-cepat/

Karena proses pembangunan kolam menggunakan bahan-bahan yang tergolong cukup murah dan sederhana. Anggaran yang dikeluarkan pun bisa dihemat hingga 4x lipat dibanding kolam tanah atau kolam semen.

4.  Kegiatan Panen Lebih Mudah

Panen Ikan Lele
https://www.infoikan.com/2017/01/budidaya-ikan-lele-di-kolam-terpal-yang.html

Dalam proses pemanenan, ikan yang terdapat di kolam terpal juga lebih mudah untuk ditangkap. Selain karena ukuran kolam yang tidak begitu besar, sedikitnya kandungan lumpur dalam air kolam pun juga ikut serta dalam memudahkan penangkapan ikan.

5.  Pembersihan dan Pengeringan Kolam Setelah Panen Lebih Cepat

Jual kolam terpal lele
https://prassterpal.com/bau-pada-kolam-terpal-kotak/

Selain memudahkan kegiatan penangkapan ikan penggunaan kolam terpal juga membantu kegiatan pembersihan dan pengeringan kolam pasca panen menjadi lebih cepat dan praktis. Umumnya kolam tanah membutuhkan waktu 3-4 hari dalam proses pengeringan sedangkan kolam terpal hanya membutuhkan waktu 1-2 hari sebelum kolam digunakan kembali.

6.  Tingkat Kelangsungan Hidup Ikan Lebih Tinggi

keunggulan kolam terpal
https://tanipedia.co.id/cara-budidaya-ikan-bawal-di-kolam-terpal-hasil-melimpah/

Kualitas air dan kebersihan kolam yang lebih mudah terkontrol serta minimnya serangan hama dan penyakit pada ikan, sehingga tingkat kelangsungan hidup ikan di kolam terpal lebih tinggi.

Baca Juga: Jual Arwana Super Red

Faktor Penting Dalam Pengaplikasian Kolam Terpal

Walau proses pembuatan kolam terpal tergolong sederhana tapi dalam pengaplikasiannya tetap harus menyesuaikan dengan tujuan sebelumnya. Kolam terpal banyak dibangun diarea pekarangan agar lebih mudah dikontrol. Hal ini disebabkan karena dalam pengaplikasian-nya para peternak ikan harus memerhatikan beberapa hal penting agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan dan tidak mengakibatkan kerugian.

Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian kolam terpal:

  1. Dasar atau tempat peletakan kolam harus rata
  2. Untuk menghindari kerobekkan pada terpal, dianjurkan memilih bahan kerangka yang tidak tajam
  3. Proses pembuatan saluran pembuangan air harus berhati-hati agar terpal tidak mengalami kebocoran
  4. Jenis ikan yang akan dipelihara
  5. Ketinggian kolam harus menyesuaikan dengan ukuran ikan
  6. Perlakuan baik dianjurkan dalam proses panen dan pasca panen untuk menghindari kerusakan pada terpal

Jenis – Jenis Kolam Terpal 

Pada umumnya kolam terpal dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, atau peletakanya di tanah. Berikut 2 jenis kolam terpal dilihat dari peletakanya:

a. Kolam terpal diatas permukaaan tanah

Kolam terpal bulat
https://kolamterpal.net/

Kolam yang dibangun di atas permukaan tanah dengan menggunakan kerangka sebagai kontruksi atau penyangganya. Bahan pembuatan kerangka kolam terpal dapat dibuat dari bambu, pipa, kayu, atau batu bata. Bahan-bahan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

b. Kolam terpal didalam tanah

Jenis kolam terpal

Kolam yang dibangun dengan memasukkan kolam kedalam tanah atau lubang yang sudah digali. Jika hanya sebagian kolam yang dimasukkan kedalam tanah maka tepian kolam harus diberi kerangka sebagai penyangga kolam. Namun apabila keseluruhan kolam yang dimasukkan maka di sepanjang tepian kolam harus diikat atau dipasangi pasak.

Baca Juga: Jual Bibit Lele Unggul

Gimana mulai tertarik untuk membuat kolam terpal sendiri atau menjadi peternak ikan? Tapi kalau kalian nggak punya cukup waktu untuk membuat kolamnya sendiri langsung aja hubungi kami di kontak yang ada diatas! Lebih baik memulai tapi gagal sebagai pembelajaran daripada nggak sama sekali. Segini dulu artikel kita kali ini, jumpa lagi di next artikel yaw. See you . . .

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.