Jual Bibit Belut Murah

Jual Bibit Belut – Belut termasuk dalam kelompok ikan dan hidup di daerah tropis, dengan ciri fisik yang sedikit bersisik, memiliki sirip yang memanjang di bagian ekor, dan termasuk hewan Vertebrata atau tidak memiliki tulang rusuk.

Di Indonesia khususnya daerah persawahan, belut banyak dijadikan sebagai lauk karena mengadung gizi yang tinggi setara dengan gizi yang terkandung dalam ikan. Belut sawah dan belut rawa merupakan dua jenis belut yang banyak ditemukan di Indonesia. Belut sawah sedikit berbedan dengan belut rawa karena memiliki daging lebih tebal.

Selain untuk sumber pangan, belut juga dapat bermanfaat untuk mendeteksi pencemaran lingkungan maupun penurunan kualitas air. Penasaran dengan manfaat lain dari belut, berikut penjelasannya :

Harga Bibit Belut Super Murah

Bibit Belut Berkualitas
https://www.faunadanflora.com/cara-pembenihanpembibitan-belut/

 Jika kalian tertarik untuk mengonsumsi atau berniat untuk mulai budidaya belut, Borneo Channel menjual bibit belut yang murah dan sukses untuk dibudidaya. Kami menjual bibit belut dengan harga Rp 60.000/kg, dengan isi 75 -110 ekor belut/kg dengan rata-rata panjang belut 6 – 11cm.

Area Pengiriman Bibit Belut

  • Jual Bibit Belut di Pontianak
  • Jual Bibit Belut di Bekasi
  • Jual Bibit Belut di Jawa Tengah
  • Jual Bibit Belut di Jawa Timur
  • Jual Bibit Belut di Medan
  • Jual Bibit Belut di Tangerang
  • Jual Bibit Belut di Bogor
  • Jual Bibit Belut di Mojokerto
  • Jual Bibit Belut di Sidoarjo
  • Jual Bibit Belut di Seluruh Indonesia

Kandungan Gizi pada Belut

Belut Sawah
https://www.tribunnews.com/internasional/2018/06/11/orang-jepang-yang-mengaku-raja-belut-di-indonesia-ternyata-hanya-pemberi-makan-belut

Berikut ini merupakan kandungan gizi dalam belut / 100 gram menurut Departemen Kementrian Kesehatan Indonesia dan berbagai sumber lainnya :

KandunganJumlah
Kalori303 kkal
Protein18,4 gr
Lemak27 gr
Karbohidrat0 gr
Kalsium20 mg
Fosfor200 mg
Zat Besi20 mg
Vitamin A1600 SI
Vitamin B10,1 mg
Vitamin C2 mg
Air58 g
Omega 2, 3, dan 6 
Asam Folat 
Magnesium 
Selenium 
Letisin 
Arginin 

Baca Juga : Jual Green Coffee!

Manfaat Belut Bagi Kesehatan

Tubuh Bugar
https://surabaya.tribunnews.com/2014/06/18/ini-tujuh-cara-mudah-dan-sehat-untuk-menambah-berat-badan

1. Mengobati dan Mencegah Anemia

Manfaat yang pertama dari belut ini adalah dapat mengobati dan mencegah anemia. Hal ini dapat terjadi karena di dalam belut terdapat zat besi. Zat besi membantu membentuk hemoglobin yang merupakan bagian dari darah merah yang bertugas mengikat oksigen. Jika produksi hemoglobin meningkat, maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mencegah dan mengobati anemia.

2. Bagus Bagi Ibu Hamil

Saat masuk ke masa kehamilan, seorang ibu membutuh lebih banyak kalsium dan fosfor untuk janinnya, kalsium dan fosfor ini bermanfaat bagi pertumbuhan tulang pada janin. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor ini dapat diperoleh dari belut, karena kandungannya yang cukup tinggi dalam belut.

3. Sumber Protein Tinggi bagi Tubuh

Manfaat belut yang selanjutnya adalah menjadi sumber protein yang tinggi untuk tubuh. Belut dapat memenuhi kebutuhan protein harian tubuh dengan kandungan sebanyak 18,4 gram setiap 100 gram nya. Oleh karena itu, belut sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai sumber protein untuk sang ibu maupun janinnya, tentunya dengan porsi dan penyajian yang tepat.

4. Sumber Vitamin

Belut merupakan sumber pangan yang mengadung banyak macam vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C. yang tentunya menjadikan belut memiliki segudang manfaat, diantaranya adalah dapat menjaga kesehatan mata, kesehatan sel reproduksi, meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan dungsi enzim, membantu perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu pembentukan protein, penambah darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain – lain.

Baca Juga : Jual Bibit Lele!

Cara Membersihkan dan Mengolah Belut yang Benar

resep belut
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3965680/resep-belut-goreng-cabe-hijau-gurih

Belut termasuk lauk yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia, terutama jika diolah dengan bumbu – bumbu khas yang membuatnya terasa indonesia banget. Belut akan semakin nikmat jika kita membersihkan serta mengolahnya dengan cara yang tepat, karena tubuh belut berlendir dan punya isi perut yang seringkali memberikan rasa pahit jika tidak dibersihkan dengan baik.Berikut adalah tahap – tahap yang dapat kami berikan untuk kalian semua yang ingin mengolah belut :

1. Langkah pertama, pukul kepala belut, kemudian bersihkan lendir di tubuhnya dengan garam dan jeruk nipis.

Tubuh belut sangatlah berlendir sama halnya dengan ikan lele. Lendir pada tubuh belut membuatnya sulit untuk dipegang. Maka dari itu, saat belut masih hidup, pukul kepalanya agar berhenti bergerak dan mudah untuk ditangkap, kemudian bersihkan lendir pada tubuh belut agar mudah untuk diolah.

Caranya yaitu dengan taburi garam kasar ke seluruh tubuh belut dan beri air perasan jeruk nipis supaya tubuh belut kesat dan tidak amis, kemudian tunggu sekitar 5 menit dan cuci belut di bawah air mengalir sambil menggosok belut secara perlahan hingga semua lendirnya hilang.

2. Buang isi perut belut

Jika belut sudah bersih dari lendir, tahap berikutnya adalah membuang isi perut belut. Kenapa isi perut belut perlu dibuang? alasanya adalah jika tidak dibuang maka akan menyebabkan rasa pahit jika dimakan.

Cara membersihkannya yang pertama adalah belah bagian bawah tubuh belut secara memanjang dari bagian kepala hingga ke ekor. Kemudian, keluarkan isi perut belut dan bilas kembali belut hingga bersih. Kalian perlu berhati-hati saat mengeluarkan isi perut ini agar daging belut tidak ikut tersayat terlalu dalam. Karena, rasa pahit isi perut dapat terserap oleh daging belut yang tersayat tersebut.

3. Goreng belut sebelum diolah

Jika sudah melalui kedua langkah diatas, tandanya belut sudah siap untuk diolah. Sebelum diolah, sebaiknya belut digoreng dulu setengah matang. Hal ini dapat membuat bumbu lebih menyerap saat dimasak, membuat rasa belut menjadi lebih gurih, dan menghemat waktu saat diolah.

4. Ragam olahan belut

langkah terakhir adalah olah belut sesuai dengan keinginan masing -masing. Olahan belut yang cukup populer ada 3, yaitu mangut belut, belut balado, dan sambal belut. Persamaan dari ketiga hidangan belut ini adalah menggunakan belut yang sudah digoreng. Jadi, bisa dipayangkan betapa praktisnya memasak belut jika langkah ketiga diatas kita lakukan?

Baca Juga : Jual Kue Bingke Asli Pontianak!

Ternyata belut ini sangat kaya akan gizi dan tidak akan dengan ikan. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk menyantap belut. Apalagi ternyata cara membersihkan dan mengolahnya pun mudah. Jika tertarik untuk mengonsumsi atau kalian berniat untuk mulai budidaya belut, Borneo Channel menjual bibit belut yang murah dan sukses untuk dibudidaya. Jika tertarik untuk membeli bibit belut dari kami silakan hubungi kontak yang tertera diatas ya ^^

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.