[Easy Guide] Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah

Sending
User Review
0 (0 votes)

Cara Memutihkan Gigi –  Gigi merupakan bagian tubuh manusia yang sering dilihat orang. Bagian tubuh yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam sistem pencernaan. Selain sebagai alat penghalus makanan, gigi juga memiliki peran penting dalam menunjang penampilan.

Maka dari itu, memiliki gigi yang putih dan bersih sangatlah penting untuk menunjang kepercayaan diri dimana pun kita berada. Tak hanya itu, memiliki gigi yang putih dan bersih juga dapat memberikan kesan yang baik di mata orang lain. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehri-hari, terutama di dunia pekerjaan yang mengharuskan kita berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: Cara Menghitung IPK dan IP Semester Perkuliahan pada Sistem SKS

 

Apakah penyebab perubahan warna pada gigi?

Jika kita tidak perduli dengan perawatan gigi, maka gigi kita mengalami perubahan warna atau diskolorasi gigi. Perubahan warna gigi tidak selalu kuning, bisa saja abu-abu atau kecoklatan. Bahkan pada kasus terburuk gigi bisa menghitam dan keropos. Gigi yang tidak terawat dengan baik juga dapat memicu berbagai penyakit pada gigi. Maka dari itu sebelum mengetahui cara memutihkan gigi dengan efektif, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja penyebab gigi jadi menguning. Penyebab gigi menguning antara lain:

1. Faktor bertambahnya umur

Cara Memutihkan Gigi
http://yourempowering.blogspot.com/2013/04/menghadapi-orang-tua-yang-cerewet-dan.html

Lapisan enamel gigi adalah lapisan terluar gigi yang paling kuat dan mengandung 5% air dan 95%zat organik (protein dan mukopolisakarida) dan zat inorganik (Kalsium fospat). Lapisan enamel yang putih pada gigi akan menipis seiring dengan usia yang bertambah, menyebabkan semakin terlihatnya lapisan dentin yang berwarna kuning.

 

2. Makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi

Makanan bersifat asam
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-asam-membuat-ph-tubuh-menjadi-asam/

Meskipun enamel adalah lapisan terkuat pada gigi, enamel rentan terhadap asam dan penumpukan bakteri. Tingkat keasaman yang tinggi dapat menipiskan enamel yang ada pada permukaan gigi. penipisan enamel atau email gigi akan menyebabkan lapisan dentin akan semakin terlihat sehingga gigi menjadi kuning.

3. Zat Kromogen pada minuman

minuman berkromogen tinggi
https://www.bonappetit.com/story/red-wine-temperature-cooler-than-you-think

Kromogen adalah zat induk pada senyawa yang dapat menghasilkan warna. Meminum minuman yang memiliki kandungan kromogen yang tinggi, seperti kopi, teh, wine, minuman berkabornat dapat menyebabkan terjadinya diskolorasi gigi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Zat kromogen yang tinggi yang terkandung di dalam minuman-minuman tersebut dapat menempel pada lapisan enamel gigi. Jika minuman-minuman tersebut diminum dalam jangka waktu panjang, maka gigi akan berubah warna.

4. Merokok

bahaya merokok
https://www.finansialku.com/cara-berhenti-merokok/

Selain yang disebutkan di atas, masih ada lagi penyebab gigi menguning yang sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan dan bahkan bagi beberapa orang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, yaitu merokok. Mengapa kebiasaan merokok dapat menyebabkan gigi menguning? Hal ini disebabkan kandungan nikotin dan tar yang ada pada tembakau dapat menempel di email/enamel gigi. Jika kebiasaan merokok tidak dihentikan, maka gigi akan berubah menjadi kecoklatan bahkan menghitam.

5. Penggunaan Flouride yang berlebihan

kelebihan fluoride
https://www.medicalnewstoday.com/articles/154164.php

Menurut para ahli, flouride adakah senyawa yang dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan dikenal sebagai zat yang baik untuk perawatan gigi. Tak hanya membuat gigi menjadi kuat, senyawa ini juga dapat menghilangkan plak pada gigi. Meskipun flouride memiliki banyak manfaat, senyawa ini ternyata tidak boleh digunakan terlalu berlebihan.

6. Pengobatan

obat-obatan
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/mengenal-jenis-jenis-obat-maag-berdasarkan-fungsinya/

Obat-obatan yang kita konsumsi juga dapat menimbulkan noda intrinsik. Noda instrinsik adalah noda yang dapat terjadi di bagian dental gigi (bagian dalam gigi). Pengobatan seperti kemoterapi dapat menimbulkan noda intrinsik pada gigi akibat dari radiasi pada kepala dan leher. Selain kemoterapi, obat seperti antibiotik tetracycline atau doxycycline juga dapat menimbulkan noda intrinsik pada gigi apabila dikonsumsi oleh anak dibawah umur 8 tahun sehingga membuat gigi berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Jodoh bagi Wanita dan Pria!

Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah dan Sederhana

Memiliki gigi yang putih dan bersinar dapat ditempuh melalui banyak cara. Ada yang rela menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk melakukan perawatan ke dokter gigi, ada pula yang memilih untuk menggunakan cara-cara yang mudah dan terjangkau. Jika perawatan veneer gigi ke dokter cukup membuat dompet tercekik, maka ini lah cara memutihkan gigi dengan mudah dan terjangkau.

1. Odol/Pasta Gigi

memutihkan gigi dengan odol
https://www.honestdocs.id/cara-memerahkan-bibir-dengan-odol-pasta-gigi

Menggunakan odol atau pasta gigi untuk memutihkan gigi merupakan salah satu cara memutihkan gigi secara sederhana. Untuk dapat memutihkan gigi menggunakan odol, kita harus memperhatikan kandungan-kandungan yang terdapat pada pasta gigi tersebut. Kandungan yang terdapat pada pasta gigi dan sangat bermanfaat untuk gigi antara lain:

  1. Sodium polyphospate dapat menghilangkan kotoran dan warna yang menempel pada gigi dan kandungan ini akan melapisi gigi sehingga kotoran dan warna dari makanan dan minuman tidak menempel kembali ke permukaan gigi.
  2. Hydroxyapatite memiliki unsur-unsur yang mirip dengan enamel gigi sehingga kandungan ini dapat menyelubungi lubang-lubang kecil dan tak kasat mata pada gigi.  Kandungan ini dapat melenyapkan plak dan noda warna pada gigi dengan cara menyerap kotoran-kotoran yang ada di permukaan gigi
  3. Kandungan selanjutnya adalah Flourine. Flourine dapat meningkatkan remineralisasi dan mencegah proses dikalsifikasi ( rongga mulut menjadi asam menyebabkan larutnya mineral dan kalsium yang menjadi salah satu penyebab rusaknya gigi) sehingga noda suit menempel di permukaan gigi. Jika gigi mengalami kerusakan, maka cobalah untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-flourine  sehabis makan agar rongga mulut kembali ke kondisi basa.

Selain memperhatikan kandungan dalam pasta gigi yang kita gunakan, ada cara lain yang dapat kita lakukan, yakni meracik sendiri pasta gigi kita dengan bahan-bahan yang mudah untuk kita temukan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 1 sdt serbuk kunyit, 1 sdt minyak kelapa, dan beberapa tetes minyak mint untuk memberikan rasa segar pada mulut.

2. Jeruk Nipis

perawatan gigi dengan jeruk nipis
https://www.honestdocs.id/cara-alami-memutihkan-gigi-dengan-jeruk-nipis

Meskipun tergolong ke dalam makanan asam, ternyata jeruk nipis dapat di gunakan untuk memutihkan gigi dengan mudah, loh! Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dapat memberikan efek pemutih (bleaching) . Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi dengan jeruk nipis, antara lain:

  1.  Mencampur jeruk nipis dengan garam dan kunyit. Caranya kita bakar/panggang kunyit dalam waktu beberapa menit  lalu tumbuk hingga halus dan masukkan perasan jeruk nipis dan garam hingga adonan berbentuk pasta. Balurkan pada gigi lalu diamkan selama 5 menit dan bilas.
  2. Selain menggunakan kunyit, kita bisa membuat adonan jeruk nipis dan garam untuk memutihkan gigi. Caranya campurkan perasan 1 jeruk nipis dan 1 sendok makan garam,aduk hingga tercampur rata lalu sikatkan pada gigi.
  3. Cara paling mudah adalah menggosokkan langsung jeruk nipis ke permukaan gigi , diamkan selama beberapa menit lalu bilas.

Untuk kalian yang memiliki gigi yang sensitif, penggunaan jeruk nipis untuk memutihkan gigi perlu di waspadai karena jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang cukup kuat. Gigi yang sensitif dapat mengalami erosi dan berbagai kendala lain.

Baca Juga: Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik 

3. Baking Soda

manfaat baking soda
https://www.honestdocs.id/cara-memutihkan-gigi-dengan-baking-soda

Selain menjadi bahan membuat kue, baking soda ternyata juga bisa memutihkan gigi dari noda kuning yang membandel! Baking soda atau sodium bicarbonate dipercaya mampu menghilangkan plak pada gigi. Bahkan, sudah banyak produk pasta gigi yang mengandung sodium bicarbonate. 

Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup mudah. Siapkan baking soda dala sebuah wadah. Basahkan sikat gigi dan jadikan baking soda sebagai odol lalu sikatlah gigi selama satu menit. Cara lain yang dapat dilakukan adalah campurkan 1/2 sdt baking soda dan 1/2 sdt jeruk nipis lalu balurkan pada gigi. Diamkan selama 1-2 menit lalu bilas dengan air bersih.

Walaupun baking soda dapat memutihkan gigi dan membersihkan plak, sangat tidak di anjurkan untuk menggunakan baking soda sebagai pasta gigi dengan sering dan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan baking soda dapat mengikis enamel gigi dan juga dapat membuat gigi keropos. Gunakanlah baking soda sebagai pemutih gigi setidaknya 1-2 minggu sekali untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

4. Siwak

kayu siwak untuk gigi
https://swak-shop.com/shop/miswak/

Siwak sudah terkenal akan khasiatnya selama bertahun-tahun sebagai sikat gigi alami. Siwak adalah ranting yang berasal dari pohon Salvadora Persica, memiliki ukuran yang kecil dan berwarna coklat muda. Rantik siwak dipercaya sebagai “pohon sikat gigi” sejak peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno. Walaupun siwak sudah terkenal selama berabad-abad, menggunakan siwak sebagai alat perawatan gigi masih kurang lazim digunakan di Indonesia.

Berbicara soal khasiat, apa saja kandungan yang terdapat dalam siwak? Terdapat kandungan Antibacterial Acids seperti astingents dan abrasive yang dapat membunuh bakteri dalam mulut dan bagus untuk kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, di dalam siwak juga terdapat kandungan sodium bicarbonate, trymethyl amine, salvadorine, flouride, dan vit C yang dapat mencerahkan gigi.

Lantas, bagaimana cara memutihkan gigi dengan siwak? Terdapat dua cara memutihkan gigi dengan siwak. Yang pertama, tumbuk halus batang siwak dan olekan langsung ke gigi. Yang kedua, buat campuran pasta gigi dan siwak yang sudah ditumbuk halus lalu tambahkan sedit air, dan gosokkan ke gigi. Selain dua cara di atas, kita bisa menggunakan pasta gigi dengan campuran siwak yang sudah di jual di beberapa supermarket.

 

Gigi yang sehat, putih, dan bersih adalah impian semua orang. Akan tetapi, jika kita tidak merawat gigi kita dengan baik, maka akan timbul banyak masalah dan gigi yang menawan akan sulit kita dapatkan. Untuk itu, kita harus rajin merawat gigi kita dengan cara- menyikat gigi kita 2 kali sehari dan rajin memeriksakan gigi kita ke dokter minimal 6 bulan sekali.

Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, kita bisa melakukan perawatan ke dokter. Namun, untuk melakukan perawatan ke dokter membutuhkan uang yang tidak sedikit. Semoga tips-tips di atas yang tentu saja lebih terjangkau dapat membantu kalian yang ingin memiliki gigi putih dan bersih. Selamat mencoba!

 

2 thoughts on “[Easy Guide] Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.