[Mudah dan Praktis] Cara Membuat Power Point yg Benar

Sending
User Review
0 (0 votes)

Cara Membuat Power Point- Siapa yang tak mengenali aplikasi miscrosoft office satu ini memanglah cukup populer. Selain penggunaanya yang mudah, power point ini juga sangat memudahkan kalian dalam melakukan banyak hal. Miscrosoft Power Point ini sangat baik untuk digunakan dalam hal persentasi baik persentasi dalam hal mengajar, berbisnis dan lain sebagainya.

Banyak juga yang salah paham dengan penggunaan Miscrosoft Power Point ini, yang tadinya penggunaanya bisa mudah dan simple menjadi sulit. Sebut saja contohnya ketika akan mempersentasikan hasil kerja kelompok yang sebelumnya sudah diketik di Miscrosoft Word, kemudian ia copy-paste tulisan di word untuk di power point. Padahal hakikatnya, penggunaan power point itu untuk memaparkan point-point dari tulisan kalian di word tadi.

Untuk membuat power point juga tidak begitu sulit diaplikasikan. Berikut ini cara membuat power point simple dan menarik untuk pemula.

Bagaimana Cara Membuat Power Point?

  • Mengenal Miscrosoft Office Power Point
  • Keunggulan dalam Menggunakan Power Point
  • Fitur dari Power Point yang harus kalian ketahui
  • Langkah-langkah Praktis dalam membuat Power Point

Baca Juga: [Mudah Banget] Cara Convert Word ke Pdf dengan Simple dan Praktis

Mengenal Miscrosoft Office Power Point

Cara Membuat Power Point
https://www.udemy.com/mastering-microsoft-powerpoint-made-easy-training-tutorial/

Power Point merpakan bagian dari Miscrosoft Office. Hanya dalam penggunaan dan penerapannya Power Point ini menggunakan slide yang bisa ditampilkan dan sangat sering digunakan dalam persentasi. Perlu diketahui Power Point ini sangat cocok dalam kegiatan seperti halnya promosi, pelatihan, pembelajaran, layanan dan lain sebagainya.

Perlu dipahami dan digarisbawahi, bahwa yang akan kalian buat ini adalah Power Point. Adanya power point ini bertujuan untuk mempermudah urusan kalian, dalam mempresentasikan pekerjaan kalian. Jika kalian menulis kerjaan kalian yang begitu banyak dan menghabiskan belasan lembar di Miscrosoft Office Word. Maka di Power Point kalian hanya akan menampilkan kisaran 5-7 slide saja. Ingat Power Point ini berisikan point-point penting dalam hal yang akan kalian persentasikan.

Kebanyakan dijumpai, dalam menulis di slide power point, mereka hanya copy-paste tulisan di word. Sehingga power point yang tadinya berisikan point-point menjadi, rangkuman word. Ini tidaklah dibenarkan dalam penulisan miscrosoft office power point. Karna sudah menyalahi aturan power point nya sendiri, yang tadinya digunakan untuk mempermudah kalian dalam persentasi karna hanya menampilkan point-point penting, jadinya kalian menuliskan ulang tulisan di word ke dalam bentuk power point. 

Baca Juga:Terbaru! Cara Mempercepat Koneksi Wifi Biar Nggak Lemot & Lelet

Keunggulan dalam Menggunakan Power Point

Cara Membuat Power Point
https://www.udemy.com/mastering-microsoft-powerpoint-made-easy-training-tutorial/a

Berikut ini terdapat tiga keunggulan dalam menggunakan power point, simak sebaai berikut;

1. Pilihan tema yang sangat dinamis. Kalian tentunya bisa memilih tema yang tersedia di layout ataupun jika kalian bosan dengan tampilan tema power point kalian. Kalian bisa mendownloadnya secara gratis di google. Sekarang ini google juga menyiapkan platform dalam hal tema gratis power point. Kalian bisa menyesuikannya dengan kebutuhan persentasi kalian. Sesuaikan lagi dengan tema persentasi kalian. Jika kalian ingin menggunakan power point dalam hal persentasi mengajar, maka kalian bisa menggunakan tema sekolah.

2. Menjadi pembelajaran yang keren. Bagaimana tidak! sekarang bealajr itu sangat mudah untuk dilakukan. Kalian tidak perlu tetap kekeh dalam mengikuti cara lama dengan mencatat materi dari papan tulis. Kalian bisa menggunakan power point, karna selain penggunaanya yang mudah juga tampilannya menarik.

3. Bisa digunakan sebagai sarana promosi. Kebanyakan orang belum mengetahui keunggulan Power Point yang satu ini. Selain digunakan sebagai media pembelajaran, Power Point juga bisa digunakan sebagai media promosi. Karna Power Point dilengkapi dengan media, yang bisa memuat gambar yang akan kalian promosikan.

Baca Juga: Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Fitur dari Power Point yang harus kalian ketahui

1. Layout

Cara Membuat Power Point

Sebenarnya terdapat 2  cara yang bisa kalian gunakan ketika akan membuat slide baru Microsoft PowerPoint:

  • Merancang slide dari nol, dan
  • Cobalah layout yang tersedia, yang mencakup semua kotak konten yang kalian butuhkan.

Yang menjadi  alasan utama  mengapa seorang presenter menghindari banyak layout ini  karena mereka ingin  mulai mendesain slide dengan layout yang tersedia. Mendesain slide dengan layout yang tersedia tentunya  akan menghemat waktu, sekaligus memperbaiki tampilan presentasi karena semua kotak dan konten sejajar dengan rapi dalam menyesuaikan slide.

2. Mengubah Ukuran Objek

Cara Membuat Power Point

Seperti yang disebutkan sebelumnya,  konsistensi dalam slide adalah hal penting untuk menjaga tampilan tetap bersih. Jika kalian memiliki banyak gambar yang perlu ukuran yang sama, ada fitur mudah untuk melakukan hal tersebut.

Contohnya saat kalian memiliki beberapa gambar profil yang perlu diubah ukurannya secara konsisten. Untuk melakukan ini, mulailah dengan menahan tombol Control pada keyboard kalian (Command on Mac) dan klik pada semua gambar yang harus diubah ukurannya.

Selanjutnya, pastikan bahwa kalian berada pada tab Format di PowerPoint Ribbon. Berikutnya, cari area Size, dan ketik angka ke salah satu kotak sekaligus tekan enter. Semua gambar secara otomatis akan berubah ukurannya menjadi ukuran yang sama dengan yang kalian tetapkan di dalam kotak.

3. Fitur SmartArt

Cara Membuat Power Point

Pada dasarnya, SmartArt merupakan cara untuk membuat grafis fleksibel yang dapat kalian perbarui tepat di dalam PowerPoint. Kalian tidak memerlukan aplikasi terpisah untuk membuat grafik dan chart sendiri.

SmartArt memungkinkan kalian untuk membangun berbagai diagram, seperti hierarki, proses, siklus, dan banyak lagi. Pada dasarnya, kalian bisa membuat daftar buletin sederhana, dan SmartArt akan bisa disesuaikan dengan menyertakan poin yang kalian tambahkan.

4. Varian Tema

Cara Membuat Power Point

Pada tab Desain, klik thumbnail yang berbeda dari pilihan Variant. Bila kalian mengubah variant, itu akan mengubah keseluruhan skema warna presentasi seperti yang dapat kalian lihat. Satu klik dan varian tema yang sederhana merupakan cara termudah untuk mencoba alternatif gaya

5. Slide Master untuk Memperbaharui Desain

Cara Membuat Power Point

Master Slide mengontrol desain untuk beberapa slide sekaligus. Bila kalian menyesuaikan Master Slide, setiap slide yang menggunakan Master tersebut akan memiliki perubahan yang sama pula.

Buka tab View dan pilih Slide Master. Sekarang, tambahkan sesuatu dengan yang ingin kalian tampilkan pada setiap slide (seperti logo atau teks footer) ke dalam master.

Langkah-langkah Praktis dalam membuat Power Point

1. Pilihlah Design yang akan kalian gunakan sebagai tema utama kalian dalam membuat Power Point, sesuaikan dengan yang kalian sukai.

Cara Membuat Power Point

2. Jika sudah memilih tema di design. Selanjutnya kliklah Home, dan pilih New Slide.

Cara Membuat Power Point

3. Jika sudah selanjutnya tulislah Tajuk/Judul Power Point kalian dalam slide pertama. Usahakan tidak terlalu panjang, cukup ringkas saja.

Cara Membuat Power Point

4. Untuk variasi dalam penulisan Power Point, kalian bisa menambahkan Shape, yang tersedia di fitur Power Point. Bisa kalian cocokan dengan topik yang akan kalian bahas. Usahakan untuk konsisten terhadap shape yang kalian gunakan. Gunakanlah Shape yang relevan,walaupun di shape terdapat bentuk love atau petir segala macam, usahakan untuk jangan menggunakannya ya.

Cara Membuat Power Point

5.Jika kalian ingi menambahkan video dalam Power Point. Di sini kalian bisa menambahkan video dengan klik ikon di bawah ini.

Cara Membuat Power Point

6.Kalian bisa memvariasikan slide yang akan kalian gunakan, dan kalian kondisikan dengan persentasi kalian.

Cara Membuat Power Point

 

 

Mudah banget kan ?Di jamin kalian bisa langsung aplikasikan dan terapkan cara membuat powerpoint dari Borneo Channel ini. Kalau ada jalan yang mudah, ngapain milih jalan yang sulit kan?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.