Terbaru! Cara Mempercepat Koneksi Wifi Biar Nggak Lemot & Lelet

Sending
User Review
0 (0 votes)

Cara Mempercepat Koneksi Wifi – Siapa yang tak mengetahui wifi? era modern dan globalisasi ini, jejaringan internet sangat mudah sekali untuk di akses, salah satunya dengan adanya wifi ini. Wifi merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik yang mencangkau akses untuk internet. Saat ini penggunaan wifi juga telah meluas ke segala aspek seperti di kantor, di cafe, di rumah terdapat akses internet yang bisa dijangkau dengan penggunaan wifi. Namun terkadang, ada masanya wifi yang digunakan terasa lelet ataupun lemot. Tentunya hal ini bisa menganggu kalian apabila kalian tengah browsing/streaming sebentar-bentar buffering karna keleletan sinyal wifi.  Bagaimana cara memperkuat sinyal wifi?

  • Cara Mempercepat Koneksi Wifi Laptop
  • Cara Mempercepat Koneksi Wifi Tetangga
  • Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome
  • Cara Memperkuat Sinyal Wifi Hotspot
  • Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi

Baca Juga: Cara Membuat Email Menggunakan HP

Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi Laptop

1. Cari Posisi Ideal

Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi
https://tekno.kompas.com/read/2015/01/09/21010027/10.Cara.Mempercepat.Koneksi.WiFi

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai media perantaranya. Maka demikian, semakin sedikit penghalang antara perangkat kalian dengan router, maka akan semakin bagus pula sinyal yang didapat. Selain itu, posisi yang terdapat di dekat router juga akan membuat penerimaan sinyal menjadi lebih baik.

Namun terkadang posisi yang dekat dengan router tidak akan membantu penguatan sinyal jika terlalu banyak halangan di sekitar Wifi. Persoalannya berbagai benda padat dapat menahan dan memantulkan sinyal tersebut sehingga menjadi tidak beraturan.
Ada baiknya kalian terlebih dulu memeriksa posisi Wifi dengan akses point apabila Wifi dekat dengan akses point maka sinyal semakin kuat

2. Frimware Terbaru Dari Perangkat Wi-Fi Di Laptop (Akses Point)

Upgrade Frimware

Setelah kalian tahu akan karakteristik posisi wifi dengan akses point maka selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah jenis teknologi wireless yang digunakan oleh akses point dan perangkat laptop kalian.
Sekarang ini ada lima jenis teknologi akses point yang digunakan yaitu A, B, G, N dan AC, lima bentuk tersebut memiliki percepatan akses dan kekuatan sinyal yang berbeda-beda.
Untuk teknologi generasi terdapat pada jenis wireless N dan AC dengan memilki kemampuan transfer data dan kekuatan sinyal yang cepat dan sangat bagus untuk saat ini.

3. Sesuaikan Standar Wifi Dengan Komunikasi Yang Digunakan

Standar Komunikasi

Penguat sinyal Wi-Fi harus disesuaikan dengan kecepatan komunikasi yang dipunyai router induk. Pada dasarnya kecepatan Wi-Fi standar adalah 433 sampai dengan 867 Mbps. Bahkan ada juga yang kecepatannya lebih tinggi. Misalnya pada model high-speed akses internet bisa lebih dari 1000 Mbps pada 5 GHz. Jika kalian ingin mempunyai internet yang cepat dalam bekerja, kalian bisa menggunakan model high-speed dengan percepatan 1000 Mbps.

4. Gunakan Penguat Sinyal (Tp-Link)

Tp-Link Penguat Sinyal
https://www.jakartanotebook.com/tp-link-high-gain-wireless-usb-adapter-150mbps-tl-wn722n-white

Sekarang ini sudah banyak sekali beredar diperjual-beli alat penguat dalam memperkuat sinyal wifi laptop, termasuk salah satunya berupa Tp-Link. Tp-Link bisa kalian colokkan dengan laptop gunanya memperkuat jaringan sinyal wifi, kecepatan yang disediakan dari Tp-Link ini juga bervariasi mulai dari 11 Mbps- 1300 Mbps bisa kalian dapatkan.

Cara Mempercepat koneksi Wi-fi Tetangga

Memperkuat Sinyal Wifi Tetangga
https://jarvis-store.com/artikel/hambatan-yang-pasti-anda-temukan-dalam-menjalankan-bisnis-online

Kesuksesan dalam merentas wifi tetangga seringkali hanya berbuah kesenangan semata dikarenakan bisa mengakses wifi tetangga hanya bisa mendapatkan sinyal yang sedikit. Salah satu cara agar bisa memperkuat sinyal wifi tetangga ialah dengan mengunjunginya, bukan dengan merentas wifi tetangga. Karna tetangga kalian juga membayar biaya yang tak begitu murah untuk memasang wifi, tolonglah untuk bersikap jujur dan jangan sekali-kali merentas.

Ada baiknya kalian mengunjungi tetangga kalian, bicara baik-baik kalau kalian juga ingin berkontribusi dalam hal membayar wifi jadi kalian dan tetangga sama-sama menguntungkan, tidak ada kerugian antar-pihak. Hidup jujur lebih baik daripada hidup dengan mencuri internet. Jadi saat jaringan wifi lelet, kalian bisa berkunjung ke rumah tetangga untuk browsing sekaligus bersilaturahmi.

Cara Mempercepat Koneksi Wi-fi Indihome

1. Matikan Modem Secara Teratur

Matikan Wifi
https://www.videoblocks.com/video/turn-off-the-modem-and-unplug-the-cables-n_phouhheilgyzjf8

Matikan Modem secara teratur berfungsi untuk menjaga kinerja wifi Indihome kalian tetap oke sehingga dapat memberikan koneksi internet indihome menjadi stabil dan wifi Indihome tidak cepat rusak karena panas yang diakibatkan Wifi tidak pernah dimatikan.

2. Upgrade Layanan Internet Indihome Kalian

Upgrade Layanan Indihome
https://www.tokopedia.com/upgradeindihome/promo-indihome-2017

Cara agar bisa memperkuat koneksi jaringan internet Indihome yang berikutnya adalah dengan menambah kecepatan internet Indihome sebesar 5Mbps. Adapun dengan penguatan layanan internet Indihome dengan kecepatan internet sebesar 5Mbps ini maka akan tersedia alokasi speed yang berbeda antara TV dan Internet yang akan digunakan secara bersamaan .

Jika sekarang kalian menggunakan layanan dengan kecepatan 10Mbps , maka dengan mengupgradenya menjadi 15Mbps , koneksi internet yang digunakan bisa semakin optimal walaupun menyalakan UseeTV , karena 10Mbps untuk Internetan dan 5Mbps untuk menonton TV menggunakan Set Top Box UseeTV.

3. Matikan Modem Fiber Optic Indihome Secara Teratur

Matikan Fiber Optik Indihome
https://www.makeuseof.com/tag/pc-power-button-turn-off-screen-instead/

Jika kalian terbiasa dalam membiarkan modem fiber optic Indihome menyala secara terus-menerus tanpa mematikannya akan menyebabkan modem menjadi panas . Jika hal ini terjadi ditakutkan besar kemungkinannya jika koneksi jaringan internet indihome kalian menjadi lelet. Selain itu pula umur penggunaan wifi Indihome ini menjadi lebih singkat karena komponen elektronik didalamnya digunakan secara terus menerus .

Perlu diperhatikan bahwa komponen elektronik juga peka terhadap listrik yang tidak stabil .Membiasakan mematikan modem fiber optic Indihome secara teratur contohnya saat kalian tidak menggunakannya ataupun ketika kalian sedang tidur dan bepergian keluar rumah .

Baca Juga : 8 Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP!

Cara Mempercepat koneksi Wi-Fi hotspot

1. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain

Jauhkan Perangkat Elektronik Lainnya
https://www.kompasiana.com/joshuamarli/5c6270beab12ae25307c0f3d/kehadiran-mytv-dan-oase-televisi-ramah-perempuan?page=all

Tidak hanya router lain yang bisa menghambat kualitas sinyal internet, namun terdapat beberapa perangkat elektronik lain seperti halnya televisi bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini kalian dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik lain dari router. Berikutnya kalian juga dapat menggunakan router dual band agar suatu waktu ketika ingin beralih frekuensi bisa dilalui dengan gampang.

2. Wireless Range Extenders

Software Wifi
https://www.lifewire.com/best-wifi-extenders-4043312

Jika sinyal Wifi Android kalian melemah ataupun tidak bisa digunakan dan dipercayakan mungkin kalian bisa melihat Wireless Range Extenders dan Powerline Adapter. Wireless Range Extenders tidaklah mahal dan kompatibel dengan keseluruhan smartphone android, router modern dan modem.

Wireless Range Extenders benar berguna jika kalian punya properti gedung yang megah dan antena baru yang tidak mampu menjembatani zona mati nirkabel yang mungkin kalian miliki.Mengingat harganya yang murah alat ini juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan dan mengelilingi sinyal di sekitar dinding padat dan tebal ataupun struktur fisik lainnya yang berdiri.

3. Perhatikan Antena Router

Antena Router
https://es.dhgate.com/product/wireless-wifi-router-tp-link-wdr7400-6-antenna/412589576.html

Kalian harus tahu bahwa beralih ke antena router yang lebih baik tentunya akan menghasilkan sinyal yang lebih baik pula. Router dengan kualitas sinyal yang lebih baik biasanya mempunyai antena berkualitas bagus, begitu juga dengan smartphone kalian yang sebaiknya dipadukan dengan antena portable. Mungkin ini merupakan hambatan yang dihadapi sebagian besar pengguna. Tetapi perlu diketahui antena router mengikuti prinsip yang sama dengan antena TV pada umumnya, kecuali router yang baik tidak hanya memiliki antena yang lebih baik – mereka memiliki antena lebih banyak.

Baca Juga : 8 Daftar Pakaian Tradisional Yogyakarta

Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi

1. Selalu Memonitoring Sistem Keamanan

Keamanan Wifi
https://mti.binus.ac.id/2016/08/09/sistem-keamanan-pada-jaringan-wifi-part-1-2/

Jika kalian sudah memakai internet yang paling cepat tapi tetap saja tidak sesuai dengan harapan dan masih sangat lemot untuk digunakan, ada hal yang patut kalian curigai contohnya bisa jadi ada orang lain ataupun pihak lain yang dengan sengaja menggunakan koneksi wifi kalian tapi tanpa sepengetahuan. Tentunya kalian tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Untuk meminimalisir hal tersebut sebaiknya kalian menggunakan password yang sulit untuk dideteksi serta selalu menggunakan enkripsi WPA2.

2. Membeli Wi-Fi Repeater

Wifi Repeater
https://www.jakartanotebook.com/kextech-wireless-n-wifi-repeater-300mbps-wl0189-white

Tidak ada salahnya jika kalian juga membeli wifi repeater. Wifi Repeater merupakan sebuah alat yang dapat menerima sinyal wifi kemudian menyebarluaskannya kembali sehingga sinyal tersebut menjadi lebih kuat. Jika memang sangat dibutuhkan sangat dianjurkan untuk menggunakan alat ini dikarenakan memang sangat cocok untuk kalian yang penerimaan sinyal wifi di rumah ataupun kantor sangat buruk.

Itulah beberapa tips untuk handle sinyal wifi yang melemah. Kalian tentunya bisa mempraktekan salah satu atau bahkan semua tips yang sudah terlampir diatas. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.