Paling Mudah! Cara Membuat Email Menggunakan HP

Sending
User Review
5 (1 vote)

Cara Membuat email- Saat ini perkembangan teknologi begitu maju dan pesatnya, termasuk setiap aplikasi yang tertera di handphone kalian biasa menemukan beberapa aplikasi terhubung dengan email bukan ? Sebenarnya cara untuk membuat  email itu tidaklah sulit tetapi mungkin dari  beberapa orang yang belum mengetahui caranya.

Kenapa kita butuh membuat email? Email merupakan salah satu fasilitas wajib yang kita miliki ketika melakukan kegiatan di internet. Misalnya seperti ketika ingin membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, ataupun Google plus, pasti situs media sosial tersebut akan meminta akun email kalian , atau ketika kalian ingin belanja di toko online, pasti mereka akan menanyakan akun email kalian juga loh. Fungsi email ini sendiri sebenarnya sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan juga bisa sebagai identitas online seseorang.

Nah kali ini kita akan mengulas dan memberikan cara yang mudah dalam membuat email, simak ulasannya sampai habis ya.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat gmail ?

  • Apa itu email ?
  • Kenapa harus menggunakan email ?
  • Kemudahan apa saja yang didapat dengan menggunakan email ?
  • Jenis Email yang biasa sering dan mudah untuk digunakan
  • Cara Mendaftar Gmail di Hp
  • Cara Mendaftar Yahoo di Hp
  • Cara Mendaftar Hotmail di PC

Baca Juga : 8 Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Menghasilkan Uang Modal HP

Apa itu email ?

Logo Email

Untuk yang belum mengetahui tentang email, Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau dalam artian bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik. Email juga merupakan sarana dalam mengirimkan surat yang dilakukan melalui media internetn itu sendiri. Media internet yang dimaksud di sini bisa melalui komputer ataupun handphone yang memiliki akses ke internet. Saat ini email merupakan media sosial yang aktif digunakan di setiap handphone ataupun internet di penjuru dunia.

Sebagai tambahan ilmu, pada tahun 1971, Roy Tomlinson pertama kali mengirimkan email dengan menggunakan dua komputer yang berjarak hanya satu meter saja. programmer asal Amerika ini mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email.

Sejak saat itulah , standar penggunaan email menjadi [email protected]_komputer. Kemudian disusul dengan  penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital. Sejak beberapa tahun setelahnya, email kemudian mulai memenuhi lalu lintas internet hingga 75%.

Pada perkembangannya juga email mulai menambahkan fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut/menit.

Bersamaan dengan penemuan World Wide Web (www) oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email ini sudah mulai tersedia secara gratis dengan tampilan dan fungsi yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo , Gmail dan HotmailHingga saat ini email terus berkembang baik dari segi fasilitas maupun dari jumlah penggunanya.

Kenapa harus menggunakan email ?

Kenapa sih harus menggunakan email ? kan bisa pakai surat ?ataupun bbm ?whatsapp dan lain-lain ?Jangan berprasangka jelek dulu, kita sebagai pengguna internet tentunya tak lepas dengan email. Karna email ini sendiri merupakan portal wajib kalian untuk terhubung ke suatu aplikasi yang tersedia di jejaring internet. Seperti halnya saat membuat account instagram  pasti kalian biasa ditanya ataupun dimintai email untuk verifikasi. Begitu juga saat mendaftarkan hp ke jejaring internet, pasti yang akan diminitai pertama yaitu alamat email.

Selain itu, email ini sangat berguna untuk digunakan saat akan melamar pekerjaan ataupun berkirim berkas kepada atasan kalian, ataupun dosen kalian. Selain itu email sangat berguna dan dibutuhkan ketika kalian lupa pada password akun sosial media kalian.

Baca Juga :Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Kemudahan apa saja yang didapat dengan menggunakan email ?

Ketika kalian ingin menggunakan email sebagai ladang bisnis kalian, kalian nggak akan kecewa, karna  di email terdapat fitur yang berbeda dari akun sosial media lainnya. Berikut kemudahan yang akan kalian dapatkan ketika memilih menggunakan email;

  1. Spam Filter (Pesan Spam) Kalian yang tidak ingin menghabiskan waktu berharga untuk membacanya bisa menandai pesan tersebut sebagai pesan spam. Itulah mengapa ketika kalian berada di layanan email kalian akan menemukan spam filter ini yang memiliki sistem di tempat untuk mendeteksi dan menyaring kotak masuk.
  2. Kemudahan Penggunaan – Ketika bisnis kalian berkembang pesat, tentunya kalian memerlukan lebih banyak anggota staff  yang tentunya perlu untuk membuat dan menggunakan akun email. Kurangi waktu untuk memberikan pelatihan dengan memilih penyedia layanan email yang mudah untuk  digunakan.
  3. Kemampuan Arsip – Para penyedia email bisnis terbaik telah menyediakan cara bagi kalian untuk menyelamatkan, menyimpan, dan mengatur pesan email dan draft kalian. Untuk kalian yang banyak membuka  bisnis, dengan layanan email kalian bisa menjaga rekaman komunikasi bisnis dengan akurat dan terorganisir dengan baik adalah sangat penting.
  4. Media promosi
    Jika kalian bisa memiliki usaha di internet atau pun bisnis online, kalian tentunya bisa melakukan dan mengirimkan promosi produk ke para pelanggan kalian dengan memanfaatkan e-mail pelanggan yang ada.
  5. Membuat blog atau website
    Selain email digunakan sebagai media promosi, perlu diketahui nih dengan penggunaan e-mail kalian bisa membuat blog dan website sendiri loh.
  6. Penyimpanan – Dengan menggunakan jasa layanan email kalian akan mengemat penyimpanan yang ada, mudah dan efisien bukan ?

Jenis Email yang sering dan mudah untuk digunakan

1. Gmail

Gmail merupakan penyedia layanan email gratis dari Google. Gmail pertama kali diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004. Nah, semenjak itu  Gmail terus tumbuh berkembang menjadi lebih besar. Fitur-fitur yang disediakan oleh Gmail juga hampir sama dengan kebanyakan penyedia layanan e mail gratis lainnya, seperti : Yahoo! Mail! dll.

Gmail ini tergolong layanan email yang simpel dan mudah dalam mengoperasikannya. Selain itu gmail juga memliki banyak fitur yang terintegrasi dengannya,cara membuat gmail juga mudah dan tidak meribetkan kalian untuk registrasi . Contoh kecilnya  gmail ini bisa langsung terkoneksi dengan google yang dimana secara notabene google adalah merupakan search engine nomor 1 di dunia.

Kalian bisa memilih layanan gmail sebagai alamat email utama untuk melindungi semua data kita dari serangan peretas. Kemampuan gmail dalam melindungi data juga tidak perlu diragukan , karna cukup kuat membuat gmail menjadi salah satu alternatif terbaik dalam membuat email yang kita perluakan tentunya. Dengan gmail kalian bisa lebih mudah membuat Facebook,Twitter,Blogger maupun untuk daftar Google adsense yang banyak dicari dan dijadikan layanan PCC.

2. Yahoo

Yahoo.com adalah website yang paling sering dikunjungi di sepanjang kalian menggunakan Internet. Kalian mungkin sudah tahu tentang hal ini, tetapi masih ada hal yang tersisa. Tahukah kalian apa arti dari kata “Yahoo”?

Yahoo, ternyata sebuah singkatan. Menurut informasi resmi dari perusahaan tersebut, Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang berarti “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis”, yang kemudian disingkat menjadi Yahoo.

Selain sebagai jasa layanan petunjuk mencari data, kini Yahoo juga menambah fitur layanan baru, mulai dari layanan keuangan, layanan akses, hingga ke layanan traksaksi perdagangan seperti  layanan pemesanan tiket dari berbagai biro perjalanan.

3. Hotmail (Outlook)

Hotmail

Hotmail merupakan salah satu dari layanan email yang paling lawa dan terlama. Hingga saat ini, Hotmail memiliki 300 juta pengguna yang aktif di seluruh dunia. Microsoft pemiliki email Hotmail menyatakan bahwa layanan email Hotmail ini resmi ditutup. Tetapi layanan ini terganti menjadi  Outlook.com – dan kalian bisa menggunakan ekstensi Hotmail.com sebagai alamat email kalian.

Email Hotmail memiliki kemampuan untuk membuka,membaca serta melakukan suntingan dokumen office yang dapat dilampirkan di badan email. Selain itu email Hotmail juga mempunyai  kemampuan untuk melakukan penyaringan antara email-email yang punya attachment dan kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kategori foto dan file. Email Hotmail juga terhubung dengan aplikasi Facebook dan Messenger

Cara Mendaftar Gmail di Hp

Bingung dengan cara mendaftar gmail di Hp ? berikut tips dan trik mudahnya;

1. Ketik Gmail di Google dan klik gmail.

Cara membuat email1

2. Selanjutnya kalian pilih buat akun.

Cara Mendaftar Gmail di Hp2

3. Setelah itu akan muncul tampilan Buat Akun Google , nah kalian isi deh biodata kalian di situ.

Mendaftar Gmail di Hp3

4. Langkah selanjutnya kalian masukan nomor handphone kalian untuk verifikasi akun gmail.

Mendaftar Gmail di Hp

5. Berikutnya kalian akan mendapatkan sms dari Google, dan kalian harus memasukkan kode verifikasi akun gmail yang telah dikirim via sms.

Mendaftar Gmail

6. Langkah berikutnya kalian akan diarahkan ke akun  google kalian, isi dulu nomor telfon kalian, untuk alamat pemulihan kalian menuliskan ulang email domain kalian saat registrasi awal gmail, selanjutnya kalian isi deh hari, bulan, tahun serta jenis kelamin.

Mendaftar Gmail di Hp

7. Kalau udah semua kalian akan diarahkan ke Optimalkan penggunaan nomor telepon anda, dan kalian pilihlah ya, saya ikut. Mendaftar Gmail di Hp

 

8. Berikutnya akan muncul syarat penggunaan gmail , kalian pilih saya setuju.

Mendaftar Gmail di Hp

9. Jadi deh, akun gmail kalian, mudah bukan ?

Mendaftar Gmail di Hp

Baca Juga :Cara Menghilangkan Jerawat Terampuh

Cara Mendaftar Yahoo di Hp

Ingin membuat email Yahoo ? bisa kok berikut tipsnya;

1. Setiap langkah awal hampir sama, kalian ketik yahoo di google.

Mendaftarkan Yahoo di Hp

2. Selanjutnya, ada gambar profil, kalian klik gambar itu ya.

3. Berikutnya pilih masuk.

Mendaftar EMail Yahoo

4. Setelah muncul login yahoo, kalian pilih daftar.

Email Yahoo

5. Selanjutnya kalian akan diarahkan pada buat email yahoo, kalian tinggal isi semuanya ya.

Email Yahoo Daftar

6. Jika sudah, kalian akan diarahkan kembali ke nomor telepon, gunanya untuk memberikan kode verifikasi email yahoo. Jika sudah kalian pilih kirimi saya kode verifikasi via SMS. 

7. Kalian masukkan kode verifikasi dari SMS ke yahoo tadi.

Yahoo Daftar

8. Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan Selamat, anda pemilik yang bangga akan akun Yahoo terbaru, pilihlah lanjutkan.Email Yahoo

9. Jika sudah, maka akan muncul user nama Yahoo kalian, seperti foto di atas. Mudah kan ?

Email Yahoo Registrasi

3. Cara Mendaftar Hotmail di PC

Layanan email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang. Berikut ini langkah-langkah cara membuat email Hotmail:

1. Ketiklah hotmail di google, maka akan muncul gambar seperti di bawah, kemudian kalian pilih sign in. 

2.  Langkah selanjutnya, kalian pilih Create One!

3.Berikutnya kalian tulis nama kalian di kolom yang tersediakan, misalkan; dirjakirana, maka ia akan tersinkronisasi sendirinya dengan email @outlook.com, berikutnya kalian pilih Next.

Email Hotmail4. Ketiklah Password kalian di kolom yang tersedia, selanjutnya berilah tanda ceklis , dan klik next.

Email Hotmail

5.Berikutnya kalian tuliskan nama depan dan nama kalian di create accouny, dan pilihlah next.

6. Isilah biodata kalian di add details, setelah diisi pilih next lagi ya

7. Selanjutnya, kalian ketik kode yang tertera di enter the characters you see, dan pilih next lagi.

Email Hotmail

8. Kalau udh muncul gambar kayak di bawah ini, kalian tinggal pilih tanda panah ke kanan, gitu terus sampai selesai ya.

Hotmail Email di PC

9. Pilih Mulai, maka kalian akan diarahkan kepada layout hotmail/outlook kalian.

Mendaftar Email Hotmail di PC

10. Tampilan terakhir ketika email kalian sudah sukses dibuat seperti ini loh.

Email Hotmail di PC

 

 

Demikianlah tutorial cara membuat email di Gmail, Yahoo Mail, dan Hotmail. Mudah-mudahan kalian bisa mengaplikasikannya ya,  dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.