[Mudah Banget] Cara Convert Word ke Pdf dengan Simple dan Praktis

Sending
User Review
0 (0 votes)

Cara Convert Word ke Pdf – Menulis merupakan kegiatan yang tidak bisa terlepas begitu saja, setiap harinya kita melakukan kegiatan menulis, baik itu menulis surat, menulis status, menulis karangan, menulis tugas dan lain sebagainya. Penuangan ide dalam menulis itu bisa kalian lakukan di mana saja, ditulis dengan secarik kertas ataupun di komputer.

Ketika kalian memutuskan untuk menulis di komputer, maka pasti kalian akan menggunakan Miscrosoft Word saat menulis. Menggunakan miscrosoft word untuk menulis tidaklah salah, tetapi apabila data atau tulisan yang kalian tulis tidak ingin terjadi plagiarisme, kalian bisa mengubahnya dalam bentuk pdf. Bagaimana caranya, simak tips berikut;

Bagaimana cara mudah dalam convert word ke pdf ?

  • Mengapa harus menggunakan Pdf ?
  • Convert Word ke Pdf dengan Save As
  • Convert Word ke Pdf dengan Foxit Reader
  • Convert Word secara Online

Baca Juga : Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Mengapa harus menggunakan Pdf ?

Dalam perkembangannya penggunaan Pdf memang semakin populer. Format ini tentunya banyak digunakan dalam pertukaran file di Internet. Format Pdf bahkan menjadi standar umum dokumen untuk keperluan kerja, kuliah,  dan lain-lain. Sejak Pdf ini  diperkenalkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 hingga sekarang ini, sudah beredar sekitararan 450 juta lebih dokumen Pdf, menurut laporan yang diulis dan dirilis oleh Google. Jumlah ini tentunya jauh mengalahkan format (Doc) yang sudah lebih dahulu digunakan pada tahun 1980, yang ternyata hanya mampu  pada angka 75 juta.

Berikut ini alasan mengapa format Pdf ini begitu populer sekaligus umum digunakan sebagai berikut:

  1. Format Pdf tidak mudah dimodifikasi sehingga format ini tentunya sangat bagus dalam hal melindungi file dari penjiplakan sekaligus pembajakan oleh oknum tak bertanggung jawab, terutama ketika  file ini akan dipublikasikan di internet.
  2. File Pdf yang dibuat dengan Adobe Acrobat, bisa kalian gunakan dengan menambahkan password untuk mengamankan file kalian dari pengintipan yang dilakukan oleh orang yang tidak berkepentingan.
  3. Format Pdf ini selanjutnya  memiliki ukuran yang kecil dan padat sehingga akan sangat mudah digunakan. Format dan tata letaknya juga sangat konstan dibuka di semua sistem operasi.
  4. Semua jenis komputer, dapat menjalankan program Pdf Reader, baik dari Adobe ataupun dari pihak ketiga yang bisa membuka file Pdf. Bahkan saat ini Pdf bisa dibuka pada handphone berbasis android/Ios.
  5. Tersedia banyak sekali software Pdf Reader, software yang bisa dilakukan untuk melakukan convert dari teks ataupun gambar dan software untuk melakukan editor (baik secara aplikasi ataupun online). Ketersediaan software yang sangat beragam ini menjadi indikasi tersendiri dari  ketenaran format Pdf hingga sekarang ini.

Convert Word ke Pdf dengan Save As

Cara mudah pertama dalam melakukan convert word ke Pdf bisa kalian gunakan dengan save as. Save as ini tidak begitu berbeda jauh dengan save. Hanya saja save as bisa berfungsi ganda dalam file yang akan kalian simpan. Kalian bisa merubah ataupun convert word kalian dalam bentuk beberapa file yang disediakan di save as. Berikut ini cara-cara mudah dalam melakukan convert word ke pdf dengan save as:

1. Masuklah ke file word yang akan di convert ke pdf. Setelah masuk kemudian kalian kliklah File

Convert Word dengan Save As

2. Setelah masuk ke File, maka akan muncul tulisan save as, dan kliklah save as.

Convert Word ke Pdf dengan Save As

3. Selanjutnya,  kalian akan diarahkan kepada save as, pilihlah save as type dengan mengubahnya ke dalam bentuk pdf yang telah disediakan di save as type.

Convert Word dengan Save As

4. Dengan otomatis file yang ingin kalian ubah dalam bentuk pdf , sudah jadi.

Convert Word dengan Save as ke Pdf

 

Baca Juga : Paling Mudah! Cara Membuat Email Menggunakan HP

Convert Word ke Pdf dengan Foxit Reader

Cara mudah berikutnya bisa dilakukan dengan Foxit Reader. Foxit Reader merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membaca file Pdf. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan simple dalam melakukan convert word ke Pdf. Berikut ini cara menggunakannya:

1. Silahkan kalian klik kanan pada file yang akan di cpnvert, kemudian pilihlah convert to PDF in Foxit Reader. Convert Word ke PDf dengan Foxit Reader

2. Setelah di convert tunggulah beberapa detik, maka kalian akan langsung diarahkan kepada file Pdf, dan dengan otomatisnya file yang kalian convert atdi sudah berubah menajdi file pdf.

Cara Mudah Convert Word ke PDf dengan Foxit Reader

Convert Word Secara Online

Untuk opsi terakhir kalian bisa menggunakan opsi online untuk convert word ke pdf yang mana pada pilihan ini kalian bisa menggunakan Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan untuk mode penyimpanan cloud dari Google yang tentunya bisa kalian gunakan untuk menyimpan berbagai file seperti halnya file gambar, video, dan termasuk juga file dokumen.

Baca Juga : Terbaru! Cara Mempercepat Koneksi Wifi Biar Nggak Lemot & Lelet

Selain penggunaanya yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga berfungsi dalam hal lainnya yaitu dalam hal membuat dokumen, mengedit, sampai dengan mendownload dokumen. Dan tak lupa tentu saja, layanan penyimpanan sekaligus  editor dokumen dari google ini tentunya juga  memiliki fitur dalam mengubah file word ke Pdf. Berikut ini , silahkan ikuti langkah-langkah dalam convert word ke pdf secara online dengan google drive.

1. Silahkan login terlebih dahulu  ke https://drive.google.com/ menggunakan akun google kalian.

Convert Word secara Online
https://www.maxmanroe.com/cara-mengubah-dokumen-word-menjadi-pdf-dengan-mudah.html

 

2. Selanjutnya uploadlah  file Word yang ingin kalian ubah menjadi PDF terlebih dahulu ke Google Drive.

Convert Word ke Pdf secara Online
https://www.maxmanroe.com/cara-mengubah-dokumen-word-menjadi-pdf-dengan-mudah.html

 

3. Buka file yang sudah terupload dengan melakukkan double click pada file yang ingin kalian rubah formatnya. Klik Open With, kemudian pilih Google Docs. Maka file akan terbuka di tab baru dalam halaman editor Google Docs.

Convert Word secara Online
https://www.maxmanroe.com/cara-mengubah-dokumen-word-menjadi-pdf-dengan-mudah.html

4. Setelah halaman dokumen terbuka, kalian klik pada File > Download As > pilih PDF Document (.pdf).

Convert Word secara Online
https://www.maxmanroe.com/cara-mengubah-dokumen-word-menjadi-pdf-dengan-mudah.html

5. Download dan simpanlah file .Pdf di folder yang kalian  inginkan. Setelah itu file dengan format PDF kalian sudah siap digunakan.

Convert Word ke Pdf secara Online
https://www.maxmanroe.com/cara-mengubah-dokumen-word-menjadi-pdf-dengan-mudah.html

 

Itu dia cara mudah dalam melakukan convert word ke Pdf. Kalian bisa tentukan sendiri cara mana yang menurut kalian mudah untuk kalian lakukan, kalian bisa memilih untuk menggunakan save as, foxit reader, ataupun google drive.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.