Wisata Sehat di Aloe Vera Center Pontianak

Aloe vera centre pontianak – Howdy sobat Borcha, Kali ini admin akan berbagi info seputar sentra pengembangan lidah buaya, Aloe Vera Center Pontianak. Pasti kalian sudah sangat familiar dengan lidah buaya atau aloe vera.

Tanaman khas daerah tropis ini hampir selalu ada di setiap rumah kalian, mulai dari bahan pembuatan shampo, kosmetik, hingga makanan.

aloe vera center mengolah tanaman lidah buaya menjadi

Bahasa latin lidah buaya adalah Aloe VeraLidah buaya atau  aloe vera ini merupakan tanaman yang berguna selama berabad-abad yang lalu. Tanaman ini berasal dari daerah barat Afrika di sekitar kepulauan Canary. Dari zaman dahulu, Aloe vera sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya sebagai obat dan kosmetik.

Beberapa literasi sejarah seperti di Mesir, mencatat lidah buaya telah ada pada zaman Cleoparta untuk bahan kosmetik dan pelembab kulit. Sedangkan orang Yunani Kuno telah menggunakan lidah buaya sebagai obat segala macam penyakit.

Pada artikel ini admin akan berbagi seputar sejarah aloe vera hingga dapat masuk ke Pontianak dan destinasi wisata Aloe Vera Center Pontianak.

Baca juga: Tempat wisata menarik yang ada di Pontianak

Sejarah Aloe Vera Center Pontianak

Selanjutnya, Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki nilai komersil yang sangat tinggi dan sudah ternama secara Internasional.

Secara internasional, ada beberapa jenis lidah buaya yaitu Aloe barbadensis Miller (Curacao aloe), Aloe chinensis Baker, Aloe perryl baker (Socotrine),dan Aloe ferox Miller (Cape aloe).

aloe vera center pontianak

Di Indonesia, Aloe vera yang banyak di kembangkan adalah jenis Aloe chinensis Baker yang berasal dari daerah tionghoa. Salah satu sentra terbesar penanaman aloe vera jenis lidah buaya ini berada di daerah Kalimantan barat. Aloe vera jenis tersebut lebih terkenal dengan nama Lidah Buaya Pontianak.

Adapun ciri-ciri lidah buaya Pontianak adalah bunganya yang berwarna oranye, kemudian pelepah berwarna hijau muda. Ciri khusus tumbuhan lidah buaya di Pontianak yaitu pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai bintik putih pada pelepahnya saat tanaman masih muda.

Awal mula Pengembangan Lidah Buaya di Pontianak

Sebagai salah satu sentra pengembangan lidah buaya yang sudah terkenal baik di tingkat lokal maupun internasional, Kota Pontianak memiliki potensi yang sangat cocok untuk pembudidayaan.

Kalimantan Barat memiliki sejarah lidah buaya untuk keperluan sehari-hari, khususnya kota Pontianak. Hampir diseluruh wilayah Kota Pontianak memiliki struktur tanah gambut yang mana memiliki tingkat Ph atau keasaman yang tinggi, hal ini menyebabkan tumbuhan lidah buaya dapat tumbuh dengan subur.

Lidah Buaya Pontianak termasuk dalam jenis Aloevera Chinensis. Jenis Lidah buaya ini dapat terus dipanen hingga umur 12 hingga 13 tahun. Di derah Pontianak, lidah buaya ini dapat berkembang menjadi lidah buaya yang memiliki kualitas super karena setiap pelepahnya memiliki berat sekitar 0,8 sampai 1,2 kilogram.

Jika dibandingkan dengan jenis lain seperti lidah buaya Amerika dan Cina yang beratnya hanya 0,5 sampai 0,6 kilogram, tentu Lidah Buaya Pontianak adalah komoditi spesial. Biasanya, Setelah berumur 10 sampai 12 bulan, lidah buaya Pontianak dapat  panen setiap bulan. Keunggulan lidah buaya Pontianak sangat diakui dunia. Oleh karena itu, lidah buaya pontianak sudah banyak terbang ke luar negeri.

Awal mula pengembangan lidah buaya di Pontianak dimulai di daerah Siantan Hulu pada tahun 1980. Pada mulanya, proses penanaman belum dilakukan secara khusus, yang mana hanya ditanam menggunakan pot dan bercampur dengan tamanan lainnya. Kemudian pada tahun 1990, setelah mulai mengetahui manfaat dan potensi ekonomi, masyarakat mulai menananm secara khusus. Tanaman di tanam di ladang khusus dan tidak lagi bercampur dengan tanaman lain.

Pada akhirnya tahun 1992, Lidah buaya mulai menjadi komoditi unggulan di Kota Pontianak. Hingga pada perkembangannya sekarang, Lidah buaya menjadi ikon unggulan Kota Pontianak. Karena keistimewaan lidah buaya Pontianak yang memiliki ukuran yang sangat besar jika  dengan lidah buaya lainnya dan tentu dengan nutrisi yang lebih berlimpah.

Pada Awal permulaannya, lidah buaya hanya  sebatas menjadi minuman segar yang tersedia di warung-warung.

Aloe Vera Center Pontianak

AVC resmi berdiri pada tahun 2002, walaupun budidaya lidah buaya di Pontianak telah ada sejak tahun 1990. Tempat ini merupakan pusat pengembangan yang di awasi oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Pembangunan kawasan ini merupakan hasil dari kerja sama antara Pemerintah Kota Pontianak dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat. Aloe Vera Center Pontianak telah berkembang sangat pesat dan berhasil berkontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak.

Dengan adanya pusat pengembangan ini, mampu memberikan berbagai macam inovasi dalam pengembangan budidaya, mulai dari penamanan hingga hasil olahan. Dari yang awalnya hanya dikembangkan sebagai bahan minuman lidah buaya khas pontianak. Lidah buaya banyak dikembangkan menjadi berbagai produk olahan mulai dari minuman, dodol, jelly, kerupuk, dll.

Berkunjung ke AVC Pontianak

Cara Berkunjung

Kawasan agro wisata dengan nama Aloe Vera Center ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak. Berada sekitar 8 Km dari pusat kota, di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu. Ada beberapa opsi pilihan transportasi, mulai dari ojek online, taxi dan Angkutan Kota atau Oplet.

Untuk ojek online dapat kalian temukan dengan mudah di pencarian google, cukup ketik angkuts atau djemput. Ojek online akan mengantarkan kalian langsung ke lokasi. Apabila ingin menggunakan angkot atau oplet, kalian dapat menumpang dari terminal Kapuas menggunakan oplet berwarna putih dengan jurusan Siantan Hilir.

Sebagai rekomendasi, akan lebih mudah dengan menggunakan ojek online. Biasanya ojek tersebut juga menyediakan mobil apabila ingin pergi secara rombongan.

Baca juga: Lempok durian asli Pontianak

Hal-Hal yang Menarik di Aloe Vera Center Pontianak

1. Melihat Penanaman AVC

Di kawasan ini kalian dapat melihat secara langsung Lidah Buaya Pontianak yang sudah terkenal di kancah Internasional. Kalian akan melihat tanaman lidah buaya raksasa yang belum pernah kalian lihat sebelumnya berjejer dengan rapi.

Berkunjung ke aloe Vera Center Pontianak akan sangat baik jika mengajak anak-anak atau murid untuk belajar secara langsung mengenai kekayaan flora yang kita miliki. Harapannya akan tumbuh rasa kebanggaan dan rasa ingin tahu untuk selalu berinovasi dan mengolah ldah buaya agar nilai ekonomisnya semakin meningkat.

Selain itu, kita juga akan diberitahu mengenai khasiat dan kandungan lidah buaya secara lebih detail. Beberapa kandungannya diantara lain adalah Vitamin A, B1, B2, B12,C ,E, berbagai macam mineral dan Asam Amino.

Adapun beberapa manfaat dari nutrisi dan vitamin tersebut yakni sebagai anti mikroba melawan bakteri pathogen, sebagai pembersih tubuh, penstabil kadar kolesterol darah, pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotic, bahan yang memperlambat penuaan dini, dan bahan anti luka bakar. Dengan mengetahui manfaat dari sari lidah buaya tersebut, tentu kita akan dapat menggunakannya secara lebih maksimal.

2. Melihat Kreasi Hasil Pengolahan

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui lidah buaya sebagai bahan pembuatan kosmetik. Kalian akan terkejut ketika datang ke AVC Pontianak. Kalian akan meilhat berbagai macam olahan produk batang lidah buaya yang sangat menarik, mulai dari makanan, snack, minuman, kosmetik, dll.

Beberapa hasil olahan makanan dan snack yang terkenal seperti dodol, permen, Jelly, kopi, Cokelat, Teh Lidah Buaya, stik lidah buaya, Kerupuk lidah buaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Wisata Kuliner  di Pontianak

Hasil olahan produk  dapat langsung kalian rasakan maupun sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Kalian harus merasakan segarnya air Lidah buaya di teriknya panas kota Pontianak. Pastikan kalian merasakan semua hasil olahan dari lidah buaya tersebut, karena selain enak, tentunya memiliki khasiat yang sangat banyak.

Produk-produk hasil olahan tersebut merupakan produk kualitas ekspor. Beberapa Negara seperti Brunei Darusalam dan Malaysia telah menjadi pasar utama produk-produk tersebut. Pastikan untuk membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh.

Baca juga: Kolam renang di Pontianak

Kawasan Aloe Vera Center adalah syurga bagi penikmat lidah buaya. Baik bagi mereka yang menginginkan manfaat dari khasiat lidah buaya ataupun nilai ekonomisnya. Pastikan untuk berkunjung ke tempat satu ini ketika kalian di kota Pontianak. Karena kalian bisa merasakan wisata yang dapat menambah ilmu tentang kesehatan. Semoga Bermanfaat.

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like