Makanan Khas Kalimantan Barat

Makanan Khas Kalimantan Barat Super Maknyus

Makanan dan Kuliner Tradisional Khas Kalimantan Barat, Pontianak

MAKANAN KHAS KALIMANTAN BARAT – Berkunjung ke suatu tempat belum lengkap sebelum mencoba kuliner khas daerah tersebut. Indonesia terkenal dengan negeri sejuta budaya, yang mana memiliki kurang lebi 1340 suku bangsa. Setiap suku memiliki budaya dan adat masing-masing, termasuk kuliner.

Kalimantan barat merupakan provinsi yang sangat majemuk dan heterogen. 4 Suku bangsa mayoritas di provinsi ini yakni  suku dayak sebesar 34,93%, Melayu 33,84 %, Jawa 9,74%, Tionghoa, 8,14 %. Kurang dari 5 % yaotu Madura, Bugis, Sunda, Batak, Banjar, dan lainnya.  Banyaknya suku bangsa otomatis membuat provinsi ini kaya akan budaya, dan juga kuliner.

Berikut daftar kuliner khas Kalimantan barat yang wajib kalian coba:

1. Bubur Pedas, Makanan Tradisional Khas Sambas

Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat. Pada awalnya, bubur ini merupakan sajian kerajaan di keraton sambas. Karena sangat digemari, bubur pedas ini menjadi makanan khas masyarakat sambas.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Bubur Pedas Khas Sambas

Bubur pedas kemudian menjadi sangat digemari masyarakat kalimantan barat karena kenikmatannya dan manfaat kesehatannya. Bagi kalian yang menyukai tidak menyukai sayur, bubur pedas dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sayur kalian, karena rasanya yang nikmat.

Makanan Khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak. Kemudian ditambahkan beraneka macam sayuran sperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-remah lainnya.

MAkanan Khas Kalimantan Barat
Ragam Bahan Sayuran untuk Membuat Bubur Pedas

Lazimnya, bubur pedas yang dijual sekarang sudah mengalami beberapa penyesuaian. Apabila menggunakan resep aslinya, sayuran yang ditambahkan ke bubur ini dapat mencapai 30 macam. Untuk menambah cita rasa, biasanya bubur pedas ditambahkan daging, kacang tanah dan ikan teri.

Bubur ini sangat mudah ditemukan jika kalian berkunjugn ke Kalimantan barat. Biasanya dijual di warung-warung pinggiran jalan hingga restoran atau hotel.

2. Mie sagu, Makanan Tradisional Khas Melayu Pontianak

Makanan berbahan baku sagu tidak hanya populer di daerah timur Indonesia. Di Kalimantan Barat, Sagu dijadikan bahan untuk membuat mie. Makanan ini juga merupakan makanan khas melayu di Pontianak. Mie sagu kerap menjadi makanan selingan atau sarapan bagi masyarakat kaliamantan barat.

Mungkin mie ini juga terdapat di daerah lain,  namun terdapat beberapa perbedaan mie sagu khas Kalimantan barat dengan yang lain. Mie sagu Khas Kalimantan Barat menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap. Sedangkan dari daerah lain biasanya disajikan kering.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Mie Sagu Siap untuk Dimasak

Sesuai dengan namanya, mie sagu dibuat dari sagu yang kemudian di ulen dan di potong menjadi bagian kecil dan panjang seperti mie. Mie yang telah dipotong kemudian direbus dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu tambahan seperti daun kucai, kecambah , merica, potongan daging dan bumbu.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Mie Sagu

Makanan ini sangat cocok dinikmati ketika cuaca sedang hujan atau dipagi hari. Kalian bisa menemukan makanan ini dengan di warung-warung tepi jalan di kota-kota di Kalimantan Barat.

3. Kwe Tiaw Goreng, Makanan Tradisional Khas Pontianak

Kwe tiaw adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Kwe tiaw merupakan masakan khas tionghoa yang sudah menjadi favorit masyarakat Kalimantan Barat. Hampir semua orang menyukai makanan yang terbuat dari mie putih ini.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Kwe Tiau Goreng

Makanan Chinese food ini berbahan terpung beras yang mana memiliki sumber karbohidrat yang tinggi. Tepung beras ini pulalah yang membedakan mie tiaw Pontianak dengan yang lain. Jika di daerah lain biasanya ditambah dengan tepung kanji.

Disamping karbohidrat , makanan ini juga mengandung protein dari daging dan zat berguna dari sayur. Kemudian bahan – bahan tersebut di goreng atau di onseng secara bersamaan. Sungguh merupakan makanan yang sehat, bergizi serta mengeyangkan. Makanan Khas Kalimantan Barat yang satu ini cocok sebagai menu makan siang kalian.

Mie Tiaw sangat menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat, kalian akan dengan mudah menemukan makanan ini di pusat kota seperti di Jalan Setia Budi dan Gajah Mada Pontianak.

Baca Juga : Ekspedisi Pontianak Termurah!

4. Kwe Tiaw Rebus, Makanan Tradisional Khas Kalimantan Barat

Makanan Khas Kalimantan Barat
Kwe Tiau Rebus

Kepopuleran Mie Tiaw membuat pada pembuat makanan ini berkreasi dan menambahkan variasi masakannya. Salah satunya ialah Mie Tiaw Rebus. Bahan dasar Mie ini sama saja dengan Mie Tiaw goreng. Namun perbedaannya, mie ini disajikan menggunakan kuah dan sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin.

Baca Juga : Taxi & Rental Mobil Pontianak Online Termurah! 

5. Asam Pedas Tempoyak, Makanan Tradisional Khas Ketapang

Makanan khas yang satu ini berasal dari daerah Ketapang Kalimantan Barat. Pasti kalian sudah sangat familiar dengan kuliner asam pedas, namun yang membedakan asam pedas khas Ketapang dengan yang lainnya adalah penambahan tempoyak.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Asam Pedas Tempoyak

Tempoyak merupakan daging buah durian yang telah difermentasikan. Bagi penikmat durian, mungkin kalian akan langsung menyukainya. Bahan dari durian biasanya menjadi tambahan bumbu pada makanan yang nantinya akan memberikan aroma dan rasa khas pada masakan.

Asam pedas khas Ketapang menggunakan ikan patin sebagai bahannya. Ikan patin memiliki daging yang lembut serta rasa yang khas. Sangat cocok jika dikombinasikan dengan tempoyak. Asam Pedas Tempoyak ini semakin nikmat jika ditemani dengan nasi panas.

Baca juga : Makanan dan kuliner Khas Tradisional Kalimantan Selatan &  Makanan & Kuliner khas Tradisional Kalimantan Utara

6. Kerupuk Basah, Makanan Tradisional Khas Kapuas Hulu

Apa yang terlintas saat mendegar kata kerupuk? Tentu renyah, crispy, dan menjadi pendamping wajib saat makan. Namun ada yang berbeda ketika kalian memesan kerupuk basah. Makanan yang berasal dari daerah hulu sungai Kapuas ini tidak berbentuk kerupuk seperti yang kalian bayangkan.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Kerupuk Basah Kukus dan Goreng

Bentuknya bisa dibilang lebih mirip dengan empek-empek, namun lebih panjang dan tidak di goreng. Di daerah asalnya kerupuk basah dimasak dengan cara hanya di kukus. Namun kalian juga dapat menikmatinya dengan digoreng lagi setelah dikukus.

Kerupuk Basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Biasanya masyarakat hulu menggunakan ikan belida (salah satu  ikan khas di Kalimantan Barat) sebagai bahan pembuatan makanan unik ini. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut serta aroma khas. Selain ikan belida, ikan tenggiri atau ikan tawar lainnya juga dapat digunakan.

Kuliner ini disajikan dengan saos kacang seperti somay atau pun sate. Kerupuk basah merupakan cemilan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentu menyehatkan.

7. Ale-Ale, Makanan Tradisional Khas Ketapang

Kuliner Khas yang satu ini berasal dari daerah ketapang. Ale – ale merupakan hewan air laut sejenis kerang-kerangan. Kerang ini banyak terdapat di daerah Ketapang, Kalimantan Barat, sampai-sampai ale-ale dijadikan sebagai maskot kota. Perairan di daerah ketapang masih terjaga, sehingga ale-ale dapat ditemukan dengan mudah dan belum tercemar polusi.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Ale Ale Khas Ketapang Kalimantan Barat

Ale-ale dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Kalian dapat membuatnya menjadi serundeng ale-ale (dengan kepala parut), sambal ale-ale, ale-ale asam manis, dan masih banyak lagi sesuai dengan selera kalian. Pada dasarnya kalian hanya perlu merebus kerang tersebut dan kemudian diberi bumbu seseuai selera.

Baca juga : Oleh Oleh Khas Pontianak 

8. Mie Kepiting, Makanan Tradisional Khas Pontianak

Bagi kalian pecinta kepiting, Mie kepiting Pontianak harus menjadi list wajib yang harus kalian coba. Mie ini sangat populer di kalangan masyarakat maupun para pelancong yang datang ke Pontianak. Mereka semua sangat puas dengan sensasi rasa olahan menu kepiting yang bisa dibilang baru dan tidak biasa ini.

Makanan Khas Kalimantan Barat
Bakmi Kepiting Khas Kalimantan Barat

Sebenarnya Makanan Khas Kalimantan Barat ini hampir sama dengan mie ayam, namun toping yang disajikan berupa daging, basko ikan, udang, daging kepiting, kecambah, dan pangsit goreng. Mie ini akan memberikan sensasi berbeda bagi kalian pecinta kepiting atau pun mie ayam. Mie kepiting ini merupakan makanan khas masyarakat tionghoa Pontianak. Kuliner ini dapat kalian jumpai di jalan setia budi, Mei kepiting A Tie atau di jalan Gajah Mada.

Saat berkunjung ke kalimantan barat jangan lupa untuk meraskan kenikmatan Makanan Khas Kalimantan Barat yang sangat maknyus ini.

Baca juga : Minuman Tradisional Khas Pontianak, Kalimantan Barat

6 thoughts on “Makanan Khas Kalimantan Barat Super Maknyus

Leave a Comment