[Terlengkap] Urutan Kabel LAN beserta Fungsinya

Urutan Kabel LAN-Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau yang biasa disebut ‘kabel jaringan/LAN’ oleh masyarakat merupakan salah satu kebutuhan penting pada sebuah jaringan komputer.  Disadari tanpa adanya kabel ini, jaringan komputer tidak mungkin terhubung (terkecuali jika menggunakan jaringan wireless).

Kabel LAN yang memiliki nama lain sebagai Kabel Jaringan merupakan sebuah media transmisi Ethernet yang berfungsi dalam hal  menghubungkan piranti 2 jaringan pada jaringan komputer. Kabel pasangan ini berpilin/berbelit membentuk sebuah kabel yang memiliki dua konduktor digabung dengan tujuannya yaitu untuk mengurangi ataupun meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti halnya  radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables) dan juga wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Namun untuk membuat kabel-kabel ini bisa berguna dan berfungsi maka kalian perlu mengetahui urutan kabel lan yang akan dipaparkan sebagai berikut;

Apa-apa saja yang terdapat pada kabel LAN ?

  • Warna Kabel Lan
  • Fungsi Kabel UTP 
  • Perbedaan kabel Lan Straight dan Cross
  • Komponen Penting untuk Membuat Kabel LAN dari UTP

Baca Juga : Urutan Film Fast And Furious Serta Sinopsis Singkat

Warna Kabel Lan

Urutan Kabel Lan
http://zaki1104.blogspot.com/2017/07/fungsi-masing-masing-warna-dari-kabel.html

Di saat kalian akan melakukan pemasangan kabel jaringan maka perlu perhatikan warna kabel Lan. Di dalam sebuah kabel  UTP, ini  terdapat 8 kabel yang berbeda warna. Masing-masing kabel berwarna oranye, putih-oranye, hijau, putih-hijau, biru, putih-biru, cokelat, dan putih-cokelat. Setiap kabel ini tentunya memiliki peran dan tugas masing-masing. Sebagai media penghantar informasi antar komputer, kabel-kabel kecil ini berperan penting terhadap adanya tukar-menukar informasi/data. Fungsi dari masing-masing warna kabel:

  • Oranye : Media penghantar paket data
  • Putih-Orange : Media penghantar paket data
  • Hijau : Media penghantar paket data
  • Putih-Hijau : Media penghantar paket data
  • Biru : Media penghantar paket suara
  • Putih-Biru : Media penghantar paket suara
  • Cokelat : Media penghantar tegangan DC
  • Putih-Cokelat : Media penghantar tegangan DC

Dari uraian diatas, jelas hanya 4 kabel saja yang berfungsi sebagai media penghantar informasi/data. Sehingga, sebenarnya kita hanya perlu warna putih-orange, orang, putih-hijau dan hijau.

Fungsi Kabel UTP

Urutan Kabel Lan
https://www.bukalapak.com/p/komputer/aksesoris-226/aksesoris-lainnya-241/ircpre-jual-kabel-utp-50-m-kabel-lan-50-meter-cat-5e-pabrikan

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang menjadi media transmisi paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer lokal (Local Area Network). Alasannya tak lain karena harganya yang relatif murah, mudah dipasang, dan juga bisa diandalkan. Sesuai dengan namanya, kabel ini terdiri dari kabel pasangan yang berpilin atau terbelit (twisted pair) yang tentunya tidak dilengkapi pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini tak lain untuk mengurangi interferensi dan crosstalk pada transmisi data. Crosstalk yaitu suatu sambungan yang tidak diinginkan  pada saluran komunikasi.

Kabel UTP sendiri  berfungsi sebagai media transmisi dalam sebuah jaringan lokal atau biasa disebut Local Area Network (LAN). Selain UTP, ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair). Perbedaan diantara kedua jenis kabel ini hanyalah pada lapisan pelindung yang dimiliki oleh STP.

Perlu diketahui  ada beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas dan jumlah kerapatan lilitannya. Bahwasanya semakin tinggi katagorinya, maka akan semakin rapat lilitannya. Berikut ini kategorinya:

  • Kabel UTP Category 1
    Kabel jenis ini digunakan sebagai bentuk komunikasi telepon yang cenderung memiliki kecepatan transmisi data yang rendah, sehingga tentunya tidak cocok untuk mentransmisikan data internet yang akan digunakan.
  • Kabel UTP Category 2
    Kabel jenis ini sudah mampu dalam hal mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps.
  • Kabel UTP Category 3
    Kabel category ini digunakan pada jaringan berbasis 10BaseT, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan  hingga 1 Mbps.
  • Kabel UTP Category 4
    Kabel jenis ini seringkali digunakan dalam topologi jaringan token ring. Kabel ini tentunya mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 16 Mbps.
  • Kabel UTP Category 5
    Kabel category ini mampu dalam hal  mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 100 Mbps.
  • Kabel UTP Category 5e
    Pengembangan dari kabel jenis dari sebelumnya mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 1000 Mbps (setara dengan 1 Gbps). Frekuensi sinyal yang didapat juga dilewatkan oleh kabel ini dan bisa mencapai hingga 100 MHz.
  • Kabel UTP Category 6
    Kabel category ini hampir sama dengan UTP Category 5e, karena kabel ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 1000 Mbps (1 Gbps), frekuensi sinyal yang didapatkan juga  lewat hingga 200 MHz. Secara fisik yang tertera terdapat separator yg terbuat dari plastik berfungsi dalam hal memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.
  • Kabel UTP Category 7
    Kabel category ini memiliki kualitas transmisi data yang lebih baik daripada kabel jenis category sebelum-sebelumnya. Kabel ini bisa dilewati dengan data yang mencapai  1 Gigabit per detik (1 Gbps). Selain itu pula , frekuensi sinyal yang dialiri  bisa mencapai 400 MHz.

Baca Juga : 50 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia 2019

Perbedaan kabel Lan Straight dan Cross

Dalam jaringan LAN, atau yang biasanya menggunakan Ethernet, sudah dikenal dua jenis kabel jaringan, yaitu kabel Straight dan Cross Over, keduanya memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan perangkat keras jaringan komputer yang digunakan . Kabel Straight biasanya digunakan untuk menghubungkan koneksi dari port ke Switch atau Hub, sedangkan kabel Cross digunakan untuk koneksi “point to point” antara 2 komputer / host yang di hubungkan lewat Ethernet Card / LAN Card.

Perbedaan yang nampak juga terdapat pada antara kabel Cross Over dan Straight yang terletak pada susunan warna pin pada konektor RJ-45 yang terdiri dari 8 warna yang berbeda. 8 warna ini yaitu Jingga, Putih Jingga, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Hijau, Coklat, dan Putih Coklat. Untuk beberapa jenis kabel kualitas tertentu, biasanya hanya menggunakan warna tunggal untuk semua pin. Oleh sebab itu, kalian harus hati-hati ketika hendak menyambungkan kabel jenis ini. Untuk mengetahui perbedaannya spesifiknya, berikut ini penjelasannya:

Baca Juga : Cara Menggunakan Google Drive Yang Mudah Banget!

1. Kabel Straight

Urutan susunan warna pada kabel straight :

Ujung 1 dan ujung 2 sama.

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini.
Kabel straight

2. Kabel Cross

Urutan susunan warna pada kabel cross :

Ujung 1                                                Ujung 2

  1. Putih Orange                             1. Putih Hijau
  2. Orange                                      2. Hijau
  3. Putih Hijau                                3. Putih Orange
  4. Biru                                           4. Biru
  5. Putih Biru                                  5. Putih Biru
  6. Hijau                                         6. Orange
  7. Putih Coklat                              7. Putih Coklat
  8. Coklat                                       8. Coklat
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Kabel cross

Komponen Penting untuk Membuat Kabel LAN dari UTP

Untuk membuat kabel jaringan menggunakan kabel UTP , terdapat beberapa komponen yang perlu kalian siapkan, diantaranya:

1. kabel UTP sepanjang yang kalian dibutuhkan

Kabel UTP dilengkapi dengan 8 kabel dengan warna-warna yang unik disetiap kabel, kemudian disusun secara berlilitan pada tiap pasang warna hingga menjadi 4 pasang. Lilitan kabel tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Urutan Kabel Lan
https://www.sadarjaya.com/product/6554/

2. konektor RJ-45

Konektor RJ 45 merupakan sebuah penghubung yang biasanya digunakan dalam instalansi jaringan kecil atau disingkat dengan LAN. Kabel yang akan digunakan ini tentunya berguna sebagai penghubung yang merupakan kabel twisted pair. Fungsi dari konektor RJ 45 ini sendiri tak lain sebagai penghubung kabel UTP dengan NIC.

Urutan Kabel Lan
https://tokokomputer007.com/konektor-rj45-konektor-dengan-banyak-fungsi/

3. Tang crimping

Tang Crimping atau yang dikenal dengan Crimping tool ini di desain khusus dalam hal digunakan untuk memasang konektor RJ-45 pada kabel Lan sehingga menjadi sebuah kabel jaringan yang tentunya siap pakai.  Tang Crimping dengan kabel LAN ini bisa juga digunakan untuk crimping dengan konektor RJ45 / RJ12 / RJ11.

Urutan Kabel Lan
https://www.jakartanotebook.com/jakemy-crimper-plier-lan-network-cable-rj45-or-rj-11-jm-ct4-3

4. RJ-45 LAN Tester

Urutan Kabel Lan
https://www.jakartanotebook.com/tester-kabel-jaringan-rj45-rj11-rj12-cat5-utp-green

LAN tester yaitu alat yang digunakan untuk mengecek koneksi sambungan kabel LAN RJ 45 dan RJ 11. Tentunya dilengkapi dengan lampu indikator, tombol pengatur kecepatan pengecekan, serta baterai sekaligus kantong kecil. Alat  ini sudah komplit dengan penerangan indikator pencahayaan, pengatur laju pengecekan, baterai dan juga saku mungil.

Sekian pembahasan mengenai urutan kabel Lan, fungsinya sekaligus komponen-komponennya. Semoga kalian nggak kebingungan dalam mengenali urutan kabel lan, oke 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.