REKOR ! 10 Pesawat Terbesar di Dunia yang Pernah di Ciptakan

Pesawat Terbesar di Dunia – Ingatkah kamu ketika waktu kecil dulu, kita begitu girangnya saat mendengar suara pesawat terbang ? Kita berlari dan bersorak penuh semangat saat melihat pesawat itu melintas di atas kepala kita.

Pesawat terbang seperti yang kita ketahui adalah sebuah alat transportasi udara yang terbuat dari besi. Pesawat itu sendiri memiliki dua buah sayap yang terbentang dikedua belah badannya. Dan juga tiga ekor sayap yang berada diujung badan pesawat. Pesawat terbang itu sendiri terbagi kedalam beberapa jenis seperti Pesawat Penumpang Sipil, Pesawat Angkut/ Kargo, Pesawat Milter dan Pesawat Eksperimental.

Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman dan teknologi masa kini, maka tidak mengherankan jika setiap orang berlomba-lomba membuat sesuatu yang melebihi lainnya. Seperti yang kita ketahui di Arab sana, khususnya negara Dubai mereka saling bersaing dalam membangun gedung pencakar langit.

Maka jangan heran ! Dengan berkembangnya teknologi penerbangan, setiap perusahaan pesawat di dunia menciptakan beberapa pesawat terbesar di dunia.

Dalam kesempatan kali ini, Borneo Channel akan mengupas 10 Pesawat Terbesar di Dunia yang Pernah di Ciptakan. Dalam pembuatan artikel ini, Borneo Channel mempertimbangkan beberapa faktor ukuran pesawat, berat, panjang bahkan jumlah penumpang yang dapat diangkut.

Dengan beberapa faktor seperti yang disebutkan diatas, ini lah dia 10 Pesawat Terbesar di Dunia :

Sebelum lanjut kebawah silahkan baca juga artikel satu ini Pesawat Tempur Indonesia dan ini Jurus Terbaru! Ini Dia Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo 2018

10 Pesawat Terbesar di Dunia

Stratolaunch

pesawat terbesar di dunia stratolaunch

Berat : 226,796 kilogram
Panjang : 73 meter
Panjang Sayap : 117 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 2019 (prakiraan)

Pesawat terbesar di dunia yang satu ini belum beroperasi. Tetapi coba bayangkan jika pesawat Stratolaunch beroperasi. Sebuah proyek pesawat yang didirikan oleh pendiri Microsoft Paul Allen akan menjadi pesawat terbang terbesar di dunia dalam sejarah, melebihi Hughes H-4 Hercules.

Pesawat yang satu ini mungkin terlihat agak aneh, karena pesawat ini terdiri dari dua pesawat yang tergabung bersama (meskipun hanya satu yang akan membawa penumpang). Stratolaunch dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri ruang angkasa yang baru lahir – tujuannya adalah untuk bertindak sebagai platform peluncuran terbang untuk menempatkan muatan di orbit.

Hughes H-4 Hercules

pesawat terbesar di dunia Hughes H-4 Hercules

Berat : 113,399 kilogram
Panjang : 66,65 meter
Panjang Sayap : 97,54 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 1947

Tes penerbangan pertama dan mengudara hanya selama 26 detik (atau sekitar satu setengah kilometer). Tetapi walaupun hanya sebentar mengudara, Hal ini sudah cukup bagi Hughes H-4 Hercules untuk dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia yang pernah mengudara.

Bahkan karena dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia, Hughes H-4 Hercules digambarkan kedalam film pada tahun 2004 “The Aviator,” yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Burung besi terbesar ini, terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan delapan mesin, dirancang selama Perang Dunia II untuk memenuhi kebutuhan transportasi berat jarak jauh.

Satu-satunya prototipe pesawat ini telah diawetkan di Museum Penerbangan & Ruang Angkasa Evergreen di McMinnville, Oregon.

Antonov An-225 Mriya

pesawat terbesar di dunia Antonov An-225 Mriya

Berat : 285,000 kilograms
Panjang : 84 meters
Panjang Sayap : 88,4 meters
Terbang Pertama Kali : Tahun 1988

Antonov An-225 mempunyai enam mesin dan dianggap satu-satunya pesawat terbesar di dunia dengan jenis enam mesin. Pesawat ini memegang gelar sebagai pesawat terbang terberat yang pernah diciptakan.

Bahkan faktanya, Antonov An-225 hanya dibangun satu unit saja.

Antonov Airlines membuat “Mriya” tersedia untuk memenuhi berbagai macam pekerjaan angkat berat yang unik di seluruh dunia.

Baru-baru ini, ada desas-desus tentang minat orang Cina untuk menghidupkan kembali program An-225, tetapi tidak jelas apakah ini akan terjadi dalam waktu dekat.

Airbus A380-800

pesawat terbesar di dunia Airbus A380-800

Berat : Sekitar 277,000 kilogram
Panjang : 72,72 meter
Panjang Sayap : 79,75 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 2005

Airbus A380 adalah pesawat terbang bertingkat yang dirancang untuk mengatasi permasalahan padatnya lalu lintas udara di dunia dan sebagai jawaban atas meningkatnya kemacetan di bandara.

Secara teori, salah satu Pesawat Terbesar di Dunia ini mampu mengangkut hingga 850 penumpang. Meskipun pada kenyataannya sebagian besar pemiliknya hanya memuat penumpang sebanyak 450 hingga 550 orang saja.

Boeing 747-8

pesawat terbesar di dunia Boeing 747-8

Berat : 220,128 kilogram
Panjang : 76,3 meter
Panjang Sayap : 68,4 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 2010

Sejak mulai dikembangkan pada awal tahun 1970 dan selama lebih dari 30 dekade, Boeing 747 telah menjadi “Queen of the Skies” yang tak terbantahkan. Karena bentuknya yang unik menjadi telah menjadikan pesawat ini sebagai ikon yang langsung dapat dikenali dan populer diseluruh dunia.

Meskipun pencapaian Boeing 747-8 telah dilampaui oleh Airbus A380 dalam hal kapasitas penumpang. Namun pencapaian terbaru dari seri Boeing 747, 747-8, tetap mempertahankan posisinya dalam buku rekor sebagai pesawat terbesar di dunia.

Antonov An-124

pesawat terbesar di dunia Antonov An-124

Berat : 175.000 kilogram
Panjang : 68,96 meter
Panjang Sayap : 73,3 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 1982

Meskipun sedikit lebih kecil dari kerabat dekatnya pesawat Antonov An-225, pesawat buatan dari perusahaan Antonov ini adalah salah satu pesawat angkut militer terbesar di dunia. Pencapaian tetap bertahan hingga munculnya Boeing 747-8F yang juga merupakan pesawat terbesar yang diproduksi secara massal.

Antonov An-124 bekerjasama dengan Angkatan Udara Rusia serta beberapa operator kargo yang menggunakannya untuk memindahkan muatan yang sangat berat dan besar, seperti untuk mendukung program luar angkasa Amerika dan Eropa.

Lockheed C-5 Galaxy

pesawat terbesar di dunia lockheed c-5 galaxy

Berat : 172.371 kilogram
Panjang : 75,31 meter
Panjang Sayap : 67,89 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 1968

Pesawat terbesar di dunia ini mampu mengangkut enam helikopter tempur Apache atau dua tank tempur utama M1 di atas jarak 11.000 kilometer.

Lockheed C-5 Galaxy telah menjadi andalan US Strategic Airlift Command selama beberapa dekade guna mendukung penempatan militer Amerika di luar negeri.

Tupolev Tu-160

Pesawat Bomber Terbesar di Dunia Tupolev Tu 160

Berat : 110.000 kilogram
Panjang : 54,10 meter
Panjang Sayap : 55,70 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 1981

Pesawat ini adalah salah satu pesawat bomber yang dimiliki oleh Angkatan Udara Rusia. Tupolev Tu-160 dijuga dianggap pesawat yang cukup mebanggakan, karena dianggap sebagai salah satu  pesawat tempur terbesar, pesawat supersonik terbesar dan pesawat terbesar di dunia.

Meskipun pertama kali terbang pada tahun 1981, Tu-160 prototype pertama dari versi Tu-160M2 yang dimodernisasi dan diluncurkan pada akhir tahun 2017.

Pesawat itu bahkan disebut-sebut oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai basis potensial untuk pesawat sipil supersonik terbaru.

HAV Airlander 10

pesawat terbesar di dunia HAV airlander 10

Berat : 20.000 kilogram
Panjang : 92 meter
Panjang Sayap : 43,5 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 2012

Airlander 10 dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia berjenis helium.

British Hybrid Air Vehicles (HAV) pada awalnya mendesain HAV Airlander 10 untuk digunakan oleh militer AS. Namun proyek tersebut dibatalkan, tetapi pengembangannya masih tetap berjalan dengan tujuan yang baru.

Kembalinya era pesawat terbang berjenis helium mungkin masih harus menunggu sedikit lebih lama. Karena Airlander 10 masih menjalani pengujian dengan beberapa insiden selama masa pengembangan, seperti jatuhnya pesawat ini di Inggris.

Mil Mi-26

Helikopter Terbesar di Dunia Mil Mi-26

Berat : 28.200 kilogram
Panjang : 40 meter (dengan rotor berputar)
Diameter Rotor : 32 meter
Terbang Pertama Kali : Tahun 1977

Mil Mi-26 mungkin bukan satu-satunya helikopter terbesar yang pernah diciptakan, karena rekor tersebut dimiliki oleh Mil V-12 yang dikembangkan oleh Soviet.

Tetapi Mil Mi-26 ini adalah salah satu helikopter terbesar di dunia yang diproduksi secara masal. Karena hingga saat ini Mil Mi-26 adalah helikopter terbesar di dunia yang masih digunakan oleh angkatan udara dan perusahaan kargo di seluruh dunia.

Helikopter ini mampu mengangkut 90 pasukan atau 20 ton kargo dan telah digunakan dalam misi yang beragam. Seperti mengangkut mammoth berbulu dari Rusia atau memulihkan helikopter yang rusak dan terdampar dari pegunungan Afghanistan – misi yang belum mampu dilakukan oleh helikopter lainnya.

 

Demikian pembahasan daftar pesawat terbesar di dunia, mungkin kamu akan tertarik dengan artikel kami lainnya yang berjenis sama seperti Top 10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2018

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.