Top 10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2018

Pesawat Tempur Tercanggih – Pesawat tempur memiliki peranan yang sangat penting dalam peperangan udara. Hingga membuat beberapa pabrik pesawat di dunia saling berlomba untuk mengembangkan pesawat tempur tercanggih di dunia.

Pesawat tempur pertama kali diciptakan oleh Roland Garros berkebangsaan Perancis pada tahun 1914. Semenjak itu tidak diragukan lagi pasukan angkatan udara menjadi senjata utama bagi setiap negara untuk mengamankan daerah kekuasaannya.

Dimasa modern saat ini, kekuatan pesawat tempur menjadi kekuatan yang sangat diperhitungan. Hal ini terjadi karena efisiensi dan kekuatan tempur dari pasukan udara yang dapat membuat perubahan secara signifikan dikala peperangan terjadi.

Sedangkan bagaimanakah dengan kekuatan pesawat tempur tercanggih di Indonesia ? berapa jumlah pesawat tempur Indonesia saat ini ? dan seberapa kuat armada pesawat tempur TNI AU kita?

Pesawat Tempur Tercanggih di Indonesia

Tentu saja, perkembangan pasukan angkatan udara kita tidak kalah dibandingkan negara-negara lain. Indonesia sendiri telah memiliki 5 pesawat tempur Indonesia tercanggih yang dapat kamu baca di artikel ini.

Gambar Pesawat Tempur Indonesia

pesawat tempur tercanggih di indonesia

pesawat tempur tercanggih di dunia 2018 pesawat siluman tercanggih 2017 video pesawat tempur berperang pesawat tempur indonesia terbaru

Lantas, seperti apakah kekuatan pesawat tempur no 1 di dunia ? seperti apakah 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia 2018 ? dan inilah dia Daftar Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia menurut Borneo Channel :

Daftar 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia 2018

10. Saab JAS 39 Gripen (Swedia)

Daftar 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia 2018

Pesawat tempur yang diproduksi oleh Saab asal Swedia ini pada dasarnya memiliki mesin tunggal dan termasuk jenis pesawat tempur serbaguna generasi keempat. Selain terkenal sebagai pesawat tempur supersonik, Saab JAS 39 Gripen ini terkenal akan harganya yang terjangkau bagi negara-negara berkembang.

Pesawat tempur tercanggih nomor urut 10 menurut Borneo Channel ini, telah melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1988. Tetapi pada tahun 1997 barulah Saab memperkenalkan pesawat tempur ini ke dunia.
Karena kinerjanya yang luar biasa, pesawat tempur ini dianggap sebagai simbol keunggulan.

Selain itu, Saab JAS 39 juga menerapkan teknologi terbaru yang dapat menyelesaikan beberapa misi seperti misi intersepsi (penangkapan), serangan darat, pertahanan udara dan investigasi (penyelidikan). Melalui desain aerodinamis yang mutakhir, pesawat tempur ini sangat cepat untuk pertempuran jarak dekat hingga mempunyai kecepatan 2.470 km/jam.

9. F-16 Fighting Falcon (Amerika)

jumlah pesawat tempur indonesia saat ini

Sebelumnya pesawat tempur tercanggih ini dikembangkan oleh General Dynamics (diakuisisi oleh Lockheed Martin) untuk Angkatan Udara Amerika, pesawat tempur dari Amerika ini berada di nomor 9 dalam daftar pesawat tempur tercanggih di dunia.

F-16 Fighting Falcon ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur serbaguna yang dapat bertahan disegala cuaca.

Nama resmi pesawat tempur ini adalah Fighting Falcon namun bagi para pilot pesawat tempur satu ini lebih dikenal sebagai Viper karena bentuknya mirip dengan seekor ular Viperidae.

Kecepatan maksimum dari F-16 Fighting Falcon adalah 2.410 km/jam. Sedangkan untuk sistem persenjataan pesawat tempur ini memiliki senjata api dengan 511 peluru, misil, roket, rudal dan bom yang efektif untuk pertempuran udara.

8. Mikoyan MiG-31 (Russia)

pesawat tempur buatan indonesia terbaru

Mikoyan MiG-31 adalah pesawat tempur dari Rusia yang memiliki reputasi sebagai versi terakhir dari seri MiG-25. Pesawat tempur ini pada dasarnya adalah pesawat supersonic interceptor dan terkenal sebagai salah satu pesawat tempur tercepat di dunia.

Pada tanggal 16 September 1975 Mikoyan Mig-31 melakukan tes penerbangan pertamanya.Semenjak itu, pesawat tempur satu ini telah diproduksi sebanyak 500 unit dan telah dimiliki oleh beberapa negara lainya.

Untuk kecepatan maksimum yang dihasilkan oleh pesawat tempur ini adalah 1.860 km/jam. Sedangkan disistem persenjataan Mikoyan MiG-31 dilengkapi dengan 1 GSh-6-23 canon berkaliber 23mm sebanyak 260 peluru. Dibawah badan pesawat terdapat 4 rudal R-33 atau 4 rudal Vympel R-37.Dibagian sayap terdapat 4 gantungan senjata untuk 2 R-40R/R-40T. Terakhir untuk versi fighter bomber atau serbaguna terdapat banyak macam rudal udara maupun rudal anti radar.

7. F-15 Eagle (Amerika)

10 pesawat termahal di dunia

Salah satu pesawat tempur tercanggih ini dikenal sebagai salah satu pesawat tempur tersukses dan termukthir di dunia. Selain itu, tingginya popularitas F-15 Eagle dikarenakan memiliki lebih dari 100 tingkat kesuksesan dalam pertempuran udara hingga saat ini.

Pesawat tempur yang dirancang oleh McDonnell Douglas ini adalah pesawat tempur taktis supersonik disegala medan cuaca yang dirancang untuk mempertahankan superiotas udara di pertempuran udara.

Untuk kemampuan dan persenjataan, pesawat ini memiliki 1 meriam M61A1 20mm dengan 940 butir peluru. Sedangkan untuk rudal sendiri terdiri dari rudal AIM-7F Sparrow, AIM-120 AMRAAM dan AIM-9 Sidewinder. Serta untuk kecepatan maksimum yang dimiliki oleh F-15 Eagle adalah 3.018 km/jam.

6. Jet Tempur Tercanggih buatan Rusia : Sukhoi Su-35

pesawat siluman

Pesawat tempur Rusia paling canggih, Sukhoi Su-35 dirancang dan dikembangkan untuk menandingi kemampuan F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Pesawat tempur tercanggih satu ini telah berhasil dimiliki dan masuk dalam jajaran pesawat tempur Indonesia tercanggih.

Untuk kinerja sendiri pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 2.390 km/jam. Dengan sistem persenjataan yang canggih dan muktahir, Sukhoi Su-35 bisa dikatakan mesin pembunuh terefektif.

5. Dassault Rafale (Perancis)

Video pesawat tempur tercanggih

Pabrik pesawat asal Perancis, Dassault Aviation mengembangkan pesawat tempur berjulukan Squall (Dassault Rafale) yang dirancang sebagai pesawat berpangkalan di darat dan kapal induk. Dassault Rafale merupakan pesawat tempur serbaguna sebagai generasi ke 4,5 yang memiliki dua mesin dan bersayap delta dipadukan dengan kanard aktif terintegrasi (dekat berpasangan).

Sistem tempur yang dimiliki Dassault Rafale dilengkapi dengan sistem pertahanan elektronik Spectre yang menyediakan teknologi pesawat siluman tercanggih berbasis software. Dilengkapi juga dengan persenjataan berupa senjata api 30mm GIAT 30/719B canon. Rudal udara ke udara MICA IR/EM, Magic II dan MBDA Meteor sedangkan rudal udara ke tanah berupa MBDA Apache, SCALP EG, AASM, GBU-12 Paveway II, AM 39 Exocet dan Rudal Nuklir ASMP-A.

4. Eurofighter Typhoon (European Union)

pesawat tempur no 1 di dunia

Dinomor 4 sebagai pesawat tempur tercanggih di dunia 2018 kali ini adalah Eurofighter Typhoon yang memiliki kemampuan yang gesit, fasilitas pesawat siluman dan sistem modern sehingga dikenal sebagai pesawat tempur hebat. Eurofighter Typhoon adalah pesawat tempur serbaguna dengan sayap delta dipadukan dengan kanard serta bermesin ganda super gesit.

Sedangkan untuk kemampuan terbang pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 2.124 km/jam. Dilengkapi dengan sistem senjata 27mm Mauser BK-27 Revolver, rudal udara ke udara dan rudal udara ke tanah.

3. Boeing F/A-18E/F Super Hornet (Amerika)

pesawat tempur tercanggih rusia vs amerika

McDonnel Douglas adalah perancang pesawat tempur yang lebih dikenal sebagai Super Hornet ini. Boeing F/A-18E/F Super Hornet berhasil mengudara pertama kali pada tahun 1995. Super Hornet sendiri adalah pesawat tempur militer bermesin ganda berbasis carrier varian tempur serbaguna.

Untuk kinerja, Super Hornet memiliki kecepatan maksimum sejauh 1.915 km/jam. Dilengkapi dengan senjata api 20mm M61A2 Vulcan nose-mounted Gatlng style cannon, 578 butir peluru. Rudal udara ke udara berupa AIM-9 Sidewinder atau AIM-120 AMRAAM dan AIM-7 Sparrow atau AIM-120 AMRAAM. Sedangkan untuk rudal udara ke tanah berupa AGM-65 Maverick, AGM-84H/K Standoff Land Attack Missile Expanded Range, AGM-88 HARM Anti-radiation missile, AGM-154 Joint Standoff Weapon dan AGM-158 Joint Air-to-Surface Standoff Missile.

2. Lockheed Martin F-22 Raptor (Amerika)

pesawat tempur tercanggih di dunia 2017

F-22 Raptor merupakan pesawat siluman tercanggih yang dikembangkan Lockheed Martin asal Amerika. F-22 Raptor pada dasarnya adalah pesawat tempur superioritas udara serbaguna yang memiliki kemampuan dan teknologi pesawat tempur tercanggih di dunia.

Pada perkembangan awalnya pesawat tempur ini dirancang untuk menjadi salah satu pesawat tempur tercanggih di dunia. Oleh karena itu F-22 Raptor menjadi salah satu pesawat tempur termahal dengan harga mencapai US$361 juta per unit.

Selain memiliki kecepatan maksimum hingga 2.575 km/jam dan dilengkapi dengan meriam M61A2 Vulcan Gatling Gun sebanyak 480 butir peluru, rudal udara ke udara dan rudal udara ke tanah serta radar yang mencapai jarak 240 km. Pesawat tempur ini juga memiliki teknologi pesawat siluman tercanggih sehingga sangat sulit untuk dideteksi radar.

1. Lockheed Martin F-35 Lightning II (Amerika)

inilah pesawat tempur indonesia terbaru

Lockheed Martin F-35 Lightning II yang Borneo Channel rasa sangat layak berada diurutan pertama dalam Daftar Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2018.

Hal ini dikarenakan F-35 Lightning II adalah salah satu pesawat tempur supersonik bermesin tunggal yang dapat melakukan banyak fungsi dan misi. Misi yang dapat dilakukan oleh pesawat tempur tercanggih satu ini antara lain melakukan pertempuran udara ke udara, dukungan udara jarak dekat dan misi pengeboman taktis.

Serta merupakan pesawat tempur serbaguna generasi kelima yang fleksibel dan tercanggih yang berhasil dikembangkan hingga saat ini. Dikarenakan F-35 Lightning II mempunyai teknologi pesawat siluman tercanggih sehingga dapat menghilang dari teknologi radar pesawat tempur lainnya. Selain itu, jumlah persenjataan dan amunisi yang bisa dibawan pesawat ini pun lebih banyak dibandingkan pesawat  tempur generasi sebelumnya, seperti F-16 dan F-18.

Untuk kecepatan maksimum yang dihasilkan oleh pesawat F-35 Lightning II mencapai 2.065 km/jam. Sedangkan disistem persenjataan dilengkapi dengan senjata api GAU-22/A 25mm canon. Rudal udara ke udara dilengkapi AIM-120 AMRAAM, AIM-132 ASRAAM, AIM-9X Sidewinder. Rudal udara ke tanah berupa AGM-154 JSOW, AGM-158 JASSM. Bom yang dibawa pesawat tempur ini adalah bom Mark 84, Mark 83 and Mark 82 GP, Mk.20 Rockeye II cluster bomb, Wind Corrected Munitions Dispenser capable, Paveway-series laser-guided bombs, Small Diameter Bomb (SDB), JDAM-series dan Senjata Nuklir.

 

Demikianlah artikel tentang Top 10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2018 yang berhasil Borneo Channel rangkum.

1 thought on “Top 10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2018”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.