Makanan Khas Sumatera Utara dan Cara Pembuatannya yang Mesti Dicoba

| |

Makanan Khas Sumatera Utara – Howdy sobat Borcha, Sumatera Utara adalah provinsi yang terletak di bagian utara pulau Sumatera, provinsi ini terkenal dengan kemultietnisannya, terbukti dari beberapa suku asli pulau sumatera, seperti suku batak sebagai suku asli wilayah Sumatera Utara, suku Nias, suku Melayu, suku Minangkabau, dan suku-suku sekitaran pulau Sumatera.

Selain memiliki beberapa suku-suku asli, provinsi sumatera utara juga merupakan tempat suku bangsa lain, seperti orang India, Arab, dan Tionghoa. Selain memiliki keunikan dari segi keberagaman etnis, makanan khas sumetara utara juga salah satu keunikan dari provinsi yang terkenal memiliki danau toba yang memukau dunia.

Baca juga: Makanan khas Kota Padang

Makanan Khas Medan

Selain memiliki keunikan dari segi keragaman suku dan keindahan alam, provinsi Sumatera Utara juga memiliki keunikan dari sisi kulinernya. Medan merupakan salah satu kota besar yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara,  ciri khas makanan khas Sumatera Utara yang mendominasi kota Medan kebanyakan terpengaruh oleh nuansa suku Batak, karena mayoritas provinsi tersebut merupukan keturunan suku batak.

Pada umumnya, makanan khas sumatera utara kebanyakan makanananya memiliki kuah. Berikut adalah beberapa makanan khas sumatera utara dan cara pembuatannya, khususnya kota Medan yang populer juga yang sobat borneo channel mesti cicipi saat mengunjungi kota Medan, Sumatera Utara

1. Bihun Bebek

eatsmartguides.com

Bagi pecinta bihun dan daging bebek, bihun bebek medan sangat sayang sekali untuk di lewatkan ketika mengunjungi Sumatera Utara. Yang membuat makanan ini istimewa yaitu selain bihun khas yang maknyus, dalam satu porsi, di atas bihunnya terdapat suwiran daging bebek yang melewah dengan taburan daun kucai.

Bihun bebek medan dengan kuah yang nikmat. Menurut banyak orang, rasanya gurih dan agak asam (asam dalam arti nikmat) Tak heran harganya bisa melesat sampai kira-kira 60.000 rupiah hingga lebih.

Bagi sobat borneo channel yang tertarik untuk merasakan kenikmatan bihun bebek medan, waktu jalan-jalan ke kota Medan jangan lupa untuk mampir ke Bihun Bebek Asie di Jalan Kumango, Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Makanan khas Sumatera Barat

2. Bika Ambon

Jangan tertipu dengan nama Ambonnya sobat borneo channel, Bika Ambon adalah makanan khas Medan. Awalnya bika ini adalah olahan yang di ubah sedikit resepnya,  Bika ini pertama kali diproduksi dan dijual di Jalan Ambon, Kota Medan. Jadi Ambon yang di maksud bukan Kota Ambon di Maluku.

Kue ini terbuat dari adonan tepung, gula,santan,juga kuning telur. Setelah semua bahan di campur, bahan bika tersebut akan di fermentasi selama tujuh jam dengan cara di campur air nira. Yang membuat bika ini menjadi salah satu makanan khas Sumatera Utara, lebih tepatnya khas Kota Medan adalah penggunaan air nira yang di campurkan dengan adonan Bika tersebut, sobat. Bika ambon sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh ketika mengunjungi Kota Medan.

3. Soto Udang

idntimes.com

Bagi para penggila makanan seafood, soto udang Medan masuk ke dalam list makanan para pecinta seafood untuk di cicipi. Bagaimana tidak, rasa kuah kaldu yang gurih,udang berprotein tinggi yang renyah,dan rasa unik dari ayam panggang membuat kenikmatan makanan ini begitu menggoda.

Bumbu yang di pakai pada dasarnya tidak ada bedanya dengan bumbu soto biasa, yaitu serai,daun salam,daun jeruk,daun bawang,merica,dan garam. Selain bumbu-bumbu tersebut, di tambah juga bawang merah, bawang putih, ketumbar,kunyit,lengkuas,dan jahe bakar. Bumbu tambahan tersebut lalu di tumbuk halus.

Bumbu awal  untuk membuat kaldu ayam, daging ayam sebagai kaldu akan dibakar agar dijadikan suwiran yang ditaburkan diatas soto udang, sedangkan bumbu tambahan yang ditumbuk halus digunakan untuk memasak udang. Soto udang yang dimasak lalu disajikan ke dalam mangkuk, lalu sotonya ditaburkan dengan daung bawang agar menambah aroma harum.

Ada sejarah menarik tentang asal mula soto udang ini, sobat borneo channel. Konon, pembuatan soto ini secara tidak sengaja di ciptakan oleh para penjual soto. Karena kalangan Hindu dan Budha, haram mengonsumsi daging sapi. Sebagai gantinya, penjual soto mengganti daging yang di gunakan dengan daging ayam, tetapi lama-kelamaan si penjual soto menambahkan daging udang dalam satu porsi soto supaya cita rasanya semakin enak.

Tunggu apa lagi, para pecinta makanan seafood. Langsung datang ke Kota Medan untuk merasakan langsung cita rasa khas Soto Udang Medan.

4. Anyang Pakis

kumparan.com

Anyang pakis merupakan salah satu makanan khas sumatera utara yang berasal dari tanah Deli yang semakin di telan jaman. Makanan ini pada umumya di sajikan waktu bulan ramadhan, karena biasanya Anyang pakis di jual di saat bulan tersebut sebagai lauk buka puasa.

Tampilannya sekilas mirip dengan urap di daerah Jawa, tapi kalau kita telusuri lebih jauh, sebenarnya memang mirip dari segi bumbu yang di gunakan, yaitu daun jeruk,serai,bawang merah,dan kencur. Yang membedakan anyang pakis dan urap adalah pengguanaan kelapa sangrai pada anyang pakis dan pengguanaan kelapa mentah pada urap di pulau Jawa.

Untuk membuat Anyang pakis ini tidak terlalu sulit kok, sobat borneo channel. Bahan-bahan seperti daun jeruk,cabai merah,serai,bawang merah,dan kencur di tumbuk halus, lalu di sangrai dengan parutan kelapa dan pakis. Kemudian amak pakis harus di kukus dulu sebelum masuk ke dalam wajan yang berisi dengan bumbu halus dan kelapa parut.

Jika sobat borneo channel mau, sayur pakis dengan tauge,daun pepaya,daun singkong,dan bunga pepaya atau juga kacang pacang dan pakis uang.  Namun, harus di kukus dulu sebelum di kombinasikan dengan anyang pakis. Anyang pakis juga tetap nikmat walau di konsumi tanpa nasi.

Gimana, tertarik dengan anyang pakis medan? Datang saja ke Kota Medan saat bulan puasa, ya.

Baca juga: Makanan Tradisional Sumatera Selatan

5. Sayur Gurih Tauco

neo.id

Sayur Tauco merupakan salah satu makanan khas sumatera utara yang mempunyai udang, kuah santan,daging sapi yang di beri bumbu tauco. Tauco itulah yang membedakan sayur ini dengan sayur lainnya karena aromanya yang khas. Sayur gurih ini tampaknya di pengaruhi oleh masakan cina, di tandai dengan tauco yang di fermentasikan.

Jika di tanya soal ciri khas rasa, rasa dari sayur gurih tauco ini ialah pedas dan gurih, di sebabkan oleh rempah yang di gunakan dalam pembuatan sayur gurih ini, yaitu potongan bawang merah dan bawang putih yang di  tumis terlebih dahulu, lalu di masukan cabai merah, cabai hijau, cabai halus, lengkuas,jahe,dan serai. Setelah tercium aroma dari cabai hijau, kemudian daging sapi yang telah direbus dan udang dimasukan sebelum memasukkan tauco.

Tak lupa pula masukan santan,garam,dan merica untuk menciptakan kuahnya, setelah sayurnya matang, segera sajikan. Jika lidah menuntut lagi, tambahkan potongan lontong sayur atau ketupat untuk menambah cita rasa. Ada pula tambahan lainnya seperti rendang, telur rebus, nangka muda, buncis, serundeng, tempe, dan lain-lain sesuai selera.

Bagi pecinta sayuran, jangan lupa coba cicipi sayur gurih tauco khas Sumatera Utara, tapi ingat bahwa sayur gurih tauco yang nikmat ini juga mengandung daging di dalamnya, yang mana tidak semua vegetarian cocok untuk menkonsumsinya. Tapi bagi pecinta sayuran yang tidak ada masalah dengan campuran daging, sayur gurih tauco Sumatera Utara patut menjadi menu spesial para pecinta jenis kuliner ini.

6. Dali Ni Horbo

sukita.info

Namanya yang unik, Dali Ni Horbo merupakan olahan tradisional susu kerbau yang cukup sering ditemukan di tanah Batak, tetapi Dali Ni Horbo bukanlah minuman, melainkan makanan. Seperti susu lain pada umumnya, Dali Ni Horbo mengandung karbohidrat,protein,dan lemak. Yang membedakannya adalah, Dali Ni Horbo diolah tanpa proses kimia, jadi terjamin kemurniannya.

Dalam memproduksi dali ni horbo ialah tidak sesulit seperti yang di kira, sobat borneo channel. Pertama-tama, susu kerbau yang masih cair di masak dengan api yang suhunya tidak terlalu panas, lalu tambahkan garam. Susu cair yang di panaskan secara pelan akan mendidih dan mengental, lalu masukan air daun pepaya agar susu kerbau mengental sama seperti tahu.

Dali ni horbo bisa di olah menjadi makanan lain, misalnya untuk memasak arsik agar aroma dan rasa nikmat dari susu tersebut semakin bertambah. Gimana sobat borneo channel, penasaran bukan untuk merasakan keunikan rasa dari dali ni horbo?

Minuman Khas Sumatera Utara

Selain memiliki makanan yang lezat-lezat, provinsi Sumatera Utara juga memiliki keunikan dari minuman khasnya yang memuaskan dahaga ketika menkonsumsinya. Kebanyakan minuman khas Sumatera Utara didominasi dengan olahan bahan-bahan organik. Penasaran? berikut beberapa minuman khas Sumatera Utara yang akan memanjakan tenggorokan jika mengkonsumsinya.

1. Roco Timun

Roco Timun adalah minuman khas Sumatera Utara yang berbahan dasar kelapa dan timun. Minuman ini dalam satu gelas berisi kerukan kelapa muda serta campuran dari potongan timun dan gula merah yang dicampur bersama daun pandan.

Jangan tanya soal rasa dari Roco Timun, yang pasti manis dan segar. Roco timun sangat cocok apabila disajikan di cuaca yang panas, seperti di siang hari yang terik, karena minuman ini biasanya dicampur dengan es.

Jika sobat borneo channel tidak sempat mengunjungi provinsi Sumatera Utara, sobat juga bisa membuat minuman ini sendiri loh.

Cara membuatnya tidak susah kok, sobat. Bahan-bahannya yaitu buah daging buah kelapa muda yang sudah dikeruk, timun, kepruk, dan es batu. Untuk airnya yaitu, sirup, gula merah, garam,dan daun pandan. Pertama-tama, panaskan gula merah beserta garam,dan daun pandan ke dalam air, lalu aduk hingga rata, kemudian panaskan hingga gula mencair, jika sudah masak segara sajikan dengan timun dan sirup. Sungguh menyegarkan, kan sobat Borcha?

Baca juga: Makanan Tradisional Khas Kalimantan Barat

2. Teh Susu Telur

kedailokalti.blogspot.com

Teh susu telur adalah minuman favorit warga Medan, kebanyakan di gemari oleh kaum muda masyarakat Medan. Mungkin bagi yang belum pernah mengetahui dan mencicipi teh susu telur akan heran, kok telur di campur dengan teh dan susu? Minuman yang pada umumnya dinikmati ketika cuaca sejuk dan malam hari ini memang benar-benar dicampur dengan telur, khususnya bagian kuning telur.

Bahannya adalah teh hitam,telur ayam atau bebek,dan susu. Cara membuatnya yaitu, pertama masukan kuning telur kedalam wadah, lalu diaduk dengan pengaduk elektrik hingga tekstur kuning telur tersebut menjadi lembut. Selain menyiapkan telur, siapkan teh yang sudah diseduh dengann air panas. Setelah semua tuangkan telur ke dalam gelas, lalu tambahkan susu dan gula sesuai selera. Selamat, teh susu telur berhasil disajikan.

Bagi sobat borneo channel yang berkesempatan mengunjungi Kota Medan, langsung datang saja ke gerai Pak Haji Jalan Puri, Medan untuk merasakan sensai langsung teh susu telur.

3. Jus Martebe

Jangan tertipu dengan namanya sobat borneo channel, dari namanya terdengar seperti kosa kota bahasa asing, padahal martebe bukan berasal dari bahasa asing, melainkan singkatan dari Markisa dan Terong Belanda. Soal rasa, cita rasa dari jus ini ialah asam manis dan segar. Sangat pas untuk sang penghilang dahaga ketika di siang hari yang terik.

Cara membuatnya yaitu, pertama-tama kita keruk daging buah terong belanda dan markisa pisahkan kedua buah ke dua mangkuk yang berbeda.

Untuk buah markisa, tambahkan air ke dalam mangkuk lalu saring air buah markisa tersebut ke dalam mangkuk yang terdapat daging buah terong belanda di dalamnya, setelah itu blender daging buah terong, gula, dan air markisa yang sudah halus, kemudian cicipi sedikit apakah sudah manis atau belum, jika manisnya kurang, tambahkan gula, tambahkan air lagi sesuai keinginan jika terlalu kental.

Setelah semuanya pas, saring hasil blenderan tersebut agar biji dari buah terong belanda tidak masuk, jika semua sudah selesai, sajikan jus martebe dengan es batu. Pasti bakal jadi jus penghilang dahaga, sobat Borneo Channel.

Baca juga: Makanan Khas Aceh paling populer

Nah, itulah beberapa minuman serta makanan khas Sumatera Utara dan cara pembuatannya. Jika sobat Borcha berkeinginan untuk berwisata ke Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Utara.  Jangan lupa untuk mencoba dan mencicipi langsung makanan khas Sumatera Utara. Karena sangat sayang sekali jika sobat berkunjung ke sana tanpa merasakan ciri khas kulinernya. Horas!

Previous

Makanan Khas Bali dan Penjelasannya berserta Sejarahnya

Kue Lekong? Daftar Makanan Khas Lombok yang Bikin Nangis

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.