[Terbaru] 7 Makanan Khas Bandung Paling Nge-hits Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Bandung- Hi sobat Borcha, sebagai ibu kota dari provinsi Jawa Barat, membuat Bandung menjadi kota metropolitan atau kota kembang.

Yang memiliki daya tarik pada tempat wisata alamnya yang melimpah, juga ada wisata kuliner di kota berjuluk Paris Van Java tersebut.

Olahan-olahan tradisional hingga modern dengan mudah di temui di sana, bahkan karena masyarakatnya yang terkenal dengan kreativitas dan inovasinya itulah yang membuat Bandung punya banyak kuliner yang maknyus.

Dari banyaknya tempat, Bandung adalah salah satu kota yang memiliki Makanan Khas Sunda yang unik. Anda bisa menemukan jajanan Khas Bandung online ini secara mudah ketika berkunjung ke Kota Bandung.

Nah uniknya sahabat traveler bahkan makanan tradisional pun, disulap menjadi panganan dengan rasa yang mewah dan tentunya bisa bersaing dengan panganan modern sahabat traveler.

Apa nama Jajanan Bandung yang lagi Trend?

  • Makanan Khas Bandung – Seblak
  • Bandros Bandung
  • Makanan Khas Bandung Surabi
  • Bakso Tulen Khas Bandung
  • Colenak Khas Sunda
  • Cemilan Cilok Bandung
  • Soto Khas Bandung

Berikut penjelasan lebih detail mengenai makanan khas bandung yag maknyus!

Aneka Jajajan dan Oleh-Oleh Makanan Khas Bandung

Beberapa ulasan Makanan Khas Bandung yang lagi populer banget sekarang ini, semoga nggak pada ngiler yaa. Jangan lupa untuk mencicipi daftar Makanan khas Bandung yang paling terkenal hasil rangkuman borneochannel.com berikut ini:

1. Seblak

sweetrip.id

Makanan seblak mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan beberapa orang. Namun ternyata, seblak ini berasal dari Kota Bandung lho makanan yang populer di Jawa Barat. Bahan dasar berupa kerupuk tepung kanji yang di sajikan dengan telur bercita rasa pedas gurih.

Selain dengan penggunaan telur, seblak juga mulai muncul dengan aneka topping, berupa sosis, daging sapi dan ayam, seafood, hingga makaroni dan jamur.

Selain itu, seblak biasanya di sajikan dengan bentuk agak basah dengan warna merah, sehingga memberi kesan pedasnya olahan seblak. Selain penggunaan kerupuk aci sebagai bahan utamanya, kerupuk udang juga kerap di pakai untuk membuatnya.

Untuk proses pembuatan lengkapnya, Makanan Khas sunda, seblak ini harus di buat dari kerupuk yang di beri siraman air panas dengan tambahan bumbu dan sayuran.

Bumbu yang biasa di pakai adalah kencur, garam, bawang merah, bawang putih, kunyit, penyedap rasa, dan cabai rawit. Sedangkan untuk sayurannya, yang kerap di gunakan adalah kol, kacang, tauge, hingga ada petai dan jengkol.

Untuk mendapatkan seblak tergolong mudah, di pusat keramaian maupun pinggir jalan banyak yang menjualnya. Sahabat Traveler bisa temukan di sekitar sekolah atau pasar karena biasanya yang membeli seblak ini adalah siswa-siswa atau ibu ibu.

Beragam Makanan Khas Bandung tersebut memang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner maupun pecinta kuliner tanah air. Belum lagi ada masakan pedas yang banyak di sukai masyarakat kita dan ada pula cemilan untuk di santap saat keadaan bosan.

2. Bandros Bandung

pergikuliner.com

Makanan khas Bandung selanjutnya ialah Bandros Walaupun tergolong jajanan tradisional, tapi makanan khas Bandung ini masih tetap bertahan sampai sekarang dengan inovasi.

Secara original, bandros memiliki bahan dasar berupa tepung terigu, santan, dan kelapa parut, dengan rasa gurih. Pembuatanya tergolong unik, karena harus menggunakan cetakan dengan bentuk memanjang, seperti bandros yang kita lihat. Memang rasa-rasanya bandros mirip dengan kue pukis, namun dari rasa gurih itulah yang membedakannya, karena pukis berasa manis.

‎Dari sekian banyak produsen yang memproduksi bandros, Bandros Gaul adalah merek bandros yang paling terkenal dan paling sering di buru orang-orang. Yang membuat unik Bandros Gaul adalah inovasinya pada bandros, karena di sana ada bandros rasa keju, susu, hingga cokelat.

Cita Rasanya yang di miliki oleh bandros ini sangat gurih dan membuat lidah bergoyang, akan semakin enak bila di makan ketika masih hangat. Bandros dapat di jumpai dengan mudah di pinggir jalan kota Bandung atau juga di pasar-pasar tradisional.

3. Jajanan Favorit Bandung- Surabi

infobdg.com

Semua sudah pada tahu pasti dengan surabi itu bentuknya seperti apa. Surabi merupakan Makanan Khas Bandung yang di buat dari tepung, walaupun di berbagai daerah juga memiliki olahan tersebut. Panganan dengan nama lain serabi tersebut merupakan olahan yang di buat dengan bahan baku berupa tepung beras yang di masak dengan tungku.

Hingga Surabi ini sangat mirip dengan pancake. Akan tetapi perbedaan antara Surabi dengan pancake adalah Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku dan biasanya ukuran surabi sangat tebal.

kue ini akan di sajikan dengan rasa manis karena di campur bersama kuah gulanya. Walaupun kini telah banyak produsen-produsen yang menawarkan topping baru. Mengingat surabi yang baru jadi memiliki rasa tawar, membuatnya akan menjadi pasangan yang klop bila di gabung dengan aneka toppingnya yang memiliki aneka rasa.

Peralatan yang di gunakan untuk membuat Surabi ini ialah tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat.  Rasa yang tercipta pun akan berbeda jika di masak di tungku. Saat ini banyak sekali varian topping yang bisa Anda pilih untuk Surabi seperti misalkan saja keju, pisang, coklat, durian, pizza, spagetti dan lainnya

Nah sahabat traveller borneochannel.com akan share sama kalian ni tempat yang rekomended Salah satu yang menawarkan surabi dengan topping memukau adalah rumah makan dengan nama Surabi Enhai (NHI).

Penggunaan nama enhai sendiri di dapat dari letaknya yang ada di Jl. Setiabudi No. 137 dan di depannya tepat ada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) atau dulunya di kenal dengan nama National Hotal Institute (NHI).

Selain rasa original, ada juga rasa oreo, jagung, strawberry, nangka, pisang, susu, cokelat, es krim, keju, pisang, dan durian. Yang lebih unik lagi ada juga surabi ayam, sosis, kornet, hingga telur yang berharga mulai 9 ribu sampai 20 ribu rupiah saja lho.

Baca juga artikel lainnya tentang: Makanan Khas Jawa Tengah Yang Lidah Bergoyang

4. Bakso Tulen

ksmtour.com

Kata baso bagi sebagian orang sama dengan bakso, namun di Bandung dua kata itu berbeda dari segi arti, karena bakso adalah makanan berkuah sedangkan baso tahu adalah tahu yang berisi daging ikan giling.

Sebenarnya baso tahu punya artian lebih luas lagi, karena dalam satu porsi baso tahu akan merujuk pada makanan berupa tahu isi daging, siomay, dan bumbu kacang sebagai bumbunya.

Dalam satu porsinya juga kerap ada tambahan lain berupa telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare. Sedangkan pemberian bumbu kacang di maksudkan agar baso tahu memiliki rasa pedas, karena bumbu kacangnya di rancang lebih pedas daripada Makanan Khas Bandung yang pedas berupa siomay pada umumnya.

Ada yang namanya Baso Tahu Tulen, walaupun mirip dengan baso tahu lain, namun produsen yang satu ini memiliki perbedaan rasa yang cukup menonjol.

Penggunaan daging ikan yang lebih banyak daripada tepung dalam isian baso tahu membuat rasa ikannya sangat kuat terasa. Belum lagi kacang dari bumbunya di buat tidak terlalu halus, sehingga rasa kacang lebih terasa di mulut.

Nah sahabat traveller kalian bisa temukan di warung dengan alamat Jl. Situ Indah No. 4 Pagarsih Barat tersebut hanya membanderol harga Rp. 3.500 saja. Tempat lain untuk bisa mendapatkannya ada di cabang tokonya, yakni Jl. Setiabudi, Jl. Sadewa, Jl. Buah Batu, dan Rest Area Tol Pasteur.

5. Cemilan Khas Bandung- Colenak

resepkoki.id

Makanan Khas Bandung selanjutnya ialah colenak. Colenak memiliki kepanjangan di cocol enak, termasuk cemilan khas yang legendaris karena Colenak ini sudah ada sejak tahun 1930-an yang menjadi penjualnya saat itu adalah pak Murdi.

Pak Murdi sendiri menjualnya sejak tahun 1930 dengan nama awal peuyeum di gulaan. Kini usaha pak Murdi berkembang . Telah diteruskan anaknya dengan lokasi berjualan ada di Jalan Ahmad Yani No. 733.

Colenak merupakan makanan dari peuyeum yang terlebih dahulu di bakar kemudian di tambah dengan sambalnya yang berbahan dasar parutan kelapa dan gula merah.

Selain rasa original yang mengandalkan rasa manis dari gula, ada pula rasa lain yang di jajakan oleh produsen tersebut, yaitu nangka dan durian.

Selain adanya varian baru, pembuatan colenak’ juga menggunakan resep turun temurun, sehingga terjaga kualitasnya.

Dengan rasa manisnya yang unik, colenak saat enak di santap sebagai cemilan, apalagi harganya sangat bersahabat.

6. Cilok Bandung

pegipegi.com

Semua orang sudah pasti kenal dengan cilok, karena kuliner ini telah tersebar hampir di seluruh belahan Tanah Air, khususnya pulau Jawa. Sedangkan tempat penemunya, Bandung kini telah memberikan aneka jenis cilok dengan rasa dan isian yang lebih bervariasi.

Cilok sendiri merupakan kependekan dari kata aci di colok atau tepung kanji yang di tusuk. Sehingga cilok normal akan di buat menggunakan tepung kanji yang di bentuk bulat, lalu di tusuk satu persatu seperti sate, baru di konsumsi dengan saus atau bumbu kacang.

Jika dulu Makanan Khas Bandung cilok hanya dimakan bersama saus sambal atau bumbu kacang, saat ini telah muncul aneka isian untuk memberikan sensasi rasa cilok yang lebih enak.

Yakni dengan isian daging, abon, kacang, keju, telur, dan aneka isian lain. Penjualnya juga mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan dan tempat wisata, bahkan di beberapa kafe ada pula yang menyediakannya.

Rasa originalnya akan terasa gurih dengan tampilan daun bawang yang menyembul keluar bewarna hijau. Dalam membuatnya terbilang mudah, karena hanya menggunakan tepung tapioka, terigu, dan irisan daun bawang yang di campur merata.

Kemudian akan diberi hasil rebusan kaldu bubuk, merica, garam, dan daun bawang secara perlahan yang nantinya akan diaduk-aduk sampai kalis.

Setelah adonan menjadi kalis inilah adonan siap dibentuk menjadi cilok dengan ukuran kecil-kecil, baru dimasak ke dalam air mendidih.
Pembuatannya yang sedehana namun rasa istimewa membuat anak-anak banyak yang suka, apalagi jika ditambah dengan sausnya.

7. Soto Bandung

Selanjutnya Makanan Khas Bandung yang mudah di temukan Kuliner dengan nama soto sudah melekat di hati para pecinta kuliner, hal ini disebabkan oleh melimpahnya olahan soto dari berbagai daerah. Salah satunnya adalah di kota Bandung yang memiliki olahan Soto Bandung.

Apa yang membuatnya berbeda dari soto-soto lain di luar sana?

Tentu karena kuahnya lebih bening dan dibuat tanpa menggunakan santan. Sedangkan untuk isiannya, seperti suwiran daging adalah yang paling sering ada di soto lain. Namun, tidak hanya suwiran daging saja, karena kacang kedelai goreng dan lobak juga masuk ke dalamnya.

Untuk topping ada daun bawang, irisan seledri, dan bawang goreng kerap ditaburkan di atasnya, sehingga menambah nikmat nasi sebagi makanan utamanya.

Rasa kuahnya begitu gurih, mengingat penggunaan kaldunya yang memakai kaldu dari rempah-rempah berkualitas. Sedangkan dagingnya akan terasa sangat empuk, karena diolah cukup lama dan daging sapi adalah jenis daging yang paling umum dipakai.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, karena di rumah makan sunda maupun warung-warung kerap menjajakannya, termasuk di luar Bandung, seperti Jabodetabek.

Ikan Seluang, Si Mungil yang Kaya Akan Manfaat

Nah, itulah berbagai makanan yang di rangkum borneochannel.com yang mudah ditemukan di Bandung dan bisa juga digolongkan sebagai Makanan Khas Bandung yang hitz. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like