7 Rahasia Budidaya Ikan Arwana Super Red

| | ,

Budidaya Ikan Arwana Super Red – Howdy sobat Borcha!, Lama tak bersua. Bagi kalian yang ingin berbisnis namun sedang bingung untuk menentukan bisnis yang ingin kalian pilih, Kali ini admin akan berbagi ide bisnis seputar rahasia budidaya arwana yang sedang banyak dicari, yakni ikan arwana super red. Mengapa arwana super red?

Deskripsi Seputar Ikan Arwana

Arwana adalah ikan akuarium paling mahal di dunia. Ini adalah ikan air tawar tropis dari Asia Tenggara yang dapat tumbuh hingga tiga kaki atau kurang lebih 1 meter panjangnya di alam liar. Hewan ini adalah predator ganas yang berasal dari masa  dinosaurus.

Fossil Ikan Purba

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat terkenal di kalangan pecinta ikan hias karena keeksotisannya. Ikan yang memiliki nama latin  Scleopages sp ini memiliki banyak nama mulai dari dragon fish (ikan naga), kelesa, saratoga,  barramundi, siluk, pla tapad, kayangan,tangkelese, atau peyang. Penamaan tersebut berbeda-beda sesuai dengan asal daerah persebarannya.

Persebaran Arwana Super Red

Ikan siluk ini memiliki banyak jenis yang tersebar di kawasan asia tenggara, yaitu Ikan Arwana hijau yang ada di Indonesia, Birma, Thailand, Malaysia dan Thailand.

Ikan Arwana emas dengan ekor merah terdapat di Indonesia, Ikan Arwana emas terdapat di Malaysia, Ikan Arwana merah terdapat di Indonesia.

Peta Asia

Selain itu, beberapa jenis ikan arwana lain juga seperti ikan arwana silver, golden red, jardini, arwana platinum, arwana banjar dan arwana irian.

Keeksotisan Ikan arwana terpancar pada bentuk tubuh yang unik dan indah. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang ramping, memanjang layaknya pisau. Memiliki sisik metalik yang besar menawan seperti koin dan kumis yang menjulur dari dagu seperti naga yang kalian lihat saat parade Tahun Baru Cina.

Kemiripan tersebutlah yang telah melahirkan keyakinan bahwa ikan membawa keberuntungan dan kemakmuran sehingga membuat ikan ini sangat mahal.

Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi karena ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. pada tahun 2004 IUCN mengungkapkan bahwa status Ikan Arwana Asia terancam punah.

Salah satu faktor penyebab turunnya jumlah spesies Ikan Arwana Asia dikarenakan banyaknya pihak yang memperjual belikannya sebagai ikan untuk aquarium.

Walaupun harga ikan arwana super red tergolong mahal, namun bisnis ikan tersebut tetap memiliki peluang karena arwana tetap diminati oleh banyak orang karena keindahannya.

Baca juga: Cara berbisnis ikan Nila

Arwana Super Red

Arwana Super Red

Salah satu jenis ikan arwana termahal yang menjadi primadona adalah arwana super red. Arwana jenis ini memiliki karakter warna merah mencolok yang sangat unik yang membuatnya sering disebut dengan ikan naga. Arwana jenis ini merupakan fauna endemik khas kalimantan barat, tepatnya berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Sungai Kapuas Kalbar

Saat ini peminat ikan naga cenderung tersegmentasi di kalangan atas karena harga yang selangit untuk seekor ikan arwana super red. Harga arwana super red dapat berkisar dari puluhan juta hingga milyaran tergantung dengan keunikan dan keindahan warna yang terpancar.

Tingginya harga arwana super red mendorong orang untuk mencoba untuk melakukan budidaya ikan arwana super red ini di luar dari habitat aslinya. Karena termasuk hewan yang dilindungi, pengembangbiakan ikan tidak boleh sembarangan.

Sang pengusaha diwajibkan untuk memenuhi berbagai macam syarat-syarat tertentu dan izin dari pemerintah dan instansi yang berwenang. Mulai dari pembuatan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI), Rekomendasi Pembudidayaan Ikan Penanaman Modal (RPIPM),Sertifikasi Pembudidayaan, dll. Untuk informasi lebih lanjut kalian dapat menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan.

Cara Budidaya Ikan Arwana Super Red

1. Persiapan Setting

Langkah pertama dalam budidaya ikan arwana super red adalah dengan menentukan tempat yang ingin kalian gunakan. Kalian dapat menggunakan akuarium atau kolam tergantung dengan jumlah ikan yang ingin kalian budidaya. Jika banyak, maka lebih baik menggunakan kolam.

a. Budidaya Ikan Arwana Super Red dengan Media Kolam

Media Kolam digunakan untuk budidaya ikan dalam jumlah banyak. Disamping alasan tersebut, pada dasarnya dalam pembudidayaan kita harus dapat menduplikasi ulang habitat asli mereka kedalam tempat pembudidayaan. Dengan beberapa penyesuaian, media kolam dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sesuai bagi arwana untuk hidup.

Kolam Ikan Arwana

Kolam budidaya ikan arwana super red dapat berukuran 10 x 30 meter, dapat disesuaikan dengan kondisi luas tempat kalian. Untuk menciptakan suasana seperti habitat asli, kalian dapat menambahkan beberapa penyesuaian seperti menambahkan bebatuan di dasar kolam.

Selain itu, kualitas air dan suhu juga harus diperhatikan. Kualitas air kolam budidaya ikan arwana super red harus jernih dan mengalir. Kalian dapat menggunakan filter untuk menyaring dan membuat air mengalir. Keasaman air atau Ph haruslah berada di antara nilai 6 atau 7. Sedangkan temperatur, usahakan untuk menjaga temperature pada posisi 26 – 30 derajat celcius

b. Budidaya Ikan Arwana Super Red dengan Media Aquarium

Media aquarium dipilih biasanya agar ikan dapat dinikmati keindahannya. Selain itu, biasanya dikarenakan jumlah ikan yang tidak terlalu banyak atau pun fasilitas kolam yang tidak memadahi. Media aquarium dapat menjadi solusi alternatif untuk kasus diatas.

Pemilihan aquarium arwana harus dilakukan dengan tepat agar pesona dari ikan dapat terpancar secara maksimal. Disamping itu, jangan lupa untuk memperhatikan faktor penduplikasian habitat asli ikan.

Akuarium Ikan Arwana

Besar aquarium yang harus disediakan paling tidak berukuran, panjang sekitar 1.5-2 meter sedangkan lebar berukuran 60-70 cm. Ukuran tersebut dapat disesuaikan, pastikan ikan dapat bergerak dengan bebas.

Budidaya Arwana di Kolam Terpal

Untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan habitat asli, sama seperti dikolam kalian juga dapat menambahkan bebatuan di dasar akuarium. Sesuaikan suhu, kejernihan air dan Ph dengan kondisi ideal habitat seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya. Kalian akan memerlukan beberapa perlengkapan seperti alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air, dan lampu.

2. Pemilihan Indukan untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Dalam budidaya ikan arwana super red, kuliatas indukan akan sangat mempengaruhi hasil yang akan diperoleh. Jika indukan merupakan kualitas yang baik, kemungkinan besar hasil yang didapatkan juga akan baik.

Ikan Arwana Super Red

Indukan arwana yang siap dikembangkan biasanya berumur 4 tahun atau lebih. Pastikan ikan tersebut memiliki warna yang indah merah sempurna dan tidak memiliki kecacatan di fisiknya.

Setelah medapatkan indukan yang terbaik, pisahkan indukan tersebut di tempat khusus untuk mendapatkan perawatan lebih sebelum perkembang biakan. Biasanya makanan ikan arwana indukan adalah makanan yang dapat mendukung proses perkembang biakan yaitu udang dan pakan berprotein tinggi lainnya.

3. Proses Pemijahan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Setelah proses pengelompokkan indukan, dilanjutkan dengan proses pemisahan pasangan indukan. Pada kolam pengumpulan idukan, ikan arwana yang telah menemukan pasangannya akan terlihat selalu bersama-sama. Berjalan berdampingan, dengan kepala dan ekor yang saling menempel. Layaknya kalian yang sedang jatuh cinta. Dalam proses ini kalian harus memisahkan pasangan indukan  tersebut dari indukan lainnya.

Indukan Arwana

Kalian dapat memisahkan pasangan tersebut ke dalam akuarium. Usahakan untuk menyeting akurium tersebut agar sepeti habitat aslinya. Selain bebatuan, kalian juga dapat menambahkan beberapa tubuhan air di akuarium tersebut sebagai shelter bagi telur-telur ikan.

Biarkan indukan tersebut beberapa hari atau kurang lebih 1 minggu. Ikan ini dapat melakukan proses pembuahan dengan sendirinya tanpa perlu bantuan dan perhatian khusus.

Setelah proses pembuhan selesai, indukan betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Ada hal unik pada proses ini, indukan jantan biasanya akan memasukkan telur-telur mereka ke dalam mulutnya, seolah-olah memakannya. Kalian jangan khawatir, ini merupakan salah satu naluri alamiah ikan arwana untuk melindungi telur-telur mereka dari gangguan benda asing atau binatang lain.

Indukan Arwana

Telur yang berada pada mulut ikan arwana nantinya akan berkembang atau dierami hingga menjadi larva. Setelah menjadi larva yang kurang lebih berumur 2-8 minggu, biasanya indukan jantan akan mengeluarkan larva tersebut dari mulutnya dan membiarkannya berenang bebas sekitar para induknya. Pada proses pengeraman indukan jantan akan berpuasa atau tidak makan.

4. Proses Pembesaran Anakan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Setelah keluar dari mulut sang induk, kalian harus segera memindahkan larva ke akuarium inkubator. Akuarium inkubator ini digunakan untuk menciptakan suasana habitat asli yang nantinya harus diadaptasi oleh ikan. Pada akuarium ini, usahakan untuk membuat aliran air terus mengalir agar melatih ikan untuk dapat berenang dengan baik.

Anakan Ikan

Pada akuarium inkubator ini, ikan dapat makan dengan cacing pita hingga ikan tersebut berukuran kurang lebih 12-15 cm. Kemudian pindahkan ikan ke kolam permanen untuk dibesarkan.

Beberapa hal yang penting dalam membuat akuarium permanen untuk pembesaran yaitu, pastikan peralatan penyesuaian habitat terpasang dengan baik.

Kemudian, perhatikan perbandingan besarnya ukuran akuarium dengan jumlah ikan. Jangan sampai terlalu sempit dan tidak ada ruang bagi ikan. Yang terakhir pastikan suasana akuarium tenang.

Budidaya ikan arwana super red

Apabila suasana tidak kondusif, ikan arwana akan mudah panik dan dapat memicu stress bagi ikan. Pada kondisi tersebut biasanya ikan akan saling berenang tak tentu arah dan saling bertabrakan. Hal ini sangatlah membahayakan, karena dapat memicu kecacatan dan luka-luka pada ikan.

Pada proses pembesaran ini pastikan untuk menjaga kesehatan dan kualitas ikan dengan cara selalu menjaga kualitas air dengan mengganti secara berkala atau memberi sirkulasi air dan memberi makanan yang bermutu dengan protein tinggi serta vitamin.

Baca juga: Budidaya ikan seluang dan peluang usahanya

5. Proses Pendewasaan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Pada umur sekira 2 bulan, ikan akan berukuran 12- 20 cm. Pada ukuran ini ikan naga  akan mulai memperlihatkan warna indahhya. Kalian dapat menjualnya dengan harga 3 jutaan.

Budidaya ikan arwana super red

Jika kalian ingin membesarkan ikan tersebut, kalian dapat memisahkannya menggunakan metode akuarium atau pun kolam. Apabila ikan sudah cukup besar, hindari untuk meletakkan atau menggabungkan beberapa arwana dalam satu akuarium.

Karena di habitatnya ikan arwana merupakan ikan yang lebih senang hidup individualis dengan berteritori ataupun menjaga wilayahnya sendiri. Dengan memisahkan arwana tersebut dari satu dengan yang lain, akan mencegah mereka untuk saling berkelahi dan agresif.

Salah satu hal yang perlu kalian perhatikan dalam budidaya ikan arwana super red adalah warna ikan. Semakin menarik dan mencolok warna pada pada sisik ikan, maka harganya juga akan semakin mahal.

Karotenoid pada Kulit Udang

Kalian dapat menjemur ikan di bawah sinar matahari pagi agar ikan dapat mengeluarkan warna merah yang indah. Selain itu, kalian juga dapat memberi pakan khusus menggunakan pakan yang mengandung karotenoid, salah satunya adalah udang karotenoid.

Bagian kepala udang yang keras harus terpisah terlebih dahulu. Selain itu dapat menggunakan  cacing pita dan sedikit campuran wortel. Karena wortel juga memiliki kandungan karoten yang tinggi.

Pemberian Pakan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Pakan merupakan element yang harus sangat penting untuk budidaya ikan arwana super red. Karena makanan akan berdampak kepada banyak element dalam budidaya. Mulai dari kesehatan hingga keindahan ikan.

Pada habitat aslinya ikan arwana adalah predator pemakan ikan-ikan kecil, serangga, maupun binatang kecil lainnya. Makanan dapat sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan, bisa saja makanan tersebut menularkan penyakit atau parasit kepada ikan. Oleh karena itu sebaiknya untuk menggunakan makanan hasil dari penangkaran.

Baca juga: Apa itu ikan pesut mahakam?

Berikut pakan yang baik utuk ikan arwana super red :

1. Pakan Jangkrik untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Jangkrik (http://www.agrotani.com/)

Jangkrik merupakan makanan yang baik bagi ikan arwana karena kandungan nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan ikan. Pakan ini biasanya banyak tangkar sehingga tidak akan membawa penyakit bagi ikan.

Ukuran jangkrik harus sesuai dengan ukuran ikan arwana. Untuk lebih menambah nutrisi pada jangkrik agar berguna bagi warna ikan, kita dapat memberi makan jangkrik dengan buah yang mengandung vitamin A dan karoten seperti wortel dan labu.

2. Pakan Kecoa untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Kecoa (http://infomedan.net/)

Kecoa merupakan makanan yang dapat dengan mudah. Pada dasarnya kecoa memiliki manfaat yang sama dengan jangkrik. Kecoa lebih baik menjadi pakan dalam keadaan hidup. Untuk menambah nutrisi kecoa, kalian dapat menggunakan metode yang sama dengan jangkrik.

3. Pakan Ikan-Ikan Kecil untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Ikan Kecil (http://baltyra.com/)

Ikan-ikan kecil juga termasuk pakan yang mudah dan aman. Ikan kecil cenderung bebas dari racun yang dapat membahayakan. Ikan yang akan menjadi pakan harus menajalani karantina selama kurang lebih 1 minggu untuk memastikan ikan tersebut bebas dari penyakit.

4. Pakan Udang Hidup untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Budidaya Ikan Arwana Super Red

Udang merupakan salah satu makanan special bagi ikan arwana, karena nutirisinya yang sangat bagus. Sama seperti ikan, untuk memastikan bebas dari penyakit, udang harus melalui karantina sebelum mejadi makanan. Udang sebaiknya menjadi pakan kepada arwana yang telah dewasa.

Untuk diketahui, pakan ikan arwana sebaiknya harus bervariasi dan tidak berlebihan agar arwana tidak kehilangan nafsu makan. Untuk pemberian makanan harus sesuai dengan ukuran arwana. Apabila arwana memiliki panjang 1-6 inci makan sebanyak 3 kali sedangkan dari 6-14 inci pemberian makanan sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk ikan yang berukuran +14 inci, makanan hanya sebanyak 1 kali dalam 1 hari.

Waktu Panen Budidaya Ikan Arwana Super Red

Pemanen ikan biasanya membutuhkan waktu 7-8 bulan setelah masa pembesaran dengan cara mengeringkan dengan cara mengeringkan kolam, kemudian menjaringnya dan memasukan kedalam wadah.

Dala hal pemasaran, ikan ini terbilang sangat mudah untuk di pasarkan. Terlebih lagi jika arwana yang kalian miliki sangat sempurna baik dari segi keindahan maupun kesehatan. Kalian juga dapat mengikuti berbagai kompetisi-kompetisi ikan agar harga ikan arwana kalian menjadi semakin tinggi.

Baca juga: Proposal usaha sebelum memulai bisnis

Demikian tips dan deksripsi mengenai budidaya ikan arwana super red. Ikan arwana super red merupkan salah satu harta kekayaan Indonesia yang sangat berharga di mata dunia. Harta kekayaan tersebut merupakan sebuah warisan yang harus selalu lestari.

Selain harga jualnya yang tinggi, kalian juga harus berbangga saat membudidayakan ikan ini, karena kalian turut membuka mata dunia akan kekayaan negeri kita tercinta. Sekian, semoga bermanfaat.

Previous

Pesantren Sintesa, Perpaduan Antara Bisnis Online dan Belajar Al-Qur’an

Sungai Terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.