[TERUJI] Pasti di ACC! Nih Contoh Proposal Usaha Keren!

| |

Contoh Proposal Usaha – Howdy Sahabat Borcha! Sedang merencanakan sebuah usaha? Tentu diperlukan berbagai macam persiapan mendetail mengenai usaha yang akan dijalani, mulai dari mempelajari ilmunya, survei lapangan, hingga perancangan secara detail. Kesemua informasi tersebut kemudian diramu menjadi sebuah proposal.

Dalam dunia usaha, proposal juga memainkan peran yang sangat penting sebagai gambaran secara keseluruhan dan mendetail mengenai usaha kalian. Proposal akan sangat membantu dalam memaparkan keseluruhan informasi dan ide kalian kepada investor maupun orang yang berkepentingan.

Lau bagaimanakan bentuk dari sebuah proposal usaha yang ideal? Kali ini admin akan membahas lebih dalam mengenai detail proposal usaha beserta contoh proposal usaha agar kalian dapat dengan mudah memahaminya. Berikut pemaparannya:

Pengertian Proposal Usaha

Adapun secara umum, proposal usaha merupakan sebuah proposal atau pengajuan yang didalamnya berisikan konsep/ide usaha yang disajikan secara jelas, singkat dan mendetail. Mulai dari masalah yang melatar belakanginya, solusi yang kalian tawarkan, bentuk bisnisnya, serta teknis dilapangan hingga budget yang diperlukan untuk berjalannya usaha tersebut.

Proposal ini biasanya lebih ditujukan untuk pengesahan usaha ataupun mencari investor. Dengan adanya proposal usaha, para pengambil keputusan ataupun investor akan dengan mudah mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai usaha yang akan mereka dukung.

Struktur Proposal Usaha

Seperti yang telah di bahas di contoh proposal, setiap jenis proposal memiliki karakteristik dan struktur tersendiri. Yang mana disesuaikan dengan kebutuhan atau kepentingan kalian sendiri. Tidak ada aturan baku yang mengatur format tersebut, namun ada beberapa hal yang perlu untuk kalian cantumkan di dalam sebuah proposal usaha agar proposal kalian menarik untuk dibaca dan disetujui. Berikut beberapa element penting yang dapat kalian masukkan ke dalam proposal kalian :

1. Surat Pengantar Proposal Usaha

Surat pengantar sangat penting untuk di cantumkan, agar memberikan kesan formal, resmi, dan profesional pada proposal kalian. Tentu dengan adanya hal tersebut, semakin dapat meyakinkan para investior.

2. Latar Belakang

Buka proposal kalian dengan sebuah alasan, mengapa kalian ingin menjalankan ide usaha tersebut? Pada bagian ini kalian harus bisa memberi alasan yang kuat tentang latar belakang usaha kalian. Dengan penjelasan latar belakang yang kuat, maka nantinya akan menimbulkan pemikiran bahwa “sangatlah penting dan potensial sebuah ide yang kalian paparkan”.

Jika alasan kalian dalam membuat usaha tersebut kurang kuat dan tidak potensial, tentu saja investor tidak akan tertarik. Untuk itu kalian harus dapat menemukan sebuah celah dan masalah yang dapat kalian selesaikan dengan produk usaha kalian agar ide kalian menjadi kuat dan potensial tentunya.

3. Profil Usaha

Pada bagian ini, kalian dapat memaparkan solusi atas masalah yang sebelumnya muncul. Mulai dari tujuan usaha kalian, visi dan misi, dan kegunaan usaha kalian.

4. Gambaran Umum Usaha

Setelah memaparkan tujuan, selanjutnya kalian dapat membahas lebih dalam mengenai usaha kalian. Mulai dari analisis produk, analisis pemasaran, analisis operasional, strategi pemasaran, analisis pesaing, rencana dan strategi pemasaran, serta analisis kelayakan usaha.

5. Metode Pelaksanaan Usaha

Pada bagian ini, kalian menceritakan teknis kegiatan usaha kalian. Mulai dari tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dengan adanya penjelasan mengenai hal ini, maka ide kalian akan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca/investor.

6. Budget dan Timeline

contoh proposal pengajuan modal usaha ke investor pdf
contoh proposal usaha

Pemaparan budget usaha kalian sangatlah penting untuk dicantumkan agar dana yang diperlukan oleh usaha kalian dapat berjalan dan bisa diketahui dengan jelas. Selain itu timeline atau waktu eksekusi juga harus di cantumkan agar semuanya dapat tertarget dengan baik.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Membuat proposal usaha makanan tidak terlalu sulit karena kita hanya perlu mencantumkan poin-poin penting dari usaha kita secara garis besar. Proposal usaha makanan biasa mengandung poin-poin sebagai berikut:

1. Nama Perusahaan

Ayam Geprek Juara

2. Tujuan perusahaan

Menjual olahan makanan dari ayam untuk makanan cepat saji bagi karyawan

3. Latar belakang usaha

Susahnya mencari makan cepat saji untuk para karyawan serta harga yang terjangkau

4. Survey terhadap pasar

Para karyawan mencari makanan cepat saji karena waktu istirahat yang pendek dengan harga yang terjangkau dan jarak tempuh yang dekat.

5. Peluang bisnis

  1. Rumusan masalah: mencari pemasok ayam segar dan cabe rawit segar, dan tempat usaha yang strategis dan besar
  2. Solusi: mencari petani cabe rawit dan ayam segar, mencari ruko di daerah banyak karyawan.

6. Deskripsi bisnis

Ayam goreng krispy dengan bumbu rahasia ciptaan sendiri, di geprek (di tumbuk) besamaan dengan cabe rawit segar, bawang, dan tomat. Di tambah taburan kripsy dari ayam pada saat penyanyian.

7. Kesimpulan

Usaha ayam geprek ini hanya menggunakan modal yang sedikit serta bakalan memberi sensasi berbeda bagi orang yang suka pedas dan ayam goreng itu sendiri. Maka usaha ini dapat bertahan karena memiliki sasaran dan ciri khas.

Contoh Proposal Usaha Lengkap

Berikut beberapa contoh proposal yang kalian dapat jadikan sebagai referensi. Kalian dapat langsung mendownloadnya:

Contoh Proposal Kegiatan & Contoh Proposal Kerjasama

Itulah tadi beberapa kriteria dan contoh proposal usaha. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan kemudahan bagi kalian. Sekian terima kasih!

Previous

[SIMPEL!] Cara Menghapus Akun Twitter 2019 dan Cara Menghapus Akun Twitter yang Ditangguhkan

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.