Oleh oleh khas pontianak

Oleh Oleh Khas Pontianak, Produk Lokal yang dikemas Modern

Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Unik, Berkelas dan Modern

Oleh Oleh Khas Pontianak, Kalimantan Barat – Howdy Borneans! Apa kabar kalian semua? Jika berkunjung ke suatu tempat tidak lengkap rasanya sebelum mencicipi kuliner dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Berbagai macam kuliner dan kue khas tentu akan semakin menambah kesenangan dan kesan tertentu dalam ber-travelling.

Salah satu yang tidak boleh terlupa dalah membeli oleh-oleh untuk sanak saudara maupun sahabat di kampung halaman. Namun sering kali kita menemui kesulitan dalam mencari oleh-oleh yang pas dan cocok untuk cinderamata. Banyak pertimbanagan yang biasanya kita lakukan, mulai dari kemasan yang baik, keunikan produk, faktor rasa, dan banyak lagi lainnya.

oleh oleh khas pontianak
Keindahan Jembatan Kapuas Pontianak

Bagi kalian yang berkunjung ke Pontianak, perlu kalian ketahui, Kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki industri kreatif yang sangat berkembang. Banyak sekali produk-produk unik, khas, berkelas dan bernuansa muda-modern yang di produksi para pengusaha kreatif di kota khatulistiwa ini. Mungkin kalian akan menemukan banyak kesulitan untuk menenukan produk-produk keratif ini, karena masih sangat jarang di jual di toko-toko oleh-oleh.

Jika kalian ingin mencari produk yang tidak biasa, unik, khas dan modern tidak ada salahnya untuk mebaca artikel ini hingga tuntas. Pada kesempatan kali  ini admin akan berbagi berbagai macam produk kreatif khas pontianak yang dapat kalian jadikan sebagai oleh oleh khas pontianak yang pastinya akan membuat kalian dengan bangga menghadiahkan oleh-oleh tersebut kepada saudara ataupun kerabat terdekat. Berikut Infromasinya :

Produk Kreatif, Oleh Oleh Khas Pontianak

 1. Kopi Khas Pontianak, Kopi Sepok

oleh oleh khas pontianak
Kopi Sepok Khas Pontianak

Pontianak dikenal dengan kota seribu warung kopi, hampir setiap ruas jalan di kota ini terdapat puluhan warung kopi yang berjejer dan buka hampir setiap saat. Budaya kopi sangatlah kental terasa di kota ini, oleh karena itu kopi dapat menjadi salah satu cinderamata yang dapat mengingatkan kalian dengan kota ini.

Bagi kalian penikmat kopi nusantara, Kopi yang satu ini sangat cocok untuk kalian jadikan sebagai oleh-oleh. Kopi Sepok merupakan salah satu brand kopi lokal Pontianak yang sudah cukup dikenal. Kopi ini dibuat dari kopi lokal pontianak yang sering disebut dengan kopi Kampong. Berdasarkan referensi para penikmat kopi,  Kopi Kampong khas pontianak merupakan salah satu kopi yang terbaik dari segi rasa.

Sepok sendiri merupakan istilah bahasa Melayu Pontianak yang digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang itu kampungan atau udik. Sejalan dengan konsep kopi Kampong yang menjadi bahan unggulan kopi ini. Bukan hanya namanya yang kapungan, Kopi ini juga diolah dengan cara yang masih manual dan tradisional untuk menjaga cita rasa khasnya. Selain itu, diyakini kopi Kampong ini memiliki keunggulan yaitu tidak menyebabkan sakit maag dan sakit perut karena proses pengolahannya yang masih tradisional.

Walaupun bertemakan kopi kampungan, namun oleh oleh khas pontianak yang satu ini dikemas dengan kemasan yang sangat mewah dan eksklusif. Sangat cocok untuk menjadi buah tangan bagi keluarga dan kerabat kalian !

2. Cabe Kak Lina, Sambal Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Sambal khas Pontianak

Bagi kalian penggila pedas, kalian harus mencoba Cabe Kak Lina yang merupakan produk sambal kemasan khas Pontianak. Oleh oleh khas pontianak yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda dan pencinta sambal di Pontianak dan sekitarnya dikarenakan cita rasanya yang pontianak banget dan terdapat banyak variannya.

Sambal yang memiliki tagline “Tejelar-Jelar Makannye” yang merupakan bahasa melayu yang berarti membuat mata melotot saat memakannya. Salah satu keunggulan dari produk ini ialah dikemas tanpa menggunakan pengawet dan MSG yang tentunya baik untuk kesehatan.

Berbeda dengan usaha sambal lainnya yang bemain dengan tingkat kepedasan, Cabe Kak Lina berfokus ke variasi sambal. Adapun, Cabe Kak Lina terdiri dari dua macam kemasan yaitu kemasan dalam  botol plastik untuk Cabe Siram, Cabe Tumis Ikan Asin dan Cabe Bajak. Sedangkan, Cabe Cocol dan Sambal Belacan dikemas dalam botol kaca. Sambal ini dapat menjadi alternatif pilihan sebagai oleh-oleh khas pontianak ketika berkunjung ke kota Khatulistiwa .

3. Amplang Ikan Tenggiri Liawara, Khas Kalimantan Barat

Oleh oleh khas pontianak
Snack Amplang Ikan Tenggiri

Jika kalian ingin mencari snack atau makanan ringan khas Pontianak atau Kaliamantan Barat, Kalian harus mencoba Amplang. Amplang merupakan makanan ringan tradisional daerah Kalimantan Barat secara Umum dan Pontianak secara khusus yang terbuat dari Ikan.

Amplang khas Kalimantan Barat dibuat dari bahan ikan Tenggiri. Bahan ikan tersebut kemudian dicampur dengan tepung tapiokan dan bumbu-bumbu lainnya. Camilan ini sangat populer dan menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat dan identik menjadi ikon oleh-oleh khas pontianak secara khusus.

Ada yang berbeda dengan produk amplang dengan Merek Liawara yang satu ini, Amplang yang selama ini dikenal sebagai makanan khas dan tradisional ditransformasi menjadi produk berkelas dan modern yang terlihat dari kemasannya yang ciamik. Sungguh kombinasi yang sangat baik antara rasa dan pengemasan. Jika berkunjung ke Pontianak, jangan lewatkan oleh-oleh khas pontianak yang satu ini !

4. Soeltan Tenun Warisan Khas Sambas Kalimantan Barat

oleh oleh khas pontianak
Tenun Khas Kalimantan Barat

Jika ingin mencari souvenir khas pontianak yang unik, produk yang satu ini dapat menjadi pilihan yang pas. Soeltan Tenun Warisan merupakan brand pakaian kreasi tenun khas kalimantan barat. Tenun sendiri meruapakan kerajinan kain lokal khas daerah sambas Kalimantan Barat.

Produk ini berawal dari keprihatinan terhadap pengerajin tenun lokal di daerah sambas yang mulai punah dan tidak berkembang, Naufal sang pemiliki berinisiasi untuk memajukan kerajinan lokal tersebut dengan cara mengemas ulang konsep dan tampilan dari tenun tradisional Sambas ini.

Dengan memperdayakan pengerajin lokal, produk fashion ini tampil beda dengan kemasan modern namun memiliki sisi eksotis tersendiri dengan aksen tenun didalamnya. Tenun biasanya sangat diidentikkan dengan acara formal dan orang tua. Namun, Produk ini merubah semua pandangan tersebut. Sultan Tenun ini sangat cocok digunakan oleh kalian para anak muda yang ingin tampil beda karena desainnya yang modern dan unik.

5. Kritem, Keripik Tempe Khas Pontianak

Oleh oleh khas pontianak
Kripik Tempe Khas Pontianak Kalimantan Barat

Pernahkan terbayang tempe menjadi makanan yang modern dan berkelas? Tempe sering kali di identikkan dengan masyarakat dengan tingat kemampuan ekonomi menengah kebawah, namun apa jadi yang jika tempe dikemas dengan kemasan eksklusif?

Jika kalian berkunjung ke Pontianak, jangan lewatkan untuk mencoba oleh-oleh khas pontianak yang satu ini yaitu snack Kritem. Snack unik ini merupakan camilan tradisional khas Pontianak yang sudah sangat populer. Dengan menggunakan Tempe lokal Pontianak dan proses pembuatannya yang khas, snack ini mampu memberikan image dan kesan baru dari tempe. Tentu kalian akan sangat bangga membawa camilan ini sebagai oleh – oleh unik untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman.

6. Coklat Cempon, Cemilan Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Cokelat Khas Pontianak

Untuk kalian pecinta cokelat, kalian wajib untuk mencoba oleh oleh khas pontianak yag satu ini. Produk unik ini bernama Cokelat Cempon. Cempon sendiri merupakan abreviasi dari Cemilan Pontianak. Produk cokelat ini menggunakan bahan cokelat khas pontianak.

Oleh oleh khas pontianak ini memiliki beberapa varian rasa mulai dari dark, white dan milk chocolate. Ada yang unik dari cokelat ini, karena didalamnya terdapat beberapa campuran bahan lain khas pontianak yaitu lidah buaya. Lidah buaya menambah cita rasa unik dan nimkat cokelat ini. Sangat direkomandasikan bagi kalian pecinta cokelat yang ingin menikmati cokelat dengan rasa yang berbeda.

Selain nikmat, cokelat ini juga dikemas dengan kemasan yang sangat unik nan ciamik. Kemasan tersebut memberikan kesan modern dan anak muda banget. Kemasan sangat menjadikan pembeda produk ini dengan produk cokelat-cokelat lokal lainnya. Dengan kemasan yang ciamik tentu sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke kota Pontianak.

7. Minuman Khas Pontianak, Sirup Jeruk Najah

oleh oleh khas pontianak
Sirup jeruk khas Pontianak

Selain makanan dan fashion, terdapat pula oleh oleh berupa produk minuman yang dapat kalian bawa pulang. Produk syrup Najah ini merupakan syrup lokal yang mulai menjadi primadona di Pontianak.

Produk syrup ini berasal dari perisa jeruk sambal khas Pontianak yang menyegarkan. Membuat siapa saja yang meminumnya akan terlena dengan kenikmatan dan kesegaran yang diberikan. Selain itu minuman ini juga mengandung voatmin C yang tinggi dan tentunya sangat baik bagi kesehatan kalian. Sangat cocok untuk menjadi oleh oleh unik yang menyehatkan !

8. Snack Ikan Aloe Vera Khas Pontianak, Kalimantan Barat

oleh oleh khas kalimantan
Snack Ikan Aloe Vera

Pontianak terkenal dengan salah satu daerah yang produsen Lidah Buaya terbaik dan terbesar di Indonesia. Icon lidah buaya yang sangat melekat di kota Pontianak kemudian memacu para pengusaha keratif untuk membuat berbagai macam produk olahan unik dan berkelas. Salah satunya dalah Snack Ikan Aloevera yang nikmat ini.

Kalian mungkin bertanya-tanya bagai mana ikan dan aloe vera bersatu menjadi sebuah kudapan nikmat. Kreasi makanan ringan inin memang berasal dari ikan, udang, dan lidah buaya. Ketiga bahan tersebut di blend dan kemudain dicampur dengan tepung serta berbagai bumbu tradisonal khas Pontianak.

Soal rasa? kalian harus mencoba sendiri kenikmatan dari snack yang satu ini. Kreasi Aloe vera ini sangat unik dan nikmat, ditambah lagi packaging yang berkelas dan modern semakin menambah nilai jual produk oleh oleh khas Pontianak ini.

9. Stick Rumput Laut, Oleh Oleh Khas Kalimantan Barat

oleh oleh khas pontianak
Stick Rumput laut

Pontianak sebagai Ibu Kota Provinsi dari Kalimantan Barat tentu menjadi representasi bagi daerah lainnya di provinsi tersebut. Hal ini juga berlaku dalam hal oleh-oleh. Daerah Provinsi Kalimantan yang berbatasan langsung dengan laut membuat sumber daya rumput laut bisa dikatakan melimpah. Hal ini kemudian dimanfaatkan para pengusaha lokal untuk menjadi ladang penghidupan. Salah satunya dalah dengan olahan Stick Rumput Laut .

Stick rumput laut dengan brand Ultra food ini merupakan produk yang sangat digemari baik oleh para warga Pontianak maupun para pelancong yang datang ke Pontianak. Snack ini kerap dijadikan sebagai cemilan dikala sepi dan oleh oleh khas Pontianak.

Rasanya yang unik dan enak akan membuat kalian tidak berhenti sebelum snack ini habis dari bungkusnya. sangat cocok jika dijadikan oleh oleh untuk anak anak maupun kerabat kalian.

10. Kripis, Keripik Pisang Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Snack kripis

Oleh oleh khas Pontianak yang satu ini merupakan produk olahan dari pisang. Siapa yang tidak kenal dengan Pisang asal Pontianak. Produk hasil olahan pisang pontianak seperti pisang goreng pontinak sangat terkenal di kancah nasional. Hal ini tidak terlepas dari kualitas jenis pisang khas pontianak yang memang lain dari pada yang lain. Jenis pisang khas pontianak tersebut bernama pisag Nipah.

Produk Kripis atau keripik pisang ini merupakan produk khas asli Pontianak yang diolah, dikemas, dan diolah secara modern. Cemilan unik ini salah satu kudapan yang sangat populer dan bisa dibilang sukses di dunia kunliner dan oleh oleh. Sensasi kripik yang renyah, nikmat dan manis sangat cocok menikmati keseharian kalian.

11. CCHEERS, Pizza Calzone Rasa Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Piza khas Pontianak

Ccheers salah satu brand makanan unik di Pontianak. Makanan unik tersebut bernama Calzone yang merupakan panganan khas jeman yang biasa disebut juga folded pizza atau pizza lipat. Memang kuliner ini berasal dari negara lain, namun terdapat beberapa adaptasi dengan rasa dan selera khas orang Pontianak.

Secara keseluruhan, bentuk Calzone menyerupai bentuk Pastel Raksasa yang diisi dnegan berbagai varian isi. Mulai dari dari Ayam, Filled Tuna, Beef dan Sayuran. Kupanan unik ini sangat ngehits dikalangan anak muda Pontianak, dan tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba atau menjadikan makanan ini sebagai oleh  oleh dari Kota Pontianak.

12. Gula Durian Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Gula Durian

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang cukup banyak menghasilkan buah durian. Hampir setipa musim durian tiba, buah berduri ini memenuhi setiap pasar yang berada di Pontianak. Durian asli Pontianak terkenal dengan rasanya yang khas dan manis, sangat direkomendasikan bagi kalian pencinta durian untuk mencobanya.

Apabila tidak pada musimnya, kalian dapat mencoba beberapa olahan produk dari durian. Salah satunya adalah Gula Durian khas Pontianak. Produk ini merupakan olahan durian dalam bentuk selai yang dikemas dalam sebuah kemasan botol. Selain ini sangat cocok dinikmati dengan roti, singkong, ketan, atau makanan lainnya. Sungguh merupakan makanan yang sangat diidamkan bagi para pencinta durian.

13. Minuman Khas Pontianak, Lidah Buaya

oleh oleh khas pontianak
Minuman Lidah Buaya

Berbicara tentang Pontianak, maka akan selalu teringat dengan lidah buayanya yang  sangat terkenal dan khas. Lidah buaya di Pontianak sangat masyur terkenal dengan berbagai macam kelebihannya dibanding lidah buaya yang lain, salah satunya mengenai ukurannya yang raksasa. Selain itu, lidah buaya juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk, mulai dari minuman, snack, kudapan dan lainnya.

Salah satu olahan yang paling terkenal dan digemari ialah minuman lidah buaya. Jika berkunjung ke Pontianak, minuman ini seolah – olah menjadi oleh oleh wajib. Karena disamping kesegarannya, minuman ini juga sangat menyehatkan. Mulai dari mengobati panas dalam, meningkatkan imunitas tubuh, membuang racun, menurunkan berat badan, menambah kesehatan kulit dan rambut serta banya manfaat lainnya. Jangan lewatkan untuk mencicipi olahan lidah buaya yang satu ini!

Baca juga : minuman segar khas Pontianak

14. Lempok Durian Pontianak / Dodol Durian Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
lempok durian

Penggemar durian akan sangat dimanjakan jika berkunjung ke Pontianak, pasalnya disamping buahnya yang belimpah di saat musim, banyak pula produk olahan durian yang tak kalah nikmat. Salah satu produk tradisional dari durian ialah lempok atau lebih familiar dengan sebutan dodol.

Lempok durian sendiri merupakan makanan khas Pontianak sejak dahulu kala. Awalnya untuk mengawetkan durian yang berlimpah disana, kemudian lempok menjadi cemilan wajib di beberapa kesempatan seperti hari raya lebaran maupun natal.

Lempok sendiri terbuat dari hampir 90 % daging buah durian Pontianak ayng kemudain dicampur dengan beras ketan. Rasa dari lempok ini bisa dikatakan hampir sama dengan rasa daging buah asli. Sangat ampuh untuk mengobati rasa rindu kalian terhadap durian ketika sedang tidak musim. Bagi pecinta durian, kudapan ini adalah kudapan wajib yang selalu menemani. Lempok ini sangat cocok di jadika oleh oleh khas pontianak bagi kalian yang memiliki kerabat penggemar durian.

15. Lawar, Clothing dengan Tema Kota Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Lawar Clothing khas Pontianak

Sudah puas dengan makanan dan kudapan? selain oleh oleh khas diatas tadi, terdapat pula clothing yang bertemakan kota Pontianak. Sangat cocok menjadi variasi alternatif pilihan oleh oleh kalian.

Lawar merupakan istilah dalam bahasa melayu Pontianak yang berarti keren. Clothing khas pontianak ini mengemas berbagai keunikan pontianak ke dalam sebuah kaos dan apparel lainnya. Selainitu, clothing ini juga sudah sangat terkenal dan Populer dikalangan anak muda Pontianak.

Lawar berusaha mengemas kebudayaan lokal pontianak menjadi lebih fresh dan muda, sehingga mendorong anak muda pontianak untuk lebih mencintai kota Pontianak tercinta. Selain itu, clothing ini juga mendobrak paradigma clothing lokal yang terkesan monoton dan tidak menarik. Desain yang menarik dan selalu baru akan sangat cocok menjadi oleh oleh khas Pontianak kalian !

16. Susu Murni One – Milk Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Susu Murni khas pontianak

Siapa yang sangka Pontianak punya tempat pemerahan susu Australia. Kota yang terkenal dengan suhu udara tropis nan panas ini ternyata juga mempunyai perternakan sapi perahan Australia.

Pada saat mendengar kata susu, pasti kita beranggapan bahwa hal tersebut adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan tubuh kita. Namun apa artinya jika minuman tersebut dicampur dengan kandungan lain dengan tujuan membuat susu itu dapat bertahan dalam waktu lama dari biasanya ? tentu  saja itu akan menimbulkan efek buruk dari kandungan pengawet berbahaya.

17. Madu Hutan Kalimantan Khas Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Madu Khas Kalimantan

Madu merupakan carian dari alam yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Madu khas kalimantan yang satu ini merupakan madu berasal dari lebah hutan liar atau Apis Dorsata yang koloninya di hutan alami Kalimantan. Produk madu ini tidak berasal dari lebah ternal.

Madu Hutan alami ini lebih tepatnya  berasal dari Hutan Tropis Taman Nasional Danau Sentarum di daerah tanjung hulu Kalimantan Barat. Produk Madu Hutan ini murni dan ketersediannya tergantung musim, namun kalian dapat memesannya apabila tertarik. Adapun kelebihan dari  Madu Hutan ialah lebih murni dan sehat. Hal tersebut dikarenakan  berasal dari lebah liar yang mengolah multi tumbuhan yang bebas dari pestisida dan polutan. Sangat cocok untuk menjadi oleh oleh kalian !

18. Stick Talas, Kudapan Unik dari Pontianak

Oleh oleh khas pontianak
Stik Keladi

 Satu lagi cemilan unik khas Pontianak yang sangat nikmat dan sehat yaitu stik keladi. Keladi atau yang lebih famiiar disebut dangan talas dapat diolah menjadi kudapan yang unik nan lezat di Pontianak. Hampir semua orang menyukai kupadan renyah ini.

Keladi atau talas dipotong menyerupai stik kotak-kotak dan kemudian di goreng. Bentuknya yang menyerupai stik membuat cemilan ini sangat renyah. Ditambah lagi dengan campuran bumbu bumbu perisa yang menambah cita rasa. Biasa stik keladi ini di sajikan dengan rasa balado atau pedas dan keju.

19. Seija Footwear, Brand Sepatu Lokal Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Seija Footwear

 Selain produk kuliner, Pontianak juga memiliki produk sepatu buatan lokal. Produk – produk sepatu ini tidak kalah bersaing dengan brand-brand besar lainnya dalam hal kualitas dan gaya. Adapun merk dari sepatu lokal tersebut adalah Seija Company. Bagi kalian yang ingin mencari hal lain selain kuliner sebagai oleh oleh khas pontianak, sepatu lokal ini dapat menjadi pilihan yang tepat!

Baca juga : Kuliner khas Pontianak , Wisata kuliner khas di kalimantan utara dan Kalimantan selatan

20. Brownies Durian Pontianak

oleh oleh khas pontianak
Brownies Durian

Para penggemar durian pasti sudah sangat falimiar dengan pancake durian, namun tahukan kalian Pontianak memiliki produk yang tak kalah nikmatnya yairu Brownies Durian. Produk ini memiliki kenikmatan yang lebih menyegarkan dibandingkan dengan pancake medan yang biasa kalian beli. Mulai dari segi kemasan hingga rasa.

Dari segi rasa dijamin kalian akan merasakan sensasi baru perpaduan antara coklat dan durian terbaik khas Pontianak. Ditambah lagi dengan aroma khas durian yang berpadu dengan coklat, sungguh sangat membangkitkan selera. Selain itu, dari segi kemasan atau packaging produk ini dikemas dengan kemasan yang sangat modern dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung di Pontianak.

Oke, Itulah tadi informasi seputar berbagai macam oleh oleh khas pontianak. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat tentunya, terima kasih.


Bagi Kalian yang ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai produk diatas seperti mengenai tempat pembelian, harga produk, atau ingin memesan. Kalian dapat menghubungi kontak CS kami di bawah ini : 

BBM: D15B2966 / WA : 089611825413 / Phone : 085857664018

4 thoughts on “Oleh Oleh Khas Pontianak, Produk Lokal yang dikemas Modern

  1. Ternyata cukup banyak juga oleh-oleh khas Pontianak ya, dan baru tahu juga kalau di Pontianak penghasil cokelat juga. Oh iya, boleh ditambahin satu lagi yaitu Lamington Pontianak. 🙂

  2. Dulu sempat dibawain oleh oleh khas kota Pontianak Sambal Ebi Kapuas pas ada kerabat yang pulang liburan dari Pontianak. Next time boleh cobain oleh oleh lainnya pas saya kesana

Leave a Comment