Cara Ternak Kroto di Dalam Toples: Kandungan & Manfaat

Ternak kroto – Kroto merupakan gabungan dari telur dan larva yang diproduksi oleh semut rangrang. Kroto sering dijadikan sebagai pakan burung sebab kandungan proteinnya yang tinggi. Hal ini membuat para penggemar burung rela mengeluarkan banyak dana untuk membeli kroto. Sekarang ini produksi kroto dialam sudah sangat sedikit, sehiyuntuk mendapatkan kroto sedikit sulit.

Tingginya minat masyarakat terhadap kroto sebagai pakan burung, merupakan kesempatan bagi para wirausaha untuk membuka usaha dengan beternak kroto. Sebab keuntungan yang didapat dari ternak kroto terbilang cukup besar. Namun sebelum itu, perlu adanya sedikit pengetahuan tentang kroto. Nah kali ini Borneo channel akan memberikan sedikit materi tentang kroto. Simak ulasannya sebagai berikut.

Kandungan nutrisi di dalam kroto

kandungan kroto
idntimes.com

Tidak hanya berkhasiat untuk hewan, ternyata nutrisi yang terkandung didalam kroto juga sangat baik untuk manusia lho! Hal ini karena kroto mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, dan sejumlah mineral penting seperti zat besi, kalsium, potassium, sodium, serta berbagai macam vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2 dan niacin. Nutrisi yang ada di dalam kroto ini cukup lengkap dan pastinya baik untuk kesehatan.

Manfaat kroto

1. Manfaat kroto untuk burung kicau

burung kicau
wikicau.com

Banyak penggemar burung memberikan kroto untuk burung kicauan mereka, hal ini karena kroto dapat meningkatkan kemampuan kicauan burung dan daya tahan tubuh sehingga burung tetap fit, bugar. Untuk Pemberian pakan kroto, waktu terbaik ialah ketika usia burung masih muda sebab dapat membantu pertumbuhan otak sehingga burung dapat lebih cepat mengingat dan menyimpan memori tentang lagu maupun irama yang diajarkan kepadanya.

Nah, untuk burung dewasa pemberian kroto mampu meningkatkan stamina bagi burung yang mengalami mogok berkicau akibat stress dan lesu. Namun pemberian kroto tidak boleh sembarangan sebab setiap burung mempunyai dosisnya masing-masing. Usahakan pemberian pakan kroto secara rutin dengan dosis sepuluh butir per hari atau satu sendok teh.

2. Manfaat kroto untuk burung kontes

burung kontes
gardaanimalia.com

Nutrisi yang terkandung didalam kroto ternyata juga mampu membuat bulu burung menjadi mengkilap dan tidak mudah rontok. Sehingga sangat cocok sekali deh buat burung-burung kesayangan yang akan mengikuti kontes. Selain bermanfaat untuk bulunya, kroto juga dapat membuat burung agar tidak mudah stress sehingga sangat bagus untuk kesehatan burung.

3. Manfaat kroto untuk pemancing

budidaya kroto
pertanianku.com

Kroto juga sangat digemari oleh kalangan pemancing. Banyak pemancing yang menggunakan kroto sebagai umpan untuk menarik perhatian ikan, terutama ikan yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar di air tawar maupun air asin. Penggunaan umpan kroto dapat membantu strike menjadi lebih cepat sehingga tangkapan akan lebih banyak. jadi apakah anda berminat menggunakan umpan kroto?

4. Manfaat kroto untuk kesehatan manusia

manfaat kroto
bukalapak.com

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kroto mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. Perlu anda ketahui kroto dapat disantap langsung yang akan memberikan rasa khas tersendiri. Dengan mengkonsumsi kroto dapat memulihkan stamina dan energi pada tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Di Filipina sendiri ramuan yang berbahan dasar kroto disebut-sebut sebagai ramuan ajaib.

Baca Juga: Memulai Usaha Ternak Kenari

Bahaya kroto

bahaya kroto
mitrapost.com

Walaupun kroto mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan burung kicau dan memperindah bulunya, kroto juga bisa menjadi berbahaya jika diberikan dalam jumlah yang berlebihan. Pemberian kroto dalam jumlah berlebih bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas pada burung yang membuatnya menjadi lemah dan tidak selincah seperti sebelum-sebelumnya.

Jadi sebaiknya berikan kroto dalam jumlah yang normal. Selain baik untuk burung juga bisa menekan biaya pakan karena harga kroto yang terbilang lumayan mahal.

Cara Ternak Kroto di Dalam Toples Untuk Pemula

Saat ini harga jual kroto bisa mencapai Rp. 200.000 terbilang cukup menggiurkan untuk dijadikan usaha, apalagi pembudidayaanya yang tidak sulit dan hanya memerlukan sedikit modal serta ketekunan. Jika kamu tertarik yuk simak cara mudah ternak kroto berikut ini.

1. Pembibitan

semut rangrang
bobo.grid

Semut rangrang sebagai bibit kroto akan lebih banyak ditemukan di alam bebas. Kamu bisa mencarinya di pohon mangga, mahoni, jambu, dan pohon-pohon lainnya. Ambil sarang dengan memotong batang daun dan kemudian tempatkan sementara di wadah terbuka agar rangrang tidak stres dan kabur.

Atau kamu juga bisa membeli semut rangrang dari peternak lain, jika mengalami kesulitan dalam mencarinya di alam bebas. Dan pastikan dalam satu koloni bibit terdapat formasi lengkap semut rangrang mulai dari ratu, prajurit, pejantan, hingga pekerja agar semut dapat bertelur dengan baik dan sempurna.

2. Menyiapkan tempat pembibitan ternak kroto

wadah pembibitan kroto
budidayakita.com

Untuk media atau tempat pembibitan, bisa menggunakan stoples plastik yang berukuran sedang dengan tutup yang berukuran besar. Namun sebelum stoples diisi dengan rangrang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan yakni sebagai berikut:

  • Beri lubang pada bagian bawah stoples dengan diameter lima hingga tujuh senti, lalu tutup rapat lubang tersebut menggunakan lakban.
  • Kemudian masukkan bibit beserta sarang ke dalam stoples, lalu tutup stoplesnya.
  • Selanjutnya siapkan nampan datar, isi dengan air secukupnya. Usahakan tinggi air setengah nampan saja. Hal ini dilakukan agar semut rangrang tidak kabur.
  • Jika ingin membuat sarang ternak lebih dari satu stoples, maka perlu dibuat rak berbahan serat terbuka sebagai tempat penyimpanan. Namun jangan buat rak terlalu banyak, sebab tak yang terlalu banyak dapat menganggu sirkulasi udara.
  • Dan terakhir, jangan lupa untuk menempatkan nampan berisi air di bawah rak dengan tujuan yang sama.

3. Pemberian pakan

pakan kroto
jogja.tribunnews.com

Makanan favorit rangrang adalah serangga yang telah mati, seperti belalang, kecoa, ulat, dan jangkrik mati. Beri rangrang makanan setiap dua kali sehari atau setelah pakan habis. Untuk hasil yang optimal letakkan larutan gula atau madu di luar toples.

Baca Juga : Cara Ternak Jangkrik

4. Perlakuan khusus dan panen

ternak kroto
pei-pusat.org

Setelah melalui beberapa tahap sebelumnya waktunya memanen kroto yang telah dibudidayakan. Waktu panen dapat dilakukan setelah jumlah kroto dikira cukup, yakni sekitar usia empat hingga enam bulan setelah pembibitan. Namun pada umumnya, ketika sudah sampai usia panen, panen selanjutnya dapat dilakukan setiap 15 hingga 20 hari setelahnya. Nah, cara memanen kroto dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama, siapkan wadah atau tempat untuk menaruh kroto hasil panen berupa nampan datar.
  • Lalu buka tutup stoples dan tuangkan kroto yang ada di dalamnya.
  • Kemudian pisahkan kroto dan semut rangrang dengan cepat. Dalam proses pemisahan ini jangan lupa pula gunakan sarung tangan untuk menghindari gigitan semut rangrang.
  • Setelah itu masukan kembali semut rangrang yang sudah dipisahkan kedalam stoples yang digunakan untuk dibudidayakan kembali. Cukup angkat nampannya dan tuangkan semut rangrang kedalam stoples. Nggak ribet kan!
  • Dan terakhir Jangn lupa menutup stoples lalu letakkan kembali di rak penyimpanan.

Untuk setiap satu stoples semut rangrang, bisa memproduksi kroto sebanyak 1-2 ons. Jika ingin hasil yang banyak maka perbanyak pula jumlah stoples untuk sarang rangrang. Mudah bukan, peluang usaha dengan modal yang sedikit namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Sekian materi kita kali ini, semoga bermanfaat. Hal yang utama dari semua jenih usaha sih pasti tekun dan sabar. Yakin deh, kalau niat pasti usaha sampai. Semangat gaess! Do’a borcha selalu menyertai kalian, see you di next artikel . . .

Hello my name is Nadya Lestari, My hobby is singing and I love a "free" time so much . . . I hope you enjoy this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.