Keindahan Tari Merak Jawa Barat, Asal Muasal, Fungsi hingga Keunikan Properti

Tari Merak – Keragaman  budaya Indonesia memanglah terkenal hingga ke penjuru dunia. Hal ini membuat Indonesia sendiri terkenal akan kebudayaan yang sangat memukau. Siapa sih yang tak bangga dengan daya tarik negara sendiri. Salah satunya tarian merak. Mendengar kata merak pasti terbayang akan burung merak yang mengibaskan ekornya dengan cantik bukan ?

Sebenarnya tarian merak ini ada kaitannya dengan merak sungguhan atau tidak ? Simak penjelasannya berikut;

Baca Juga : Tari Topeng Ragam Khas Budaya Indonesia

Asal Muasal Tari Merak

Tarian Merak
instagram.com

Tari Merak ini berasal dari Jawa Barat tepatnya berada di Pasundan. Tarian ini tercipta dari koreografer asal Jawa Barat yaitu Raden Tjetjes Soemantri. Tarian ini bisa dikatakan bagian dari penerapan kehidupan (tingkah laku) seekor burung merak. Lebih detailnya gerakan ini diambil dari tingkah polah burung merak jantan yang ingin memikat burung merak betina. Gerakan yang memperlihatkan keindahan dari bulu ekornya.

Dalam pementasannya tarian ini ditampilkan penari dengan berpasang-pasangan. Masing-masing penari bermain peran sebagai burung merak jantan ataupun burung merak betina. Tarian ini pula diiringi musik, dengan diiringi musik penari menggerakkan tubuh dengan sangat lemah gemulai seperti tingkah laku seekor burung merak. Gerakan ini mampu menghipnotis mata penonton dengan indah mempesona. Sehingga suasana yang ditampilkannya ceria serta istimewa.

Gerakan tarian merak yang sangat anggun dan mempesona ini tergambar dari gerakan Tari Merak yang penuh keceriaan dan keanggunan. Sehingga tentunya tak heran jika Tarian Merak ini sering digunakan untuk menyambut pengantin pria ataupun sebagai hiburan tamu dalam acara pernikahan. Selain itu pula  Tarian  Merak juga banyak sekali ditampilkan dalam event – event yang baik sekaligus  bertaraf nasional-internasioan karena keindahan gerakan Tari Merak.

Baca Juga :Sejarah Unik Tari Pendet Bali yang Memikat!

Keunikan Tari Merak

Tari Merak
instagram.com/budiandik74

Setelah mengetahui asal-usul dan deskripsi singkat dari tarian merak. Kalian wajib mengetahui hal unik dari tarian merak. Apa saja keunikannya ? berikut ini lima keunikan dari tarian merak;

1.Kostum yang digunakan sangat cantik dan mempesona. Kostum ini benar-benar menggambarkan burung merak. Bajunya dibuat seperti bulu merak yang sangat indah sekaligus bewarna-warni, lengkap pula dengan sayap serta mahkota yang menyerupai kepala burung.

2. Musik pengiring tarian ini yaitu iringan Ganding dari lagu Macan Ucul.

3. Bonang yang dimainkan akan dipukul hingga terdengar keras pada setiap bagian gerakan yang menggambarkan sepasang merak sedang bermesraan.

4. Cerita dari tarian burung merak ini digambarkan melalui setiap gerakannya. Gerakan burung merak Jantan serta betina pun berbeda.

5. Tarian burung merak dilakukan berpasangan dan menceritakan tentang seekor burung merak yang ingin menarik perhatian burung betina.

Baca Juga :Asal Muasal Tari Serimpi, Busana, Hal Unik & Ragam Jenis

Fungsi Tari Merak

Tarian Merak
instagram.com/budiandika74/

Tari merak memiliki 4 fungsi yang perlu kalian ketahui. Selain sebagai tarian yang menampilkan keindahan gerakan, tarian merak juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut;

  1. Tarian merak ditampilkan dengan tujuan sebagai persembahan untuk tamu yang hadir pada saat acara resepsi pernikahan
  2. Tarian merak ditampilkan sebagai penyambutan untuk rombongan pengantin pria ketika akan menuju pelaminan
  3. Tarian merak sering digunakan dalam rangka menyambut rombongan tamu pengantin pria pada saat akan menuju pelaminan
  4. Tarian merak ini juga dikenal sebagai sarana memperkenalkan budaya Indonesia ke ranah Internasional.

Properti Tarian Merak

Tarian merak memiliki properti-properti yang diperlukan sebagai penunjang penampilan dijabarkan sebagai berikut;

1.Mahkota

Tarian Merak
instagram.com/budiandik74

Tarian merak menggunakan properti mahkota di bagian kepala. Properti ini dikenal dengan nama Siger. Penggunaan properti mahkota tentunya menambah aksen cantik dan kemayu dari para penari merak. Mahkota yang digunakan tidak sembarang mahkota, mahkota pada tarian merak biasanya menggunakan mahkota bewarna emas ataupun perak. Setiap penari tentunya menggunakan aksesoris satu ini karna mahkota merupakan pelambangan dari kemayu dan keanggunan wanita.

2. Garuda Mungkur

Tarian Merak
instagram.com/budiandik74

Properti dari tarian merak selanjutnya yaitu garuda mungkur. Garuda mungkur ini merupakan hiasan yang dikenakan pada kepala para penari namun posisinya berada di bagian belakang yang berbentuk menyerupai seperti burung merak. Garuda Mungkur merupakan aksesoris tambahan yang membuat tarian merak ini semakin autentik dengan burung merak.

3. Sesuping

Tarian Merak
https://www.instagram.com/sisiliadsdewi/

Properti selanjutnya yaitu sesuping. Sesuping digunakan sebagai aksesoris di telinga para penari merak. Sesuping ini menambah aksen cantik dari para penari merak. Biasanya para penari menggunakan aksesoris sesuping ketika akan membawakan tarian merak. Aksesoris ini menjadi ciri khas tersendiri dari tarian merak loh

4. Apok

Tarian Merak
tribunnews.com

Jika kalian bingung dengan Apok ? Tidak perlu bingung karna sebenarnya apok yaitu kain yang dikenakan melingkar di bawah leher dan juga menutupi dada dari para penari. Sama seperti busana tarian dari tarian-tarian daerah lainnya, nama lain dari apok ini sebenarnya sama halnya dengan kain penutup dada tetapi apok lebih diidentikan dengan penutup dada yang memiliki corak khusus untuk tarian merak.

5. Baju Atas

Tarian Merak
instagram.com/budiandik74

Sama seperti baju-baju penari lain. Tarian merak juga memiliki baju atas. Baju atas ataupun dada dari properti hampir mirip seperti kembem. Bedanya terletak di corak sekaligus warna yang dibuat sedemikian rupa menyerupai burung merak.

6. Sayap

Tarian MErak
instagram.com/budiandik74

Sesuai dengan nama tarian burung merak, maka properti yang digunakan yaitu sayap. Sayap yang digunakan merupakan kain yang dibentuk menyerupai selendang dengan tujuan mendeskripsikan kostum yang menggambarkan burung merak sendiri.

7. Sabuk

Tarian Merak
https://www.instagram.com/rifauziahkurnia

Properti selanjutnya yaitu sabuk. Sabuk berfungsi sebagai ikat pinggang serta mengencangkan busana pakaian dari para penari merak. Tentunya penggunaan sabuk sangat perlu dipergunakan karna jika tidak, kalian tidak mungkin terjadi kemelorotan pakaian saat membawakan tarian merak bukan?

8. Sampur

Tarian MErak
https://www.instagram.com/acyafrilyanti

Tarian Merak juga menggunakan sampur. Sampur yaitu hiasan yang terbuat dari bahan tissue tetapi menyerupai burung merak. Hiasan ini dibuat sebagai penambah aksen kecantikan busana penari merak.

9. Kilat Bahu

Tarian Merak
instagram.com

Kilat bahu ini yaitu gelang yang biasa dikenakan penari. Dinamakan kilat bahu karna penari menggunakannya di bagian bahu sebagai penambah hiasan. Walaupun para penari menggenakan hijab, penggunaan kilat bahu tetap bisa dikenakan kok.

10. Gelang

Tarian Merak
instagram.com/budiandik74

Selain kilat bahu, para penari juga menggunakan gelang. Gelang ini dikenakan di pergelangan tangan para penari berbentuk lingkaran berwarna-warni senada dengan kostum yang dikenakan para penari.

11. Rok

Tarian Merak
instagram.com/budiandik74

Para penari merak mengenakan rok saat membawakan tarian. Rok ini sangat identik dengan corak sekaligus warna burung merak yang bewarna-warni yang tentunya menambah aksen cantik para penari karna bentuknya yang menyerupai burung merak.

Bagaimana ?keren kan, jika membahas mengenai keindahan budaya Indonesia, termasuk seni tari di dalamnya memanglah tidak akan habis-habis. Indonesia memang kaya sekali akan kebudayaan yang sangat beragam. Bahkan tarian yang dibawakan bisa sampai ke ranah Internasional.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.