Daftar Nama Pakaian Adat Riau Modern, Filosofi Pakaian

Pakaian Adat Riau – Siapa yang tak kenal dengan provinsi yang banyak keunikan ini. Riau merupakan provinsi yang berada di pulau Sumatera dibagian tengah yang terkenal dengan ada melayu nya yang dominan. Provinsi Riau juga merupakan provinsi terkaya karena sumber daya alamnya, salah satunya seperti  minyak bumi, karet, dan kelapa sawit.

Riau juga merupakan salah satu provinsi yang mempunyai jembatan terpanjang di Indonesia yang bernama Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. tidak hanya jembatan, Provinsi Riau juga memiliki sungai terdalam yaitu sungai Siak. bermacam-macam tempat wisata berada dipulau Riau yang harus kalian kunjungi, serta makanan khas nya yang beraneka ragam dan membuat kalian terpana akan cita rasanya.

 kali ini Borneo Channel akan membahas tentang Pakaian khas atau pakaian adat Provinsi Riau, Umumnya pakaian adat Provinsi Riau identik dengan pakaian adat melayu. jadi buat kalian yang belum tau ataupun sudah tau, ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang pakaian Adat di Provinsi Riau.

Pakaian Keseharian Untuk Anak Laki-Laki

1. Baju Monyet

Pakaian adat
http://auladi.com.my/product/baju-melayu-eeman-stripe-10

Baju Monyet merupakan baju adat riau anak yang biasa digunakan oleh anak laki-laki yang masih kecil. Baju Monyet tidak jauh beda dengan baju teluk belanga.

Pada umumnya Baju Monyet berukuran khusus untuk anak-anak, Baju ini juga memiliki 3 kocek atau saku. cara memakai baju ini bisa digunakan bersama celana panjang atau celana yang panjangnya hanya setengah, dan menggunakan aksesoris kepala seperti songkok atau kopiah serta kain yang ada di pinggangnya.

Baca Juga : Pakaian Adat Jawa Timur Modern

Pakaian Keseharian Untuk Anak Perempuan

2. Baju Kurung

pakaian anak
https://newfashionsale2u.blogspot.com/2016/06/baju-kurung-moden-paloma-trend-terkini.html

Baju Kurung merupakan baju adat melayu anak perempuan yang berada di Provinsi Riau. dari zaman dulu hingga sekarang anak perempuan di Provinsi Riau menggunakan Baju Kurung untuk kegiatan sehari-hari mereka seperti bermain, mengaji, menuntut ilmu maupun acara forma.

Pada umumnya, Baju Kurung untuk anak perempuan mempunyai motif bunga-bunga, menggunakan baju kurung juga dapat dipadukan dengan rok panjang atau kain dan juga menggunakan jilbab sebagai penutup kepala. warna Baju Kurung juga bermacam macam, kalian bisa memilih sesuai selera yang bisa membuat adik, kakak, atau anak kalian semakin cantik saat memakainya.

Pakaian Keseharian Untuk Laki-Laki Dewasa

1. Baju Kurung Cekak  Musang

Cekak Musang
https://modeltrendz.blogspot.com/2018/09/30-model-baju-kurung-cekak-musang.html

Nama pakaian adat melayu ini adalah Baju Kurung Cekak Musang, pakaian adat atau pakaian khas Provinsi Riau untuk Laki-laki Dewasa, Baju ini biasa dipakai dalam acara formal. Baju Kurung Cekak Musang tidak jauh berbeda dengan Baju Kurung Teluk Belanga.

Yang membedakan keduanya yaitu pada bagian kerah baju, Baju Kurung Cekak Musang memiliki kerah yang tegap serta dibagian dada ke leher terdapat celah yang ditutupi 3 kancing atau lebih . mengapa disebut dengan Baju Kurung Cekak Musang? karena, Baju ini mempunyai kerah atau cekak yang berukuran  sekitar  2,5 cm mengelilingi leher.

Baju Kurung Cekak Musang terdapat 3 kantong atau kocek yang berada dibagian bawah yang berjumlah 2 dan 1 berada dibagian dada kiri. Baju adat riau modern ini dapat dipadukan dengan celana panjang serta aksesoris seperti sarung atau kain yang berada di bagian pinggang sampai kelutut, tanjak laksamana, serta Kopiah atau Songkok yang berfungsi untuk penutup kepala.

2. Baju Kurung Teluk Belanga

Pakaian Riau
https://www.fashionhub.com.my/men/pvm-baju-melayu-poly-light-purple-18.html

Baju Kurung Teluk Belanga merupakan salah satu pakai adat Provinsi Riau yang biasa digunakan pada laki-laki dewasa maupun orang tua.

Ciri-ciri baju adat yang satu ini hampir sama dengan baju kurung cekak musang, bedanya Baju Kurung Teluk Belanga hanya memiliki kancing yang bejumlah 1 buah di bagian leher dan memiliki lengan yang panjang. rata-rata Baju Teluk Belanga ini terbuat dari kain yang berbahan satin, Baju ini juga memiliki 3 kantong yaitu 1 didada kiri dan 2 dibagian bawah baju.

Baju Teluk Belanga dapat digunakan bersama celana panjang, tanjak laksamana, songkok segi empat, atau kopiah yang berguna sebagai penutup kepala, juga bisa menggunakan kain atau sarung yang berada di pinggang sampai lutut. Baju Teluk Belanga ada bermacam warna. jadi, buat kalian yang mau membeli dan memakainya, kalian bebas memilih warna apa yang kalian inginkan.

tidak hanya laki-laki saja yang dapat memakai baju kurung teluk belanga, tapi baju adat ini juga ada yang dibuat khusus untuk perempuan.

Baca Juga : Daftar Pakaian Adat Bali

Pakaian Keseharian Untuk Perempuan Dewasa

1. Baju Kebaya Pendek

Kebaya Pendek
https://www.pinterest.com/pin/435582595183122257/

Baju Kebaya Pendek merupakan baju sehari-hari yang biasa dipakai masyarakat Provinsi Riau terutama pada kaum hawa, kain yang digunakan dalam pembuatan baju kebaya pendek ini adalah berbahan katun serta terdapat payet sebagai hiasan bajunya. mengapa dinamakan Baju Kebaya Pendek? karena, panjang kebaya tidak sampai kelutut.

Menggunakan Baju Kebaya Pendek bisa bersamaan dengan kain atau sarung yang dibentuk seperti rok, serta tudung kepala atau hijab yang berfungsi sebagai penutup kepala.

Baca Juga : Daftar Nama Baju Tradisional Maluku

2. Baju Kurung Tulang Belut

Pakaian Perempuan
http://bajukurungomika.blogspot.com/2014/12/baju-kurung-tulang-belut.html

Baju Kurung Tulang Belut adalah baju adat yang biasa dipakai oleh wanita di Provinsi Riau, Pada umumnya Baju ini dominan digunakan oleh perempuan yang sudah tua atau lansia. Baju Kurung Tulang Belut memiliki satu kancing, dan yang membedakan Baju Kurung Tulang Belut dengan baju kurung lainnya yaitu Baju ini tidak terdapat kocek dan kerah seperti baju kurung lainnya.

Salah satu Aksesoris yang bisa digunakan saat memakai Baju Kurung Tulang Belut adalah kalian dapat menggunakan selendang serta hijab sebagai penutup kepala.

3. Baju Kebaya Laboh

pakaian adat
http://riauberbagi.blogspot.com/2016/01/baju-adat-melayu-kebaya-labuh.html

Baju Kebaya Laboh merupakan baju yang biasa dipakai oleh suku melayu, Baju ini biasanya terbuat dari kain yang berbahan sutera. Baju ini termasuk salah satu jenis baju kurung yang ada di era dulu hingga sekarang.

Pada dasarnya, baju ini memiliki panjang hingga bawah lutut dan pada bagian bawah kebaya agak melebar sehingga baju membentuk seperti labu, terdapat 3 kancing di bagian  dada keleher pada Baju Kebaya Laboh. Biasanya Baju Kebaya Laboh digunakan oleh anak gadis hingga orang dewasa.

4. Baju Kurung Cekak  Musang

Cekak Musang
nashfesyen.blogspot.com/search?updated-max=2016-03-09T05:20:00-08:00&max-results=6&reverse-paginate=true

tidak hanya laki-laki saja yang menggunakan Baju Kurung Cekak Musang, ternyata Baju Kurung Cekak Musang dapat juga digunakan oleh perempuan, tapi Baju Kurung yang digunakan Perempuan sudah di desain dengan model khusus.

Baju Kurung Cekak Musang hampir mirip dengan Baju Kurung Teluk Belanga, yang membuat berbeda hanyalah pada bagian lehernya saja. Baju Kurung Cekak Musang terdapat kerah dibagian leher sedangkan baju kurung teluk belanga tidak terdapat kerah dibagian leher dan baju ini terdapat 3 kancing atau lebih pada bagian dada sampai keleher, pada umumnya kancing yang digunakan bukanlah kancing biasa salah satunya seperti kancing butang emas, atau batu permata.

Baju Kurung Cekak Musang pada wanita memiliki panjang hingga lutut, baju ini biasa digunakan oleh anak gadis atau orang dewasa pada acara formal atau acara adat.

Baca Juga : Tradisional dan Keren Pakaian Adat Papua yang unik dan Khas dari Papua

Aksesoris Pakaian Adat Riau

1. Tanjak Laksamana

Aksesoris
https://haluanpos.com/tampil-kemas-mengenakan-tanjak-sebagai-identitas-marwah-melayu/

Tanjak Laksmana merupakan kain yang dibentuk dengan beraneka ragam model yang setiap bentuknya memiliki arti, fungsi dari Tanjak Laksmana adalah sebagai penutup kepala, Tanjak Laksmana biasa digunakan pada acara formal atau acara adat salah satunya dipakai pada Pengantin pria Provinsi Riau.

2. Kopiah dan Songkok

Kopiah
https://shopee.co.id/Peci-polos-hitam-murah-songkok-polos-hitam-kopiah-hitam-i.9555697.255034329

Songkok atau Kopiah merupakan penutup kepala yang sering digunakan masyarakat Riau terutama laki-laki pada kegiatan sehari-hari maupun acara formal seperti ibadah, acara adat, atau saat menuntut ilmu.

3. Kain dan Sarung

Aksesoris
https://hiveminer.com/Tags/color%2Csut/Recent

Kain atau Sarung adalah kain yang biasa digunakan oleh masyarakat riau sebagai aksesoris yang berada di pinggang hingga lutut, berbagai macam motif yang dapat kalian pilih sesuai selera tapi jangan lupa cari motif yang cocok untuk baju kalian.

3. Mahkota

Aksesoris
https://kebayadiva.com/aksesoris-mahkota-l099.html

Mahkota merupakan hiasan indah yang berada dikepala wanita, biasanya digunakan pengantin wanita saat melangsungkan pernikahan adat Riau, bentuknya yang indah mirip seperti keindahan bulu merak.

4. Selendang

Selendang
https://www.hargamerdeka.biz.id/harga-pasaran-kain-songket-bali-update-terkini/

Selendang merupakan salah satu aksesoris pada perempuan saat memakai baju adat seperti baju kurung teluk belanga, selendang atau selempang ini biasanya terbuat dari kain berbahan songket, atau sutera selain berfungsi sebagai  selempang, ternyata selendang juga dapat dijadikan sebagai tudung kepala.

5. Kalung

Kalung
https://sg.carousell.com/p/harga-borong-agent-rantai-dokoh-167467844/

Kalung merupakan salah satu aksesoris adat Riau yang berfungsi sebagai hiasan yang berada dileher, nama asli dari aksesoris kalung adalah Dukoh, Dukoh biasa dipakai pada saat pernikahan adat Riau untuk pengantin perempuan.

6. Selop

Selop
tukangsepatudanselop.blogspot.com/2015/04/selop-manten-jogja-sepasang-cowok-bahan.html

Selop merupakan alas kaki yang berfungsi sebagai aksesoris yang sering digunakan pada saat acara pernikahan adat Riau, selop untuk laki-laki berbeda dengan selop untuk perempuan, selop laki-laki memiliki tapak lebih pendek dibandingkan dengan selop perempuan.

Pakaian Pernikahan Adat Riau

Pakaian adat riau
http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/galeri-pengantin/5222-5222

Pakaian Penikahan adat Riau, untuk laki-laki menggunakan Baju Kurung Cekak musang  dan aksesoris seperti selempang serta penutup kepala yaitu tanjak laksamana yang membuat gagah pada pengantin laki-laki, sedangkan yang perempuan menggunakan Baju Kebaya laboh serta aksesoris seperti mahkota dan Dukoh yang menambah aura kecantikan sang pengantin.

Baca Juga : Pakaian Daerah Sumatera Barat

Nah, Sobat Borneo Channel itulah Pakaian adat dari Provinsi Riau yang super keren dengan bermacam model,  semoga dapat menambah ilmu buat kalian ya sobat.

 

0 thoughts on “Daftar Nama Pakaian Adat Riau Modern, Filosofi Pakaian”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.