Jasa Proofreading Internasional Berpengalaman

Jasa proofreading- Sebuah tulisan yang baik tentu saja harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan yang ada, seperti tanda baca/Punctuation, tata bahasa, pemilihan kata, dan lain-lain. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, seseorang perlu menguasai teknik penulisan dengan mendalam. Kegagalan penerapan kaidah tersebut akan membuat ide yang ingin Anda tuangkan tidak tersampaikan sesuai apa yang Anda inginkan. Akibatnya pembaca akan salah memahami maksud yang ingin Anda sampaikan.

Kemampuan seperti ini tidak dimiliki setiap orang. Namun, kebutuhan akan jelas dan utuhnya ide dalam tulisan ternyata diperlukan oleh setiap orang. Kebutuhan tersebut ada berbagai macam, seperti menulis surat atau email, menulis laporan, publikasi ilmiah, artikel di website, hingga mengirim pesan singkat via WhatsApp.

Jasa Proofreading Online dari Lighthouse Language Service

jasa proofreading

Lighthouse Language Service adalah penyedia jasa proofreading Internasional berpengalaman. Agensi ini memiliki visi yakni untuk diakui sebagai brand terkemuka Meksiko dalam layanan bahasa dengan konteks global. Adapun misi yang agensi ini jadikan sebagai acuan kerja mereka adalah:

  1. Menyediakan layanan dan fasilitas yang berkaitan dengan komunikasi efektif bagi klien kami dalam konteks internasional, baik melalui terjemahan atau pelatihan dalam penggunaan bahasa asing.
  2. Di bidang pendidikan, mengembangkan keterampilan klien kami untuk memperoleh kompetensi komunikatif dalam berbahasa asing yang memungkinkan mereka untuk dapat berinteraksi dan tampil efektif di dunia yang terglobalisasi.

Pilihan Jasa Proofreading yang Ditawarkan

Jasa Proofreading
https://bit.ly/2K3EPKk

Berikut beberapa jasa proofreading yang kami tawarkan:

  • Jasa Proofreading Jurnal
  • Jasa Proofreading Native
  • Jasa Cek Grammar
  • Sertifikat Proofread
  • Jasa Terjemahan dan Interpretasi

Untuk informasi seputar jasa proofreading dan konsultasi silahkan hubungi kami dengan mengklik tombol hijau dibawah ini!

Testimoni

(“Menempuh pendidikan doktoral mengharuskan saya mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Proses ini membutuhkan hasil akhir tulisan ilmiah berbahasa Inggris yang baik. Untuk itu saya percayakan proofreading tulisan saya pada Mifta Rahman dari Lighthouse Language Service. Hasilnya sungguh memuaskan.” Afandi, Mahasiswa Program Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret.) 
(“Saya adalah seorang aktivis di Lembaga Swadaya Masyarakat
yang bertugas untuk membuat proposal program ke lembaga donor. Setelah proses
proofreading proposal tersebut ditangani oleh Lighthouse Language Service, komentar penanggung jawab donor kami
sangat memuaskan. Saya sangat berterima kasih atas layanan prima dan memuaskan
dari Lighthouse Language Service.”)

Area Cakupan Jasa Proofreading

Jaringan komputer
https://blog.dimensidata.com/macam-jenis-jaringan-komputer-dan-pengertian-lengkapnya/
  • Jasa Proofreading Jakarta
  • Jasa Proofreading Bandung
  • Jasa Proofreading Pontianak
  • Jasa Proofreading Surabaya
  • Jasa Proofreading Indonesia

Baca Juga: Jasa Iklan Pontianak, Kubu Raya dan Sekitarnya

Apa Itu Proofreading?

proofreading

Proofreading merupakan kegiatan membaca ulang sebuah tulisan untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan atau tidak. Kaidah penulisan yang diperiksa dapat berupa grammar, tanda baca, kaidah bahasa, masuk akal atau tidaknya sebuah kalimat, dan lain sebagainya. Da orang yang mengerjakan proofreading disebt sebagai proofreader.

Proofreading berguna untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada tulisan saat sedang ditulis, khususnya menulis menggunakan bahasa Inggris.

Jika dilihat sekilas tugas proofreading tampak sangat mudah. Tetapi semua itu tergantung dari bagaimana setiap orang menilainya. Karena jika seseorang bekerja sesuai hobi atau passion -nya, bisa jadi proofreading bukanlah menjadi sesuatu hal yang sulit atau susah melainkan sesuatu yang mudah dan sangat menyenangkan.

Apa yang Dilakukan Dalam Proses Proofreading?

proses proofreading
http://uptbahasa.untan.ac.id/proofreading-editing/

Banyak yang belum tau apa yang dilakukan saat proses proofreading. Proofreadaing isa juga disebut sebai kegiatan mengoreksi, sehingga seorang proofreader biasa juga disebut sebagai korektor.

Hal yang dikoreksi oleh seorang proofreader adalah hal-hal yang berkaitan dengan tanda baca, kaidah penlisan, kaidah bahasa, atau mungkin ketepatan bahasa terjemahan.

Seorang proofrader bisa menerima materinya dalam bentuk hardcopy atau terkadang softcopy dan mengerjakannya dengan jangka waktu tertentu.

Tugas Seorang Proofreader

Tugas seorang proofreaader
https://www.jasaproofreading.com/

Proofreader berada di bawah editor, namun jangan salah pekerjaan seorang proofreader tidaklah mudah dan membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Jadi apa saja yang diperiksa dalam proses proofreading? Berikut merupakan hal yang diperiksa oleh proofreader saat sedang bekerja:

  1. Mengecek ejaan. Acuan yaang digunakan dalam penggunaan ejaan adalah KBBI, Namun ada pula beberapa kata yang merupakan selingkungan atau gaya dari penerbit.
  2. Pemenggalan kata yang mengacu pada KBBI.
  3. Konsistensi terhadap nama dan istilah.
  4. Memperhatikan judul dan penomoran bab.
  5. Memperhatikan tanda baca.

Cara Kerja Proofreading

jasa proofreading
https://ruangmuda.com/menjadi-editor-dan-proofreader-online-untuk-menghasilkan-uang/

Penasaran bagaimana cara kerja proofreading? Berikut langkah-langkaha kerja proofreading secara umum:

  1. Membaca ulang naskah terjemahan secara keseluruhan dengan asumsi bahwa proofreader tidak mengetahui bahasa Aslinya.
  2. Memperbaiki susunan kalimat yang sulit dipahami atau yang tidak sesuai dengan EYD.
  3. Memberikan evaluasi atas kelebihan atau kekurangan dari naskah yang diperiksa dari segi bahasa indonesia secara tertulis (sangat diutamakan memberikan contoh kalimat jika terdapat kekurangan)

Operasional Kerja

SOP
https://www.infastpedia.net/2019/03/pengertian-sop.html

Operasional kerja proofreading:

1. Apabila terdapat kata atau kalimat yang tidak bisa dipahami, diberi tanda dengan sebuah warna, dengan ketentuan:

  • Tanda Merah untuk  kalimat yang tidak bisa dipahami, rancu, atau kontradiksi dengan kalimat yang sebelumnya.
  • Tanda Kuning jika terdapat susunan kalimat yang masih diragukan ketepatan terjemahnya sesuai dengan pemahaman bahasa indonesia.
  • Tanda Hijau jika terjadi perubahan secara makna, baik pada kalimat atau setiap kata. Misalnya kata ganti orang (kata “kamu” diubah menjadi “Anda”)

2. Proofreader berhak tidak memberikan tanda warna jika:

  • Mengubah susunan kalimat jika dirasa kurang enak dibaca atau mengubah pilihan kata/diksi jika dirasa kurang tepat atau tidak sesuai dengan EYD.
  • Meringkas kalimat yang dirasa bertele-tele.

Target kerja Proofreading

konsep proofreading
https://www.careeraddict.com/cv-proofreading

Target kerja proofreading:

  • Susunan kalimat mudah dicerna dan bisa dipahami oleh siapapun yang membacanya, sehingga tidak ada lagi susunan kalimat yang tidak bisa dipahami maknanya.
  • Susunan kalimat sesuai dengan EYD.
  • Mengurangi kesalahan ketik pada naskah terjemahan.

Gimana guys, ada yang berminat menggunakan jasa proofreading kami? atau ada yang termotivasi untuk menjadi seorang proofreader? hehehe . . . Asyik loh jadi proofreader, apalgi buat kamu yang tertarik dengan buku. Siapa tau kan bisa kerjasama dengan penulis favorit kamu. Udah dulu ya! jumpa di artikel-artikel selanjutnya see you . . .

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.